Back to Home

OneTalk

Tahapan Pemasaran: Pemahaman dan 5 Tahapannya

BY
Jessica Jacob

Jessica Jacob

VP Business Development
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Dalam lingkungan bisnis yang dinamis, tahapan pemasaran adalah proses yang sangat penting untuk setiap aktivitas. Inilah yang dapat membantu Anda meraih kesuksesan dalam waktu singkat. 

Proses pemasaran strategis dapat membuat perbedaan dalam retensi pelanggan. Ini mengarahkan seberapa efektif Anda berkomunikasi dengan pelanggan dan membuat mereka tetap terlibat dalam bisnis Anda. Proses pemasaran yang diteliti dengan baik dan dibangun secara taktis dapat mengubah prospek yang Anda targetkan menjadi pelanggan setia.

Memiliki proses pemasaran membantu Anda menetapkan tujuan yang terukur, meminimalkan risiko, melacak kemajuan Anda, serta merevisi dan mengunjungi kembali kapan pun diperlukan. 

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan proses pemasaran dan meninjau lima tahapannya.

Tahapan Pemasaran: Pemahaman dan 5 Tahapannya

Key Takeaways:

  • Tahapan pemasaran adalah proses yang mencakup semua langkah yang dibutuhkan perusahaan untuk menganalisis peluang pasar, mengenali target pelanggan, dan membangun strategi pemasaran.
  • Lima langkah tahapan pemasaran antara lain: identifikasi, pengembangan strategi, mengambil keputusan, eksekusi, serta evaluasi dan penyesuaian.

Apa itu Tahapan Pemasaran?

Tahapan pemasaran mencakup semua langkah yang dibutuhkan perusahaan untuk menganalisis peluang pasar, mengenali target pelanggan, dan membangun strategi pemasaran yang beragam untuk berkomunikasi dengan pelanggan tersebut dan memenuhi syarat prospek untuk tim sales.

Tahapan ini bertujuan untuk menyadarkan calon pelanggan akan keberadaan perusahaan dan mengembangkan identitas brand untuk dijual kepada pelanggan tersebut.

Meski tahapan pemasaran dapat sangat berbeda tergantung pada perusahaan dan industri, mereka biasanya memiliki lima tahapan yang sama.

Mari kita lihat bagaimana proses ini dimulai dari perusahaan dan berakhir pada kepuasan pelanggan. 

Baca juga: Tujuan & Cara Menyusun Strategi Komunikasi Pemasaran

5 Langkah Tahapan Pemasaran

Langkah pertama dan mendasar dari tahapan pemasaran adalah mengidentifikasi dan memahami masalah pelanggan. Berdasarkan itu, Anda dapat membuat strategi yang berbeda berdasarkan identifikasinya. Dan terakhir, jalankan rencana yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut 5 langkah tahapan pemasaran yang perlu Anda ketahui.

1. Identifikasi Kebutuhan Pelanggan

Mengidentifikasi dan memahami pelanggan adalah kunci keberhasilan bisnis apa pun. Di sini, Anda harus mengumpulkan informasi untuk menjalankan tahapan selanjutnya. 

Langkah ini juga bisa disebut riset pemasaran. Anda perlu melakukan penelitian ini untuk mendapatkan informasi tentang:

  • Bisnis
  • Target audience Anda
  • Produk yang Anda Pasarkan
  • Kompetitor Anda

Informasi yang Anda peroleh selama penelitian ini akan menjadi data pondasi dasar. Ini akan memandu Anda untuk membangun strategi pemasaran dan kampanye pemasaran.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan anggaran perusahaan dan pelanggan. Anda tidak bisa begitu saja memberi harga yang sangat mahal pada produk dan mengharapkan orang untuk membelinya. Pertahankan variasi barang Anda dan harganya.

2. Kembangkan Strategi dan Rencana Dasar

5 Langkah Tahapan Pemasaran

Setelah Anda mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan, Anda dapat melangkah lebih jauh untuk proses pemasaran dan mulai dengan membuat strategi pemasaran intrinsik seperti:

a. Marketing Goals

Marketing goals adalah tujuan pemasaran yang ingin Anda capai melalui kampanye pemasaran Anda. Setiap produk bisnis itu unik, demikian pula tujuannya. 

Perencanaan strategi tanpa tujuan yang jelas akan berakhir dengan hasil yang mengecewakan.

Menurut penelitian CoSchedule, pemasar yang menetapkan goal 376% lebih mungkin mendapatkan kesuksesan daripada mereka yang tidak. 

b. Strategi Pemasaran

Setelah Anda menetapkan tujuan yang jelas untuk pemasaran, saatnya membangun strateginya. Jika Anda memiliki bisnis online, maka strategi ini harus mencakup:

  • pemasaran digital
  • pemasaran konten
  • pemasaran media sosial
  • pemasaran offline seperti spanduk
  • iklan di media massa
  • menggunakan channel pemasaran yang berbeda

c. Rencana Pemasaran & Membuat Identitas

Setelah membuat strategi, saatnya membuat rencana aksi yang tersusun dengan baik. Ini akan mencakup semua langkah proses pemasaran dengan kegiatan pemasaran dan timeline-nya masing-masing. 

Langkah pertama saat menjalankannya adalah membuat identitas. Di sini, buat identitas digital bisnis Anda, seperti situs web bisnis, aplikasi seluler untuk bisnis Anda, blog atau artikel. 

Ini adalah tempat utama di mana pelanggan bisa menghubungi Anda untuk membeli produk/layanan. Sebelum lanjut ke proses promosi produk, Anda harus membuat platform ini terlebih dahulu agar strategi promosi Anda berjalan sesuai rencana.

3. Pengambilan Keputusan

Setelah Anda memiliki tujuan yang jelas dan membuat strategi yang sesuai, saatnya membuat beberapa keputusan saat mengembangkan rencana pemasaran. 

Saat membuat rencana berbasis keputusan, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut.

  • Anggaran Pemasaran Keseluruhan
  • Spesifikasi Produk
  • Perubahan pengembangan produk di masa depan
  • Saluran promosi produk
  • Batas akhir peluncuran Produk

Ketika Anda memikirkan dan membahas setiap poin yang tercantum di atas saat membuat rencana, Anda akan mengetahui dengan tepat produk apa yang Anda pasarkan dan tindakan yang perlu Anda ambil untuk membuat kampanye yang sukses.

4. Eksekusi Rencana dan Promosi

Setelah Anda menyusun draft rencana Anda, saatnya untuk melaksanakannya. Tentukan apa yang Anda lakukan dan berkonsentrasilah untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Eksekusi rencana memiliki hubungan yang erat dengan proses pengembangan. Percayalah pada diri sendiri dan keahlian Anda, dan pada apa yang ingin dicapai. Itulah langkah paling penting dalam proses pemasaran.

Setelah proses eksekusi rencana, saatnya Anda harus memulai promosi. Anda harus membuat contoh produk dengan fungsi terbatas dan mempromosikannya ke platform Anda. Platform itu bisa berupa situs web bisnis, blog, artikel, dan aplikasi mobile.

Promosi ini akan menghasilkan traffic yang relevan ke situs web Anda untuk sampel yang sama. Selain itu, berikut beberapa pilihan lain yang bisa Anda gunakan untuk mempromosi.

  • Search engine (seperti Google)
  • Portal eCommerce
  • Media sosial
  • Email
  • Push Notification
  • Afiliasi

Ini semua dikenal sebagai saluran pemasaran digital yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan identitas digital utama Anda.

5. Mengevaluasi dan Menyesuaikan Strategi

Langkah terakhir dari tahapan pemasaran adalah meninjau dan mengevaluasi hasil. Ini termasuk faktor pelacakan seperti berapa banyak pelanggan yang terlibat dengan iklan dan apakah perusahaan mencapai KPI yang diinginkan.

Setelah menganalisis data dan membuat laporan terperinci, perusahaan dapat mengadaptasi rencana pemasaran untuk memaksimalkan keuntungan di masa depan.

Jika Anda belum menggunakan software pemasaran, sekarang saatnya untuk memakainya. Untuk memaksimalkan keefektifan pemasaran, Anda memerlukan perangkat lunak yang dapat melacak data dan menghasilkan laporan yang dapat ditindaklanjuti berdasarkan analisis yang menunjukkan kepada Anda channel mana yang bekerja paling baik dan mana yang kurang.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Tingkatkan Penjualan

Tips dalam mengevaluasi dan menyesuaikan strategi 

Semua brand harus mengevaluasi kembali keberhasilan upaya pemasaran mereka untuk memastikan mereka memenuhi tujuan dan menggunakan budget pemasaran dengan bijak. 

Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk tetap waspada dalam menyesuaikan strategi Anda.

1. Cari perubahan

Saat Anda menganalisis data, Anda akan mencari perubahan — apakah itu perubahan besar dan berdampak yang dapat mewakili peluang bisnis Anda saat ini atau itu perubahan kecil yang mungkin dapat memprediksi hal-hal yang lebih besar di kemudian hari.

Misalnya, jika Anda memperhatikan bahwa pelanggan Anda secara bertahap bermigrasi ke versi online dari produk Anda, itu bisa melambangkan tren jangka panjang yang harus direncanakan sejak sekarang.

2. Awasi kompetitor 

Jangan hanya melihat ke dalam untuk wawasan, tapi lihatlah ke luar juga. Misalnya, aktivitas pesaing Anda dapat memberikan petunjuk tentang arah pasar dan membantu Anda memodifikasi strategi sesuai dengan hal itu.

Jika Anda mengamati beberapa pesaing mulai menjual ke pelanggan yang high-end, itu bisa menandakan bahwa mereka juga bisa dijadikan target audience baru. 

Oleh karena itu, Anda harus meneliti metode untuk menyesuaikan produk Anda untuk klien yang lebih besar.

Mengapa Memiliki Tahapan Pemasaran itu Penting?

Bisnis menerapkan tahapan pemasaran untuk tetap kompetitif di pasar. Mengikuti langkah ini mengharuskan organisasi untuk menganalisis dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya. 

Dengan mengembangkan dan mengikuti proses pemasaran, bisnis dapat menjadi lebih efisien dalam kegiatan promosinya. 

Upaya pemasaran yang efektif dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan dengan mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan dan klien serta memungkinkan bisnis untuk beradaptasi dan memenuhi keinginan pelanggan secara lebih efektif.

Baca juga: Bisnis Lagi Sepi? Ini 6 Tanda Bisnis Butuh Omnichannel

OneTalk: Software yang Tepat untuk Pemasaran

Nah, itu dia tahapan-tahapan penting dalam pemasaran. Untuk menghasilkan proses pemasaran yang efektif, Anda memerlukan software tambahan yang dapat mendukung lima tahap di atas.

Salah satu perangkat lunak yang bisa Anda gunakan adalah Omnichannel OneTalk by TapTalk.io. Software ini memungkinkan Anda mengumpulkan data dan informasi pelanggan dari berbagai channel.

Dengan melacak dan kemudian mengumpulkan data perilaku pelanggan, pemasar dapat lebih memahami minat dan niat mereka dan menyusun strategi yang tepat.

Tertarik untuk menggunakan OneTalk sebagai pendukung strategi pemasaran Anda? Hubungi agent kami sekarang dan rasakan kemudahan analisis data pelanggan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat. Kunjungi link ini.

Share this article

Jessica Jacob

VP Business Development

Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.

Dalam lingkungan bisnis yang dinamis, tahapan pemasaran adalah proses yang sangat penting untuk setiap aktivitas. Inilah yang dapat membantu Anda meraih kesuksesan dalam waktu singkat. 

Proses pemasaran strategis dapat membuat perbedaan dalam retensi pelanggan. Ini mengarahkan seberapa efektif Anda berkomunikasi dengan pelanggan dan membuat mereka tetap terlibat dalam bisnis Anda. Proses pemasaran yang diteliti dengan baik dan dibangun secara taktis dapat mengubah prospek yang Anda targetkan menjadi pelanggan setia.

Memiliki proses pemasaran membantu Anda menetapkan tujuan yang terukur, meminimalkan risiko, melacak kemajuan Anda, serta merevisi dan mengunjungi kembali kapan pun diperlukan. 

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan proses pemasaran dan meninjau lima tahapannya.

Tahapan Pemasaran: Pemahaman dan 5 Tahapannya

Key Takeaways:

  • Tahapan pemasaran adalah proses yang mencakup semua langkah yang dibutuhkan perusahaan untuk menganalisis peluang pasar, mengenali target pelanggan, dan membangun strategi pemasaran.
  • Lima langkah tahapan pemasaran antara lain: identifikasi, pengembangan strategi, mengambil keputusan, eksekusi, serta evaluasi dan penyesuaian.

Apa itu Tahapan Pemasaran?

Tahapan pemasaran mencakup semua langkah yang dibutuhkan perusahaan untuk menganalisis peluang pasar, mengenali target pelanggan, dan membangun strategi pemasaran yang beragam untuk berkomunikasi dengan pelanggan tersebut dan memenuhi syarat prospek untuk tim sales.

Tahapan ini bertujuan untuk menyadarkan calon pelanggan akan keberadaan perusahaan dan mengembangkan identitas brand untuk dijual kepada pelanggan tersebut.

Meski tahapan pemasaran dapat sangat berbeda tergantung pada perusahaan dan industri, mereka biasanya memiliki lima tahapan yang sama.

Mari kita lihat bagaimana proses ini dimulai dari perusahaan dan berakhir pada kepuasan pelanggan. 

Baca juga: Tujuan & Cara Menyusun Strategi Komunikasi Pemasaran

5 Langkah Tahapan Pemasaran

Langkah pertama dan mendasar dari tahapan pemasaran adalah mengidentifikasi dan memahami masalah pelanggan. Berdasarkan itu, Anda dapat membuat strategi yang berbeda berdasarkan identifikasinya. Dan terakhir, jalankan rencana yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut 5 langkah tahapan pemasaran yang perlu Anda ketahui.

1. Identifikasi Kebutuhan Pelanggan

Mengidentifikasi dan memahami pelanggan adalah kunci keberhasilan bisnis apa pun. Di sini, Anda harus mengumpulkan informasi untuk menjalankan tahapan selanjutnya. 

Langkah ini juga bisa disebut riset pemasaran. Anda perlu melakukan penelitian ini untuk mendapatkan informasi tentang:

  • Bisnis
  • Target audience Anda
  • Produk yang Anda Pasarkan
  • Kompetitor Anda

Informasi yang Anda peroleh selama penelitian ini akan menjadi data pondasi dasar. Ini akan memandu Anda untuk membangun strategi pemasaran dan kampanye pemasaran.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan anggaran perusahaan dan pelanggan. Anda tidak bisa begitu saja memberi harga yang sangat mahal pada produk dan mengharapkan orang untuk membelinya. Pertahankan variasi barang Anda dan harganya.

2. Kembangkan Strategi dan Rencana Dasar

5 Langkah Tahapan Pemasaran

Setelah Anda mengumpulkan semua informasi yang Anda butuhkan, Anda dapat melangkah lebih jauh untuk proses pemasaran dan mulai dengan membuat strategi pemasaran intrinsik seperti:

a. Marketing Goals

Marketing goals adalah tujuan pemasaran yang ingin Anda capai melalui kampanye pemasaran Anda. Setiap produk bisnis itu unik, demikian pula tujuannya. 

Perencanaan strategi tanpa tujuan yang jelas akan berakhir dengan hasil yang mengecewakan.

Menurut penelitian CoSchedule, pemasar yang menetapkan goal 376% lebih mungkin mendapatkan kesuksesan daripada mereka yang tidak. 

b. Strategi Pemasaran

Setelah Anda menetapkan tujuan yang jelas untuk pemasaran, saatnya membangun strateginya. Jika Anda memiliki bisnis online, maka strategi ini harus mencakup:

  • pemasaran digital
  • pemasaran konten
  • pemasaran media sosial
  • pemasaran offline seperti spanduk
  • iklan di media massa
  • menggunakan channel pemasaran yang berbeda

c. Rencana Pemasaran & Membuat Identitas

Setelah membuat strategi, saatnya membuat rencana aksi yang tersusun dengan baik. Ini akan mencakup semua langkah proses pemasaran dengan kegiatan pemasaran dan timeline-nya masing-masing. 

Langkah pertama saat menjalankannya adalah membuat identitas. Di sini, buat identitas digital bisnis Anda, seperti situs web bisnis, aplikasi seluler untuk bisnis Anda, blog atau artikel. 

Ini adalah tempat utama di mana pelanggan bisa menghubungi Anda untuk membeli produk/layanan. Sebelum lanjut ke proses promosi produk, Anda harus membuat platform ini terlebih dahulu agar strategi promosi Anda berjalan sesuai rencana.

3. Pengambilan Keputusan

Setelah Anda memiliki tujuan yang jelas dan membuat strategi yang sesuai, saatnya membuat beberapa keputusan saat mengembangkan rencana pemasaran. 

Saat membuat rencana berbasis keputusan, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut.

  • Anggaran Pemasaran Keseluruhan
  • Spesifikasi Produk
  • Perubahan pengembangan produk di masa depan
  • Saluran promosi produk
  • Batas akhir peluncuran Produk

Ketika Anda memikirkan dan membahas setiap poin yang tercantum di atas saat membuat rencana, Anda akan mengetahui dengan tepat produk apa yang Anda pasarkan dan tindakan yang perlu Anda ambil untuk membuat kampanye yang sukses.

4. Eksekusi Rencana dan Promosi

Setelah Anda menyusun draft rencana Anda, saatnya untuk melaksanakannya. Tentukan apa yang Anda lakukan dan berkonsentrasilah untuk memanfaatkannya sebaik mungkin. 

Eksekusi rencana memiliki hubungan yang erat dengan proses pengembangan. Percayalah pada diri sendiri dan keahlian Anda, dan pada apa yang ingin dicapai. Itulah langkah paling penting dalam proses pemasaran.

Setelah proses eksekusi rencana, saatnya Anda harus memulai promosi. Anda harus membuat contoh produk dengan fungsi terbatas dan mempromosikannya ke platform Anda. Platform itu bisa berupa situs web bisnis, blog, artikel, dan aplikasi mobile.

Promosi ini akan menghasilkan traffic yang relevan ke situs web Anda untuk sampel yang sama. Selain itu, berikut beberapa pilihan lain yang bisa Anda gunakan untuk mempromosi.

  • Search engine (seperti Google)
  • Portal eCommerce
  • Media sosial
  • Email
  • Push Notification
  • Afiliasi

Ini semua dikenal sebagai saluran pemasaran digital yang dapat Anda gunakan untuk memasarkan identitas digital utama Anda.

5. Mengevaluasi dan Menyesuaikan Strategi

Langkah terakhir dari tahapan pemasaran adalah meninjau dan mengevaluasi hasil. Ini termasuk faktor pelacakan seperti berapa banyak pelanggan yang terlibat dengan iklan dan apakah perusahaan mencapai KPI yang diinginkan.

Setelah menganalisis data dan membuat laporan terperinci, perusahaan dapat mengadaptasi rencana pemasaran untuk memaksimalkan keuntungan di masa depan.

Jika Anda belum menggunakan software pemasaran, sekarang saatnya untuk memakainya. Untuk memaksimalkan keefektifan pemasaran, Anda memerlukan perangkat lunak yang dapat melacak data dan menghasilkan laporan yang dapat ditindaklanjuti berdasarkan analisis yang menunjukkan kepada Anda channel mana yang bekerja paling baik dan mana yang kurang.

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Tingkatkan Penjualan

Tips dalam mengevaluasi dan menyesuaikan strategi 

Semua brand harus mengevaluasi kembali keberhasilan upaya pemasaran mereka untuk memastikan mereka memenuhi tujuan dan menggunakan budget pemasaran dengan bijak. 

Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk tetap waspada dalam menyesuaikan strategi Anda.

1. Cari perubahan

Saat Anda menganalisis data, Anda akan mencari perubahan — apakah itu perubahan besar dan berdampak yang dapat mewakili peluang bisnis Anda saat ini atau itu perubahan kecil yang mungkin dapat memprediksi hal-hal yang lebih besar di kemudian hari.

Misalnya, jika Anda memperhatikan bahwa pelanggan Anda secara bertahap bermigrasi ke versi online dari produk Anda, itu bisa melambangkan tren jangka panjang yang harus direncanakan sejak sekarang.

2. Awasi kompetitor 

Jangan hanya melihat ke dalam untuk wawasan, tapi lihatlah ke luar juga. Misalnya, aktivitas pesaing Anda dapat memberikan petunjuk tentang arah pasar dan membantu Anda memodifikasi strategi sesuai dengan hal itu.

Jika Anda mengamati beberapa pesaing mulai menjual ke pelanggan yang high-end, itu bisa menandakan bahwa mereka juga bisa dijadikan target audience baru. 

Oleh karena itu, Anda harus meneliti metode untuk menyesuaikan produk Anda untuk klien yang lebih besar.

Mengapa Memiliki Tahapan Pemasaran itu Penting?

Bisnis menerapkan tahapan pemasaran untuk tetap kompetitif di pasar. Mengikuti langkah ini mengharuskan organisasi untuk menganalisis dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggannya. 

Dengan mengembangkan dan mengikuti proses pemasaran, bisnis dapat menjadi lebih efisien dalam kegiatan promosinya. 

Upaya pemasaran yang efektif dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungan dengan mengembangkan hubungan yang lebih dalam dengan pelanggan dan klien serta memungkinkan bisnis untuk beradaptasi dan memenuhi keinginan pelanggan secara lebih efektif.

Baca juga: Bisnis Lagi Sepi? Ini 6 Tanda Bisnis Butuh Omnichannel

OneTalk: Software yang Tepat untuk Pemasaran

Nah, itu dia tahapan-tahapan penting dalam pemasaran. Untuk menghasilkan proses pemasaran yang efektif, Anda memerlukan software tambahan yang dapat mendukung lima tahap di atas.

Salah satu perangkat lunak yang bisa Anda gunakan adalah Omnichannel OneTalk by TapTalk.io. Software ini memungkinkan Anda mengumpulkan data dan informasi pelanggan dari berbagai channel.

Dengan melacak dan kemudian mengumpulkan data perilaku pelanggan, pemasar dapat lebih memahami minat dan niat mereka dan menyusun strategi yang tepat.

Tertarik untuk menggunakan OneTalk sebagai pendukung strategi pemasaran Anda? Hubungi agent kami sekarang dan rasakan kemudahan analisis data pelanggan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat. Kunjungi link ini.

Related Posts