Facebook Page adalah salah satu fitur gratis yang disediakan oleh Facebook untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan pengguna terhadap suatu usaha yang ada pada platform Facebook. Sebuah usaha dapat menampilkan merek, gerakan, acara, dan organisasi untuk meraih pembeli.
Facebook Page bersifat publik, sehingga dapat dikenal oleh sistem yang dimiliki oleh Google sehingga mempermudah pengguna untuk menemukan Facebook Page kita. Berbeda dengan akun personal, Facebook Page terletak pada halaman yang berbeda dengan akun pribadi.
Facebook dengan jumlah pengguna tertinggi hingga saat ini, mengartikan bahwa memiliki Facebook Page memiliki banyak keuntungan untuk bisnis Anda. Selain karena Facebook Page dapat dibuat secara gratis, serbaguna, dan menjadi opsi cepat untuk bisa berhubungan langsung dengan konsumen bisnis Anda, Facebook Page juga dapat digunakan untuk beriklan dan dapat berdampak langsung pada penjualan Anda.
Serupa dengan Facebook Personal, Facebook memiliki fitur Pesan & Kotak Masuk yang memungkinkan bisnis Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda melalui Facebook Messenger, dan Instagram.
Facebook Page juga memiliki fitur untuk pembagian jabatan, dimana bisnis Anda dapat mengatur akses oleh setiap orang kepercayaan Anda, dimana terdapat 5 jabatan/role yang dapat diberikan kepada masing-masing pengguna Facebook Page, antara lain: Admin, Editor, Moderator, Pengiklan, dan Analis. Melimitasi akses kepada setiap pengguna Anda dapat membantu memastikan keamanan dari Facebook Page Anda, dan mencegah adanya hal yang tidak diinginkan.
Baca juga: Mau Jualan Laris di Facebook? Baca 7 Tips Jitu Ini!
Table of Contents
Membuat sebuah Facebook Page untuk bisnis Anda cukup mudah, dimana terdapat beberapa hal yang Anda butuhkan untuk melengkapi pembuatan Facebook Page Anda:
Sedangkan untuk Foto Sampul bisa diisi dengan foto produk, kegiatan, proses, atau kampanye bisnis Anda. Ukuran Foto Sampul yang sebaiknya disediakan adalah :
Untuk membuat Facebook Page bisnis Anda, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
1. Login ke Akun Facebook
Jika Anda sudah memiliki akun pribadi, maka lakukan proses Login. Jika belum, maka buatlah akun Facebook Anda.
2. Klik ‘Pages’ Menu di sebelah kiri. Lalu pilih ‘Create New Page’
3. Isi informasi nama, kategori, dan deksripsi dari Facebook Page yang ingin Anda buat
4. Klik ‘Create Page’
5. Unggah Foto Profil dan Foto Sampul Anda
6. Klik ‘Save’
7. Anda bisa menghubungkan Facebook Page Anda dengan WhatsApp Bisnis Anda. Pengaturan ini bisa dilakukan sekarang atau nanti
9. Klik tombol ‘Add a Button’ untuk mengatur aktivitas yang Anda inginkan
Selain hanya membuat, Anda juga bisa membuat Facebook Page lebih menarik dengan mengisi beberapa hal di bawah ini:
Baca juga: Tutorial Lengkap Facebook Business Manager untuk Bisnis Sukses
Apa kelebihan tambahan yang dimiliki Facebook Page ini selain kemampuan merekrut pengguna Facebook? Berikut adalah beberapa keuntungan memiliki halaman Facebook untuk bisnis.
Anda tidak akan dikenakan biaya apapun dengan melakukan promosi di Facebook Page perusahaan Anda. Tidak perlu memikirkan untuk membuat pamflet, billboard, atau spanduk, Anda dapat melakukannya promosi hanya dengan menggunakan foto-foto yang telah Anda ambil. Pendekatan promosi seperti ini akan dianggap lebih inventif.
Cara promosi seperti ini tidak membutuhkan biaya, tetapi jika Anda ingin meningkatkan promosi Anda ke level selanjutnya, Facebook juga menyediakan fitur Facebook Ads. Cara ini bisa lebih efektif dalam menjangkau pelanggan.
Pengikut adalah alat Facebook yang memungkinkan pengguna melacak pertumbuhan halaman mereka dan melihat data halaman Facebook Page. Jumlah likes secara keseluruhan serta tingkat persentase kemajuan dari minggu ke minggu akan dicatat di bagian overview. Jumlah ini dapat muncul karena komponen viral dan karena iklan Facebook mungkin mencapai lebih dari jumlah suka. Jangkauan Total Mingguan adalah jumlah orang unik yang dicapai pada minggu sebelumnya. Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk menentukan materi mana yang paling disukai pengunjung situs web Anda.
Manfaat lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa halaman Facebook perusahaan Anda dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google. Akibatnya, strategi ini adalah cara yang terbukti untuk menyebarkan berita tentang perusahaan Anda. Sehingga konsumen dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang merek yang Anda jual.
Yang menarik dari fungsi Facebook Page adalah Anda bisa menggunakan Pages to Watch yang bisa Anda temukan di bawah menu Insights, untuk mengikuti perkembangan Facebook Page kompetitor Anda. Isi bagian yang kosong dengan 5 halaman yang Anda inginkan. Anda juga dapat menambahkan halaman perusahaan Anda yang lain selain pesaing Anda.
Apa keuntungan memiliki fitur ini? Foto profil halaman dan kolom kemajuan halaman akan ditampilkan setiap minggu sekali setelah Anda memilih 5 halaman. Sekarang, jika kemajuan satu halaman meningkat, Anda dapat pergi ke Page tentang apa yang menarik perhatian orang sampai kemajuan meningkat. Dengan begitu, Anda bisa merujuknya di artikel Anda nanti.
Juga dapat meningkatkan traffic website bagi anda yang mengoperasikan website yang menggunakan fanpage. Bagaimana Anda melakukannya? Mulailah membagikan URL situs web Anda. Anda harus menyertakan informasi bermanfaat selain tautan promosi sehingga orang yang menyukai halaman Anda tidak merasa membuang waktu untuk menyukainya.
Jika sudah selesai membuat halaman Facebook, langkah selanjutnya adalah mengisi konten. Hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat konten adalah menyesuaikan konten dengan target audiens. Semakin menarik dan bermanfaat konten yang diunggah, maka pengunjung akan semakin tertarik untuk berinteraksi dengan halaman tersebut.
Selain mengetahui jenis postingan yang tepat untuk pengguna Anda, Anda juga dapat mengatur waktu produktif dan optimal Anda. Cari tahu dengan fitur Insights di bagian atas halaman Facebook. Fitur ini mirip dengan Analytics yang dapat Anda gunakan untuk menemukan kepribadian pengguna yang mengunjungi halaman Anda.
---
Bagaimana, tidak sulit bukan? Inilah saatnya mencoba hal baru untuk media sosial Anda. Dengan semua manfaat dan langkah-langkah mudah membuat Facebook Page di atas, Anda bisa meningkatkan engagement dan interaksi bersama audiens Anda. Hal ini merupakan cara efektif menjaring pelanggan potensial untuk bisnis.
Tidak hanya membuat, optimalkan Facebook Page dan jangkau lebih banyak pengguna. Facebook Page bisa menjadi platform interaksi sekaligus promosi gratis Anda bersama calon pelanggan. Coba Facebook Page sekarang dan rasakan perubahan yang dihasilkan kepada bisnis Anda.
Supaya promosi bisnis Anda bisa lebih baik, Anda bisa menggunakan layanan dari Taptalk yang memiliki begitu banyak fitur untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Kunjungi taptalk.io sekarang juga!
Baca juga: Tutorial Cara Mudah Membuat Iklan Facebook
By Ardian
The COVID-19 pandemic may fundamentally reshape some areas of how we live our lives, especially for companies. Many companies are implementing mandatory work-from-home policies to help to slow the spread of the virus. This means that all of us are up to face an extraordinary challenge: working from home. According to the studies, employees who […]
By Jessica Jacob
Pernahkah Anda mendengar tentang analisis SWOT? Analisis ini biasanya digunakan untuk memperluas perusahaan Anda. Tujuan utama analisis SWOT adalah untuk membantu perusahaan dalam memahami sepenuhnya semua variabel yang digunakan (kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) untuk memilih tindakan yang akan dilakukan. Sebelum Anda memutuskan untuk mengambil tindakan perusahaan apapun, entah Anda sedang menyelidiki proyek baru, memperbarui […]
By Dominic Vedericho
There are many companies that can provide chat services if you are thinking of integrating chat features to your websites and applications. It is known that companies like Sendbird, Qiscus, Zendesk, Tawk.to and etcetera could be a solution to that. However, there is a new alternative chat SDK in town and that is TapTalk.io. In […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)