Back to Home

Tutorial

Tutorial Mengintegrasikan Facebook dan Instagram Comment ke Dashboard OneTalk!

BY
Regita Larasati

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

OneTalk memiliki channel terbaru yang bisa diintegrasikan, yaitu Instagram dan Facebook Comment. Dengan integrasi IG & FB Comment, semua comment yang ada di postingan IG & FB akan masuk ke dalam Inbox OneTalk. Sehingga baik agent atau admin dapat mengetahui apabila ada comment yang masuk di postingan IG & FB bisnis Anda. Lalu, agent juga bisa membalas comment tersebut dari inbox OneTalk. Namun, comment yang masuk hanya comment level pertama saja. Apabila customer reply comment admin atau reply comment nya sendiri, maka pesan comment tersebut tidak akan masuk ke inbox. 

Pastikan Anda sudah mempunyai akun Instagram, Facebook, dan OneTalk terlebih dahulu untuk mengintegrasikannya.

Cara Mengintegrasikan Facebook & Instagram Comment ke Dashboard OneTalk

Berikut cara mengintegrasikan Instagram dan Facebook Comment ke dalam Dashboard OneTalk:

  1. Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukkan email dan password Anda dan klik Log In.

  1. Pilih menu “Integration”, klik “Channels” dan pilih “Instagram Comment” atau “Facebook Comment”.

  1. Lalu, klik “+ Add Channel”.

  1. Selanjutnya, Anda harus masuk dengan akun Facebook Anda dan klik tombol “Continue with Facebook”.

* Catatan: Pastikan Anda login dengan akun Facebook yang memiliki akses ke Halaman Facebook.

  1. Dengan mengklik tombol “Continue with Facebook”, Anda akan diminta memasukkan email atau password untuk pertama kalinya, atau setelah Anda masuk, akan muncul popup seperti ini: 

Cara mengintegrasikan Facebook Comment


  1. Pilih Halaman Facebook yang ingin Anda integrasikan ke OneTalk.

  1. Lalu, Anda akan diminta untuk memilih Permission, silakan pilih semua Permission dan klik “Done”.

  1. Setelah muncul popup seperti di bawah ini, berarti akun Anda sudah terhubung ke OneTalk.

Cara mengintegrasikan Instagram Comment

  1. Pilih akun Instagram yang ingin Anda integrasikan ke OneTalk.
  1. Selanjutnya, pilih Halaman Facebook yang terhubung dengan akun tersebut.

* Catatan: Akun Instagram Anda harus terhubung dengan Facebook Page.

Jika belum terhubung, Anda bisa melihat caranya di sini: https://help.instagram.com/399237934150902 

  1. Anda akan diminta untuk memilih Permission, silakan pilih semua Permission dan klik “Done”.

  1. Setelah muncul popup seperti ini, berarti akun Anda sudah terhubung ke OneTalk.

Jika akun Facebook Anda sudah terhubung, tampilan di dasbor akan terlihat seperti ini.

  1. Pilih Facebook Page yang ingin Anda integrasikan dan pilih topik untuk channel tersebut.
  1. Jika sudah, klik “Create Channel”.

Tampilan di dasbor OneTalk jika berhasil membuat channel Facebook dan Instagram Comment

Di bawahnya, terdapat beberapa menu, antara lain “Automatic Resolved Case”, “Automatic Unassigns Agent”, dan “Ignore Hashtags”. 

Jika Anda ingin mengaktifkan “Automatic Resolved Case” untuk menyelesaikan case secara otomatis jika tidak ada balasan dari pelanggan dalam jangka waktu yang ditentukan, berikut tutorialnya:

  1. Klik “Edit” pada menu Automatic Resolved Case.

  1. Aktifkan toggle “Enable Automatic Resolve”.
  1. Tentukan jangka waktu untuk menyelesaikan case.
  1. Jika sudah, klik “Save Changes”.

Jika Anda ingin mengaktifkan “Automatic Unassign Agent” untuk unassign case secara otomatis jika agent tidak membalas dalam jangka waktu waktu tertentu, berikut tutorialnya:

  1. Klik “Edit” pada menu Automatic Resolved Case.

  1. Aktifkan toggle “Automatic Unassigns Agent”.
  1. Tentukan jangka waktu untuk unassign case.
  1. Jika sudah, klik “Save Changes”.

Jika Anda ingin mengaktifkan “Ignore Hashtags” untuk menyaring komentar dengan hashtag atau tagar tertentu untuk mencegahnya dijadikan sebagai case, berikut tutorialnya:

  1. Klik “Manage” pada menu Ignore Hashtags.

  1. Pilih “Add Ignored Hashtag”.

  1. Ketik hashtag yang tidak akan menjadi case di inbox Anda, deskripsi (opsional) dari hashtag tersebut, dan pilih warna untuk label-nya.
  1. Jika sudah, klik “Add Ignored Hashtag”.

  1. Hashtag yang sudah Anda buat akan muncul sebagai list di sini. Anda juga bisa menghapus dan mengedit hashtagnya.

Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait mengintegrasikan Facebook dan Instagram Comment ke dashboard OneTalk.

Related Posts