pt tap talk teknologi blog
Analisis Data Instagram

5 Aplikasi Terbaik Untuk Analisis Data Instagram

By Jessica Jacob
31 / 10 / 2021

Ingin tahu bagaimana cara menilai strategi pemasaran Instagram Anda berhasil atau tidak? Mau menganalisa post atau stories mana yang menghasilkan keterlibatan atau engagement yang paling besar selama satu minggu atau satu bulan? Jika Anda masih bingung bagaimana caranya menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, berarti ini saat yang tepat untuk mulai menganalisa akun Instagram bisnis.

Bagi mereka yang tidak terbiasa, analitik Instagram adalah cara menilai kinerja konten dan profil Anda secara keseluruhan. Strategi bisnis yang cerdas menggunakan hasil analisis performa Instagram untuk melacak berbagai metrik. Nantinya data ini akan digunakan untuk mengevaluasi potensi postingan yang sudah diunggah sebelumnya. 

Analisis Data Instagram

Dengan memperhatikan data analitik, Anda bisa mendapatkan wawasan yang berguna untuk membantu meningkatkan pemasaran Instagram. Pertanyaan selanjutnya: Bagaimana cara menemukan data analisa aktivitas Instagram bisnis Anda?

Cara Mendapatkan Hasil Instagram Analytics

Anda dapat melacak statistik pengikut Instagram dan metrik utama lainnya melalui langkah berikut:

  1. Atur akun menjadi Instagram Business
  2. Buka profil
  3. Lihat tab “Insight”

Sayangnya, analisa bawaan dari Instagram ini terlalu general atau umum. Ini bisa menyulitkan Anda untuk mengatur strategi bisnis. Oleh karena itu, Anda bisa coba menggunakan aplikasi bantuan lainnya untuk mendapatkan data yang lebih detail dan menyeluruh. 

Analisa Data Instagram Dengan 5 Aplikasi Terbaik

Keputusan untuk menggunakan aplikasi analisis data Instagram adalah keputusan yang tepat. Mendapatkan data yang lebih detail bisa membantu Anda menentukan strategi marketing di media sosial. 

Tambahkan berbagai informasi yang bisa didapatkan dari aktivitas akun Instagram, lewat 5 aplikasi terbaik yang dapat digunakan untuk melakukan analisis Instagram bisnis:

1. Socialbakers

Socialbakers memiliki alat analitik Instagram gratis yang memberi statistik tentang unggahan atau post paling populer, memungkinkan melacak kinerja, dan mempelajari jenis konten apa yang sesuai dengan pengikut akun. Jika perlu analitik yang lebih canggih seperti Insight Instagram Stories, maka Anda harus mendaftar ke Suite AI, sebuah perangkat pemasaran dengan kecerdasan robotik atau Artificial Intelligence dari Socialbakers.

Suite AI memungkinkan Anda mengelola akun Instagram dengan lebih cerdas dengan menggunakan analitik prediktif untuk mengidentifikasi stories dan postingan apa yang akan dipromosikan, kapan mempostingnya, dan segmen followers mana yang harus diprioritaskan.

2. Squarelovin

Squarelovin adalah salah satu alat yang menawarkan analisis Instagram secara gratis. Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan analisis setiap bulan dari post dan pertumbuhan akun. Anda juga bisa mengecek data insights berdasarkan riwayat konten yang dikelompokkan berdasarkan jam, hari, bulan, atau tahun. Selain itu, aplikasi ini menawarkan wawasan tentang preferensi dan minat audiens serta rekomendasi waktu terbaik atau terburuk untuk upload post.

Squarelovin juga dapat memberikan saran hashtag dan filter terbaik untuk digunakan, tergantung pada post mana yang paling baik diterima oleh pengikut Anda.

3. Pixlee

Ini adalah alat analisis Instagram gratis untuk membantu memantau post yang punya kinerja terbaik. Aplikasi yang satu ini juga bisa bantu menghasilkan ide untuk konten baru. Pixlee memiliki fitur pelaporan intuitif yang memberikan laporan kinerja akun setiap minggu. Plus, Anda dapat menggunakan datanya untuk menemukan influencer media sosial dan terhubung dengan orang-orang yang membuat post atau tag yang berhubungan dengan bisnis Anda.

Pixlee juga menawarkan pelacakan dan statistik performa hashtag, opsi untuk mengidentifikasi konten yang paling menarik, dan laporan pertumbuhan followers Instagram.

4. Crowdfire

Crowdfire menawarkan tampilan yang lebih rinci tentang kinerja akun bisnis Instagram bisnis hingga tanggal tertentu. Ada beberapa pilihan rentang waktu untuk dianalisa: kemarin (1 hari), 7 hari, 30 hari, hingga 90 hari. Anda juga bisa melihat rentang tanggal khusus untuk maksimum 90 hari. Selain itu, platform ini memungkinkan Anda untuk memilih metrik Instagram yang ingin dibandingkan, termasuk post, likes, reach, pengikut, komentar, tampilan profil, klik link in bio, dan klik pesan teks.

Anda bahkan dapat membandingkan kinerja akun di periode yang ada dengan periode sebelumnya, hanya dengan mengalihkan tombol kecil di bagian atas dasbor Crowdfire ke "ON".

5. Smartmetrics

Smartmetrics mengumpulkan insight setiap jam untuk memberi Anda lebih dari 30 metrik Instagram tentang stories, post, atau performa lainnya yang berhubungan dengan akun Instagram bisnis. Anda dapat menggunakannya untuk melacak interaksi dengan followers, melihat keterlibatan hashtag dari hari ke hari, dan bahkan memantau balasan di stories. Selain itu, alat ini menawarkan cara untuk memantau aktivitas di sekitar brand dengan melacak dan membalas mention di Instagram.

Anda dapat mengekspor laporan Smartmetrics sebagai dokumen CSV atau PDF untuk kategorisasi dan analisa data yang lebih mudah. Alternatif lain, Anda bisa membagikannya melalui email dengan sekali klik.

Supaya hasil analisis data ini bisa lebih baik, Anda bisa menggunakan integrasi OneTalk by TapTalk.io dengan Instagram API. Tidak perlu lagi kewalahan membalas pesan dari berbagai media sosial termasuk Instagram, karena semuanya bisa dilihat hanya dari satu dashboard

Tidak hanya memberikan performa prima untuk pelanggan lewat media sosial, Anda juga dapat menawarkan hal serupa di berbagai platform messenger yang lain. Alhasil, pelanggan Anda akan mendapatkan pelayanan terbaik dan ketagihan untuk belanja lagi!

Tunggu apa lagi? Hubungi agent kami sekarang, di sini.

Baca juga: Kiat-Kiat Melakukan Instagram Ads Yang Sukses

Trial Akun Demo TapTalk
Share this article

Related Posts

By Jessica Jacob

16 / 04 / 2022

Ramadan hampir tiba. Artinya sekarang sudah waktunya untuk memulai kampanye marketing Ramadan Anda. Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Snapcart, sebanyak 46% orang berencana untuk meningkatkan pengeluarannya selama Ramadan. Table of Contents Mengapa Strategi Pemasaran Saat Ramadan Penting?Apa yang Orang Beli di Bulan Ramadan?Tips Membuat Kampanye Marketing Selama Ramadan1. Buat Rencana dan Menerapkannya Lebih Awal2. Bersikap […]

Read More

By Jessica Jacob

18 / 11 / 2022

Persepsi brand di mata publik kini menjadi lebih penting setelah perusahaan mengalihkan fokus mereka dari produsen ke konsumen. Hampir 74% pelanggan saat ini mengharapkan lebih dari merek dalam cara mereka memperlakukan pelanggan, karyawan, dan lingkungan.  Untuk tetap terdepan dalam perubahan ini, organisasi perlu mempertimbangkan bagaimana berbagai inisiatif pemasaran mereka dapat berkontribusi pada peningkatan kesadaran merek.  […]

Read More

By Jessica Jacob

03 / 08 / 2023

Apa itu branding perusahaan? Pernahkah Anda teringat beberapa hal setelah mendengar salah satu nama brand? Atau paham betul karakteristik dari suatu brand? Jika iya, hal tersebut bukan suatu kebetulan, melainkan telah direncanakan. Produk dan layanan umumnya memang merencanakan pesan yang ingin ditancap ke benak khalayak atau konsumen. Proses ini disebut branding.   Branding adalah proses pembentukan […]

Read More
1 2 3 107
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer