Baru-baru ini, perusahaan Meta kembali merilis teknologi terbaru mereka yaitu, WhatsApp Cloud API (Application Program Interface), setelah peluncuran WhatsApp Business API sukses besar pada tahun 2018 lalu. WhatsApp Cloud API sendiri sebenarnya hampir mirip dengan WhatsApp Business API, tetapi WhatsApp Cloud API bisa memudahkan bisnis di skala apapun, memperoleh WhatsApp Business API untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka.
Table of Contents
Singkatnya, WhatsApp Cloud API merupakan versi cloud dari WhatsApp Business API yang memungkinkan para pelaku bisnis dan developer bisa personalisasi fitur dan antarmuka (interface) sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, pebisnis harus bekerja sama dengan Business Solution Provider (BSP) terlebih dahulu untuk bisa memperoleh WhatsApp Business API. Namun dengan adanya WhatsApp Cloud API, bisnis tidak perlu lagi menggunakan pihak ketiga seperti BSP untuk menggunakan WhatsApp Business API.
Mark Zuckerberg, selaku CEO Meta, mengklaim bahwa fasilitas ini bisa menjadi solusi bagi bisnis untuk memangkas biaya server dan memudahkan bisnis untuk mengakses fitur-fitur terbaru dari WhatsApp Business. Sebelum WhatsApp Cloud API dirilis, untuk memperoleh WhatsApp Business API dibutuhkan proses yang cukup sulit dan rumit. Sekarang, bisnis bisa mengoperasikan WhatsApp Business untuk menyiapkan layanan pesan yang lebih instan dengan cara yang cukup sederhana.
Baca juga: Tutorial Cara Mendapatkan WhatsApp Green Badge
Ada yang mengatakan bahwa WhatsApp Cloud API dan WhatsApp Business API adalah ‘kembaran’ karena memiliki fungsi yang hampir sama. Namun, kedua produk tersebut tetap memiliki perbedaan satu sama lain. Berikut perbedaan di antara keduanya:
Dengan berbagai perbedaan di atas, tentunya kedua produk tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi yang pasti, WhatsApp Cloud API dan WhatsApp Business API dapat membantu mengembangkan bisnis dari berbagai sisi, terutama customer service dan sales.
Melansir dari situs WABetaInfo, ada beberapa fitur canggih yang akan dirilis seiring berkembangnya fasilitas WhatsApp Cloud API, antara lain:
Fitur-fitur di atas bisa diperoleh bagi bisnis yang memiliki WhatsApp Business berbayar. Namun, dari pihak Meta mengatakan bahwa mereka akan terus mengembangkan fitur WhatsApp Business yang bisa didapatkan secara gratis pada waktu mendatang.
Baca juga: WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?
Dengan dirilisnya WhatsApp Cloud API, tentunya akan memudahkan para pelaku bisnis untuk memberikan pelayanan pelanggan secara efektif dan efisien. Solusi yang ditawarkan juga tidak kalah menarik bagi bisnis di segala industri dan skala apapun untuk menciptakan customer experience yang berbeda dari yang lainnya.
Untuk merasakan pengalaman menggunakan WhatsApp Cloud API yang lebih maksimal, OneTalk dari TapTalk.io menawarkan solusi untuk bisa mengintegrasikan WhatsApp Cloud API ke dalam satu dasbor terpusat. Bisnis Anda tentunya dapat memberikan pelayanan pelanggan yang lebih terstruktur dan terarah dengan menggunakan Omnichannel OneTalk. Fitur-fitur berikut ini akan membantu bisnis Anda memudahkan kinerja agent customer service Anda:
Masih ada banyak lagi fitur unggulan yang dimiliki oleh OneTalk yang bisa Anda peroleh untuk meningkatkan bisnis Anda. TapTalk.io juga berkomitmen untuk bisa membantu bisnis Anda jadi lebih baik dengan menyediakan produk-produk solusi chat lengkap. Segera hubungi tim TapTalk.io untuk jadikan bisnis Anda lebih baik dari sebelumnya di sini.
By Ardian
There is a clear difference between Customer Experience Management (CXM) and Customer Relationship Management (CRM). To find out, we have to look at the CXM definition and CRM definition. Customer Experience Management (CXM) is the practice of designing and responding to customer interactions to meet or exceed customer expectations and increase customer satisfaction, loyalty and […]
By Ardian
All industries and sectors have been challenged by the COVID-19 pandemic, and higher education has been no exception. In the effects of and response to the pandemic, the diversity of campus cultures, financial health, business models, and students have contributed to a similar diversity. For higher education, there was no pandemic blueprint, and 2020 was […]
By Jessica Jacob
Selama pandemi, hampir semua kegiatan terjadi secara online, contohnya tren online shopping, di mana pengguna dapat melakukan pembelian langsung dari akun mereka. Menurut Mckinsey, sebanyak 30 juta masyarakat Indonesia telah berbelanja secara online dan 60% perdagangan online saat ini terjadi melalui platform e-commerce, dan sisanya terjadi melalui social commerce. Pelanggan juga mengharapkan pengalaman yang cepat, […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)