Back to Home

Tutorial

Tutorial Membuat dan Mengirim WhatsApp Flows di Dashboard OneTalk!

BY
Regita Larasati

WhatsApp Flow telah hadir sebagai fitur baru di OneTalk! WhatsApp Flows adalah fitur dari WhatsApp Business Platform untuk membuat form yang memungkinkan bisnis membuat alur percakapan terstruktur dan interaktif di dalam WhatsApp tanpa perlu mengarahkan pengguna ke luar aplikasi. Kini, Anda bisa mulai membuat dan mengirim WhatsApp Flows ke user dari dashboard OneTalk.

Sebelum membuat WhatsApp Flows, ada beberapa informasi yang perlu Anda ketahui. Pada pembuatan WhatsApp Flows, terdapat status-status dari flow yang menentukan kebutuhan, kemampuan, dan batasan yang berbeda-beda. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda bisa melihatnya di sini: https://developers.facebook.com/docs/whatsapp/flows/reference/lifecycle 

Cara Membuat WhatsApp Flows

Untuk membuat WhatsApp Flows, Anda bisa memulainya dari dashboard OneTalk yang nantinya akan dirahkan ke Facebook Business Page untuk membuat Flow atau form. Berikut tutorial membuat WhatsApp Flows dari dashboard OneTalk:

  1. Buka halaman dashboard OneTalk pada browser Anda. Lalu, masukan email dan password Anda dan klik “Log In”.

  1. Pilih menu “Integration”, pilih “Channels” kemudian pilih “WhatsApp Business API”.

  1. Masuk ke channel WhatsApp Business API Anda yang sudah aktif.

  1. Pilih tab “Flows”, kemudian klik “Create Flow”.

  1. Anda akan diarahkan ke Facebook Business Page.

Silakan login menggunakan akun Facebook yang memiliki akses ke Facebook Business Manager (FBM) tempat akun WhatsApp Anda terdaftar.

Catatan: *Anda bisa memilih akun WhatsApp Business API yang ingin digunakan untuk membuat WhatsApp Flows dengan klik tab yang ada di pojok kanan atas.

  1. Di halaman ini, Anda dapat membuat Flow dengan mengisi kolom yang telah disediakan.

  1. Setelah semua kolom terisi, klik tombol ‘Create’ yang terletak di pojok kanan bawah.

  1. Di sini, Anda dapat mengedit konten sesuai kebutuhan dan melihat preview-nya di panel sebelah kanan.

*Untuk panduan lebih jelas, Anda juga dapat mengikuti arahan dari video tutorial berikut: https://www.youtube.com/watch?v=gx_QGaSLoOA

Anda juga dapat menggunakan Playground untuk mempermudah pembuatan Flow melalui tautan berikut: https://developers.facebook.com/docs/whatsapp/flows/playground/

Cara Membuat Flow  Menggunakan Playground

Jika Anda menggunakan Playground, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Isi bagian ‘Screens’ atau halaman sesuai kebutuhan Anda.

  1. Pada menu ‘Edit Content’, sesuaikan Flow yang diperlukan dengan mengisi ‘Screen Title’.

Catatan: “Screen Title” adalah nama atau judul internal untuk satu layar (screen) di dalam Flow yang sedang Anda buat.

  1. Tambahkan komponen ke dalam Screen sesuai kebutuhan. Misalnya:
  • Small Heading untuk teks/pertanyaan
  • Single Choice untuk pilihan jawaban tunggal
  • Paragraph untuk kolom komentar

  1. Untuk menambahkan komponen, klik tombol ‘+ Add Content’ untuk menambahkan komponen baru. Anda dapat memilih jenis konten seperti:
  • Text (heading/caption)
  • Media (gambar)
  • Text Answer (kolom jawaban)
  • Selection (opsi pilihan)

  1. Setelah semua kolom terisi, Anda dapat melihat hasilnya di panel ‘Preview’ di sisi kanan.

  1. Klik tombol ‘Copy Flow JSON’ yang ada di sebelah panel ‘Preview’.

  1. Buka tautan https://jsonformatter.org/ untuk mempercantik tampilan kode.
  1. Pada kolom sebelah kiri situs tersebut, paste Flow yang dibuat di Playground.

  1. Klik ‘Convert JSON to XML’.

  1. Salin (copy) Flow yang ada di kolom sebelah kanan.

  1. Kembali ke halaman Facebook Business Page, blok semua isi yang ada di ‘Editor’, lalu paste Flow yang sudah di copy dari JSON.

  1. Untuk melihat hasilnya, klik tombol ‘Run’; Flow yang Anda buat akan terlihat di panel ‘Preview’ sebelah kanan.

  1. Jika sudah sesuai, klik ‘Publish’.

  1. Pada dashboard OneTalk, jika statusnya sudah ‘Published’, berarti Flow yang Anda buat sudah aktif dan siap digunakan.

Cara Membuat Template WhatsApp Flows

Sebelum mengirim WhatsApp Flows, Anda harus membuat template message yang berisi WhatsApp Flows yang akan Anda kirim ke user untuk diajukan ke Meta terlebih dahulu. Berikut caranya:

  1. Pada dashboard OneTalk, pilih menu “Integration”, pilih “Channels” kemudian pilih “WhatsApp Business API”.

  1. Masuk ke channel WhatsApp Business API Anda yang sudah aktif.

  1. Pilih tab “Message Template Requests”, kemudian klik “Create Template”.

  1. Masukan nama template, lalu pilih kategori pesan dan tipe kategori.

*Catatan: Untuk membuat template message WhatsApp Flows, Anda hanya bisa memilih kategori pesan “Marketing” atau “Utility” dan tipe kategori “Custom”.

  1. Lalu, pilih tipe template. Di sini terdapat beberapa pilihan, antara lain:
  • Text
  • Static Media (media yang sudah fix untuk dikirim dan tidak bisa diganti)
  • Dynamic Media (media yang bisa diganti di setiap pengiriman broadcast).

  1. Pilih bahasa dan pilih header message. Jika Anda memilih Static Media atau Dynamic Media, Anda bisa memasukkan dokumen, foto, atau video.
  1. Lalu, masukkan isi pesan pada bagian “Body”.

Anda juga dapat menambahkan variabel jika membutuhkan seperti "first_name" untuk mengisi nama penerima pesan. Variabel ini bisa diganti-ganti value/nilainya saat Anda akan mengirimkan pesan ataupun broadcast.

  1. Anda harus memilih button “Call to Action” dan pilih “Complete Flow”.
  1. Isi “Button Text dan pilih nama flow yang sudah Anda buat sebelumnya.

*Catatan: Anda hanya bisa memilih flow yang berstatus “Published” atau “Throttled”.

  1. Lalu, klik “→ Submit Request”.

  1. Jika statusnya sudah berubah menjadi “Approved”, WhatsApp Flows Anda sudah bisa dikirim ke Customer.

Ada beberapa cara untuk mengirim WhatsApp Flows di OneTalk, antara lain via Broadcast, via Inbox New Message, dan via Inbox Interactive Message.

Cara Mengirim Template Berisi WhatsApp Flows via Broadcast

Berikut cara mengirim template yang berisi WhatsApp Flows via Broadcast:

  1. Pada dashboard OneTalk, pilih menu “Operational”, pilih Immediate Broadcast untuk pengiriman broadcast secara langsung atau Scheduled Broadcast untuk pengiriman broadcast terjadwal. 
  2. Pilih Broadcast Type sesuai kebutuhan Anda.
  • Single Broadcast: Ditujukan untuk mengirim broadcast ke beberapa kontak individual atau ke satu contact segment.
  • Multiple Broadcast: Ditujukan untuk mengirim broadcast ke beberapa contact segment sekaligus.
  1. Pilih Channel Type “WhatsApp BA” dan pilih Channel Account WhatsApp Business API Anda.

*Catatan: Untuk mengirim WhatsApp Flows, Anda hanya bisa menggunakan tipe channel “WhatsApp BA”.

  1. Jika sudah, klik “Continue”.
  2. Untuk langkah selanjutnya, Anda bisa membacanya di artikel tutorial berikut ini: https://taptalk.io/blog/tutorial-broadcast-via-whatsapp-business-api-waba-di-dashboard-onetalk 

* Untuk mengirim template WhatsApp Flows: Pada bagian “Message Template”, Anda tinggal memilih template flow yang sudah Anda buat sebelumnya.

Cara Mengirim Template Berisi WhatsApp Flows via Inbox New Message

Berikut cara mengirim template yang berisi WhatsApp Flows via Inbox New Message:

  1. Pada inbox OneTalk, pilih “New Message” dan pilih Channel Type “WhatsApp BA”.
  2. Kemudian, pilih channel akun WhatsApp Business API Anda dan kolom Phone Number akan terisi secara otomatis.
  3. Masukkan nomor recipient/penerima. Anda bisa menambahkan nomornya melalui contact atau secara manual.

*Catatan: Jika mengirim template WhatsApp Flows via Inbox New Message, Anda hanya bisa mengirim ke satu nomor recipient atau penerima saja.

  1. Pilih topic dan pilih Message Template WhatsApp Flows yang sudah Anda buat sebelumnya. Kolom Language akan terisi secara otomatis.
  2. Jika sudah, klik “Continue”.
  3. Preview Message akan muncul. Jika sudah sesuai, klik “Confirm”. 

Cara Mengirim Template WhatsApp Flows via Inbox Interactive Message

Perlu diperhatikan, untuk mengirim template WhatsApp Flows via Inbox Interactive Message, sesi obrolan atau conversation dengan customer yang terbuka tidak boleh lebih dari 24 jam. Berikut cara mengirim template WhatsApp Flows via Inbox Interactive Message:

  1. Pada inbox OneTalk, pilih chat user atau customer yang akan menerima WhatsApp Flows.
  2. Pada room chat, klik tombol “Attachment” dan pilih “Interactive Message”.
  3. Lalu, pilih “Flow” dan klik “+ Add Flow”.
  4. Pilih Flows Button yang sudah Anda buat.
  5. Pilih Header Type. Di sini terdapat beberapa pilihan, antara lain:
  • Text: Isi Header Content sesuai kebutuhan Anda.
  • Media: Upload Media sesuai kebutuhan Anda.
  • Document: Upload Document sesuai kebutuhan Anda.
  • No Header: Tidak ada Header.
  1. Isi kolom Body Message dan Footer Message (opsional).
  2. Isi Button Text sesuai kebutuhan Anda.
  3. Preview Message akan muncul. Jika sudah sesuai, klik “Send Message”. 

Cara Melihat WhatsApp Flows Submissions

Anda bisa melihat hasil submission dari user yang telah mengisi form WhatsApp Flows yang Anda kirim. Berikut caranya: 

  1. Pada dashboard OneTalk, pilih menu “Operational”, klik “WA Flows Submissions”. 
  2. Pilih channel WhatsApp Business API Anda.
  3. Akan muncul list dari WhatsApp Flows yang sudah Anda buat. Pilih flow yang ingin Anda lihat hasil submissionnya dengan klik “View”.
  4. Di sini terdapat informasi data yang diisi dari flow yang sudah Anda kirim ke user. Nama-nama kolom pada report ini sesuai dengan pertanyaan atau informasi yang Anda buat di flow.
  5. Anda juga bisa download report tersebut dengan klik “Download Report”.

Cara Melihat WhatsApp Flows Submissions via Webhook

Hasil pengisian form WhatsApp Flows yang Anda kirim ke user akan dikirimkan ke sistem Anda melalui webhook untuk pemrosesan lebih lanjut. Webhook ke URL sistem Anda hanya aktif setelah pengguna mengirim atau men-submit form. Berikut cara pengaturannya:

  1. Pada dashboard OneTalk, pilih menu “Integration”, pilih “Webhooks”, dan klik “Set”.
  2. Aktifkan toggle “Enable Webhooks” dan isi Webhook URL.
  3. Pada bagian Subscribed Events, aktifkan “WhatsApp Flows Submission”.
  4. Jika sudah, klik “Save Changes”.

Anda bisa menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut terkait membuat dan mengirim WhatsApp Flows.

Regita Larasati

Content Strategic Associate

Regita adalah seorang Content Strategist dan Copywriter yang memulai karirnya sebagai Marketing Intern di TapTalk.io pada tahun 2021 dan secara konsisten menunjukkan dedikasinya hingga mencapai posisinya sekarang. Dengan memanfaatkan latar belakang pendidikan Sastra Jerman dari Universitas Indonesia yang memberinya kemampuan analitis dan kreatif dalam mengembangkan strategi konten yang efektif serta menulis copy yang menarik, menjadikannya aset berharga dalam membangun image dan komunikasi brand di berbagai platform digital.

Related Posts