pt tap talk teknologi blog
Ramadhan 2021: Silaturahmi Rasa Online dengan Customer

Ramadhan 2021: Silaturahmi Rasa Online dengan Customer

By Ardian
12 / 03 / 2021
Ramadhan 2021: Silaturahmi Rasa Online dengan Customer

Ramadhan adalah periode belanja terbesar bagi Muslim di Indonesia, dan untuk brands, ini adalah waktu yang krusial untuk terhubung dengan pelanggan secara online

Namun, dengan banyaknya tantangan yang ditimbulkan oleh COVID-19, ruang digital pada tahun 2020 menjadi lebih ramai - dan lebih berisik dari sebelumnya. Pada saat yang sama, perilaku konsumen berubah dengan cepat karena mereka beradaptasi dengan prioritas baru dan batasan pemerintah.

Untuk tetap menjadi yang terdepan, mereka harus beradaptasi dengan cepat - memanfaatkan wawasan konsumen saat ini untuk memikirkan kembali cara mereka mendekati komunikasi Ramadhan.

Di sini, kami melihat bagaimana tiga merek mengubah pendekatan mereka untuk terhubung dengan konsumen selama Ramadhan 2020.

Berkolaborasi dengan Content Creator

Selama Ramadhan, semakin penting untuk mengingatkan konsumen tentang bagaimana merek dapat membantu selama periode perayaan. Namun, dengan lebih banyak pengiklan yang bersaing untuk mendapatkan perhatian orang, brand harus kreatif dalam cara menjangkau audiens mereka.

Setelah mengetahui bahwa 93 juta orang dewasa Indonesia menghabiskan waktu menonton YouTube setiap bulan selama lockdown dan Ramadhan, Wings, perusahaan barang konsumen yang bergerak cepat (FMCG), mencoba cara baru untuk menjangkau orang-orang secara online.

Perusahaan memutuskan untuk berkolaborasi dengan sejumlah pembuat konten YouTube untuk menampilkan produk Wings dalam video dan streaming langsung mereka dengan cara yang halus, dan tidak terlalu berfokus pada penjualan produk. Setiap pembuat konten diminta untuk memasukkan produk ke dalam videonya dengan cara yang terasa alami dan relevan dengan saluran masing-masing pembuat konten.

Jadilah “manusia” dalam olah pesan Anda

Sementara donasi biasanya meningkat selama Ramadhan, karena pandemi mempengaruhi banyak orang Indonesia, orang-orang ingin saling membantu melalui donasi lebih dari tahun-tahun sebelumnya.

Nestlé Indonesia melihat peningkatan minat penelusuran pada "donasi" dan memutuskan untuk mengalihkan fokus iklan Ramadhan mereka. Daripada mencoba selalu menjadi yang pertama diingat oleh konsumen, Nestlé meminta orang-orang yang melihat iklan Bear Brand mereka untuk mengunjungi halaman donasi Kitabisa - platform untuk kegiatan medis sosial dan pribadi di Indonesia - di mana mereka didorong untuk berdonasi kepada mereka yang pekerjaannya terkena COVID, seperti pengemudi taksi Gojek, pedagang kaki lima, dan praktisi medis.

Kampanye ini dimulai setiap pagi dengan pesan yang mengundang konsumen untuk meminum minuman Bear Brand mereka selama Iftar untuk mendorong mereka memulai hari dengan niat baik untuk tetap sehat.

Ramadhan akan selalu menjadi periode yang ramai di Indonesia, jadi terserah merek untuk memikirkan kembali bagaimana mereka dapat mengeksplorasi cara-cara kreatif untuk tidak hanya menjangkau audiens baru dan yang sudah ada tetapi juga menghubungkan dan menginspirasi mereka saat perilaku mereka berubah.

Jadilah bagian dari perjalanan pertimbangan audiens Anda

Dengan lebih banyak waktu di rumah, orang tidak perlu terlalu fokus pada kenyamanan, dan malah memilih menghabiskan waktu memasak makanan mereka sendiri, belajar tentang rutinitas perawatan kulit baru, dan mengambil bagian dalam latihan online.

Selama Ramadhan, minat penelusuran untuk "Iftar" (makan malam puasa selama Ramadhan) melonjak sebesar 1.950%, sementara "Tarawih" (sholat malam) meningkat sebesar 1.150%.

Sebagian besar pengguna mencari resep tujuh jam sebelum buka puasa, untuk menyiapkan bahan-bahan mereka. Tapi karena waktu sahur (waktu buka puasa pagi) dan buka puasa berubah setiap hari di setiap kota, begitu pula waktu orang-orang menelusuri resep yang berhubungan dengan Ramadhan.

Optimalkan Customer Service Anda

Dalam mengelola bisnis untuk pasar yang selalu dinamis, Anda harus tetap ingat bahwa customer service memiliki peran penting dalam bisnis. Ada beberapa hal yang dapat Anda kembangkan untuk mengoptimalkan customer service Anda

  1. Empathy, patience and consistency

Empati, kesabaran, dan konsistensi diperlukan dalam customer service. Tidak dapat dipungkiri, setiap customer akan memiliki temperamen dan kesabaran yang berbeda-beda. Dalam beberapa kasus, menghadapi pelanggan yang memiliki temperamen buruk tidak akan dapat dielakan. Maka itu, kesabaran, empati dan konsistensi harus dapat dilakukan. 

  1. Adaptability

Setiap customer berbeda dan bahkan beberapa tampak seperti selalu berubah-ubah tiap minggunya. Kemampuan beradaptasi harus dapat dikuasai untuk menghadapi customer. 

  1. Clear Communication

Pastikan Anda menyampaikan maksud Anda sesuai dengan yang Anda harapkan.

  1. Work Ethic

Pastikan Anda memiliki etika bekerja yang baik, sehingga pelanggan dapat melihat kinerja perusahaan melalui bagaimana Anda berusaha melayani mereka.

  1. Knowledge

Pengetahuan adalah hal yang penting untuk menangani pelanggan. Hal ini untuk menunjukkan ketulusan perusahaan dalam menangani permasalahanyang dihadapi pelanggannya.

  1. Good attitude

Perilaku dan sifat yang baik akan membuat pelanggan merasa dihormati dan diperlakukan secara baik.

Selain itu, untuk mengoptimalkan customer service, Anda dapat menggunakan omnichannel sebagai salah satu solusi perpesanan. Omnichannel berorientasi di sekitar pelanggan Anda dan menciptakan pengalaman pelanggan singular di seluruh brand Anda dengan menyatukan penjualan dan pemasaran yang menyebabkan limpahan antar channel. Salah satu omnichannel messaging platform yang terpercaya adalah OneTalk by TapTalk.io. OneTalk menawarkan berbagai fitur yang dapat membuat customer service Anda menjadi yang terdepan. 

Anda dapat Log in ke WhatsApp di berbagai perangkat dengan banyak user. OneTalk memiliki fitur All-In-One Inbox dan Single Dashboard untuk memberikan dukungan pelanggan terbaik untuk bisnis Anda. Tidak ada lagi kerumitan untuk menjawab tumpukan pesan WhatsApp Anda dengan pesan tambahan dari platform perpesanan lain. OneTalk menyediakan kotak masuk lengkap yang mengintegrasikan semua platform perpesanan dalam satu dasbor. OneTalk adalah kunci untuk memudahkan pelanggan Anda sehingga mereka dapat menghubungi Anda dengan berbagai platform perpesanan, seperti WhatsApp, Telegram, Facebook Messenger, Twitter DM, Line, email, dll.

Tertarik menggunakan OneTalk untuk mengoptimalkan customer service Anda? Hubungi kami via email dan agent kami via WhatsApp.

Share this article

Related Posts

By Ardian

11 / 11 / 2020

Every business that relies on websites as a customer engagement platform is always trying to find ways to increase visitors numbers on their website. There are two ways to achieve this𑁋sitting idly and just waiting and answering customer’s questions and complaints when they ask you or show your initiative before your customers reach you. While […]

Read More

By Ardian

28 / 07 / 2020

Whether you have started your business years ago or just started to build a new one, you will always have the need to find a new way of making your audience. Fret not, in the new era of modern communication, social messaging platforms have become recent hits. So much that even more than one social […]

Read More

By Ardian

12 / 08 / 2020

How digital marketing takes over conventional marketing significantly makes the businesses take steps to go along with it. Digital marketing becomes the spearhead of the selling and marketing improvement. Digital marketing negates the time and place limits so that it can accommodate the customers’ needs anytime anywhere.  In the business world, creating digital marketing campaigns […]

Read More
1 2 3 28
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer