pt tap talk teknologi blog
WhatsApp API untuk Travel, Penerbangan, dan Penginapan

WhatsApp API untuk Travel, Penerbangan, dan Penginapan

By Jessica Jacob
29 / 12 / 2021

Pandemi selama 2 tahun terakhir adalah saat-saat terburuk bagi berbagai sektor ekonomi. Di era yang beralih ke sektor e-commerce dan digital, WhatsApp Business API telah menjadi saluran komunikasi paling populer untuk bisnis.

Selama masa-masa yang tidak terduga ini, komunikasi menjadi sangat krusial untuk bisnis. Di sinilah solusi seperti WhatsApp Business API (WABA) sangat berguna. WhatsApp Business API yang diperkenalkan sejak 2018 ini mengoptimalkan komunikasi secara signifikan. Terintegrasi hanya dengan sistem back-end dan sistem hubungan pelanggan, WABA juga menawarkan komunikasi yang aman dan pribadi, dengan enkripsi end-to-end. 

WhatsApp API untuk Travel, Penerbangan, dan Penginapan

Salah satu sektor yang mendapatkan potensi besar dari WhatsApp Business API ini adalah sektor travel, penerbangan, dan perhotelan. Sektor-sektor ini akan menggunakan WhatsApp Business API dalam dua cara utama: notifikasi pelanggan melalui pesan template dari bisnis ke pelanggan dan layanan pelanggan melalui pesan ketika mereka menghubungi Anda.

Sektor penerbangan dapat menggunakan WABA untuk bertukar media yang beragam, termasuk konfirmasi pemesanan dan boarding pass, sehingga memberikan nyaman bagi wisatawan dan tamu. Jika pelanggan meminta, Anda bahkan dapat mengirimkan brosur atau menu lewat WABA.

Perusahaan travel dan perhotelan beroperasi 24 jam. Otomatisasi WhatsApp Business API berarti Anda dapat menawarkan dukungan 24 jam dengan biaya yang lebih rendah, karena pesan template dan chatbot mengurangi pekerjaan manual oleh agent.

Baca juga: WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?

Contoh Penggunaan WhatsApp Business API untuk Sektor Bisnis Travel, Penerbangan, dan Perhotelan

Tempat Pencarian Akomodasi/Aktivitas/Transportasi

WhatsApp Business API dapat berperan dari sebelum perjalanan berlangsung

Ketika internet memungkinkan orang untuk mencari informasi sendiri, merencanakan liburan juga bisa dilakukan secara mandiri tanpa memerlukan bantuan. Dalam hal ini, agen perjalanan yang konvensional kehilangan valuenya untuk pelanggan.

Namun, kemudahan mendapatkan informasi memberikan akses bagi pelanggan untuk memilih opsi terbaik dan paling tepat. Proses pengambilan keputusan menjadi suatu hal yang menegangkan dan meragukan.

Maksudnya, semakin banyak pilihan yang ada untuk pelanggan dan semakin mereka berpindah-pindah aplikasi atau perangkat untuk membuat keputusan, semakin mereka merasa bingung, ragu, dan sulit untuk berkomitmen pada satu keputusan. 

Jadi, di mana letak peran WhatsApp Business API dalam kekacauan ini?

Selama tahap pencarian utama, integrasi WhatsApp memungkinkan pencarian yang sangat cepat dan tepat. Alih-alih kehilangan waktu menavigasi melalui opsi menu atau filter, pelanggan dapat menyuarakan permintaan mereka dengan bot atau agent Anda menggunakan bahasa percakapan alami dan menerima hasil yang mereka cari secara instan.

Dengan cara ini, alih-alih menambah kerumitan, Anda fokus pada poin yang relevan untuk setiap pengguna individu. Selain itu, transisi dari desktop ke seluler atau sebaliknya menjadi lebih mulus secara signifikan.

Misalnya, dengan memungkinkan klien untuk memulai percakapan di web dan mentransfernya ke aplikasi perpesanan favorit mereka, agent dapat merespons saat mereka aktif tanpa kehilangan prospek karena waktu tunggu yang membuat frustasi.

Banyak perusahaan sudah memanfaatkan WhatsApp. Misalnya, SnapTravel, perusahaan rintisan yang berbasis di Toronto di sektor perhotelan adalah salah satu yang pertama di antara perusahaan yang menempatkan percakapan sebagai proposisi nilai inti mereka.

Pengguna dapat memilih penawaran hotel melalui SMS, Facebook Messenger atau WhatsApp setelah berbagi detail seperti kota, tanggal, dan preferensi anggaran dengan chatbot.

Mengirim Notifikasi dan Update

Selain pemberitahuan rutin, perusahaan travel, maskapai penerbangan, dan hotel dapat memberitahu pelanggan tentang perubahan mendesak yang tiba-tiba. Misalnya, maskapai penerbangan dapat memberi tahu semua penumpang tentang pembukaan gerbang keberangkatan, atau perubahan gerbang keberangkatan, atau penerbangan yang dibatalkan atau ditunda. 

Ini mungkin mengirimkan pemberitahuan kepada penumpang yang belum naik bahwa gerbang keberangkatan akan segera ditutup.

Demikian pula, pengelola hotel dapat menggunakan notifikasi WhatsApp untuk memberi tahu tamu tentang sarapan mereka di pagi hari.

Baik maskapai penerbangan, layanan transportasi seperti taksi yang dipesan melalui aplikasi, atau transportasi kota setempat telah memanfaatkan notifikasi WhatsApp untuk pembaruan dan peringatan instan di berbagai belahan dunia. Misalnya, layanan taksi dapat memperbarui penumpangnya tentang ETA perjalanan atau kedatangan perjalanan yang ditentukan. Demikian pula, transportasi dalam kota lokal dapat menginformasikan pelanggan mengenai perubahan jadwal.

Sektor perhotelan dapat meminta pelanggan untuk ikut serta setelah reservasi dibuat untuk memberi tahu tamu mereka dengan konfirmasi pemesanan, pemilihan rencana perjalanan, diskon dan penawaran, atau poin loyalitas.

Notifikasi WhatsApp menunjukkan tingkat pengiriman yang lebih tinggi daripada email. Orang-orang secara rutin lebih memperhatikan layanan perpesanan mereka daripada kotak masuk email mereka.

  1. Informasi/Konfirmasi Pembelian

Sektor tersebut dapat mengirimkan notifikasi pembelian kepada pelanggan. Hal ini dapat berupa informasi mengenai Boarding Pass, pemesanan hotel, informasi hotel, atau bahkan menyertakan lokasi/petunjuk hotel.

  1. Contoh Pesan Update

Update yang dapat membantu pelanggan secara signifikan misalnya adalah: pembatalan atau penundaan penerbangan, pembatalan atau penundaan penerbangan, penjadwalan ulang penerbangan, perubahan gerbang, notifikasi check-in, dan persyaratan paspor/visa.

Layanan Pelanggan/Customer Service

Layanan pelanggan yang baik sangat penting dalam sektor perjalanan dan perhotelan. Mulai dari penanganan komplain, refund, atau konsultasi mengenai transaksi, semua bisa jadi krusial terhadap brand Anda.

Pelanggan mungkin ingin menghubungi Anda untuk menjadwal ulang penerbangan atau perjalanan, menanyakan metode pembayaran atau masalah penagihan, untuk mengubah rencana perjalanan mereka, memeriksa poin hadiah mereka, atau untuk pertanyaan umum. Mereka mungkin ingin membatalkan atau menjadwal ulang perjalanan atau masa inap.

Anda dapat menggunakan WhatsApp Business API untuk menangani pertanyaan yang sering diajukan dengan chatbot – baik chatbot berbasis aturan yang dirancang untuk menawarkan opsi untuk permintaan Anda yang paling umum atau bot pintar AI. 

Sistem apa pun yang Anda pilih, penting untuk menawarkan kemampuan untuk mengobrol dengan agent sebagai opsi. Jadikan pertukaran chatbot dengan agent sebagai bagian dari proses dan pastikan pelanggan dapat beralih ke agent kapanpun mereka menginginkannya. Mereka mungkin tidak menemukan informasi yang mereka cari melalui chatbot, dan beberapa tidak suka mengobrol dengan bot AI karena tidak terasa personal. 

Opsi menu chatbots berbasis aturan bahkan menyarankan kemungkinan memesan layanan kamar atau makanan restoran dengan WhatsApp – kode QR dapat memberi pengunjung nomor WhatsApp, memeriksa nomor kamar atau meja mereka, dan menu fisik dapat menetapkan masing-masing item menu, atau pilihan paling populer dapat dicantumkan oleh chatbot Anda.

Saat pelanggan berinteraksi dengan Anda melalui WhatsApp, Anda dapat mengambil kesempatan untuk melakukan cross-sell dan upsell, dengan menunjukkan opsi yang mungkin tidak mereka pertimbangkan (atau perhatikan).

Contoh:

Pertanyaan:

  • Pemilihan kursi, peningkatan kabin atau kamar
  • Pertanyaan pembayaran atau penagihan
  • Perubahan jadwal
  • Pertanyaan poin hadiah
  • Layanan atau pertanyaan produk
  • Pertanyaan tiket atau pemesanan

Resolusi:

  • Perubahan tiket atau reservasi
  • Pembatalan

Pembuat Rencana Perjalanan

Selain memilih akomodasi, memesan penerbangan, dan mengatur persewaan, orang menghabiskan waktu berjam-jam mencari aktivitas dan pengalaman untuk membuat perjalanan mereka tak terlupakan.

Mulai dari mencari tempat wisata terbaik, aktivitas lokal yang ekstrim, hingga restoran, bar, klub, dan kafe terbaik. Tidak ada orang yang ingin liburan yang direncanakan sejak lama menjadi tidak berkesan.

Sektor travel atau bahkan perhotelan bisa memanfaatkan peluang ini. Misalnya, menanyakan preferensi dasar wisatawan, bot atau agent dapat merekomendasikan (dan bahkan melanjutkan untuk memesan) aktivitas yang disesuaikan, hal yang harus dilakukan, dan tempat makan di tujuan yang dipilih. 

Platform Berbagi Konten

Tidak perlu menjadi perusahaan besar untuk menawarkan nilai ekstra dari pesan, Anda bisa menemukan cara menggunakan WhatsApp untuk mengubah customer engagement dan pengalaman mereka.

Salah satu caranya adalah membagikan konten yang bermanfaat atau menginspirasi melalui WhatsApp, di saat konten tersebut relevan bagi pelanggan Anda.

Kirimkan tips kepada pengguna tentang hal-hal yang harus dilakukan, makanan untuk dicoba, atau bahkan aturan budaya yang harus diperhatikan sebelum dan selama perjalanan mereka. WhatsApp memungkinkan Anda berbagi gambar, gif, lokasi, tautan web, dan video yang memberikan kebebasan bagi kreativitas Anda.

Program Loyalitas Pelanggan

Last but not least, ada penggunaan saluran WhatsApp untuk mendorong program loyalitas Anda.

Hampir sepertiga anggota keluar dari program loyalitas tanpa pernah menukarkan poin atau keuntungan apapun yang mereka peroleh karena mereka tidak tahu berapa banyak yang mereka peroleh.

Integrasi WhatsApp Anda dapat membantu membentuk kembali CX di industri–industri tersebut dengan memberikan informasi yang baik kepada pelanggan yang kembali. Pesan yang merangkum hak istimewa yang diperoleh atau diskon yang diperoleh klien Anda tidak akan membuat mereka melupakan nilai yang dapat mereka peroleh dari bisnis Anda.

Ruang untuk Mengupdate Keluarga dan Kerabat

WhatsApp Business API tidak hanya dapat membuat obrolan grup untuk menghubungkan orang asing, tetapi juga untuk membuat grup WhatsApp pribadi untuk pelanggan Anda. 

Misalnya saja pada bisnis maskapai penerbangan. Setelah membeli tiket penerbangan, Anda dapat membuat grup pribadi untuk pelanggan. Setelah pelanggan mengklik tautan undangan, dia menjadi admin grup dan dapat mengundang keluarga dan teman untuk menerima pembaruan tentang penerbangannya.

Obrolan grup seperti itu adalah sesuatu yang sangat membantu bagi orang tua yang anaknya bepergian sendiri.

Namun, konsep ini hanya relevan dalam beberapa skenario. Bayangkan grup serupa untuk kapal pesiar, perjalanan darat yang diatur oleh agensi, atau perjalanan hiking. Atau liburan terorganisir apapun yang berlangsung dalam periode yang lebih lama dan mencakup lokasi yang berbeda.

Baca juga: Hal yang Harus Dihindari dalam Menggunakan WhatsApp Business API

Gunakan OneTalk untuk Mengaktifkan WhatsApp Business API Anda

Dari beberapa contoh penggunaan WABA di atas, sangat banyak potensi untuk kemajuan bisnis Anda. Anda dapat menawarkan value yang lebih kepada pelanggan dengan memanfaatkan channel komunikasi. Apalagi, jika Anda bisa mengintegrasikan beberapa saluran komunikasi sekaligus.

OneTalk dari TapTalk.io dapat membantu perusahaan travel, penerbangan, dan perhotelan Anda untuk menjadi yang terdepan. Menjadi terobosan di sektor bisnis Anda tentunya dapat menawarkan lebih banyak value kepada pelanggan.

Anda dapat memanfaatkan chatbot, mengirimkan pesan otomatis, menyetel pesan template, membuat pesan balasan di luar jam kerja, dan masih banyak lagi bersama OneTalk. Bahkan, di akhir itu semua, Anda juga bisa melihat performa bisnis dan agent Anda dengan data-data dari fitur Disposition dan Real-Time Agent Activity Tracker.

Hubungi kami di sini, Anda juga bisa meminta demo dan trialnya, lho. Kami akan selalu siap melayani permintaan Anda.

Share this article

Related Posts

By Monica Tan

18 / 05 / 2020

Selain implikasi serius bagi kesehatan masyarakat dan layanan kesehatan, coronavirus (COVID-19) memiliki dampak yang cukup signifikan kepada semua bisnis, khususnya di Indonesia. Kita sudah memasuki bulan ke 5 di tahun 2020, tetapi bisnis di berbagai sektor di Indonesia dan negara-negara lainnya terkena dampak buruk sebagai pandemi COVID-19 menghambat dan mempersulit kegiatan ekonomi nasional. Bisa dibilang, […]

Read More

By Jessica Jacob

09 / 09 / 2021

Instagram telah menjadi platform social media yang sangat populer, terutama untuk berbisnis. Para penggunanya dapat dengan mudah menemukan dan terhubung dengan suatu brand.  Melalui Instagram, bisnis dapat mengunggah foto, video, atau story untuk memperkenalkan produk/layanan yang mereka punya. Selain itu, mereka dapat berinteraksi dengan followersnya melalui fitur comment, like, atau DM (direct message). Dibandingkan comment […]

Read More

By Monica Tan

27 / 08 / 2020

Bagi seorang pebisnis, penting untuk mencari cara terbaik dalam memasarkan produknya kepada customer. Mencari peluang terbaik untuk memberikan penawaran kepada customer tidak dapat dilakukan tanpa pertimbangan. Jika Anda menemukan kesulitan dalam memasarkan produk Anda, belum tentu hal itu karena produk yang Anda tawarkan tidak menarik. Tetapi mungkin saja “cara” Anda memasarkan produk tersebut belum tepat […]

Read More
1 2 3 35
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer