pt tap talk teknologi blog
chatbot

Balas Pesan Pelanggan Gak Usah Pakai Mimin, Pakai Chatbot Aja!

By Jessica Jacob
04 / 11 / 2021

“Halo min, boleh minta price list terbaru?”

“Pagi min, mau lihat katalog bulan ini dong. Trims”

“Min, kok pesanan saya belum datang?”

Masih membalas pesan-pesan kayak gitu? Stop menugaskan admin Anda untuk membalas pesan yang sering ditanyakan dan memiliki jawaban yang sama. Saatnya mengalihkan pekerjaan admin untuk hal yang lebih penting dan mendesak dibanding hanya untuk membalas pesan-pesan yang mudah dijawab. Pakai apa? Pakai chatbot, pekerjaan admin Anda dipastikan berkurang dan ringan.

chatbot

Chatbot adalah perangkat lunak yang mensimulasikan percakapan (atau obrolan) dengan pengguna melalui pesan teks di chat. Tugas utamanya adalah membantu menjawab pertanyaan pengguna. Chatbot menjadi solusi otomatis yang memungkinkan bisnis Anda menangani lebih banyak pertanyaan pelanggan dari sebelumnya. Jika customer service Anda saat ini sepenuhnya dilakukan oleh manusia, Anda hanya dapat menangani pelanggan dalam jumlah terbatas karena agent hanya dapat menjawab dua atau tiga pelanggan sekaligus.

Dengan banyaknya pesan pelanggan yang masuk, pertanyaan yang sering diberikan pelanggan tentu dapat lebih mudah direspon menggunakan sistem.

Tetapi, chatbot dapat membantu lebih dari sekedar merespon pertanyaan dengan jawaban template.

Teknologi yang semakin populer di kalangan bisnis ini bukan hanya dapat membantu menjawab pertanyaan yang jawabannya bersifat template, tapi juga dapat digunakan untuk menentukan topik dari pesan yang diberikan pelanggan. 

Dengan OneTalk by TapTalk.io, tidak hanya memberikan jawaban yang bersifat templat, chatbot dapat membantu agent/admin perusahaan Anda dengan mengkategorikan pesan yang masuk sesuai dengan penugasan admin. Fitur Topics yang ditawarkan oleh OneTalk memungkinkan pelanggan melakukan percakapan berdasarkan topik yang ingin mereka bahas. 

Misalnya, jika Anda membedakan pesan pelanggan berdasarkan 3 kategori: Pengembalian barang, Katalog Barang, dan Pertanyaan Lainnya yang akan direspon dengan admin. Maka pelanggan Anda akan mendapatkan respon yang lebih cepat dengan orang yang tepat dan mengerti apa yang sedang dibicarakan pelanggan.

Bagaimana mengkategorikan agent untuk tiga kategori tersebut? OneTalk dapat memfasilitasi Anda sesuai dengan pengaturan yang Anda pilih. Sediakan pesan template untuk memastikan tujuan pelanggan menghubungi Anda dan sediakan pesan balasan. 

Misalnya pengaturan yang Anda pilih adalah, ketik 1 untuk Pengembalian Barang, ketik 2 untuk melihat Katalog Barang, ketik 3 untuk Chat dengan Admin.

Maka pesan-pesan dengan kategori yang sudah ditentukan tersebut dapat : (1) langsung dijawab menggunakan template, atau (2) diteruskan kepada agent bila pelanggan masih merasa pertanyaannya belum terjawab.

Fitur Quick Reply yang berfungsi untuk mempermudah agent dalam membalas pesan pelanggan yang bersifat template atau sering ditanyakan. Fitur ini dapat diaplikasikan ke semua channel yang Anda miliki.

Waktu pelanggan pun tidak akan terbuang sia-sia untuk menunggu admin yang mungkin sedang sibuk menjawab pertanyaan pelanggan yang lainnya. 

Selain hal-hal di atas, chatbot juga memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis Anda. Chatbot dapat menangani pembelian online dan manajemen pembayaran, menghasilkan dan mengkualifikasi prospek, meningkatkan penjualan dan masih banyak keuntungan chatbot lainnya.

Tidak hanya menyediakan chatbot, OneTalk yang merupakan omnichannel messaging platform juga menyediakan keuntungan dan fitur-fitur lainnya. Anda dapat mengintegrasikan berbagai platform perpesanan hanya dalam satu dasbor. Jadi, chatbot atau agent Anda dapat menjawab pesan pelanggan dari berbagai platform pesan dengan mudah hanya dalam satu jendela.

Tunggu apa lagi? Gunakanlah OneTalk untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda Jika Anda masih ingin mengetahui fiturnya lebih lanjut, klik di sini.

Baca juga: Desain Chat Menarik untuk Bangun Kepercayaan Pelanggan

Share this article

Related Posts

By Jessica Jacob

09 / 05 / 2022

Table of Contents Dive Your Marketing Deeper with Telegram BusinessWhat is TelegramAll the things you can do in Telegram App1. Telegram Group2. Telegram Channels3. Telegram PassportWhat is Telegram ChannelEngagement in Telegram ChannelInstead of WhatsApp, Why Use Telegram for Your Marketing Tools?Telegram Business AccountsHow to create a telegram business accountTelegram Business Best PracticesFind Your Customers on […]

Read More

By Jessica Jacob

18 / 03 / 2022

Semua bisnis pasti ingin mendapatkan pelanggan baru. Namun, apakah Anda tahu apa yang lebih penting? Jawabannya adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada atau retensi pelanggan atau customer retention. Retensi pelanggan akan mendorong peningkatan pendapatan karena pelanggan lama kembali berbelanja di toko Anda. Namun, untuk mendapatkannya perlu memberikan pengalaman terbaik untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Mengelola retensi […]

Read More

By Ardian

19 / 11 / 2020

Ketika kita mendengar “pemasaran lewat media sosial”, platform sosial seperti Facebook dan Twitter langsung muncul di benak Anda. Namun, aplikasi messenger seperti WhatsApp telah mengikuti jejaring sosial utama dalam hal basis pengguna, dan itulah mengapa Anda memerlukan strategi pemasaran WhatsApp. Pada Januari 2018, WhatsApp meluncurkan Aplikasi Bisnis WhatsApp yang sangat dinanti-nantikan ke pasar terbatas. Sejak […]

Read More
1 2 3 50
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer