Baru-baru ini, perusahaan Meta kembali merilis teknologi terbaru mereka yaitu, WhatsApp Cloud API (Application Program Interface), setelah peluncuran WhatsApp Business API sukses besar pada tahun 2018 lalu. WhatsApp Cloud API sendiri sebenarnya hampir mirip dengan WhatsApp Business API, tetapi WhatsApp Cloud API bisa memudahkan bisnis di skala apapun, memperoleh WhatsApp Business API untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka.
Table of Contents
Singkatnya, WhatsApp Cloud API merupakan versi cloud dari WhatsApp Business API yang memungkinkan para pelaku bisnis dan developer bisa personalisasi fitur dan antarmuka (interface) sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, pebisnis harus bekerja sama dengan Business Solution Provider (BSP) terlebih dahulu untuk bisa memperoleh WhatsApp Business API. Namun dengan adanya WhatsApp Cloud API, bisnis tidak perlu lagi menggunakan pihak ketiga seperti BSP untuk menggunakan WhatsApp Business API.
Mark Zuckerberg, selaku CEO Meta, mengklaim bahwa fasilitas ini bisa menjadi solusi bagi bisnis untuk memangkas biaya server dan memudahkan bisnis untuk mengakses fitur-fitur terbaru dari WhatsApp Business. Sebelum WhatsApp Cloud API dirilis, untuk memperoleh WhatsApp Business API dibutuhkan proses yang cukup sulit dan rumit. Sekarang, bisnis bisa mengoperasikan WhatsApp Business untuk menyiapkan layanan pesan yang lebih instan dengan cara yang cukup sederhana.
Baca juga: Tutorial Cara Mendapatkan WhatsApp Green Badge
Ada yang mengatakan bahwa WhatsApp Cloud API dan WhatsApp Business API adalah ‘kembaran’ karena memiliki fungsi yang hampir sama. Namun, kedua produk tersebut tetap memiliki perbedaan satu sama lain. Berikut perbedaan di antara keduanya:
Dengan berbagai perbedaan di atas, tentunya kedua produk tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi yang pasti, WhatsApp Cloud API dan WhatsApp Business API dapat membantu mengembangkan bisnis dari berbagai sisi, terutama customer service dan sales.
Melansir dari situs WABetaInfo, ada beberapa fitur canggih yang akan dirilis seiring berkembangnya fasilitas WhatsApp Cloud API, antara lain:
Fitur-fitur di atas bisa diperoleh bagi bisnis yang memiliki WhatsApp Business berbayar. Namun, dari pihak Meta mengatakan bahwa mereka akan terus mengembangkan fitur WhatsApp Business yang bisa didapatkan secara gratis pada waktu mendatang.
Baca juga: WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?
Dengan dirilisnya WhatsApp Cloud API, tentunya akan memudahkan para pelaku bisnis untuk memberikan pelayanan pelanggan secara efektif dan efisien. Solusi yang ditawarkan juga tidak kalah menarik bagi bisnis di segala industri dan skala apapun untuk menciptakan customer experience yang berbeda dari yang lainnya.
Untuk merasakan pengalaman menggunakan WhatsApp Cloud API yang lebih maksimal, OneTalk dari TapTalk.io menawarkan solusi untuk bisa mengintegrasikan WhatsApp Cloud API ke dalam satu dasbor terpusat. Bisnis Anda tentunya dapat memberikan pelayanan pelanggan yang lebih terstruktur dan terarah dengan menggunakan Omnichannel OneTalk. Fitur-fitur berikut ini akan membantu bisnis Anda memudahkan kinerja agent customer service Anda:
Masih ada banyak lagi fitur unggulan yang dimiliki oleh OneTalk yang bisa Anda peroleh untuk meningkatkan bisnis Anda. TapTalk.io juga berkomitmen untuk bisa membantu bisnis Anda jadi lebih baik dengan menyediakan produk-produk solusi chat lengkap. Segera hubungi tim TapTalk.io untuk jadikan bisnis Anda lebih baik dari sebelumnya di sini.
By Jessica Jacob
Menjual produk atau jasa melalui internet menjadi semakin penting selama pandemi COVID-19 hingga sekarang karena pemilik bisnis dan konsumen tidak punya pilihan selain merangkul e-commerce. Pergeseran itu akan tetap ada, menghadirkan peluang bagi pemilik usaha kecil untuk berkembang secara online. Untuk memahami e-commerce sepenuhnya, mari simak lebih lanjut tentang pengertian e-commerce, manfaat, jenis, perbedaannya dengan […]
By Jessica Jacob
Pelanggan selalu mengharapkan interaksi yang bermakna ketika mereka menghubungi sebuah bisnis. Mereka juga menginginkan jawaban yang konsisten untuk pertanyaan mereka baik untuk tujuan sales, marketing, atau mendapatkan bantuan. Tanggapan yang cepat dan relevan selalu menambah nilai komunikasi yang baik. Sayangnya, sebagian besar agent customer service masih belum cukup terlatih untuk memahami alur dan seluk-beluk percakapan […]
By Jessica Jacob
Mengembangkan bisnis bukanlah hal yang mudah. Pertama, Anda membutuhkan ide yang layak. Setelah itu, Anda perlu menentukan target dan memiliki sesuatu yang bernilai untuk dijual. Untuk bisa menjalankan bisnis yang sukses, Anda perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat untuk membangun brand awareness dan menarik pelanggan. Oleh karena itu, baca terus artikel ini untuk mengetahui lebih […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)