pt tap talk teknologi blog
Bisnis Lagi Sepi? Ini 6 Tanda Bisnis Butuh Omnichannel

Bisnis Lagi Sepi? Ini 6 Tanda Bisnis Butuh Omnichannel

By Jessica Jacob
07 / 04 / 2022

Apakah bisnis Anda menjadi sepi akhir-akhir ini? 

Bisa jadi, bisnis menjadi kurang menarik bagi pelanggan. Untuk mengembalikan kembali kesuksesan seperti dulu, Anda dapat menentukan seberapa penting bisnis menggunakan solusi omnichannel.

Bisnis Lagi Sepi? Ini 6 Tanda Bisnis Butuh Omnichannel

Bukan hanya desas-desus, omnichannel untuk bisnis retail mulai menjadi tren di mana-mana. Dan banyak riset yang membuktikan dampak positifnya. 

Hingga kini, belum terlihat terobosan bisnis dengan potensi transformasi besar sejak kemunculan mesin kasir dan label harga. Omnichannel menjadi salah satu terobosan yang menjadi pioner solusi bisnis.

Strategi omnichannel menggabungkan berbagai saluran yang dapat digunakan bisnis untuk melibatkan konsumen dan terhubung dengan mereka secara lebih efisien. Misalnya, selain memiliki toko fisik, bisnis dapat menggunakan media sosial, sistem inventaris online, atau meluncurkan opsi e-commerce di situs web mereka untuk meningkatkan bisnis dan pengalaman konsumen.

Survei Deloitte menunjukkan bahwa pelanggan omnichannel menghabiskan 208 persen lebih banyak untuk membeli hadiah daripada pelanggan yang berbelanja di dalam toko. Tentu akan lebih adil untuk menghubungkan peningkatan pembelanjaan ini dengan ketersediaan informasi dan ulasan yang lebih besar seputar belanja online, yang semuanya membantu meningkatkan kepercayaan konsumen pada produk yang mereka pertimbangkan.

Maka dari itu, omnichannel menjadi aspek yang penting di dunia retail maupun industri lainnya. Baca 6 tanda bisnis butuh omnichannel dan bagaimana cara omnichannel dapat membantu.

6 Tanda Penting Bisnis Anda Membutuhkan Omnichannel

6 Tanda Penting Bisnis Anda Membutuhkan Omnichannel

1. Sistem Inventaris Duplikat atau Terpisah

Indikasi yang paling mendasar yang menandakan bisnis Anda membutuhkan omnichannel adalah sistem inventaris. Jika perusahaan Anda menyimpan dua inventaris produk yang terpisah dan terkadang duplikat, satu untuk distribusi toko langsung dan yang lainnya untuk pesanan e-commerce.

Menyimpan beberapa inventaris dapat mengakibatkan kehabisan stok, penundaan, dan biaya karena transfer yang diperlukan antara dua inventaris, selain meningkatkan investasi inventaris secara keseluruhan. Jika barang Anda yang tidak terjual menjadi terdampar di satu saluran saat mungkin telah dijual di saluran lain, teknik ini biasanya dapat mengakibatkan peningkatan penurunan harga/pembebasan harga.

Selanjutnya, jika Anda memindahkan barang dagangan dari satu DC ke DC lainnya, Anda akan dikenakan biaya penanganan dan pengiriman tambahan, serta peningkatan risiko kerusakan produk.

2. Perbedaan Harga antara Toko dan E-Commerce

Karena perbedaan antara pembelian online dan offline menjadi tidak jelas, memiliki harga yang berbeda untuk barang yang sama yang ditawarkan secara online dan di toko hanya akan menambah kebingungan.

Misal jika Anda sedang mengadakan diskon di e-commerce untuk produk A, sementara harga di toko langsung tetap normal.

Memiliki pengalaman buruk dengan toko yang memiliki banyak masalah harga dapat menyebabkan hilangnya penjualan dan konsumen yang tidak puas.

3. Pilihan Metode Pembayaran yang Tidak Konsisten

Fleksibilitas pembayaran dan kemampuan untuk membayar di seluruh saluran sangat penting untuk transparansi dan kesuksesan omnichannel. Penjual retail akan menyajikan pengalaman pelanggan yang lebih terpadu jika menyediakan berbagai jenis metode pembayaran dan menjaga konsistensi untuk metode pembayaran online dan di toko. 

Jika tidak ada metode pembayaran yang fleksibel dan konsisten, baik di toko ataupun  e-commerce, konsumen akan bingung dan frustasi. Itulah mengapa ini merupakan salah satu tanda bisnis Anda mulai membutuhkan solusi omnichannel.

4. Ragam Produk Berbeda

Tanda peringatan kebutuhan omnichannel lainnya adalah ketika Anda tidak menjual produk yang sama secara online seperti yang ada di dalam toko. Hal sangat menjengkelkan, terutama di industri fashion dan retail ketika seseorang melihat pakaian online dan kemudian pergi ke toko untuk mencobanya hanya untuk mengetahui bahwa item tersebut tidak tersedia.

Untuk menghindari customer journey yang sia-sia dan merepotkan, sangat penting untuk memastikan bahwa konsumen tidak perlu lagi salah asumsi bahwa produk yang ia lihat di e-commerce tersedia di toko.

5. Inventaris Toko Yang Buruk

Jika ada nomor 1 Anda memiliki sistem inventaris double atau terpisah antara toko dan e-commerce saatnya Anda mempertanyakan hal lainnya, yaitu inventaris toko. 

Hal ini termasuk stok yang tersedia di dalam toko fisik Anda. Perhatikan jumlah stok di toko, ruang penyimpanan untuk stok, biaya yang dibutuhkan untuk meletakkan produk di sana, penempatan produk di ruang penyimpanan dan bagaimana mengeluarkannya.

Anda juga perlu memperhatikan pengetahuan yang layak mengenai stok yang Anda miliki dan apakah Anda menggunakan sistem penempatan atau semuanya dilakukan secara manual? Berapa banyak pencurian, kerusakan, atau keusangan yang disebabkan oleh berbagai taktik penimbunan di toko? Berapa biaya lebih banyak persediaan di toko Anda dalam hal karyawan, ruang, dan investasi persediaan?

Semua hal yang bersangkutan mengenai inventaris toko ini berhubungan dengan seberapa Anda butuh omnichannel. Jika jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dan hal yang harus diperhatikan di atas mengkhawatirkan, maka bertambah lagi alasan Anda menggunakan omnichannel.

6. Ukuran Toko yang Terlalu Besar

Bisakah Anda menjelaskan mengapa bisnis Anda sebesar ini jika seseorang bertanya? Pernahkah Anda bertanya-tanya apakah mungkin untuk mengurangi jejak toko Anda dan tetap mendorong angka “penjualan per meter persegi” yang lebih tinggi untuk bisnis Anda? Strategi omnichannel memungkinkan Anda mengurangi ukuran toko dan investasi inventaris, dan tetap meningkatkan tingkat pengembalian internal atas modal yang diinvestasikan. Jadi, jika ukuran toko Anda tampak berlebihan atau sulit dikelola, inilah saatnya untuk menilai kembali kebutuhan Anda.

Jika Anda melihat beberapa dari 6 tanda ini dalam tinjauan singkat tentang bisnis Anda, mungkin ini saatnya untuk mengumpulkan tim untuk menggunakan solusi omnichannel.

Semua aspek dan tanda yang ada di sini bervariasi dari perusahaan ke perusahaan, situasi ke situasi, dan ada pengecualian dalam setiap kasus. Lokasi toko, nilai produk dan frekuensi/biaya pengiriman transportasi semuanya dapat berperan dalam menentukan keputusan yang tepat untuk bisnis Anda. 

Kunci keberhasilan proses ini adalah, pertama, melakukan strategi jaringan logistik omnichannel yang lengkap untuk membantu Anda mengukur, mengoptimalkan, dan menyempurnakan strategi Anda sebelum diterapkan.

Untuk memperluas pertimbangan Anda, mari lihat cara omnichannel dapat membantu bisnis Anda di bawah ini.

Bagaimana Omnichannel dapat Membantu Bisnis Anda?

Lalu, apa yang terjadi setelah Anda mengecek tanda-tanda penting bisnis membutuhkan omnichannel? Cek lagi apa yang dapat dilakukan omnichannel kepada bisnis Anda. Berikut adalah cara-cara bagaimana omnichannel dapat membantu bisnis Anda.

1. Konsistensi Komunikasi

Omnichannel yang menyatukan berbagai saluran komunikasi menjadi satu dasbor dapat meningkatkan kinerja agent dan menjaga konsistensi komunikasi. Tidak ada lagi miskomunikasi karena manajemen komunikasi yang buruk. Dengan OneTak by TapTalk.io misalnya. Sistem All-in-one inbox akan memastikan semua pesan yang diterima di berbagai channel disatukan dalam satu dasbor.

Materi promosi juga dapat diberikan dengan lebih mudah lewat aplikasi messenger seperti WhatsApp dengan fitur Broadcast Message. Tidak perlu lagi mengirim pesan secara manual dan kirim pesan ke banyak customer kurang dari 5 menit.

2. Menyederhanakan Proses Pengiriman Barang

Karena komunikasi yang konsisten dan lancar, manajemen pengiriman barang akan menjadi lebih sederhana dan berasal dari 1 channel. Apalagi jika omnichannel Anda didukung oleh AI (artificial intelligence) chatbot yang bisa mengelompokkan chat dan menyeleksi kategori chat kepada divisi yang bersangkutan.

Baca juga: Ini Dia 7 Keuntungan Menggunakan Chatbot

3. Identitas Brand yang Lebih Kredibel

Pernahkah Anda merasa bahwa bisnis yang terverifikasi akan memiliki banyak peminat? Sama seperti sebuah akun yang bercentang biru di Instagram, bisnis yang terverifikasi di saluran komunikasi tentu akan lebih dipercaya dan memiliki banyak peminat. Dengan OneTalk, mendapatkan green badge di WhatsApp menjadi lebih mudah. Hasilnya? Bisnis Anda menjadi lebih kredibel dan dipercaya oleh konsumen.

4. Mengurangi Repetisi dengan FAQ Chatbot

Omnichannel dapat mengurangi pengulangan dengan menggunakan chatbot FAQ. Tidak hanya menjawab pertanyaan yang seringkali dipertanyakan pelanggan, chatbot ini juga dapat mengarahkan pelanggan kepada divisi bersangkutan jika FAQ masih belum menjawab kebutuhan mereka.

5. Mempermudah Distribusi Pesan kepada Divisi Berbeda

Mengurangi pengulangan dan perjalanan pelanggan yang tidak efektif dengan Assign Topic Chatbot. Menggunakan chatbot, pelanggan akan dapat langsung diarahkan kepada divisi yang bersangkutan agar penyelesaian masalah menjadi lebih cepat dan efisien.

Baca juga: Omnichannel Solusi Notifikasi Pelanggan Lebih Mudah & Murah

Gunakan Omnichannel dari OneTalk untuk Strategi Bisnis yang Lebih Baik

Setelah melihat tanda-tanda bisnis membutuhkan omnichannel, apakah Anda sudah memutuskan apakah omnichannel solusi yang tepat untuk bisnis?

Tentu, Anda harus menyesuaikan bisnis dan keuntungan yang didapatkan dari omnichannel sebelum memutuskan. Dan untuk itulah, OneTalk hadir untuk meyakinkan Anda. Mulai dari solusi customer journey hingga customer service, OneTalk dapat membantu Anda di banyak aspek.

Hubungi agent kami untuk mengetahui lebih banyak bagaimana OneTalk menjadi solusi berbagai industri. 

Share this article

Related Posts

By Ardian

06 / 10 / 2020

TapTalk.io is a startup company that was home-grown and made by our nation’s people. We understand and care for our customers─even to those precious potential customers. In TapTalk.io, we understand how important communication is, and we believe, the very basic aspect of human life is the ability to communicate, and the presence of communication is […]

Read More

By Jessica Jacob

09 / 05 / 2022

Pelanggan selalu mengharapkan interaksi yang bermakna ketika mereka menghubungi sebuah bisnis. Mereka juga menginginkan jawaban yang konsisten untuk pertanyaan mereka baik untuk tujuan sales, marketing, atau mendapatkan bantuan. Tanggapan yang cepat dan relevan selalu menambah nilai komunikasi yang baik. Sayangnya, sebagian besar agent customer service masih belum cukup terlatih untuk memahami alur dan seluk-beluk percakapan […]

Read More

By Jessica Jacob

18 / 02 / 2022

The era of advanced customers has arrived. They have more access to knowledge on the internet, are well-informed, and are aware that they have more alternatives.  That is why, when people interact with a business, they anticipate a positive experience. A good product is not the only key. If your customer service is useless, unreliable, […]

Read More
1 2 3 43
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer