Back to Home

OneTalk

Cara Jitu Jualan di Instagram Menggunakan Instagram Shopping

BY
Jessica Jacob

Jessica Jacob

VP Business Development
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Instagram kini bukan hanya sekedar media sosial. Instagram adalah pusat interaksi, katalog, dan customer support antara brand dan pelanggan. Bahkan tidak jarang pelanggan menggunakan Instagram sebagai katalog produk dan layanan. Terlebih dengan kehadiran Instagram Shopping.

Daripada mengarahkan pelanggan dari akun bisnis Instagram Anda ke situs web Anda, Instagram Shopping memungkinkan mereka memilih dan membeli produk dengan mudah dari aplikasi. Kegiatan jualan di Instagram kini menjadi lebih mudah.

Lebih dari 130 juta pengguna mengklik postingan Belanja Instagram setiap bulan — lalu lintas yang hanya bisa diimpikan oleh pemilik toko fisik. Jadi, jika Anda memiliki produk untuk dijual, saatnya menyiapkan etalase virtual Anda. Mari kita mulai.

Cara Jitu Jualan di Instagram Menggunakan Instagram Shopping

Apa itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah fitur yang memungkinkan merek e-Commerce mempromosikan produk dan membuat katalog digital produk mereka yang dapat dibagikan langsung di Instagram. Katalog ini memungkinkan berbagai brand untuk “jualan” di Instagram.

Pengguna Instagram dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk langsung di aplikasi, dan membeli langsung di Instagram (dengan Checkout) atau mengklik untuk menyelesaikan transaksi di situs e-Commerce merek tersebut.

Berbagi produk atau mempromosikan penjualan di Instagram bukanlah hal baru. Menurut Instagram, 87% pengguna mengatakan bahwa influencer telah menginspirasi mereka untuk melakukan pembelian, dan 70% pembeli setia menggunakan platform ini untuk menemukan produk baru.

Sebelum berbagai pembaruan, satu-satunya pilihan bagi merek e-commerce untuk secara langsung mengarahkan lalu lintas penjualan dari satu posting Instagram adalah melalui tautan bio mereka, atau melalui Instagram Stories yang dapat diklik.

Kini, Instagram Shopping hadir dan menjadi etalase digital yang mudah digunakan.

Instagram Shopping adalah etalase digital brand yang dapat disesuaikan, yang memungkinkan pelanggan berbelanja langsung dari profil Instagram Anda. Anggap saja sebagai halaman arahan tempat pengguna dapat menemukan atau menjelajahi semua produk Anda.

Bagaimana Cara Mendapat Approve Instagram Shopping/Akun Bisnis

Sebelum Anda dapat menyiapkan Belanja Instagram, Anda perlu memastikan bisnis Anda mencentang beberapa hal untuk mendapatkan persetujuan.

  • Bisnis Anda berada di pasar yang didukung tempat Instagam Shopping tersedia. Periksa daftar untuk mengonfirmasi.
  • Anda menjual produk fisik yang memenuhi syarat.
  • Bisnis Anda terikat oleh Perjanjian Merchant dan Kebijakan Perdagangan Instagram.
  • Bisnis Anda memiliki situs web e-commerce Anda sendiri.
  • Anda memiliki profil bisnis di Instagram. Jika akun Anda disetel sebagai profil pribadi, jangan khawatir — mudah untuk mengubah setelan menjadi profil bisnis.

Bagaimana Cara Setup Instagram Shopping

Tertarik untuk menggunakan Instagram Shopping? Berikut beberapa langkah-langkah untuk membuat Instagram Shopping untuk bisnis Anda.

1. Ubah akun Instagram Anda menjadi Business Account atau Creator Account

Jika akun Instagram Anda masih belum menjadi akun Bisnis (atau Kreator) di Instagram, inilah saatnya untuk membuatnya.

Selain membuat Anda memenuhi syarat untuk fitur Instagram Shopping, akun Bisnis juga memiliki akses ke semua jenis analitik/Insight yang menarik.

2. Gunakan Commerce Manager untuk menyiapkan toko

  • Gunakan Commerce Manager atau platform yang didukung untuk menyiapkan toko Anda.
  • Untuk memilih metode pembayaran, pilih di mana Anda ingin pelanggan menyelesaikan pembelian.
  • Untuk memilih saluran penjualan, pilih akun bisnis Instagram yang ingin Anda hubungkan dengan toko Anda.
  • Jika Anda memiliki halaman Facebook, centang kotak di sebelah akun Anda untuk memiliki toko di Facebook dan Instagram.

3. Hubungkan ke Facebook Page Anda

Jika Anda memiliki Facebook Page, Anda pasti ingin menghubungkannya ke Toko Instagram Anda agar semuanya berjalan lancar. Anda tidak lagi diharuskan memiliki Halaman Facebook untuk menyiapkan Instagram Shopping, tetapi jika Anda mau, berikut cara menyiapkannya dalam tujuh langkah mudah.

Sekarang, saatnya menghubungkan keduanya!

  1. Di Instagram, buka Edit Profil.
  2. Di bawah Informasi Bisnis Publik, pilih Halaman.
  3. Pilih Facebook Business Page kamu untuk dihubungkan
  4. Buat Katalog Produk Anda

Oke, ini adalah bagian di mana Anda benar-benar mengunggah semua produk Anda. Anda punya beberapa opsi berbeda di sini. Anda dapat memasukkan setiap produk secara manual ke Commerce Manager, atau mengintegrasikan database produk yang sudah ada sebelumnya dari platform e-Commerce yang terdaftar.

Mari telusuri setiap opsi pembuatan katalog selangkah demi selangkah.

Menggunakan Commerce Manager

  • Masuk ke Commerce Manager.
  • Klik Katalog.
  • Klik Tambah Produk.
  • Pilih Tambah Secara Manual.
  • Tambahkan gambar, nama, dan deskripsi produk.
  • Jika Anda memiliki SKU atau pengenal unik untuk produk Anda, tambahkan di bagian Content ID.
  • Tambahkan tautan ke situs web tempat orang dapat membeli produk Anda.
  • Tambahkan harga produk Anda yang ditampilkan di situs web Anda.
  • Pilih ketersediaan produk Anda.
  • Tambahkan detail kategorisasi produk, seperti kondisi, merek, dan kategori pajak.
  • Tambahkan opsi pengiriman dan informasi kebijakan pengembalian.
  • Tambahkan opsi untuk varian apa pun, seperti warna atau ukuran.
  • Setelah selesai, klik Tambah Produk

4. Kirimkan akun Instagram Anda untuk ditinjau

Pada titik ini, Anda harus mengirimkan akun bisnis Anda untuk ditinjau. Peninjauan ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari, tetapi terkadang dapat diproses lebih lama.

  • Buka pengaturan profil Instagram Anda.
  • Ketuk Daftar untuk Instagram Shopping.
  • Ikuti langkah-langkah untuk mengirimkan akun Anda untuk ditinjau.
  • Periksa status aplikasi Anda dengan mengunjungi Shopping di Pengaturan Anda.

5. Aktifkan Instagram Shopping

Setelah Anda melewati proses peninjauan akun bisnis Instagram, saatnya menghubungkan katalog produk Anda dengan Toko Instagram Anda.

  • Buka pengaturan profil Instagram Anda.
  • Pilih Bisnis, lalu Shopping.
  • Pilih katalog produk yang ingin Anda hubungkan.
  • Pilih Selesai.

Keuntungan Menggunakan Instagram Shopping

Menggunakan media sosial Instagram sebagai tempat mempromosikan produk dan layanan Anda memiliki keuntungan tersendiri. Berikut beberapa keunggulannya.

1. Produk jadi mudah ditemukan pelanggan

Pelanggan pasti sering menemukan produk yang mereka sukai di Instagram. Hal ini karena Instagram telah menjadi platform yang banyak digunakan para pemilik bisnis. Tapi, bagaimana jika perjalanan mereka terhambat ketika sudah memilih produk yang mereka sukai tapi tidak menemukan link pembelian produk?

Dengan Instagram  Shopping, menemukan produk menjadi sangat mudah bagi pengguna karena mereka dapat mengeklik tag yang dapat dibeli untuk menjelajahi detail dan harga produk secara real-time untuk membuat keputusan pembelian.

2. Periklanan Otentik

Saat ini, konsumen cenderung mempercayai keaslian & mengandalkan konten buatan pengguna untuk membuat keputusan pembelian online mereka atas konten bermerek apa pun.

Untuk melakukannya, Anda dapat membangun lingkungan belanja yang lebih terpercaya dengan mengintegrasikan semua foto produk yang relevan di media sosial dengan tag yang dapat klik untuk menyiapkan Instagram Shop.

Hal ini juga akan membantu memberikan gambaran realistis tentang produk, bagaimana orang menggunakannya, detail estetika, dan ulasannya. Pada gilirannya, Instagram Shopping dapat membantu dalam membangun advokasi merek bersamaan dengan penjualan.

3. Visual marketing dapat menghasilkan penjualan

Visual marketing adalah penggunaan gambar & video yang menawan untuk menarik dan melibatkan pelanggan dan mengarahkan mereka ke konversi. 

Instagram akan menjadi alat pemasaran modern karena visual dikenal lebih menarik bagi pengguna. Laporan menunjukkan bahwa 85% pengguna cenderung membeli produk Anda setelah menonton video.

Dengan Instagram Shop, Anda dapat menggunakan visual untuk membuat postingan yang dapat dibeli, dan ini dapat meningkatkan penjualan.

4. Peluang untuk Influencer Marketing

Menyiapkan Instagram Shop memberikan peluang ideal untuk memanfaatkan pemasaran influencer Instagram. Seperti sebelumnya, pemasaran influencer terutama difokuskan untuk menciptakan brand awareness dan meningkatkan exposure atau jangkauan.

Sebelumnya, pengguna mengetahui tentang merek Anda dan sebagian kecil darinya terlibat dengan merek Anda. Namun, kini Anda dapat mengintegrasikan toko Instagram ke dalam konten pemasaran influencer untuk mencoba mendorong penjualan secara langsung dengan dampak yang lebih besar dalam hal hasil bisnis dan penjualan.

5. Perjalanan Pembeli yang Lebih Sederhana, Lebih Cepat, & Lebih Singkat

Apa yang membuat pengguna kesal ketika melakukan transaksi di toko online? Proses pembelian & checkout yang panjang, melelahkan, dan rumit.

Instagram Shopping sekarang mengatasi tantangan ini dengan memungkinkan pengguna membeli produk dengan cepat dan sederhana dengan klik dan waktu yang lebih singkat. Memiliki perjalanan pembelian yang lebih singkat dengan pembayaran yang mudah menarik lebih banyak prospek dan peluang konversi mengatasi masalah keranjang belanja yang terabaikan.

Merek toko online biasanya melakukan investasi besar dalam pengoptimalan pengujian proses pembayaran dan pembelian, tetapi Instagram Shopping membantu Anda ke arah itu.

6. Peningkatan Interaksi & Penjualan

Tujuan yang paling penting dan tujuan utama yang diberikan Instagram Shopping untuk semua brand yang menggunakannya adalah meningkatkan keterlibatan dan penjualan pengguna.

Strategi pemasaran setiap merek ditujukan terutama untuk meningkatkan penjualan & pendapatan. Mengubah postingan Instagram menjadi postingan yang dapat dibeli dapat membantu pengguna mengubah niat mereka untuk membeli menjadi tindakan secara instan.

Seperti saat pengguna yang tertarik mengklik postingan yang dapat dibeli (terdapat tag harga atau nama produk), mereka mendapatkan semua detail tentang produk, dan terdapat tampilan detail produk, deskripsi, dan produk relevan lainnya yang meningkatkan keterlibatan.

Memiliki tag harga juga memungkinkan pembelian real-time kepada pengguna yang tidak akan membutuhkan banyak usaha & waktu.

7. Pengalaman Pelanggan Secara Keseluruhan

Yang terakhir, Instagram Shopping memberikan pengalaman konsumen yang optimal kepada pengguna dengan fitur yang diperbarui dan diperbarui di UI Aplikasi.

Pengalaman pelanggan sangat penting dalam toko online karena berhubungan langsung dengan citra & loyalitas merek dan penyelesaian marketing funnel.

Fitur Instagram Shopping

Terdapat 6 fitur utama Instagram Shopping yang menguntungkan merek dan pelanggan. Fitur-fitur tersebut adalah:

1. Fitur Instagram Checkout

Jika Anda adalah bisnis dengan Instagram Shop yang verified, Anda dapat mengaktifkan pembayaran di Instagram untuk merampingkan penjualan Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur belanja seperti tag Belanja, iklan produk yang ditingkatkan, menyiapkan notifikasi peluncuran produk baru, dan bahkan belanja langsung di Stories. Instagram mengumumkan bahwa untuk waktu yang terbatas mereka membebaskan biaya penjualan untuk usaha kecil yang menggunakan pembayaran Instagram.

Fitur Instagram Shopping

2. Fitur Instagram Live Shopping

Beberapa bisnis kini dapat menjual produk secara langsung melalui Instagram Live Shopping. Fitur baru ini memungkinkan pengguna Instagram untuk membeli produk Anda secara real-time sambil menonton video streaming langsung dengan tag produk. Ini adalah pembaruan besar dan akan menjadi pengubah permainan bagi merek dan influencer yang sekarang dapat menandai produk di video live mereka.

3. Shopping Sticker on Instagram Stories

Di Instagram Stories, brand juga bisa menempelkan stiker untuk memungkinkan pelanggan melakukan pembelian secara langsung dengan cara “Swipe Up”. Hal ini memungkinkan pelanggan yang lebih sering menggunakan fitur Instagram Stories lebih mudah dijangkau.

4. Fitur Product Tags di Post

Kegiatan jualan di Instagram Anda tentu tidak lengkap tanpa tag harga. Anda dapat menambahkan tag produk ke postingan foto dan video Instagram Anda agar dapat dibeli. Hal ini membantu merampingkan proses penjualan karena pembeli yang tertarik dapat menemukan produk baru di postingan Anda dan mengkliknya untuk menyelesaikan pembelian tanpa meninggalkan aplikasi. Namun sebelum Anda dapat mulai memberi tag, pastikan Anda telah mengaktifkan tag produk. Cukup buka Pengaturan, klik Produk dan klik Aktifkan Pemberian Tag Produk.

Berikut cara menambahkan Tag Produk di postingan Instagram Anda:

  • Buka aplikasi Instagram Anda.
  • Ketuk ikon “+” untuk membuat postingan baru.
  • Pilih foto atau video dari ponsel Anda yang menampilkan produk Anda.
  • Di pengaturan posting, pilih opsi Tag Products.
  • Cukup ketuk area gambar untuk menambahkan tag.
  • Ketik nama produk yang ingin Anda tandai dan pilih dari daftar.
  • Klik Bagikan untuk menerbitkan postingan Anda.

5. Instagram Shopping Tab

Instagram baru-baru ini memberi platform yang tepat untuk jualan di Instagram dengan memasukkan tab Shop di Home Instagram. Di tab ini, Anda sekarang dapat menelusuri Instagram Shopping dan menjelajahi produk unggulan dari merek yang Anda ikuti. Jika Anda adalah merek yang menjual produk fisik, Anda dapat memamerkan foto produk Anda di sini.

Tips Menggunakan Instagram Shopping

1. Manfaatkan Tag Product dengan Baik

Gunakan Tag Produk dengan tips di bawah ini:

  • Anda dapat mem-preview posting Anda dan menyimpannya sebagai draf sebelum Anda memposting.
  • Segera setelah Anda mengaktifkan fitur belanja, Anda dapat mulai menandai produk di postingan.
  • Jangan lupakan postingan lama Anda – Anda juga dapat menandainya.
  • Anda dapat menambahkan antara 1-5 tag di postingan gambar atau video, dan tidak lebih dari 20 tag di postingan carousel.
  • Pastikan Anda menulis deskripsi produk dengan lengkap. Pengguna dapat mengklik postingan yang diberi tag untuk memeriksa nama produk, detail, dan harganya.
  • Jika Anda bekerja dengan influencer, minta mereka untuk menandai toko dan produk Anda di postingan mereka.
Tips Menggunakan Instagram Shopping

2. Gunakan Instagram Ads

Dengan kekuatan Instagram Ads yang muncul tiap beberapa Stories atau Post, jualan di Instagram akan menjadi lebih efektif dengan memanfaatkan fitur ini. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk membuat kampanye iklan baru:

  • Buka Facebook Ads Manager dan ketuk + Buat
  • Di bawah tujuan kampanye, pilih Penjualan katalog atau Shop Traffic
  • Pilih audiens yang ada atau buat yang baru
  • Pilih produk yang ingin Anda promosikan
  • Edit penempatan iklan untuk menyertakan feed dan Stories Instagram
  • Tetapkan anggaran dan durasi kampanye Anda
  • Klik Publish

3. Jangan Lupakan Gunakan Instagram Insights

Anda bisa mendapatkan Insights tentang postingan Anda di aplikasi Instagram itu sendiri. Untuk memeriksa kinerja posting Anda, Anda perlu melihat statistik yang ditampilkan di halaman Explore Anda. Di sini Anda akan menemukan data tentang kinerja konten Anda termasuk daftar metrik yang panjang.

Metrik berikut akan memberi tahu Anda bagaimana kinerja posting dengan tag yang dapat dibeli:

  • Tampilan produk: frekuensi pengguna melihat produk Anda yang diberi tag
  • Klik tag produk: frekuensi pengguna mengklik tombol produk untuk mengunjungi halaman produk Anda
  • Klik situs web: berapa kali pengguna mengklik situs web yang tertaut di bio Anda

Baca juga: 5 Aplikasi Terbaik Untuk Analisis Data Instagram

4. Siapkan Customer Support yang Efektif

Jika Anda berhasil jualan di Instagram menggunakan Instagram Shopping dengan baik, saatnya mendukung kinerja brand dengan customer support yang dapat dijangkau setiap pelanggan melalui berbagai channel. Gunakan OneTalk by TapTalk.io untuk mengintegrasikan semua channel perpesanan Anda dalam satu dasbor. Mulai dari akun Instagram, WhatsApp, Telegram, LINE, dan masih banyak lagi. Kerja customer service menjadi lebih mudah dan semua kebutuhan pelanggan akan dapat dilayani dengan maksimal.

Tidak hanya integrasi berbagai platform perpesanan, berbagai fitur yang disediakan OneTalk dijamin akan membuat brand Anda semakin terlibat dengan pelanggan.

Hubungi agent kami sekarang untuk berkolaborasi lebih lanjut.

Share this article

Jessica Jacob

VP Business Development

Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Instagram kini bukan hanya sekedar media sosial. Instagram adalah pusat interaksi, katalog, dan customer support antara brand dan pelanggan. Bahkan tidak jarang pelanggan menggunakan Instagram sebagai katalog produk dan layanan. Terlebih dengan kehadiran Instagram Shopping.

Daripada mengarahkan pelanggan dari akun bisnis Instagram Anda ke situs web Anda, Instagram Shopping memungkinkan mereka memilih dan membeli produk dengan mudah dari aplikasi. Kegiatan jualan di Instagram kini menjadi lebih mudah.

Lebih dari 130 juta pengguna mengklik postingan Belanja Instagram setiap bulan — lalu lintas yang hanya bisa diimpikan oleh pemilik toko fisik. Jadi, jika Anda memiliki produk untuk dijual, saatnya menyiapkan etalase virtual Anda. Mari kita mulai.

Cara Jitu Jualan di Instagram Menggunakan Instagram Shopping

Apa itu Instagram Shopping?

Instagram Shopping adalah fitur yang memungkinkan merek e-Commerce mempromosikan produk dan membuat katalog digital produk mereka yang dapat dibagikan langsung di Instagram. Katalog ini memungkinkan berbagai brand untuk “jualan” di Instagram.

Pengguna Instagram dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk langsung di aplikasi, dan membeli langsung di Instagram (dengan Checkout) atau mengklik untuk menyelesaikan transaksi di situs e-Commerce merek tersebut.

Berbagi produk atau mempromosikan penjualan di Instagram bukanlah hal baru. Menurut Instagram, 87% pengguna mengatakan bahwa influencer telah menginspirasi mereka untuk melakukan pembelian, dan 70% pembeli setia menggunakan platform ini untuk menemukan produk baru.

Sebelum berbagai pembaruan, satu-satunya pilihan bagi merek e-commerce untuk secara langsung mengarahkan lalu lintas penjualan dari satu posting Instagram adalah melalui tautan bio mereka, atau melalui Instagram Stories yang dapat diklik.

Kini, Instagram Shopping hadir dan menjadi etalase digital yang mudah digunakan.

Instagram Shopping adalah etalase digital brand yang dapat disesuaikan, yang memungkinkan pelanggan berbelanja langsung dari profil Instagram Anda. Anggap saja sebagai halaman arahan tempat pengguna dapat menemukan atau menjelajahi semua produk Anda.

Bagaimana Cara Mendapat Approve Instagram Shopping/Akun Bisnis

Sebelum Anda dapat menyiapkan Belanja Instagram, Anda perlu memastikan bisnis Anda mencentang beberapa hal untuk mendapatkan persetujuan.

  • Bisnis Anda berada di pasar yang didukung tempat Instagam Shopping tersedia. Periksa daftar untuk mengonfirmasi.
  • Anda menjual produk fisik yang memenuhi syarat.
  • Bisnis Anda terikat oleh Perjanjian Merchant dan Kebijakan Perdagangan Instagram.
  • Bisnis Anda memiliki situs web e-commerce Anda sendiri.
  • Anda memiliki profil bisnis di Instagram. Jika akun Anda disetel sebagai profil pribadi, jangan khawatir — mudah untuk mengubah setelan menjadi profil bisnis.

Bagaimana Cara Setup Instagram Shopping

Tertarik untuk menggunakan Instagram Shopping? Berikut beberapa langkah-langkah untuk membuat Instagram Shopping untuk bisnis Anda.

1. Ubah akun Instagram Anda menjadi Business Account atau Creator Account

Jika akun Instagram Anda masih belum menjadi akun Bisnis (atau Kreator) di Instagram, inilah saatnya untuk membuatnya.

Selain membuat Anda memenuhi syarat untuk fitur Instagram Shopping, akun Bisnis juga memiliki akses ke semua jenis analitik/Insight yang menarik.

2. Gunakan Commerce Manager untuk menyiapkan toko

  • Gunakan Commerce Manager atau platform yang didukung untuk menyiapkan toko Anda.
  • Untuk memilih metode pembayaran, pilih di mana Anda ingin pelanggan menyelesaikan pembelian.
  • Untuk memilih saluran penjualan, pilih akun bisnis Instagram yang ingin Anda hubungkan dengan toko Anda.
  • Jika Anda memiliki halaman Facebook, centang kotak di sebelah akun Anda untuk memiliki toko di Facebook dan Instagram.

3. Hubungkan ke Facebook Page Anda

Jika Anda memiliki Facebook Page, Anda pasti ingin menghubungkannya ke Toko Instagram Anda agar semuanya berjalan lancar. Anda tidak lagi diharuskan memiliki Halaman Facebook untuk menyiapkan Instagram Shopping, tetapi jika Anda mau, berikut cara menyiapkannya dalam tujuh langkah mudah.

Sekarang, saatnya menghubungkan keduanya!

  1. Di Instagram, buka Edit Profil.
  2. Di bawah Informasi Bisnis Publik, pilih Halaman.
  3. Pilih Facebook Business Page kamu untuk dihubungkan
  4. Buat Katalog Produk Anda

Oke, ini adalah bagian di mana Anda benar-benar mengunggah semua produk Anda. Anda punya beberapa opsi berbeda di sini. Anda dapat memasukkan setiap produk secara manual ke Commerce Manager, atau mengintegrasikan database produk yang sudah ada sebelumnya dari platform e-Commerce yang terdaftar.

Mari telusuri setiap opsi pembuatan katalog selangkah demi selangkah.

Menggunakan Commerce Manager

  • Masuk ke Commerce Manager.
  • Klik Katalog.
  • Klik Tambah Produk.
  • Pilih Tambah Secara Manual.
  • Tambahkan gambar, nama, dan deskripsi produk.
  • Jika Anda memiliki SKU atau pengenal unik untuk produk Anda, tambahkan di bagian Content ID.
  • Tambahkan tautan ke situs web tempat orang dapat membeli produk Anda.
  • Tambahkan harga produk Anda yang ditampilkan di situs web Anda.
  • Pilih ketersediaan produk Anda.
  • Tambahkan detail kategorisasi produk, seperti kondisi, merek, dan kategori pajak.
  • Tambahkan opsi pengiriman dan informasi kebijakan pengembalian.
  • Tambahkan opsi untuk varian apa pun, seperti warna atau ukuran.
  • Setelah selesai, klik Tambah Produk

4. Kirimkan akun Instagram Anda untuk ditinjau

Pada titik ini, Anda harus mengirimkan akun bisnis Anda untuk ditinjau. Peninjauan ini biasanya memerlukan waktu beberapa hari, tetapi terkadang dapat diproses lebih lama.

  • Buka pengaturan profil Instagram Anda.
  • Ketuk Daftar untuk Instagram Shopping.
  • Ikuti langkah-langkah untuk mengirimkan akun Anda untuk ditinjau.
  • Periksa status aplikasi Anda dengan mengunjungi Shopping di Pengaturan Anda.

5. Aktifkan Instagram Shopping

Setelah Anda melewati proses peninjauan akun bisnis Instagram, saatnya menghubungkan katalog produk Anda dengan Toko Instagram Anda.

  • Buka pengaturan profil Instagram Anda.
  • Pilih Bisnis, lalu Shopping.
  • Pilih katalog produk yang ingin Anda hubungkan.
  • Pilih Selesai.

Keuntungan Menggunakan Instagram Shopping

Menggunakan media sosial Instagram sebagai tempat mempromosikan produk dan layanan Anda memiliki keuntungan tersendiri. Berikut beberapa keunggulannya.

1. Produk jadi mudah ditemukan pelanggan

Pelanggan pasti sering menemukan produk yang mereka sukai di Instagram. Hal ini karena Instagram telah menjadi platform yang banyak digunakan para pemilik bisnis. Tapi, bagaimana jika perjalanan mereka terhambat ketika sudah memilih produk yang mereka sukai tapi tidak menemukan link pembelian produk?

Dengan Instagram  Shopping, menemukan produk menjadi sangat mudah bagi pengguna karena mereka dapat mengeklik tag yang dapat dibeli untuk menjelajahi detail dan harga produk secara real-time untuk membuat keputusan pembelian.

2. Periklanan Otentik

Saat ini, konsumen cenderung mempercayai keaslian & mengandalkan konten buatan pengguna untuk membuat keputusan pembelian online mereka atas konten bermerek apa pun.

Untuk melakukannya, Anda dapat membangun lingkungan belanja yang lebih terpercaya dengan mengintegrasikan semua foto produk yang relevan di media sosial dengan tag yang dapat klik untuk menyiapkan Instagram Shop.

Hal ini juga akan membantu memberikan gambaran realistis tentang produk, bagaimana orang menggunakannya, detail estetika, dan ulasannya. Pada gilirannya, Instagram Shopping dapat membantu dalam membangun advokasi merek bersamaan dengan penjualan.

3. Visual marketing dapat menghasilkan penjualan

Visual marketing adalah penggunaan gambar & video yang menawan untuk menarik dan melibatkan pelanggan dan mengarahkan mereka ke konversi. 

Instagram akan menjadi alat pemasaran modern karena visual dikenal lebih menarik bagi pengguna. Laporan menunjukkan bahwa 85% pengguna cenderung membeli produk Anda setelah menonton video.

Dengan Instagram Shop, Anda dapat menggunakan visual untuk membuat postingan yang dapat dibeli, dan ini dapat meningkatkan penjualan.

4. Peluang untuk Influencer Marketing

Menyiapkan Instagram Shop memberikan peluang ideal untuk memanfaatkan pemasaran influencer Instagram. Seperti sebelumnya, pemasaran influencer terutama difokuskan untuk menciptakan brand awareness dan meningkatkan exposure atau jangkauan.

Sebelumnya, pengguna mengetahui tentang merek Anda dan sebagian kecil darinya terlibat dengan merek Anda. Namun, kini Anda dapat mengintegrasikan toko Instagram ke dalam konten pemasaran influencer untuk mencoba mendorong penjualan secara langsung dengan dampak yang lebih besar dalam hal hasil bisnis dan penjualan.

5. Perjalanan Pembeli yang Lebih Sederhana, Lebih Cepat, & Lebih Singkat

Apa yang membuat pengguna kesal ketika melakukan transaksi di toko online? Proses pembelian & checkout yang panjang, melelahkan, dan rumit.

Instagram Shopping sekarang mengatasi tantangan ini dengan memungkinkan pengguna membeli produk dengan cepat dan sederhana dengan klik dan waktu yang lebih singkat. Memiliki perjalanan pembelian yang lebih singkat dengan pembayaran yang mudah menarik lebih banyak prospek dan peluang konversi mengatasi masalah keranjang belanja yang terabaikan.

Merek toko online biasanya melakukan investasi besar dalam pengoptimalan pengujian proses pembayaran dan pembelian, tetapi Instagram Shopping membantu Anda ke arah itu.

6. Peningkatan Interaksi & Penjualan

Tujuan yang paling penting dan tujuan utama yang diberikan Instagram Shopping untuk semua brand yang menggunakannya adalah meningkatkan keterlibatan dan penjualan pengguna.

Strategi pemasaran setiap merek ditujukan terutama untuk meningkatkan penjualan & pendapatan. Mengubah postingan Instagram menjadi postingan yang dapat dibeli dapat membantu pengguna mengubah niat mereka untuk membeli menjadi tindakan secara instan.

Seperti saat pengguna yang tertarik mengklik postingan yang dapat dibeli (terdapat tag harga atau nama produk), mereka mendapatkan semua detail tentang produk, dan terdapat tampilan detail produk, deskripsi, dan produk relevan lainnya yang meningkatkan keterlibatan.

Memiliki tag harga juga memungkinkan pembelian real-time kepada pengguna yang tidak akan membutuhkan banyak usaha & waktu.

7. Pengalaman Pelanggan Secara Keseluruhan

Yang terakhir, Instagram Shopping memberikan pengalaman konsumen yang optimal kepada pengguna dengan fitur yang diperbarui dan diperbarui di UI Aplikasi.

Pengalaman pelanggan sangat penting dalam toko online karena berhubungan langsung dengan citra & loyalitas merek dan penyelesaian marketing funnel.

Fitur Instagram Shopping

Terdapat 6 fitur utama Instagram Shopping yang menguntungkan merek dan pelanggan. Fitur-fitur tersebut adalah:

1. Fitur Instagram Checkout

Jika Anda adalah bisnis dengan Instagram Shop yang verified, Anda dapat mengaktifkan pembayaran di Instagram untuk merampingkan penjualan Anda. Anda juga dapat menggunakan fitur belanja seperti tag Belanja, iklan produk yang ditingkatkan, menyiapkan notifikasi peluncuran produk baru, dan bahkan belanja langsung di Stories. Instagram mengumumkan bahwa untuk waktu yang terbatas mereka membebaskan biaya penjualan untuk usaha kecil yang menggunakan pembayaran Instagram.

Fitur Instagram Shopping

2. Fitur Instagram Live Shopping

Beberapa bisnis kini dapat menjual produk secara langsung melalui Instagram Live Shopping. Fitur baru ini memungkinkan pengguna Instagram untuk membeli produk Anda secara real-time sambil menonton video streaming langsung dengan tag produk. Ini adalah pembaruan besar dan akan menjadi pengubah permainan bagi merek dan influencer yang sekarang dapat menandai produk di video live mereka.

3. Shopping Sticker on Instagram Stories

Di Instagram Stories, brand juga bisa menempelkan stiker untuk memungkinkan pelanggan melakukan pembelian secara langsung dengan cara “Swipe Up”. Hal ini memungkinkan pelanggan yang lebih sering menggunakan fitur Instagram Stories lebih mudah dijangkau.

4. Fitur Product Tags di Post

Kegiatan jualan di Instagram Anda tentu tidak lengkap tanpa tag harga. Anda dapat menambahkan tag produk ke postingan foto dan video Instagram Anda agar dapat dibeli. Hal ini membantu merampingkan proses penjualan karena pembeli yang tertarik dapat menemukan produk baru di postingan Anda dan mengkliknya untuk menyelesaikan pembelian tanpa meninggalkan aplikasi. Namun sebelum Anda dapat mulai memberi tag, pastikan Anda telah mengaktifkan tag produk. Cukup buka Pengaturan, klik Produk dan klik Aktifkan Pemberian Tag Produk.

Berikut cara menambahkan Tag Produk di postingan Instagram Anda:

  • Buka aplikasi Instagram Anda.
  • Ketuk ikon “+” untuk membuat postingan baru.
  • Pilih foto atau video dari ponsel Anda yang menampilkan produk Anda.
  • Di pengaturan posting, pilih opsi Tag Products.
  • Cukup ketuk area gambar untuk menambahkan tag.
  • Ketik nama produk yang ingin Anda tandai dan pilih dari daftar.
  • Klik Bagikan untuk menerbitkan postingan Anda.

5. Instagram Shopping Tab

Instagram baru-baru ini memberi platform yang tepat untuk jualan di Instagram dengan memasukkan tab Shop di Home Instagram. Di tab ini, Anda sekarang dapat menelusuri Instagram Shopping dan menjelajahi produk unggulan dari merek yang Anda ikuti. Jika Anda adalah merek yang menjual produk fisik, Anda dapat memamerkan foto produk Anda di sini.

Tips Menggunakan Instagram Shopping

1. Manfaatkan Tag Product dengan Baik

Gunakan Tag Produk dengan tips di bawah ini:

  • Anda dapat mem-preview posting Anda dan menyimpannya sebagai draf sebelum Anda memposting.
  • Segera setelah Anda mengaktifkan fitur belanja, Anda dapat mulai menandai produk di postingan.
  • Jangan lupakan postingan lama Anda – Anda juga dapat menandainya.
  • Anda dapat menambahkan antara 1-5 tag di postingan gambar atau video, dan tidak lebih dari 20 tag di postingan carousel.
  • Pastikan Anda menulis deskripsi produk dengan lengkap. Pengguna dapat mengklik postingan yang diberi tag untuk memeriksa nama produk, detail, dan harganya.
  • Jika Anda bekerja dengan influencer, minta mereka untuk menandai toko dan produk Anda di postingan mereka.
Tips Menggunakan Instagram Shopping

2. Gunakan Instagram Ads

Dengan kekuatan Instagram Ads yang muncul tiap beberapa Stories atau Post, jualan di Instagram akan menjadi lebih efektif dengan memanfaatkan fitur ini. Berikut adalah beberapa langkah sederhana untuk membuat kampanye iklan baru:

  • Buka Facebook Ads Manager dan ketuk + Buat
  • Di bawah tujuan kampanye, pilih Penjualan katalog atau Shop Traffic
  • Pilih audiens yang ada atau buat yang baru
  • Pilih produk yang ingin Anda promosikan
  • Edit penempatan iklan untuk menyertakan feed dan Stories Instagram
  • Tetapkan anggaran dan durasi kampanye Anda
  • Klik Publish

3. Jangan Lupakan Gunakan Instagram Insights

Anda bisa mendapatkan Insights tentang postingan Anda di aplikasi Instagram itu sendiri. Untuk memeriksa kinerja posting Anda, Anda perlu melihat statistik yang ditampilkan di halaman Explore Anda. Di sini Anda akan menemukan data tentang kinerja konten Anda termasuk daftar metrik yang panjang.

Metrik berikut akan memberi tahu Anda bagaimana kinerja posting dengan tag yang dapat dibeli:

  • Tampilan produk: frekuensi pengguna melihat produk Anda yang diberi tag
  • Klik tag produk: frekuensi pengguna mengklik tombol produk untuk mengunjungi halaman produk Anda
  • Klik situs web: berapa kali pengguna mengklik situs web yang tertaut di bio Anda

Baca juga: 5 Aplikasi Terbaik Untuk Analisis Data Instagram

4. Siapkan Customer Support yang Efektif

Jika Anda berhasil jualan di Instagram menggunakan Instagram Shopping dengan baik, saatnya mendukung kinerja brand dengan customer support yang dapat dijangkau setiap pelanggan melalui berbagai channel. Gunakan OneTalk by TapTalk.io untuk mengintegrasikan semua channel perpesanan Anda dalam satu dasbor. Mulai dari akun Instagram, WhatsApp, Telegram, LINE, dan masih banyak lagi. Kerja customer service menjadi lebih mudah dan semua kebutuhan pelanggan akan dapat dilayani dengan maksimal.

Tidak hanya integrasi berbagai platform perpesanan, berbagai fitur yang disediakan OneTalk dijamin akan membuat brand Anda semakin terlibat dengan pelanggan.

Hubungi agent kami sekarang untuk berkolaborasi lebih lanjut.

Related Posts