TapTalk memiliki fitur terbaru yaitu GenAI Chatbot! Sebuah AI canggih yang dirancang untuk merevolusi pengalaman layanan pelanggan Anda. Dengan GenAI Chatbot ini, Anda dapat memberikan respons yang cepat, cerdas, dan personal kepada pelanggan Anda, kapan saja, 24/7.
Dengan fitur-fitur canggih yang memungkinkan Anda untuk mengatur dan mengoptimalkan GenAI Chatbot mulai dari menyesuaikan profilnya, membangun knowledge base, hingga mengatur handover dengan mudah. Yuk, tingkatkan interaksi pelanggan Anda to the next level dengan GenAI Chatbot by TapTalk.io!
Cara Setup GenAI Chatbot di Dashboard OneTalk
Berikut cara setup GenAI Chatbot di dashboard OneTalk:
- Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukan email dan password Anda dan klik Log In.
- Pada sidebar menu, pilih “Chatbots”. Setelah itu, klik “+ Create Chatbot”.
- Isi nama Chatbot dan pilih tipe chatbot “ChatGPT”. Jika sudah, klik “Create”
- Anda akan dialihkan ke halaman Chatbot details. Di sini tertera nama chatbot, tipe chatbot, dan status. Perlu diperhatikan, Anda harus melakukan pembayaran token terlebih dahulu untuk dapat memulai setup chatbotnya.
Maka dari itu, status di sini akan tertulis “Not Paid”. Setelah itu, klik “Back to Chatbot”.
Terdapat beberapa status pada pembuatan GenAI Chatbot, berikut statusnya:
- Not Paid: Belum melakukan pembayaran token chatbot.
- Provisioning: Anda telah melakukan pembayaran token, namun belum diaktivasi oleh tim kami.
- Waiting Setup: Token sudah dibayar dan sudah diaktivasi oleh tim kami, menunggu untuk di-set up oleh Anda.
- Active: Chatbot sudah di-set up, sudah aktif, dan siap digunakan.
Anda bisa mulai setup GenAI Chatbot jika status chatbot Anda “Waiting Setup”.
Cara Setup GenAI Chatbot jika status chatbot Anda “Waiting Setup".
- Klik “View” pada chatbot yang sudah Anda buat.
- Pilih “Setup”.
- Pada Tab Brand Profile, Anda harus mendeskripsikan brand Anda dengan mengisi kolom nama brand, industri, dan link website perusahaan Anda. Jika sudah, klik “Save Changes”.
- Pada Tab Chatbot Profile, Anda bisa personalisasi profile chatbot sesuai dengan kebutuhan brand Anda. Pengaturan ini mencakup pemilihan nada komunikasi, tingkat detail dalam berinteraksi, atau bahkan fokus pada bidang tertentu seperti sales, customer support, dan lain-lain. Dengan kustomisasi ini, chatbot dapat lebih relevan, personal, dan efektif dalam berinteraksi dengan customer.
Anda bisa mengaktifkan toggle “Allow External Knowledge” jika Anda ingin Chatbot Anda bisa mengakses knowledge external.
- Pilih Language atau bahasa utama yang ingin digunakan oleh Chatbot. Kemudian, pilih default language atau bahasa kedua selain bahasa utama.
- Language yang berarti Chatbot hanya diperbolehkan merespons menggunakan bahasa yang Anda pilih saja.
- Default language berarti bahasa yang digunakan chatbot untuk merespon ke customer yang menggunakan bahasa diluar Language dipilih.
Contoh: Pilih Language - bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, kemudian untuk Default language-nya, pilih bahasa Inggris. Jika ada customer berbicara dengan bahasa selain bahasa Indonesia atau Inggris, misalnya bahasa Mandarin, maka Chatbot Anda akan menjawab dengan bahasa Inggris.
- Selanjutnya isi kalimat greetings. Kalimat greetings akan digunakan untuk membalas chat pertama dari customer. Anda bisa mengisi beberapa greeting message yang berbeda.
- Anda dapat menambah ketentuan-ketentuan yang anda inginkan untuk Chatbot Anda pada kolom Additional Prompt.
*Catatan: Prompt adalah instruksi atau teks yang diberikan kepada Chatbot atau AI untuk menghasilkan respons. Prompt berfungsi sebagai panduan agar AI dapat memberikan jawaban yang sesuai dengan kebutuhan atau konteks yang diminta pengguna.
- Klik “Save Changes” untuk menyimpan Chatbot Profile.
- Pada Tab Knowledge Base, Anda bisa melatih Chatbot dengan memasukkan knowledge untuk memberikan jawaban yang relevan, akurat, dan sesuai konteks kepada customer. Untuk menginput knowledge base, Anda bisa mengupload dokumen atau text.
- Jika Anda ingin mengupload dokumen, caranya klik “Select Attachments” dan pilih dokumen yang berisikan knowledge untuk chatbot Anda. Lalu, klik “Open”. Jika dokumen Anda berhasil diupload, akan muncul pop up “Source has been successfully uploaded”. Sebagai catatan, dokumen yang diupload formatnya harus dalam CSV, PDF, DOC, DOCX, dan TXT.
- Jika Anda ingin menginput knowledge base ChatGPT dengan text, Anda cukup mengisi nama knowledge base, seperti contoh “Informasi Layanan”. Lalu, pada bagian contentnya bisa Anda isi dengan informasi terkait layanan perusahaan Anda.
- Jika sudah, klik “Upload source”.
- Pada Tab Handover Settings, Anda bisa mengatur dengan mudah bagaimana dan kapan percakapan dialihkan dari ChatGPT ke agent. Fitur ini memberikan Anda kontrol lebih dalam mengelola interaksi pelanggan, memastikan pengalaman yang mulus antara otomatisasi dan dukungan manusia atau live agent.
- Aktifkan toggle jika Anda ingin mengaktifkan fitur Handover yang akan mengarahkan percakapan ke agent saat message dengan kriteria tertentu diterima oleh GenAI Chatbot.
- Isi kriteria dan pilih topik yang akan membantu chatbot mendefinisikan percakapan yang perlu dialihkan ke agent.
* Seperti contoh: Isi kriterianya dengan “Jika pelanggan meminta berbicara dengan agent” dan pilih topik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, e.g. General.
* Catatan: Anda bisa menambahkan kriteria sesuai kebutuhan Anda. - Jika sudah, klik “Save Changes”.
- Lalu, klik “Submit & Build”. Kemudian, pilih “Save Changes”. Jika berhasil disimpan, akan muncul pop up “Chatbot setup submitted successfully and build will run soon”.
Anda tinggal menunggu status chatbot Anda menjadi “Active”.
Jika sudah “Active”, GenAI Chatbot Anda siap untuk digunakan di semua channel yang terintegrasi dengan OneTalk.
Di halaman Chatbot Details, Anda dapat melihat Tier Chatbot yang Anda miliki dan Chatbot Usage yang berisikan:
- Token Usage: Jumlah token yang sudah Anda gunakan
- Total Chat Session: Jumlah total sesi chat yang ditangani oleh GenAI Chatbot
- Total Message: Jumlah total pesan/message yang dikirim oleh GenAI Chatbot
- Jumlah Daily Chat Session: Jumlah sesi chat harian yang ditangani oleh GenAI Chatbot
- Jumlah Daily Messages: Jumlah pesan/message harian yang dikirim oleh GenAI Chatbot
Jika Anda sudah berhasil setup chatbot dan statusnya ‘Active’, berarti GenAI Chatbot siap dipasang dan digunakan di channel yang Anda inginkan.
Cara Memasang GenAI Chatbot ke dalam Channel yang Terintegrasi dengan OneTalk!
Berikut cara memasang GenAI Chatbot ke Channel yang terintegrasi dengan OneTalk:
- Klik “Integration” pada sidebar menu dan pilih Channels.
- Pilih satu aplikasi yang ingin Anda integrasikan dengan Chatbot. Seperti contoh Instagram DM.
- Setelah itu, klik channel Instagram Anda yang ingin Anda integrasikan dengan Chatbot.
- Lalu, pilih menu Chatbot dan klik “Set Chatbot”.
- Pilih nama Chatbot yang sudah Anda buat sebelumnya. Chatbot Type akan terisi secara otomatis.
- Jika sudah, klik “Save Changes”.
- Chatbot yang dipasang akan muncul pada halaman Channel Details dan chatbot sudah siap digunakan di channel tersebut.
- Berikut contoh jawaban chatbot yang knowledgenya sudah diinput saat menangani chat pelanggan. Chatbot akan menjawab sesuai dengan profil yang sudah Anda setup dan knowledge yang sudah Anda input.
Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait cara setup GenAI Chatbot di dashboard OneTalk.