pt tap talk teknologi blog
Kupas Tuntas Manfaat dan Cara Membuat Facebook Page

Kupas Tuntas Manfaat dan Cara Membuat Facebook Page

By Jessica Jacob
19 / 04 / 2022

Facebook Page adalah salah satu fitur gratis yang disediakan oleh Facebook untuk meningkatkan kepercayaan konsumen dan pengguna terhadap suatu usaha yang ada pada platform Facebook. Sebuah usaha dapat menampilkan merek, gerakan, acara, dan organisasi untuk meraih pembeli. 

Facebook Page bersifat publik, sehingga dapat dikenal oleh sistem yang dimiliki oleh Google sehingga mempermudah pengguna untuk menemukan Facebook Page kita. Berbeda dengan akun personal, Facebook Page terletak pada halaman yang berbeda dengan akun pribadi.

Facebook dengan jumlah pengguna tertinggi hingga saat ini, mengartikan bahwa memiliki Facebook Page memiliki banyak keuntungan untuk bisnis Anda. Selain karena Facebook Page dapat dibuat secara gratis, serbaguna, dan menjadi opsi cepat untuk bisa berhubungan langsung dengan konsumen bisnis Anda, Facebook Page juga dapat digunakan untuk beriklan dan dapat berdampak langsung pada penjualan Anda. 

Kupas Tuntas Manfaat dan Cara Membuat Facebook Page

Serupa dengan Facebook Personal, Facebook memiliki fitur Pesan & Kotak Masuk yang memungkinkan bisnis Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda melalui Facebook Messenger, dan Instagram. 

Facebook Page juga memiliki fitur untuk pembagian jabatan, dimana bisnis Anda dapat mengatur akses oleh setiap orang kepercayaan Anda, dimana terdapat 5 jabatan/role yang dapat diberikan kepada masing-masing pengguna Facebook Page, antara lain: Admin, Editor, Moderator, Pengiklan, dan Analis. Melimitasi akses kepada setiap pengguna Anda dapat membantu memastikan keamanan dari Facebook Page Anda, dan mencegah adanya hal yang tidak diinginkan.

Baca juga: Mau Jualan Laris di Facebook? Baca 7 Tips Jitu Ini!

Persiapan Memiliki Facebook Page

Membuat sebuah Facebook Page untuk bisnis Anda cukup mudah, dimana terdapat beberapa hal yang Anda butuhkan untuk melengkapi pembuatan Facebook Page Anda:

  • Nama & Deskripsi Bisnis Anda. Untuk membantu mempermudah pelanggan Anda menemukan Facebook Page Anda, sangat diperlukan untuk mengisi nama bisnis Anda dan penjelasan mengenai bisnis Anda menyediakan jasa/produk apa dan keterangan bisnis sehingga menarik pelanggan & non-pelanggan Anda yang menggunakan Facebook.
  • Profil Facebook Personal. Profil Facebook personal Anda tetap dibutuhkan untuk membuat Facebook Page, namun harus diingat bahwa keduanya adalah halaman yang berbeda, sehingga informasi yang ada pada Profil Facebook personal Anda tidak akan muncul pada Facebook Page Anda.
  • Kategori Bisnis. Tentukan kategori untuk Halaman Anda. Kategori yang Anda pilih memberikan fitur unik untuk bisnis Anda.
  • Foto Profil dan Foto Sampul Bisnis. Untuk foto profil, gunakan foto yang dapat mewakilkan bisnis Anda, seperti Logo perusahaan atau bisnis Anda. Foto sampul bisnis juga akan lebih baik jika menggunakan foto produk/jasa bisnis Anda untuk memberikan gambaran kepada pelanggan tentang kegiatan bisnis Anda dengan lebih jelas. Terdapat tiga ukuran berbeda untuk foto profil yang dapat digunakan, yaitu:
    • 170×170 px
    • 128×128 px
    • 36×36 px

Sedangkan untuk Foto Sampul bisa diisi dengan foto produk, kegiatan, proses, atau kampanye bisnis Anda. Ukuran Foto Sampul yang sebaiknya disediakan adalah :

  • Lebar 820 x tinggi 312 px
  • Lebar 640 x tinggi 360 px

Langkah Membuat Facebook Page

Langkah Membuat Facebook Page

Untuk membuat Facebook Page bisnis Anda, Anda bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:

1. Login ke Akun Facebook 

Jika Anda sudah memiliki akun pribadi, maka lakukan proses Login. Jika belum, maka buatlah akun Facebook Anda.

2. Klik ‘Pages’ Menu di sebelah kiri. Lalu pilih ‘Create New Page’

3. Isi informasi nama, kategori, dan deksripsi dari Facebook Page yang ingin Anda buat

4. Klik ‘Create Page’

5. Unggah Foto Profil dan Foto Sampul Anda

6. Klik ‘Save’

7. Anda bisa menghubungkan Facebook Page Anda dengan WhatsApp Bisnis Anda. Pengaturan ini bisa dilakukan sekarang atau nanti

9. Klik tombol ‘Add a Button’ untuk mengatur aktivitas yang Anda inginkan

Cara Mengoptimalkan Facebook Page

Selain hanya membuat, Anda juga bisa membuat Facebook Page lebih menarik dengan mengisi beberapa hal di bawah ini:

  1. Contact Info: nomor telepon, situs web dan email. Orang yang mengunjungi Facebook dapat menghubungi Anda melalui informasi kontak yang Anda tampilkan.
  2. Office Hours dan Location: Tambahkan jam buka dan lokasi agar orang dapat mengunjungi Anda.
  3. About dan Story: About dan Story dapat membantu orang mengenal Facebook Anda lebih baik. Ini dapat berisi informasi seperti kapan bisnis Anda didirikan, apa spesialisasi Anda, misi Anda, dan banyak lagi.

Baca juga: Tutorial Lengkap Facebook Business Manager untuk Bisnis Sukses

Manfaat Facebook Page Untuk Bisnis

Manfaat Facebook Page Untuk Bisnis

Apa kelebihan tambahan yang dimiliki Facebook Page ini selain kemampuan merekrut pengguna Facebook? Berikut adalah beberapa keuntungan memiliki halaman Facebook untuk bisnis.

1. Mengurangi Biaya Promosi

Anda tidak akan dikenakan biaya apapun dengan melakukan promosi di Facebook Page perusahaan Anda. Tidak perlu memikirkan untuk membuat pamflet, billboard, atau spanduk, Anda dapat melakukannya promosi hanya dengan menggunakan foto-foto yang telah Anda ambil. Pendekatan promosi seperti ini akan dianggap lebih inventif.  

Cara promosi seperti  ini tidak membutuhkan biaya, tetapi jika Anda ingin meningkatkan promosi Anda ke level selanjutnya, Facebook juga menyediakan fitur Facebook Ads. Cara ini bisa lebih efektif dalam menjangkau pelanggan. 

2. Dapat Menganalisis dan Memantau Engagement/Keterlibatan

Pengikut adalah alat Facebook yang memungkinkan pengguna melacak pertumbuhan halaman mereka dan melihat data halaman Facebook Page. Jumlah likes secara keseluruhan serta tingkat persentase kemajuan dari minggu ke minggu akan dicatat di bagian overview. Jumlah ini dapat muncul karena komponen viral dan karena iklan Facebook mungkin mencapai lebih dari jumlah suka. Jangkauan Total Mingguan adalah jumlah orang unik yang dicapai pada minggu sebelumnya. Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk menentukan materi mana yang paling disukai pengunjung situs web Anda.

3. Search Engine Dapat Mengindeksnya Lebih Mudah

Manfaat lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa halaman Facebook perusahaan Anda dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google. Akibatnya, strategi ini adalah cara yang terbukti untuk menyebarkan berita tentang perusahaan Anda. Sehingga konsumen dapat memperoleh informasi lebih lanjut tentang merek yang Anda jual.

4. Dapat Mengawasi Performa Kompetitor Anda

Yang menarik dari fungsi Facebook Page adalah Anda bisa menggunakan Pages to Watch yang bisa Anda temukan di bawah menu Insights, untuk mengikuti perkembangan Facebook Page kompetitor Anda. Isi bagian yang kosong dengan 5 halaman yang Anda inginkan. Anda juga dapat menambahkan halaman perusahaan Anda yang lain selain pesaing Anda. 

Apa keuntungan memiliki fitur ini? Foto profil halaman dan kolom kemajuan halaman akan ditampilkan setiap minggu sekali setelah Anda memilih 5 halaman. Sekarang, jika kemajuan satu halaman meningkat, Anda dapat pergi ke Page tentang apa yang menarik perhatian orang sampai kemajuan meningkat. Dengan begitu, Anda bisa merujuknya di artikel Anda nanti.

5. Dapat Membantu Anda Mendapatkan Lebih Banyak Pengunjung ke Situs Web Anda

Juga dapat meningkatkan traffic website bagi anda yang mengoperasikan website yang menggunakan fanpage. Bagaimana Anda melakukannya? Mulailah membagikan URL situs web Anda. Anda harus menyertakan informasi bermanfaat selain tautan promosi sehingga orang yang menyukai halaman Anda tidak merasa membuang waktu untuk menyukainya.

Jika sudah selesai membuat halaman Facebook, langkah selanjutnya adalah mengisi konten. Hal penting yang perlu diperhatikan saat membuat konten adalah menyesuaikan konten dengan target audiens. Semakin menarik dan bermanfaat konten yang diunggah, maka pengunjung akan semakin tertarik untuk berinteraksi dengan halaman tersebut.

Selain mengetahui jenis postingan yang tepat untuk pengguna Anda, Anda juga dapat mengatur waktu produktif dan optimal Anda. Cari tahu dengan fitur Insights di bagian atas halaman Facebook. Fitur ini mirip dengan Analytics yang dapat Anda gunakan untuk menemukan kepribadian pengguna yang mengunjungi halaman Anda.

---

Bagaimana, tidak sulit bukan? Inilah saatnya mencoba hal baru untuk media sosial Anda. Dengan semua manfaat dan langkah-langkah mudah membuat Facebook Page di atas, Anda bisa meningkatkan engagement dan interaksi bersama audiens Anda. Hal ini merupakan cara efektif menjaring pelanggan potensial untuk bisnis. 

Tidak hanya membuat, optimalkan Facebook Page dan jangkau lebih banyak pengguna. Facebook Page bisa menjadi platform interaksi sekaligus promosi gratis Anda bersama calon pelanggan. Coba Facebook Page sekarang dan rasakan perubahan yang dihasilkan kepada bisnis Anda. 

Supaya promosi bisnis Anda bisa lebih baik, Anda bisa menggunakan layanan dari Taptalk yang memiliki begitu banyak fitur untuk terhubung dengan pelanggan Anda. Kunjungi taptalk.io sekarang juga!

Baca juga: Tutorial Cara Mudah Membuat Iklan Facebook

Share this article

Related Posts

By Jessica Jacob

22 / 04 / 2022

Anda mulai merasa kesulitan mempromosikan bisnis? Atau jangan-jangan, Anda mulai kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pelanggan potensial? Kini, sudah ada solusi yang bisa mengatasi hal tersebut. Jawabannya adalah iklan Facebook! Iklan Facebook atau Facebook Ads adalah Iklan yang dijalankan secara eksklusif melalui platform periklanan Facebook.  Mereka dapat muncul di feed Facebook, Messenger, dan bahkan di aplikasi […]

Read More

By Jessica Jacob

16 / 09 / 2021

Selama pandemi, hampir semua kegiatan terjadi secara online, contohnya tren online shopping, di mana pengguna dapat melakukan pembelian langsung dari akun mereka. Menurut Mckinsey, sebanyak 30 juta masyarakat Indonesia telah berbelanja secara online dan 60% perdagangan online saat ini terjadi melalui platform e-commerce, dan sisanya terjadi melalui social commerce. Pelanggan juga mengharapkan pengalaman yang cepat, […]

Read More

By Ardian

04 / 08 / 2020

Krisis pandemi dunia oleh serangan virus Covid-19 mengguncang sendi-sendi kehidupan manusia, khususnya Indonesia. Dampak signifikan terlihat salah satunya pada dunia bisnis dan komunikasi. Untuk beradaptasi dengan upaya pencegahan dan penanggulangan paparan virus Covid-19, cara berkomunikasi manusia bergeser dengan terkonsentrasi melalui online. Pergeseran ini kemudian diikuti oleh penyesuaian di segala bidang, termasuk di dalamnya dunia bisnis.  […]

Read More
1 2 3 41
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer