pt tap talk teknologi blog
chatbot

Balas Pesan Pelanggan Gak Usah Pakai Mimin, Pakai Chatbot Aja!

By Jessica Jacob
04 / 11 / 2021

“Halo min, boleh minta price list terbaru?”

“Pagi min, mau lihat katalog bulan ini dong. Trims”

“Min, kok pesanan saya belum datang?”

Masih membalas pesan-pesan kayak gitu? Stop menugaskan admin Anda untuk membalas pesan yang sering ditanyakan dan memiliki jawaban yang sama. Saatnya mengalihkan pekerjaan admin untuk hal yang lebih penting dan mendesak dibanding hanya untuk membalas pesan-pesan yang mudah dijawab. Pakai apa? Pakai chatbot, pekerjaan admin Anda dipastikan berkurang dan ringan.

chatbot

Chatbot adalah perangkat lunak yang mensimulasikan percakapan (atau obrolan) dengan pengguna melalui pesan teks di chat. Tugas utamanya adalah membantu menjawab pertanyaan pengguna. Chatbot menjadi solusi otomatis yang memungkinkan bisnis Anda menangani lebih banyak pertanyaan pelanggan dari sebelumnya. Jika customer service Anda saat ini sepenuhnya dilakukan oleh manusia, Anda hanya dapat menangani pelanggan dalam jumlah terbatas karena agent hanya dapat menjawab dua atau tiga pelanggan sekaligus.

Dengan banyaknya pesan pelanggan yang masuk, pertanyaan yang sering diberikan pelanggan tentu dapat lebih mudah direspon menggunakan sistem.

Tetapi, chatbot dapat membantu lebih dari sekedar merespon pertanyaan dengan jawaban template.

Teknologi yang semakin populer di kalangan bisnis ini bukan hanya dapat membantu menjawab pertanyaan yang jawabannya bersifat template, tapi juga dapat digunakan untuk menentukan topik dari pesan yang diberikan pelanggan. 

Dengan OneTalk by TapTalk.io, tidak hanya memberikan jawaban yang bersifat templat, chatbot dapat membantu agent/admin perusahaan Anda dengan mengkategorikan pesan yang masuk sesuai dengan penugasan admin. Fitur Topics yang ditawarkan oleh OneTalk memungkinkan pelanggan melakukan percakapan berdasarkan topik yang ingin mereka bahas. 

Misalnya, jika Anda membedakan pesan pelanggan berdasarkan 3 kategori: Pengembalian barang, Katalog Barang, dan Pertanyaan Lainnya yang akan direspon dengan admin. Maka pelanggan Anda akan mendapatkan respon yang lebih cepat dengan orang yang tepat dan mengerti apa yang sedang dibicarakan pelanggan.

Bagaimana mengkategorikan agent untuk tiga kategori tersebut? OneTalk dapat memfasilitasi Anda sesuai dengan pengaturan yang Anda pilih. Sediakan pesan template untuk memastikan tujuan pelanggan menghubungi Anda dan sediakan pesan balasan. 

Misalnya pengaturan yang Anda pilih adalah, ketik 1 untuk Pengembalian Barang, ketik 2 untuk melihat Katalog Barang, ketik 3 untuk Chat dengan Admin.

Maka pesan-pesan dengan kategori yang sudah ditentukan tersebut dapat : (1) langsung dijawab menggunakan template, atau (2) diteruskan kepada agent bila pelanggan masih merasa pertanyaannya belum terjawab.

Fitur Quick Reply yang berfungsi untuk mempermudah agent dalam membalas pesan pelanggan yang bersifat template atau sering ditanyakan. Fitur ini dapat diaplikasikan ke semua channel yang Anda miliki.

Waktu pelanggan pun tidak akan terbuang sia-sia untuk menunggu admin yang mungkin sedang sibuk menjawab pertanyaan pelanggan yang lainnya. 

Selain hal-hal di atas, chatbot juga memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis Anda. Chatbot dapat menangani pembelian online dan manajemen pembayaran, menghasilkan dan mengkualifikasi prospek, meningkatkan penjualan dan masih banyak keuntungan chatbot lainnya.

Tidak hanya menyediakan chatbot, OneTalk yang merupakan omnichannel messaging platform juga menyediakan keuntungan dan fitur-fitur lainnya. Anda dapat mengintegrasikan berbagai platform perpesanan hanya dalam satu dasbor. Jadi, chatbot atau agent Anda dapat menjawab pesan pelanggan dari berbagai platform pesan dengan mudah hanya dalam satu jendela.

Tunggu apa lagi? Gunakanlah OneTalk untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda Jika Anda masih ingin mengetahui fiturnya lebih lanjut, klik di sini.

Baca juga: Desain Chat Menarik untuk Bangun Kepercayaan Pelanggan

Share this article

Related Posts

By Jessica Jacob

04 / 03 / 2022

Faktanya sebanyak 76 % pelanggan mengharapkan perusahaan memahami kebutuhan mereka dan $1,6 triliun hilang setiap tahun karena layanan pelanggan yang buruk. -statistik HubSpot Customer experience (CX) adalah sebuah konsep yang selalu berkembang, dan dalam dua tahun terakhir, berkembang lebih cepat dari sebelumnya. Mulai dari bagaimana pelanggan memandang suatu brand hingga apa yang mereka inginkan dan […]

Read More

By Ardian

04 / 08 / 2020

The basic character of the customer is stating and reacting to a product and service they need determines the success of the transaction. This just one of the considerations of the businessmen when serving their customers. The classification of the customer character can be divided into two parts which are reactive customers and proactive customers. […]

Read More

By Jessica Jacob

15 / 02 / 2022

Around the turn of each year, there is usually a lot of interest in digital marketing trends and marketing innovation. The year 2022 will be no different, in fact, it will be much more so, because the epidemic has put downward pressure on marketing budgets, forcing marketers to seek new cost-effective tactics. Marketing expenditures have […]

Read More
1 2 3 43
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer