Back to Home

Tutorial

Tutorial Membuat Contact Segment di Dashboard OneTalk

BY
Regita Larasati

Regita Larasati

Content Strategic Associate
Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Contact Segment adalah salah satu fitur OneTalk untuk membantu Anda mengelompokkan atau segmentasi kontak sesuai pengelompokan tertentu sesuai kebutuhan Anda. Dengan melakukan segmentasi kontak, pengiriman broadcast Anda juga jadi lebih tepat sasaran dan efektif.

Untuk membuat Contact Segment, Anda harus menyiapkan kontak yang sudah tersimpan di aplikasi OneTalk. Jika ingin menambahkan kontak selain yang sudah tersimpan di dalam inbox OneTalk, maka Anda harus menambahkan atau mengimpor kontaknya terlebih dahulu.

Terdapat dua cara untuk membuat Contact Segment di dashboard OneTalk yaitu dari menu ‘Contact Segment’ dan ‘Import Contact’.

Cara Membuat Contact Segment dari Menu ‘Contact Segment’

Berikut cara membuat Contact Segment dari menu ‘Contact Segment’ di dashboard OneTalk:

  1. Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukan email dan password Anda dan klik Log In.
  1. Pilih menu “Operational”, pilih “Contact Segment”.
  2. Setelah itu, klik “+ New Segment”.
  1. Isi nama Contact Segment yang ingin Anda buat, seperti contoh “Cabang Bali”. Jika sudah, klik “Create Segment”.
  1. Untuk menambahkan kontak ke dalam Contact Segment, klik “Add Contact Into Segments”.
  1. Pilih kontak yang ingin Anda masukkan ke dalam Contact Segment.
    * Catatan: Anda hanya bisa menambahkan kontak yang sebelumnya sudah tersimpan di OneTalk.
  2. Jika sudah, klik “Add Contact”.
  1. Klik “Save Changes” untuk menyimpan Contact Segment.

Cara Membuat Contact Segment dari Menu ‘Import Contact’

Dengan membuat Contact Segment melalui menu Import Contact, Anda bisa menyimpan kontak baru, sekaligus membuat segmen kontak.

Sebelum mengimpor kontak, Anda perlu mempersiapkan dokumen dalam bentuk CSV dengan format kolom dan urutan seperti berikut: segment_name, full_name, alias, phone, company_name, dan job_title. (Anda juga bisa mendownload template atau contoh dokumen CSV untuk mengimpor kontaknya, ya!).

Isi informasi yang sesuai dengan nama kolom pada CSV.
Segment_name → isi nama segment yang akan dibuat untuk kontak tersebut.
Full_name → isi nama. (wajib diisi)
Alias → isi alias untuk kontak tersebut jika ada.
Phone → isi nomor HP. (wajib diisi) Perlu diperhatikan, nomor pada kolom ‘phone’ harus berawalan dengan kode negara tanpa tanda ‘+’, dan tidak boleh berawalan dengan angka ‘0’.
Company_name → isi nama perusahaan kontak tersebut jika ada.
Job_title → isi job title kontak jika ada.

Pastikan di dalam datanya tidak ada enter dan tab karena akan dipastikan error saat dokumennya diupload.

Berikut cara membuat Contact Segment dari menu ‘Import Contact’ di dashboard OneTalk:

  1. Jangan lupa Anda harus login terlebih dahulu di halaman dashboard OneTalk.
  1. Setelah login berhasil, pilih menu “Operational”, pilih “Import Contact”.
  2. Setelah itu, klik “+ New Import”.
  1. Pilih dokumen yang berisikan data kontak Anda. Lalu, klik “Upload”.
    *Catatan: Anda hanya bisa mengupload dokumen CSV dan harus memiliki format kolom dan urutan seperti berikut: segment_name, full_name, alias, phone, company_name, dan job_title.
  1. Anda akan dialihkan ke halaman Import Details yang berisi informasi terkait.
    pengimporan kontak, salah satunya adalah status. Terdapat beberapa status saat mengimpor kontak, antara lain:
    • Running: Proses impor sedang berjalan.
    • Pending: proses impor kontak sedang tertunda atau sedang dalam antrian.
    • Failed: Pengunggahan dokumen kontak gagal.
    • Finished: Pengunggahan dokumen kontak telah selesai dan berhasil diimpor.
  1. Untuk melihat Contact Segment dari Import Contact, klik menu “Contact Segment”.
  2. Di sini terdapat Contact Segment yang otomatis terbuat dari kontak yang sudah Anda impor.

Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait membuat Contact Segment di dashboard OneTalk!

Share this article

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Contact Segment adalah salah satu fitur OneTalk untuk membantu Anda mengelompokkan atau segmentasi kontak sesuai pengelompokan tertentu sesuai kebutuhan Anda. Dengan melakukan segmentasi kontak, pengiriman broadcast Anda juga jadi lebih tepat sasaran dan efektif.

Untuk membuat Contact Segment, Anda harus menyiapkan kontak yang sudah tersimpan di aplikasi OneTalk. Jika ingin menambahkan kontak selain yang sudah tersimpan di dalam inbox OneTalk, maka Anda harus menambahkan atau mengimpor kontaknya terlebih dahulu.

Terdapat dua cara untuk membuat Contact Segment di dashboard OneTalk yaitu dari menu ‘Contact Segment’ dan ‘Import Contact’.

Cara Membuat Contact Segment dari Menu ‘Contact Segment’

Berikut cara membuat Contact Segment dari menu ‘Contact Segment’ di dashboard OneTalk:

  1. Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukan email dan password Anda dan klik Log In.
  1. Pilih menu “Operational”, pilih “Contact Segment”.
  2. Setelah itu, klik “+ New Segment”.
  1. Isi nama Contact Segment yang ingin Anda buat, seperti contoh “Cabang Bali”. Jika sudah, klik “Create Segment”.
  1. Untuk menambahkan kontak ke dalam Contact Segment, klik “Add Contact Into Segments”.
  1. Pilih kontak yang ingin Anda masukkan ke dalam Contact Segment.
    * Catatan: Anda hanya bisa menambahkan kontak yang sebelumnya sudah tersimpan di OneTalk.
  2. Jika sudah, klik “Add Contact”.
  1. Klik “Save Changes” untuk menyimpan Contact Segment.

Cara Membuat Contact Segment dari Menu ‘Import Contact’

Dengan membuat Contact Segment melalui menu Import Contact, Anda bisa menyimpan kontak baru, sekaligus membuat segmen kontak.

Sebelum mengimpor kontak, Anda perlu mempersiapkan dokumen dalam bentuk CSV dengan format kolom dan urutan seperti berikut: segment_name, full_name, alias, phone, company_name, dan job_title. (Anda juga bisa mendownload template atau contoh dokumen CSV untuk mengimpor kontaknya, ya!).

Isi informasi yang sesuai dengan nama kolom pada CSV.
Segment_name → isi nama segment yang akan dibuat untuk kontak tersebut.
Full_name → isi nama. (wajib diisi)
Alias → isi alias untuk kontak tersebut jika ada.
Phone → isi nomor HP. (wajib diisi) Perlu diperhatikan, nomor pada kolom ‘phone’ harus berawalan dengan kode negara tanpa tanda ‘+’, dan tidak boleh berawalan dengan angka ‘0’.
Company_name → isi nama perusahaan kontak tersebut jika ada.
Job_title → isi job title kontak jika ada.

Pastikan di dalam datanya tidak ada enter dan tab karena akan dipastikan error saat dokumennya diupload.

Berikut cara membuat Contact Segment dari menu ‘Import Contact’ di dashboard OneTalk:

  1. Jangan lupa Anda harus login terlebih dahulu di halaman dashboard OneTalk.
  1. Setelah login berhasil, pilih menu “Operational”, pilih “Import Contact”.
  2. Setelah itu, klik “+ New Import”.
  1. Pilih dokumen yang berisikan data kontak Anda. Lalu, klik “Upload”.
    *Catatan: Anda hanya bisa mengupload dokumen CSV dan harus memiliki format kolom dan urutan seperti berikut: segment_name, full_name, alias, phone, company_name, dan job_title.
  1. Anda akan dialihkan ke halaman Import Details yang berisi informasi terkait.
    pengimporan kontak, salah satunya adalah status. Terdapat beberapa status saat mengimpor kontak, antara lain:
    • Running: Proses impor sedang berjalan.
    • Pending: proses impor kontak sedang tertunda atau sedang dalam antrian.
    • Failed: Pengunggahan dokumen kontak gagal.
    • Finished: Pengunggahan dokumen kontak telah selesai dan berhasil diimpor.
  1. Untuk melihat Contact Segment dari Import Contact, klik menu “Contact Segment”.
  2. Di sini terdapat Contact Segment yang otomatis terbuat dari kontak yang sudah Anda impor.

Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait membuat Contact Segment di dashboard OneTalk!

Related Posts