Konsumen di seluruh dunia mengalihkan sebagian besar pembelian mereka ke retailers online ketika pandemi COVID-19 melanda pada tahun 2020. Penjualan e-commerce meningkat sebesar 43%, atau hampir $250 miliar, pada tahun 2020.
Lebih dari 50% konsumen grosir online juga menyatakan bahwa mereka berencana untuk berbelanja online bahkan setelah pandemi.
Tidak diragukan lagi, peluang berjualan online telah membantu beberapa pelaku bisnis menghasilkan lebih banyak pendapatan dan berkembang dengan sukses. Seperti strategi bisnis lainnya, ada banyak poin plus dan manfaat e-commerce yang dapat membantu seseorang untuk unggul.
Key Takeaways
- E-commerce adalah proses jual beli barang atau jasa secara online.
- Manfaat e-commerce adalah menghemat biaya, meningkatkan kecepatan pembelian, menunjukkan katalog produk, memiliki basis pelanggan yang lebih luas, mendapatkan wawasan data pelanggan, meningkatkan margin keuntungan, melakukan pemasaran bertarget, dan lainnya.
Apa itu E-commerce?
E-commerce (electronic commerce) dapat didefinisikan sebagai proses jual beli barang atau jasa secara online. Meskipun orang biasanya menganggap e-commerce sebagai cara untuk menjual barang dan jasa kepada konsumen, tetapi ini juga digunakan dalam transaksi business-to-business (B2B).
E-commerce berkembang pesat di sektor business-to-consumer (B2C) dan business-to-business (B2B). Dalam e-commerce business-to-consumer, pengecer atau bisnis lain menjual langsung ke pelanggan akhir. Dalam e-commerce B2B, satu bisnis menjual ke bisnis lainnya.
Di kedua sektor tersebut, tujuan sebagian besar bisnis adalah memungkinkan pelanggan membeli apa pun yang mereka inginkan, kapan pun, dari mana pun, menggunakan perangkat digital apa pun.
Manfaat E-commerce
Meskipun ada banyak alasan untuk memulai bisnis e-commerce, ada beberapa manfaat luar biasa yang dapat Anda harapkan setelah memulai bisnis.
Manfaatnya jauh melampaui kenyamanan menjalankan bisnis Anda secara online. Berikut adalah beberapa manfaat menjalankan bisnis e-commerce.
1. Biaya Rendah
Keuntungan signifikan dari e-commerce adalah meluncurkan toko online jauh lebih murah daripada membuka toko fisik.
Anda tidak diharuskan untuk melengkapi gerai, Anda juga tidak diharuskan membayar sewa atau mempekerjakan banyak pekerja. Anda jadi bisa menurunkan biaya operasional.
Kampanye pemasaran dan periklanan juga tidak mahal. Selain itu, portal online terkomputerisasi dan otomatis, yang menghemat banyak uang.
Salah satu manfaat utama e-commerce adalah tidak adanya perantara, yang menghasilkan pengurangan biaya yang substansial. Platform ini mampu membangun rantai pasokan yang efisien karena membangun hubungan langsung antara penjual dan pembeli.
2. Kecepatan & Fleksibilitas
Seseorang atau pelaku bisnis dapat dengan mudah membuka toko e-commerce dalam hitungan hari. Sebaliknya, toko fisik membutuhkan ruang, sewa komersial, dan waktu konstruksi serta dekorasi yang cukup sebelum dibuka.
Dalam platform e-commerce, tampilan dan rangkaian produk dapat diubah secara instan, sedangkan di toko fisik, hal ini membutuhkan persiapan yang matang, waktu, dan tenaga yang memadai.
Dalam hal keserbagunaan dan kecepatan, situs e-commerce jauh mengungguli gerai ritel. Tanpa menyewa ruang kantor, penjual dapat mengatur semua aktivitas dari rumahnya.
3. Proses Pembelian Lebih Cepat
Sebelumnya, seorang pelanggan harus menjadwalkan perjalanan belanjanya jauh-jauh hari, meskipun dia ingin membeli satu barang. Ini termasuk mengatur ulang jadwal mereka dan melakukan pembelian di toko. Keuntungan vital lain dari e-commerce adalah mempercepat proses pembelian.
Perjalanan ke outlet yang berjarak sekitar dua hingga tiga jam dari rumah Anda tidak lagi diperlukan. Cukup duduk santai di dalam rumah atau tempat kerja Anda sendiri, lakukan pencarian produk, dan selesaikan pesanan.
Selain itu, toko online buka 24/7 memungkinkan Anda berbelanja di waktu luang. Dengan menyediakan berbagai pilihan, e-commerce memungkinkan konsumen untuk membeli barang tertentu tanpa membuang waktu dengan nyaman. Selain itu, Anda menghemat waktu konsumen dengan mengirimkan produk ke rumah mereka.
4. Katalog Produk
Pelanggan mencari overview mendetail tentang barang yang ingin mereka beli, ini merupakan aspek penting dari manfaat e-commerce. Platform e-commerce memberi pelanggannya katalog produk yang mencakup informasi yang merinci semua produk dan layanan perusahaan.
Karakteristik, utilitas, dan spesifikasinya komprehensif. Bahkan warna item tertentu, seperti handphone, ditentukan sehingga Anda dapat menentukan pilihan berdasarkan preferensi pribadi. Pelanggan dapat mempelajari bahan-bahan dalam makanan yang dapat dimakan dan mengumpulkan pengetahuan tambahan yang tidak tersedia di toko ritel.
Dengan keahlian di ujung jari mereka, pelanggan dapat lebih mudah membeli produk yang mereka inginkan.
Selain itu, situs web online memberikan kumpulan ulasan dan umpan balik konsumen yang memberi tahu konsumen tentang daya jual suatu produk. Portal tersebut memberikan informasi garansi, syarat dan ketentuan terkait produk lainnya yang mungkin bermanfaat bagi pelanggan.
5. Basis Pelanggan Lebih Luas
Toko fisik berbasis di lokasi tertentu, dan dalam kebanyakan kasus, hanya penduduk di area terdekat yang datang untuk berbelanja. Keuntungan lain dari toko e-commerce adalah tidak terbatas secara geografis.
Batasan geografis menjadi tidak relevan saat menjalankan bisnis online melalui toko e-commerce. Anda dapat menjual produk Anda ke pembeli online di seluruh dunia. Anda tidak dibatasi untuk pembeli dalam jarak berjalan kaki dari tempat fisik Anda.
Selain itu, internet memaparkan toko ritel ke market yang sebelumnya belum dimanfaatkan. Dengan menggunakan berbagai online touchpoint, Anda bisa menjangkau konsumen dengan berbagai cara, termasuk media sosial dan forum.
Pelanggan dapat mengakses portal dari lokasi manapun secara global melalui koneksi internet dan komputer yang mampu mengoperasikannya. Toko e-commerce buka 24 jam setiap hari untuk semua pelanggannya di seluruh dunia. Ini memberikan pembaruan waktu nyata di mana barang akan dikirim dan untuk berapa hari.
6. Wawasan Data Pelanggan
Manfaat lain dari penjualan online yang mungkin belum Anda pertimbangkan adalah kemudahan data konsumen dapat dikumpulkan, dianalisis, dan ditindaklanjuti. Jika Anda ingin mempertahankan penekanan seperti pengalaman pelanggan, Anda harus memiliki data konsumen.
Dengan memantau pengalaman konsumen, penjualan online memungkinkan Anda mengumpulkan data langsung. Anda akan mendapat manfaat dari umpan balik terus-menerus dari wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang akan memungkinkan Anda memberikan pengalaman pelanggan terbaik secara terus menerus.
Preferensi pelanggan sangat penting, dan toko e-commerce dapat memantau dan mengevaluasi seberapa sering pembeli membeli produk atau melihat barang lain di portalnya.
Hal ini tidak mungkin dilakukan di toko offline. Kini, penjual dapat melacak tindakan pelanggan mereka secara langsung dan tidak langsung dan menyesuaikan produk mereka dengan karakteristik unik mereka.
7. Skalabilitas
Ketika toko fisik mengalami lonjakan pelanggan, menjadi sangat sulit untuk mengelolanya karena staf yang tidak mencukupi.
Memperbesar atau memperluas toko fisik membutuhkan ruang dan sumber daya tambahan, masing-masing dengan biaya. Sebagai perbandingan, menumbuhkan toko online sangat mudah, yang merupakan salah satu keuntungan e-commerce yang kurang nyata untuk bisnis.
Yang diperlukan hanyalah inventaris tambahan, beberapa penyesuaian digital, dan mungkin ruang penyimpanan tambahan, yang secara signifikan lebih murah daripada ruang etalase. Selain itu, online menghilangkan kebutuhan untuk membuka toko baru di lokasi berbeda karena Anda sudah terhubung ke pasar global.
8. Review dan Rating
Pelanggan didorong untuk meninggalkan review di toko online untuk belajar tentang kepuasan pelanggan dan masalah apa pun yang mereka alami saat menggunakan produk dan layanan.
Ketersediaan ulasan ini di toko e-commerce memungkinkan calon pembeli untuk mempelajari lebih lanjut tentang produk dan menentukan apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan khusus mereka. Ini juga membantu penjual dalam meningkatkan layanan dan produk mereka untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan.
Pelanggan tidak dapat menemukan peringkat atau ulasan suatu produk di toko fisik, jadi mereka harus bergantung pada teman atau kenalannya yang telah menggunakan barang tersebut untuk mendapatkan informasi yang berguna.
Sebaliknya, dengan e-commerce pelanggan dapat membaca ulasan dengan nyaman di rumahnya sendiri dan memutuskan berdasarkan preferensinya tanpa bertanya kepada teman atau keluarganya saat berbelanja online.
9. Peningkatan Margin Keuntungan
Berbeda dengan toko tradisional, biaya menyiapkan dan mengoperasikan toko e-commerce sangat rendah. Anda juga akan menghemat uang untuk memasarkan produk, tenaga kerja, dan biaya overhead. Sebagian besar toko e-commerce menyediakan dasbor dengan manfaat tambahan untuk laporan dan faktur, membantu perusahaan mengelola keuangan mereka. Saat menjalankan toko online, biaya pengelolaan inventaris juga berkurang.
Toko online tersedia setiap saat dan dapat menjual barang lebih cepat dan efisien. Peningkatan pendapatan dan harga yang lebih rendah telah membantu bisnis meningkatkan margin keuntungan mereka, terbukti menjadi keuntungan penting dari platform e-commerce.
10. Pemasaran Bertarget
Saat Anda menjual secara online, Anda tidak perlu membayar untuk menjangkau semua orang dan mengeluarkan biaya yang mahal. Anggaran pemasaran Anda akan didasarkan pada menjangkau pelanggan tertentu yang paling mungkin tertarik dengan apa yang Anda jual dan beli produk Anda.
Anda dapat memilih siapa yang melihat iklan Anda di platform iklan online berdasarkan kata kunci, detail demografis, lokasi geografis, bahkan minat dan hobi. Dibandingkan dengan toko konvensional, ini memberikan ROI (Return on Investment) yang jauh lebih baik untuk bisnis.
Baca juga: Pengertian Promosi, Tujuan, Manfaat, dan Jenisnya
11. Otomatisasi
Ketika Anda mengotomatiskan aktivitas toko online Anda seperti manajemen inventaris, entri data, dan transkripsi, semua kesalahan dapat dikurangi seminimal mungkin.
Selain itu, sistem otomatis fungsional sangat berguna untuk menangani pembayaran, mengirim email promosi, dan memberikan dukungan pelanggan menggunakan chatbot, menghilangkan risiko pengiriman email, produk, atau tagihan ke orang atau alamat yang salah.
Dengan keunggulan tersebut, Anda bebas mengelola aspek pemasaran dan manajemen bisnis Anda. Terlebih lagi, otomatisasi juga berfungsi untuk retailers fisik karena tidak hanya menghilangkan kemungkinan kesalahan manusia tetapi juga menghemat waktu, uang, dan sumber daya.
12. Kurang Invasif untuk Pelanggan
Entah itu belajar tentang kampanye penjualan atau ditanyai pertanyaan, berinteraksi dengan karyawan di toko fisik mungkin bukan suatu hal yang disenangi oleh beberapa pelanggan.
Website memungkinkan pengunjung untuk menjelajah secara pribadi tanpa gangguan. Jika pelanggan memerlukan bantuan, mereka dapat menghubungi tim dukungan melalui live chat atau email.
13. Mampu Memproses Beberapa Pesanan Sekaligus
Toko konvensional bisa menjadi ramai dan sangat sibuk di beberapa titik. Mungkin butuh waktu lama untuk menyelesaikan transaksi karena antrian besar oleh kasir atau segelintir troli untuk satu pelanggan.
Masalah ini sebagian besar dapat dihindari dengan e-commerce. Waktu penyelesaian pesanan pelanggan tidak akan terpengaruh oleh volume pengunjung di situs web Anda.
14. Mengurangi Biaya Perekrutan dan Pelatihan
Melakukan bisnis melalui e-commerce juga memberikan keuntungan besar dengan menghilangkan biaya sumber daya manusia. Tidak seperti di toko fisik, mempekerjakan karyawan seperti kasir dan satpam tidak diperlukan. Sebagai gantinya, Anda dapat mengalokasikan anggaran untuk pengeluaran lain seperti iklan.
Namun, Anda tetap perlu mempekerjakan karyawan untuk membantu mengelola berbagai aspek dalam menjalankan toko online Anda, seperti dukungan pelanggan atau pengembangan web.
15. Lebih Mudah Mendorong Kebiasaan Pembelian Impulsif
E-commerce memungkinkan Anda menerapkan beberapa strategi untuk menarik pembelian impulsif. Misalnya, menempatkan gambar dan promosi produk yang menarik di banner bersama dengan tombol call to action (CTA) dapat mendorong pengunjung Anda untuk melakukan pembelian.
Strategi lain yang dapat diterapkan adalah memanfaatkan rasa fear of missing out (FOMO) pelanggan untuk mendorong mereka membeli produk. Contoh bagusnya adalah menyajikan deal waktu terbatas dan menampilkan hitungan mundur langsung, yang menanamkan rasa urgensi.
Diskon juga dapat menjadi faktor pendorong yang sangat baik untuk pembelian impulsif dari produk tertentu yang direncanakan atau tidak akan dibeli oleh pembeli. Banyak bisnis menawarkan promosi yang menarik bagi pengunjung baru untuk mendorong lebih banyak penjualan.
Dapatkan Seluruh Manfaat Bisnis E-commerce dengan Omnichannel
E-commerce menawarkan potensi besar sebagai peluang bisnis yang menggiurkan. Pertama, toko online Anda tidak membutuhkan karyawan sebanyak toko biasa. Selain itu, platform e-commerce semakin memudahkan proses memulai bisnis.
Jika Anda mempertimbangkan untuk berjualan secara online, pastikan untuk mempertimbangkan semua kelebihan e-commerce di atas. Berbekal informasi ini, Anda akan dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang lebih baik dan mengelola strategi bisnis Anda secara efektif.
Perlu diingat bahwa kesuksesan bisnis e-commerce bergantung pada pengalaman pelanggan yang mulus dan personal. Jadi, pastikan untuk memilih host web yang tepat, jenis produk atau layanan yang akan dijual, dan buat rencana bisnis yang efektif.
Salah satu cara memaksimalkan e-commerce adalah dengan Omnichannel.
Omnichannel memungkinkan e-commerce mencapai lebih banyak ketersediaan, mendorong penjualan dan traffic, serta mengintegrasikan touchpoint digital. Strategi Omnichannel akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan menyediakan lebih banyak saluran untuk pembelian pelanggan.
Selain itu, Omnichannel memungkinkan konsumen untuk memulai dan menyelesaikan pembelian di saluran yang berbeda.
OneTalk by TapTalk.io adalah salah satu Omnichannel asal Indonesia yang bisa Anda manfaatkan dalam menjalankan e-commerce.
OneTalk dapat memberikan solusi Omnichannel yang komprehensif untuk bisnis Anda dengan menawarkan beberapa saluran dalam satu dasbor. OneTalk juga memiliki banyak fitur yang dapat membantu Anda lebih memahami pelanggan Anda dengan melihat berapa lama mereka menunggu, riwayat kasus mereka, saluran apa yang mereka gunakan, dari mana mereka berasal dan banyak lagi.
Omnichannel ini juga menyediakan fitur Customer Ongoing Case and History yang memungkinkan Anda melacak kasus dan riwayat yang sedang berlangsung dengan mudah untuk memberikan wawasan bagi agent Anda tentang pelanggan Anda dan bagaimana kasus mereka yang lama dan sedang berlangsung saat ini.
Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan feedback dari pelanggan dengan fitur Customer Ratings. Ini untuk mengukur kualitas layanan pelanggan Anda dengan memungkinkan pelanggan Anda menilai pengalaman mereka.
Mari dapatkan semua keuntungan dari bisnis e-commerce dengan OneTalk! Anda dapat menghubungi agent kami untuk bertanya lebih lanjut. Kunjungi website aplikasi pesan instan TapTalk.