Tutorial Mengintegrasikan Ticketing System di Dashboard OneTalk
BY
Regita Larasati
Regita Larasati
Content Strategic Associate
Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.
Sekarang Anda dapat menghubungkan ticketing system ke platform omnichannel OneTalk! Dengan integrasi Ticketing System, Anda bisa membuat tiket, cek status, dan melihat riwayat tiket langsung dari OneTalk tanpa perlu berganti platform. Semua jadi lebih ringkas, cepat, dan terkontrol.
Jika Anda sudah memiliki Ticketing System sendiri, Anda dapat dengan mudah mengintegrasikannya ke Ticketing System OneTalk. Melalui integrasi Custom, bisnis Anda harus menyediakan URL API. Lalu, OneTalk akan menggunakan URL tersebut untuk berkomunikasi dengan sistem ticketing Anda dan menampilkan informasi sesuai parameter yang diminta.
Cara Mengintegrasikan Ticketing System Custom Provider di Dashboard OneTalk
Berikut cara mengintegrasikan Ticketing System ke dalam Dashboard OneTalk:
Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukkan email dan password Anda dan klik Log In.
Pilih menu “Integration” dan pilih “Ticketing System” > Custom Provider > Klik “Connect”.
Masukkan API URL pada kolom yang disediakan pada bagian “Custom Provider”.
Pada bagian Inbox Configs, Anda bisa mengatur fitur Ticketing System pada inbox OneTalk. Berikut beberapa fitur yang bisa Anda atur:
Allow Create Ticket: Anda bisa mengaktifkan tombol “Create Ticket” di inbox OneTalk.
Show Ticket Status by Case: Anda bisa menampilkan status tiket langsung dalam Case Details. Anda juga bisa mengatur berapa jumlah tiket yang ingin ditampilkan dalam Case Details (max. 5).
Show Ticket Status by Contact: Anda bisa menampilkan status tiket langsung dalam Contact Info. Anda juga bisa mengatur berapa jumlah tiket yang ingin ditampilkan dalam Contact Info (max. 5).
Show Ticket History (Side Menu): Anda bisa menambahkan tombol “Ticket History” di side menu Inbox.
Jika sudah, klik “Save Changes”.
Cara Create Ticket di Inbox OneTalk
Saat ada pesan / case aktif yang sedang dihandle pada Inbox OneTalk, maka Anda dapat membuat tiket langsung dari inbox OneTalk (jika Anda mengaktifkan "Allow Create Ticket"). Berikut caranya:
Buka chat customer yang ingin Anda buatkan tiket di Inbox OneTalk. Pada tab Case Actions, pilih “Create Ticket”.
Tampilan form pada gambar hanya sebagai contoh
Saat tombol “Create New Ticket” diklik, akan muncul pop-up form dari sistem ticketing yang sebelumnya sudah diintegrasi. Form tersebut berasal langsung dari platform ticketing terkait, dan ditampilkan secara otomatis untuk diisi oleh Admin.
Isi form dengan data dan informasi yang sesuai
Cara Melihat Ticket Status by Case di Inbox OneTalk
Berikut cara melihat Ticket Status by Case di inbox OneTalk jika Anda mengaktifkan fitur ticketing system “Show Ticket Status by Case”:
Buka chat customer di inbox OneTalk.
Pada tab Case Details, terdapat list Ticket Status by Case yang menampilkan data ticket sesuai dengan balikan data dari API yang sudah diintegrasikan dengan OneTalk.
Tampilan pada list ticket status hanya sebagai contoh
Anda bisa klik “View More” untuk melihat list untuk melihat list lebih banyak, sesuai dengan data balikan dari API yang sudah diintegrasi.
Tampilan list hanya sebagai contoh
Cara Melihat Ticket History di Inbox OneTalk
Berikut cara melihat Ticketing History di inbox OneTalk jika Anda mengaktifkan fitur ticketing system “Show Ticket History”:
Pada sidebar menu di inbox OneTalk, klik “Ticketing History”.
Tampilan Ticket History hanya sebagai contoh
Saat tombol “Ticketing History” diklik, akan muncul pop-up dari sistem ticketing yang sebelumnya sudah diintegrasi. Halaman tersebut berasal langsung dari platform ticketing terkait, dan ditampilkan secara otomatis.