Back to Home

Tutorial

Tutorial Membuat FAQ Chatbot di OneTalk!

BY
Regita Larasati

Regita Larasati

Content Strategic Associate
Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Cara membuat FAQ Chatbot di Dashboard OneTalk

Berikut cara membuat FAQ Chatbot di dashboard OneTalk.

Sebelum membuat FAQ Chatbot di dashboard OneTalk, Anda harus membuat Q&A Path terlebih dahulu. Q&A Path digunakan untuk menampilkan pertanyaan yang sering diajukan (Frequently Asked Question) dalam live chat atau sebagai bot percakapan di channel lain.

Cara Membuat Q&A Path di Dashboard OneTalk

Berikut cara membuat Q&A Path di dashboard OneTalk:

  1. Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukkan email dan password Anda dan klik Log In.
  1. Pilih menu “Setup”, pilih “Q&A Path” dan klik “+ Create QnA Path”.
  1. Isi judul Q&A Path pada kolom “Title”.
  2. Pilih tipe chatbot sesuai yang dibutuhkan, antara lain:
    • Q&A: Chatbot berbasis pertanyaan dan jawaban.
    • Talk to Agent: Chatbot yang memiliki action untuk mengalihkan percakapan dari chatbot ke agent.
    • Q&A via API: Chatbot berbasis API dengan dynamic data.

* Catatan: Jika Anda memilih Q&A via API, respons chatbot ke pelanggan akan mengikuti data atau jawaban yang dikembalikan oleh API milik Anda. Info lebih lengkap terkait Q&A via API ada di sini.

  1. Jika pilih tipe chatbot “Q&A”, Isi konten chatbot pada kolom “Content”. Jika sudah, klik “Create”.
  1. Jika Anda pilih tipe chatbot “Talk to Agent”,
    • Isi konten chatbot pada kolom “Content”.
    • Pilih departemen terkait atau topik yang dituju. Anda bisa memilih lebih dari satu departemen atau topik.
    • Jika Anda mengaktifkan “Message After Topic is Selected”, Anda bisa mengirimkan pesan balasan otomatis untuk customer ketika case dialihkan ke agent. *Seperti contoh: “Baik, mohon ditunggu. Agent kami akan segera membalas pesan Anda.”
    • Jika sudah, klik “Create”.
  1. Jika Anda memilih tipe chatbot “Q&A via API”:
    • Isi link API yang akan dipanggil oleh OneTalk, lalu klik “Test URL”.
    • Tampilan Response API akan muncul otomatis.
    • Anda bisa membuat reply message jika API error.
    • Jika sudah, klik “Create”.
Flow Q&A via API

Jika Anda sudah memilih tipe chatbot, Anda harus membuat List of Child. List of Child adalah jawaban atau informasi lanjutan dari pertanyaan yang sudah Anda buat sebelumnya. Contoh:

  1. Lapisan FAQ Chatbot pertama → Jam Operasional Toko.
  2. Lapisan FAQ Chatbot berikutnya (List of Child) → Toko Cabang Jakarta / Toko Cabang Bogor.
  3. Lapisan FAQ Chatbot berikutnya (List of Child) → Jam Operasional Toko Cabang Bogor: 09.00 - 22.00.

Cara Membuat List of Child di Dashboard OneTalk

Untuk membuat lapisan FAQ Chatbot berikutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kembali ke halaman utama Q&A Path.
  2. Pilih Q&A Path yang sudah Anda buat, klik “View”.
  3. Pilih “+ Create Child”.
  1. Isi kembali informasi yang dibutuhkan pada kolom yang tersedia.
  2. Jika sudah, klik “Create”.
  1. List of Child yang sudah Anda buat, akan muncul di sini.
    *Catatan: Anda bisa menambahkan List of Child sebanyak mungkin sesuai kebutuhan Anda.

Setelah berhasil membuat Q&A Path, Anda harus memasangkan Q&A Path ke dalam sebuah Chatbot.

Cara Memasangkan Q&A Path ke dalam Chatbot

Berikut cara memasangkan Q&A Path ke dalam Chatbot:

  1. Pada sidebar menu, pilih “Chatbots”. Lalu, klik “+ Create Chatbot”
  1. Isi nama chatbot.
  2. Pilih tipe chatbot “QnA Chatbot”.
  3. Pilih QnA Path yang sudah Anda buat sebelumnya.
  4. Jika sudah, klik “Create”.

Jika sudah memasangkan Q&A Path ke dalam Chatbot, Anda harus mengaktifkan Chatbot tersebut ke Platform yang Anda inginkan.

Cara Mengaktifkan Q&A Chatbot ke Platform yang Anda Inginkan

Untuk mengaktifkan Q&A Chatbot ke platform yang Anda inginkan, ikuti langkah berikut:

  1. Pada sidebar menu, pilih “Integrations” dan pilih “Channels”.
  2. Pilih channel yang Anda inginkan untuk implementasi FAQ Chatbot.
  1. Pada bagian Chatbot di Channel Details, pilih “Set Chatbot”.
  1. Lalu, pilih nama chatbot yang sudah Anda buat sebelumnya.
  2. Chatbot Type akan terisi secara otomatis.
  3. Jika sudah, klik “Save Changes”.
  4. FAQ Chatbot siap digunakan.

Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait membuat FAQ Chatbot di dashboard OneTalk.

Anda juga bisa melihat video tutorial bagaimana cara membuat FAQ Chatbot di sini:

Share this article

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Cara membuat FAQ Chatbot di Dashboard OneTalk

Berikut cara membuat FAQ Chatbot di dashboard OneTalk.

Sebelum membuat FAQ Chatbot di dashboard OneTalk, Anda harus membuat Q&A Path terlebih dahulu. Q&A Path digunakan untuk menampilkan pertanyaan yang sering diajukan (Frequently Asked Question) dalam live chat atau sebagai bot percakapan di channel lain.

Cara Membuat Q&A Path di Dashboard OneTalk

Berikut cara membuat Q&A Path di dashboard OneTalk:

  1. Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukkan email dan password Anda dan klik Log In.
  1. Pilih menu “Setup”, pilih “Q&A Path” dan klik “+ Create QnA Path”.
  1. Isi judul Q&A Path pada kolom “Title”.
  2. Pilih tipe chatbot sesuai yang dibutuhkan, antara lain:
    • Q&A: Chatbot berbasis pertanyaan dan jawaban.
    • Talk to Agent: Chatbot yang memiliki action untuk mengalihkan percakapan dari chatbot ke agent.
    • Q&A via API: Chatbot berbasis API dengan dynamic data.

* Catatan: Jika Anda memilih Q&A via API, respons chatbot ke pelanggan akan mengikuti data atau jawaban yang dikembalikan oleh API milik Anda. Info lebih lengkap terkait Q&A via API ada di sini.

  1. Jika pilih tipe chatbot “Q&A”, Isi konten chatbot pada kolom “Content”. Jika sudah, klik “Create”.
  1. Jika Anda pilih tipe chatbot “Talk to Agent”,
    • Isi konten chatbot pada kolom “Content”.
    • Pilih departemen terkait atau topik yang dituju. Anda bisa memilih lebih dari satu departemen atau topik.
    • Jika Anda mengaktifkan “Message After Topic is Selected”, Anda bisa mengirimkan pesan balasan otomatis untuk customer ketika case dialihkan ke agent. *Seperti contoh: “Baik, mohon ditunggu. Agent kami akan segera membalas pesan Anda.”
    • Jika sudah, klik “Create”.
  1. Jika Anda memilih tipe chatbot “Q&A via API”:
    • Isi link API yang akan dipanggil oleh OneTalk, lalu klik “Test URL”.
    • Tampilan Response API akan muncul otomatis.
    • Anda bisa membuat reply message jika API error.
    • Jika sudah, klik “Create”.
Flow Q&A via API

Jika Anda sudah memilih tipe chatbot, Anda harus membuat List of Child. List of Child adalah jawaban atau informasi lanjutan dari pertanyaan yang sudah Anda buat sebelumnya. Contoh:

  1. Lapisan FAQ Chatbot pertama → Jam Operasional Toko.
  2. Lapisan FAQ Chatbot berikutnya (List of Child) → Toko Cabang Jakarta / Toko Cabang Bogor.
  3. Lapisan FAQ Chatbot berikutnya (List of Child) → Jam Operasional Toko Cabang Bogor: 09.00 - 22.00.

Cara Membuat List of Child di Dashboard OneTalk

Untuk membuat lapisan FAQ Chatbot berikutnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Kembali ke halaman utama Q&A Path.
  2. Pilih Q&A Path yang sudah Anda buat, klik “View”.
  3. Pilih “+ Create Child”.
  1. Isi kembali informasi yang dibutuhkan pada kolom yang tersedia.
  2. Jika sudah, klik “Create”.
  1. List of Child yang sudah Anda buat, akan muncul di sini.
    *Catatan: Anda bisa menambahkan List of Child sebanyak mungkin sesuai kebutuhan Anda.

Setelah berhasil membuat Q&A Path, Anda harus memasangkan Q&A Path ke dalam sebuah Chatbot.

Cara Memasangkan Q&A Path ke dalam Chatbot

Berikut cara memasangkan Q&A Path ke dalam Chatbot:

  1. Pada sidebar menu, pilih “Chatbots”. Lalu, klik “+ Create Chatbot”
  1. Isi nama chatbot.
  2. Pilih tipe chatbot “QnA Chatbot”.
  3. Pilih QnA Path yang sudah Anda buat sebelumnya.
  4. Jika sudah, klik “Create”.

Jika sudah memasangkan Q&A Path ke dalam Chatbot, Anda harus mengaktifkan Chatbot tersebut ke Platform yang Anda inginkan.

Cara Mengaktifkan Q&A Chatbot ke Platform yang Anda Inginkan

Untuk mengaktifkan Q&A Chatbot ke platform yang Anda inginkan, ikuti langkah berikut:

  1. Pada sidebar menu, pilih “Integrations” dan pilih “Channels”.
  2. Pilih channel yang Anda inginkan untuk implementasi FAQ Chatbot.
  1. Pada bagian Chatbot di Channel Details, pilih “Set Chatbot”.
  1. Lalu, pilih nama chatbot yang sudah Anda buat sebelumnya.
  2. Chatbot Type akan terisi secara otomatis.
  3. Jika sudah, klik “Save Changes”.
  4. FAQ Chatbot siap digunakan.

Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait membuat FAQ Chatbot di dashboard OneTalk.

Anda juga bisa melihat video tutorial bagaimana cara membuat FAQ Chatbot di sini:

Related Posts