Back to Home

Tutorial

Tutorial Mengintegrasikan Facebook dan Instagram Comment ke Dashboard OneTalk!

BY
Regita Larasati

OneTalk memiliki channel terbaru yang bisa diintegrasikan, yaitu komentar Instagram dan Facebook. Dengan integrasi komentar IG & FB, semua comment di postingan IG & FB akan masuk ke dalam Inbox OneTalk. Hal ini memungkinkan agent maupun admin untuk memantau setiap komentar yang masuk. Agent juga dapat langsung membalas komentar tersebut melalui Inbox OneTalk.

Namun, perlu dicatat bahwa yang masuk ke inbox hanyalah komentar tingkat pertama (first-level comment). Jika pelanggan membalas komentar admin atau membalas komentarnya sendiri (reply comment), maka komentar tersebut tidak akan masuk ke inbox.

Cara Mengintegrasikan Komentar Facebook ke Dashboard OneTalk

Pastikan Anda memiliki akses ke Halaman Facebook yang ingin diintegrasikan ke OneTalk sebelum memulai proses integrasi.

Berikut cara mengintegrasikan komentar Facebook ke dalam Dashboard OneTalk:

  1. Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukkan email dan password Anda dan klik Log In.

  1. Pilih menu “Integration”, klik “Channels” dan pilih “Facebook Comment”.

  1. Lalu, klik “+ Add Channel”.

  1. Selanjutnya, Anda harus masuk dengan akun Facebook Anda dan klik tombol “Continue with Facebook”.

* Catatan: Pastikan Anda login dengan akun Facebook yang memiliki akses ke Halaman Facebook.

  1. Dengan mengklik tombol “Continue with Facebook”, Anda akan diminta memasukkan email atau password untuk pertama kalinya, atau setelah Anda masuk, akan muncul popup seperti ini: 

  1. Lalu, pilih Halaman Facebook yang ingin Anda integrasikan ke OneTalk.

  1. Anda akan diminta untuk memilih Permission, silakan pilih semua Permission dan klik “Done”.

  1. Setelah muncul popup seperti di bawah ini, berarti akun Anda sudah terhubung ke OneTalk.

Cara Mengintegrasikan Komentar Instagram ke Dashboard OneTalk

Sebelum memulai, Anda perlu memiliki akun Instagram Bisnis (Instagram Business Account) atau akun Kreator (Instagram Creator Account) bukan akun Instagram Pribadi, serta Halaman Facebook yang telah terhubung dengan akun Instagram tersebut. 

Silakan ikuti tautan ini untuk informasi lebih lanjut:

Instagram Business Account atau Instagram Creator Account, Facebook Page Connected to Instagram Account

Berikut cara mengintegrasikan komentar Instagram ke dalam Dashboard OneTalk:

  1. Pada dashboard Onetalk, pilih menu “Integration”, klik “Channels” dan pilih “Instagram Comment”.

  1. Lalu, klik “+ Add Channel”.

  1. Selanjutnya, Anda harus masuk dengan akun Facebook Anda dan klik tombol “Continue with Facebook”.

* Catatan: Pastikan Anda login dengan akun Facebook yang memiliki akses ke Halaman Facebook.

  1. Klik “Continue with Facebook”dan masuk menggunakan email dan kata sandi, kecuali Anda sudah login sebelumnya, maka pop-up berikut akan ditampilkan:

  1. Pilih akun Instagram yang komentarnya ingin Anda integrasikan ke OneTalk.
  1. Selanjutnya, pilih Halaman Facebook yang terhubung dengan akun tersebut.

  1. Anda akan diminta untuk memilih Permission, silakan pilih semua Permission dan klik “Done”.

  1. Setelah muncul popup seperti di atas, berarti akun Anda sudah terhubung ke OneTalk.

Jika akun Facebook Anda sudah terhubung, tampilan di dasbor akan terlihat seperti ini: 

  1. Pilih Facebook Page yang ingin Anda integrasikan dan pilih topik untuk channel tersebut.
  1. Jika sudah, klik “Create Channel” untuk membuat dan menyimpan channel. Channel berhasil dibuat!

Channel Details

Setelah Anda berhasil mengintegrasikan komentar Facebook atau Instagram, Anda dapat mengubah pengaturan yang tersedia di bagian Channel Details pada channel yang telah Anda buat. Berikut tampilan di dasbor OneTalk jika berhasil membuat channel Facebook dan Instagram Comment:

Terdapat beberapa menu, antara lain “Automatic Resolve Case”, “Automatic Unassign Agent”, dan “Ignored Hashtags”. 

  1. Automatic Resolve Case

Jika Anda ingin mengaktifkan “Automatic Resolve Case” untuk menyelesaikan case secara otomatis ketika tidak ada balasan dari pelanggan dalam jangka waktu yang ditentukan, berikut panduannya:

Klik “Edit” pada menu Automatic Resolve Case.

Aktifkan toggle “Enable Automatic Resolve”. 

Tentukan durasi waktu tunggu sejak balasan terakhir dari agent hingga case otomatis diselesaikan. Kemudian klik “Save Changes”. 

  1. Automatic Unassign Agent

Jika Anda ingin mengaktifkan “Automatic Unassign Agent” untuk unassign case secara otomatis jika agent tidak membalas dalam jangka waktu waktu tertentu, berikut tutorialnya:

Klik “Edit” pada menu Automatic Unassign Agent.

Aktifkan toggle “Enable Automatic Unassign Agent”. Kemudian, atur durasi waktu tunggu sejak respons terakhir dari pelanggan hingga case dilepas secara otomatis dari agent.

Jika sudah, klik “Save Changes”.

  1. Ignored Hashtags

Jika Anda ingin mengaktifkan “Ignored Hashtags” untuk menyaring komentar dengan hashtag atau tagar tertentu untuk mencegahnya dijadikan sebagai case, berikut tutorialnya:

Klik “Manage” pada menu Ignored Hashtags.

Pilih “Add Ignored Hashtag”.

Ketik hashtag yang ingin diabaikan agar tidak masuk sebagai case di inbox Anda, isi deskripsi (opsional) dari hashtag tersebut, dan pilih warna untuk penandanya.

Jika sudah, klik “Add Ignored Hashtag”.

Hashtag yang sudah Anda buat akan muncul sebagai list di sini. Anda juga bisa menghapus dan mengubah hashtagnya.

Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait mengintegrasikan komentar Facebook dan Instagram ke dashboard OneTalk.

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Related Posts