Instagram kini bukan hanya sekedar media sosial. Instagram adalah pusat interaksi, katalog, dan customer support antara brand dan pelanggan. Bahkan tidak jarang pelanggan menggunakan Instagram sebagai katalog produk dan layanan. Terlebih dengan kehadiran Instagram Shopping.
Daripada mengarahkan pelanggan dari akun bisnis Instagram Anda ke situs web Anda, Instagram Shopping memungkinkan mereka memilih dan membeli produk dengan mudah dari aplikasi. Kegiatan jualan di Instagram kini menjadi lebih mudah.
Lebih dari 130 juta pengguna mengklik postingan Belanja Instagram setiap bulan — lalu lintas yang hanya bisa diimpikan oleh pemilik toko fisik. Jadi, jika Anda memiliki produk untuk dijual, saatnya menyiapkan etalase virtual Anda. Mari kita mulai.
Instagram Shopping adalah fitur yang memungkinkan merek e-Commerce mempromosikan produk dan membuat katalog digital produk mereka yang dapat dibagikan langsung di Instagram. Katalog ini memungkinkan berbagai brand untuk “jualan” di Instagram.
Pengguna Instagram dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk langsung di aplikasi, dan membeli langsung di Instagram (dengan Checkout) atau mengklik untuk menyelesaikan transaksi di situs e-Commerce merek tersebut.
Berbagi produk atau mempromosikan penjualan di Instagram bukanlah hal baru. Menurut Instagram, 87% pengguna mengatakan bahwa influencer telah menginspirasi mereka untuk melakukan pembelian, dan 70% pembeli setia menggunakan platform ini untuk menemukan produk baru.
Sebelum berbagai pembaruan, satu-satunya pilihan bagi merek e-commerce untuk secara langsung mengarahkan lalu lintas penjualan dari satu posting Instagram adalah melalui tautan bio mereka, atau melalui Instagram Stories yang dapat diklik.
Kini, Instagram Shopping hadir dan menjadi etalase digital yang mudah digunakan.
Instagram Shopping adalah etalase digital brand yang dapat disesuaikan, yang memungkinkan pelanggan berbelanja langsung dari profil Instagram Anda. Anggap saja sebagai halaman arahan tempat pengguna dapat menemukan atau menjelajahi semua produk Anda.
Sebelum Anda dapat menyiapkan Belanja Instagram, Anda perlu memastikan bisnis Anda mencentang beberapa hal untuk mendapatkan persetujuan.
Tertarik untuk menggunakan Instagram Shopping? Berikut beberapa langkah-langkah untuk membuat Instagram Shopping untuk bisnis Anda.
Jika akun Instagram Anda masih belum menjadi akun Bisnis (atau Kreator) di Instagram, inilah saatnya untuk membuatnya.
Selain membuat Anda memenuhi syarat untuk fitur Instagram Shopping, akun Bisnis juga memiliki akses ke semua jenis analitik/Insight yang menarik.
Jika Anda memiliki Facebook Page, Anda pasti ingin menghubungkannya ke Toko Instagram Anda agar semuanya berjalan lancar. Anda tidak lagi diharuskan memiliki Halaman Facebook untuk menyiapkan Instagram Shopping, tetapi jika Anda mau, berikut cara menyiapkannya dalam tujuh langkah mudah.
Sekarang, saatnya menghubungkan keduanya!
Oke, ini adalah bagian di mana Anda benar-benar mengunggah semua produk Anda. Anda punya beberapa opsi berbeda di sini. Anda dapat memasukkan setiap produk secara manual ke Commerce Manager, atau mengintegrasikan database produk yang sudah ada sebelumnya dari platform e-Commerce yang terdaftar.
Mari telusuri setiap opsi pembuatan katalog selangkah demi selangkah.
Menggunakan Commerce Manager
Pada titik ini, Anda harus mengirimkan akun bisnis Anda untuk ditinjau. Peninjauan ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari, tetapi terkadang dapat diproses lebih lama.
Setelah Anda melewati proses peninjauan akun bisnis Instagram, saatnya menghubungkan katalog produk Anda dengan Toko Instagram Anda.
Menggunakan media sosial Instagram sebagai tempat mempromosikan produk dan layanan Anda memiliki keuntungan tersendiri. Berikut beberapa keunggulannya.
Pelanggan pasti sering menemukan produk yang mereka sukai di Instagram. Hal ini karena Instagram telah menjadi platform yang banyak digunakan para pemilik bisnis. Tapi, bagaimana jika perjalanan mereka terhambat ketika sudah memilih produk yang mereka sukai tapi tidak menemukan link pembelian produk?
Dengan Instagram Shopping, menemukan produk menjadi sangat mudah bagi pengguna karena mereka dapat mengeklik tag yang dapat dibeli untuk menjelajahi detail dan harga produk secara real-time untuk membuat keputusan pembelian.
Saat ini, konsumen cenderung mempercayai keaslian & mengandalkan konten buatan pengguna untuk membuat keputusan pembelian online mereka atas konten bermerek apa pun.
Untuk melakukannya, Anda dapat membangun lingkungan belanja yang lebih terpercaya dengan mengintegrasikan semua foto produk yang relevan di media sosial dengan tag yang dapat klik untuk menyiapkan Instagram Shop.
Hal ini juga akan membantu memberikan gambaran realistis tentang produk, bagaimana orang menggunakannya, detail estetika, dan ulasannya. Pada gilirannya, Instagram Shopping dapat membantu dalam membangun advokasi merek bersamaan dengan penjualan.
Visual marketing adalah penggunaan gambar & video yang menawan untuk menarik dan melibatkan pelanggan dan mengarahkan mereka ke konversi.
Instagram akan menjadi alat pemasaran modern karena visual dikenal lebih menarik bagi pengguna. Laporan menunjukkan bahwa 85% pengguna cenderung membeli produk Anda setelah menonton video.
Dengan Instagram Shop, Anda dapat menggunakan visual untuk membuat postingan yang dapat dibeli, dan ini dapat meningkatkan penjualan.
Menyiapkan Instagram Shop memberikan peluang ideal untuk memanfaatkan pemasaran influencer Instagram. Seperti sebelumnya, pemasaran influencer terutama difokuskan untuk menciptakan brand awareness dan meningkatkan exposure atau jangkauan.
Sebelumnya, pengguna mengetahui tentang merek Anda dan sebagian kecil darinya terlibat dengan merek Anda. Namun, kini Anda dapat mengintegrasikan toko Instagram ke dalam konten pemasaran influencer untuk mencoba mendorong penjualan secara langsung dengan dampak yang lebih besar dalam hal hasil bisnis dan penjualan.
Apa yang membuat pengguna kesal ketika melakukan transaksi di toko online? Proses pembelian & checkout yang panjang, melelahkan, dan rumit.
Instagram Shopping sekarang mengatasi tantangan ini dengan memungkinkan pengguna membeli produk dengan cepat dan sederhana dengan klik dan waktu yang lebih singkat. Memiliki perjalanan pembelian yang lebih singkat dengan pembayaran yang mudah menarik lebih banyak prospek dan peluang konversi mengatasi masalah keranjang belanja yang terabaikan.
Merek toko online biasanya melakukan investasi besar dalam pengoptimalan pengujian proses pembayaran dan pembelian, tetapi Instagram Shopping membantu Anda ke arah itu.
Tujuan yang paling penting dan tujuan utama yang diberikan Instagram Shopping untuk semua brand yang menggunakannya adalah meningkatkan keterlibatan dan penjualan pengguna.
Strategi pemasaran setiap merek ditujukan terutama untuk meningkatkan penjualan & pendapatan. Mengubah postingan Instagram menjadi postingan yang dapat dibeli dapat membantu pengguna mengubah niat mereka untuk membeli menjadi tindakan secara instan.
Seperti saat pengguna yang tertarik mengklik postingan yang dapat dibeli (terdapat tag harga atau nama produk), mereka mendapatkan semua detail tentang produk, dan terdapat tampilan detail produk, deskripsi, dan produk relevan lainnya yang meningkatkan keterlibatan.
Memiliki tag harga juga memungkinkan pembelian real-time kepada pengguna yang tidak akan membutuhkan banyak usaha & waktu.
Yang terakhir, Instagram Shopping memberikan pengalaman konsumen yang optimal kepada pengguna dengan fitur yang diperbarui dan diperbarui di UI Aplikasi.
Pengalaman pelanggan sangat penting dalam toko online karena berhubungan langsung dengan citra & loyalitas merek dan penyelesaian marketing funnel.
Terdapat 6 fitur utama Instagram Shopping yang menguntungkan merek dan pelanggan. Fitur-fitur tersebut adalah:
Jika Anda adalah bisnis dengan Instagram Shop yang verified, Anda dapat mengaktifkan pembayaran di Instagram untuk merampingkan penjualan Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur belanja seperti tag Belanja, iklan produk yang ditingkatkan, menyiapkan notifikasi peluncuran produk baru, dan bahkan belanja langsung di Stories. Instagram mengumumkan bahwa untuk waktu yang terbatas mereka membebaskan biaya penjualan untuk usaha kecil yang menggunakan pembayaran Instagram.
Beberapa bisnis kini dapat menjual produk secara langsung melalui Instagram Live Shopping. Fitur baru ini memungkinkan pengguna Instagram untuk membeli produk Anda secara real-time sambil menonton video streaming langsung dengan tag produk. Ini adalah pembaruan besar dan akan menjadi pengubah permainan bagi merek dan influencer yang sekarang dapat menandai produk di video live mereka.
Di Instagram Stories, brand juga bisa menempelkan stiker untuk memungkinkan pelanggan melakukan pembelian secara langsung dengan cara “Swipe Up”. Hal ini memungkinkan pelanggan yang lebih sering menggunakan fitur Instagram Stories lebih mudah dijangkau.
Kegiatan jualan di Instagram Anda tentu tidak lengkap tanpa tag harga. Anda dapat menambahkan tag produk ke postingan foto dan video Instagram Anda agar dapat dibeli. Hal ini membantu merampingkan proses penjualan karena pembeli yang tertarik dapat menemukan produk baru di postingan Anda dan mengkliknya untuk menyelesaikan pembelian tanpa meninggalkan aplikasi. Namun sebelum Anda dapat mulai memberi tag, pastikan Anda telah mengaktifkan tag produk. Cukup buka Pengaturan, klik Produk dan klik Aktifkan Pemberian Tag Produk.
Berikut cara menambahkan Tag Produk di postingan Instagram Anda:
Instagram baru-baru ini memberi platform yang tepat untuk jualan di Instagram dengan memasukkan tab Shop di Home Instagram. Di tab ini, Anda sekarang dapat menelusuri Instagram Shopping dan menjelajahi produk unggulan dari merek yang Anda ikuti. Jika Anda adalah merek yang menjual produk fisik, Anda dapat memamerkan foto produk Anda di sini.
Gunakan Tag Produk dengan tips di bawah ini:
Dengan kekuatan Instagram Ads yang muncul tiap beberapa Stories atau Post, jualan di Instagram akan menjadi lebih efektif dengan memanfaatkan fitur ini. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk membuat kampanye iklan baru:
Anda bisa mendapatkan Insights tentang postingan Anda di aplikasi Instagram itu sendiri. Untuk memeriksa kinerja posting Anda, Anda perlu melihat statistik yang ditampilkan di halaman Explore Anda. Di sini Anda akan menemukan data tentang kinerja konten Anda termasuk daftar metrik yang panjang.
Metrik berikut akan memberi tahu Anda bagaimana kinerja posting dengan tag yang dapat dibeli:
Baca juga: 5 Aplikasi Terbaik Untuk Analisis Data Instagram
Jika Anda berhasil jualan di Instagram menggunakan Instagram Shopping dengan baik, saatnya mendukung kinerja brand dengan customer support yang dapat dijangkau setiap pelanggan melalui berbagai channel. Gunakan OneTalk by TapTalk.io untuk mengintegrasikan semua channel perpesanan Anda dalam satu dasbor. Mulai dari akun Instagram, WhatsApp, Telegram, LINE, dan masih banyak lagi. Kerja customer service menjadi lebih mudah dan semua kebutuhan pelanggan akan dapat dilayani dengan maksimal.
Tidak hanya integrasi berbagai platform perpesanan, berbagai fitur yang disediakan OneTalk dijamin akan membuat brand Anda semakin terlibat dengan pelanggan.
Hubungi agent kami sekarang untuk berkolaborasi lebih lanjut.