pt tap talk teknologi blog
chatbot

Balas Pesan Pelanggan Gak Usah Pakai Mimin, Pakai Chatbot Aja!

By Jessica Jacob
04 / 11 / 2021

“Halo min, boleh minta price list terbaru?”

“Pagi min, mau lihat katalog bulan ini dong. Trims”

“Min, kok pesanan saya belum datang?”

Masih membalas pesan-pesan kayak gitu? Stop menugaskan admin Anda untuk membalas pesan yang sering ditanyakan dan memiliki jawaban yang sama. Saatnya mengalihkan pekerjaan admin untuk hal yang lebih penting dan mendesak dibanding hanya untuk membalas pesan-pesan yang mudah dijawab. Pakai apa? Pakai chatbot, pekerjaan admin Anda dipastikan berkurang dan ringan.

chatbot

Chatbot adalah perangkat lunak yang mensimulasikan percakapan (atau obrolan) dengan pengguna melalui pesan teks di chat. Tugas utamanya adalah membantu menjawab pertanyaan pengguna. Chatbot menjadi solusi otomatis yang memungkinkan bisnis Anda menangani lebih banyak pertanyaan pelanggan dari sebelumnya. Jika customer service Anda saat ini sepenuhnya dilakukan oleh manusia, Anda hanya dapat menangani pelanggan dalam jumlah terbatas karena agent hanya dapat menjawab dua atau tiga pelanggan sekaligus.

Dengan banyaknya pesan pelanggan yang masuk, pertanyaan yang sering diberikan pelanggan tentu dapat lebih mudah direspon menggunakan sistem.

Tetapi, chatbot dapat membantu lebih dari sekedar merespon pertanyaan dengan jawaban template.

Teknologi yang semakin populer di kalangan bisnis ini bukan hanya dapat membantu menjawab pertanyaan yang jawabannya bersifat template, tapi juga dapat digunakan untuk menentukan topik dari pesan yang diberikan pelanggan. 

Dengan OneTalk by TapTalk.io, tidak hanya memberikan jawaban yang bersifat templat, chatbot dapat membantu agent/admin perusahaan Anda dengan mengkategorikan pesan yang masuk sesuai dengan penugasan admin. Fitur Topics yang ditawarkan oleh OneTalk memungkinkan pelanggan melakukan percakapan berdasarkan topik yang ingin mereka bahas. 

Misalnya, jika Anda membedakan pesan pelanggan berdasarkan 3 kategori: Pengembalian barang, Katalog Barang, dan Pertanyaan Lainnya yang akan direspon dengan admin. Maka pelanggan Anda akan mendapatkan respon yang lebih cepat dengan orang yang tepat dan mengerti apa yang sedang dibicarakan pelanggan.

Bagaimana mengkategorikan agent untuk tiga kategori tersebut? OneTalk dapat memfasilitasi Anda sesuai dengan pengaturan yang Anda pilih. Sediakan pesan template untuk memastikan tujuan pelanggan menghubungi Anda dan sediakan pesan balasan. 

Misalnya pengaturan yang Anda pilih adalah, ketik 1 untuk Pengembalian Barang, ketik 2 untuk melihat Katalog Barang, ketik 3 untuk Chat dengan Admin.

Maka pesan-pesan dengan kategori yang sudah ditentukan tersebut dapat : (1) langsung dijawab menggunakan template, atau (2) diteruskan kepada agent bila pelanggan masih merasa pertanyaannya belum terjawab.

Fitur Quick Reply yang berfungsi untuk mempermudah agent dalam membalas pesan pelanggan yang bersifat template atau sering ditanyakan. Fitur ini dapat diaplikasikan ke semua channel yang Anda miliki.

Waktu pelanggan pun tidak akan terbuang sia-sia untuk menunggu admin yang mungkin sedang sibuk menjawab pertanyaan pelanggan yang lainnya. 

Selain hal-hal di atas, chatbot juga memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis Anda. Chatbot dapat menangani pembelian online dan manajemen pembayaran, menghasilkan dan mengkualifikasi prospek, meningkatkan penjualan dan masih banyak keuntungan chatbot lainnya.

Tidak hanya menyediakan chatbot, OneTalk yang merupakan omnichannel messaging platform juga menyediakan keuntungan dan fitur-fitur lainnya. Anda dapat mengintegrasikan berbagai platform perpesanan hanya dalam satu dasbor. Jadi, chatbot atau agent Anda dapat menjawab pesan pelanggan dari berbagai platform pesan dengan mudah hanya dalam satu jendela.

Tunggu apa lagi? Gunakanlah OneTalk untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda Jika Anda masih ingin mengetahui fiturnya lebih lanjut, klik di sini.

Baca juga: Simak Tutorial Menggunakan Chatbot WhatsApp!

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

27 / 07 / 2023

TapTalk.io akan mengisi acara dalam rangkaian Seminar dalam acara The 21th IFRA Business Expo 2023: Pameran lisensi, waralaba, dan peluang bisnis terbesar dan terlengkap di Indonesia yang diadakan offline pada tanggal 25 - 27 Agustus 2023 di Hall 5 ICE BSD City, Tangerang. Berhasil dengan expo hybrid pada tahun 2022 lalu, IFRA, International Franchise, License […]

Read More

By Jessica Jacob

26 / 03 / 2024

Perkembangan zaman yang terus berkembang tentu saja akan menghasilkan banyak penemuan dan inovasi terbaru terutama di dalam bidang teknologi, kini sedang ramai diperbincangkan mengenai mobil listrik yang penggunaannya semakin masif, serta juga dukungan dari pemerintah dalam menyiapkan infrastruktur kelistrikan yang memadai. Selain mobil listrik, kecerdasan buatan atau artificial intelligence juga sedang menjadi bahan perbincangan saat […]

Read More

By Jessica Jacob

05 / 01 / 2023

Model AIDA, yang melacak perjalanan pelanggan melalui Awareness, Interest, Desire, dan Action, mungkin merupakan model pemasaran klasik yang paling dikenal di dunia bisnis. Banyak pemasar menganggap AIDA bermanfaat karena menerapkan model ini setiap hari, secara sadar atau tidak sadar, saat merencanakan strategi komunikasi pemasaran. Khususnya selama periode inflasi ini, memelihara pelanggan potensial selama proses pengambilan […]

Read More
1 2 3 110
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer