Fitur WhatsApp Business kini semakin membantu bisnis untuk terlibat dengan pelanggan mereka. Anda bisa mendapatkan customer support, mengirimkan pesan broadcast, dan mengirim notifikasi otomatis seperti pemberitahuan terkait pesanan.
WhatsApp juga dapat sangat membantu pelanggan karena aplikasi ini membantu mereka tetap terinformasi secara real-time dan memulai obrolan bersama bisnis dengan mulus.
Namun, WhatsApp masih merupakan platform perpesanan pribadi, dan bisnis harus berhati-hati agar tidak mengganggu atau menghindari merusak kepercayaan pelanggan.
Salah satu cara paling sederhana, tetapi efektif bagi bisnis untuk membangun kepercayaan adalah dengan verified WA dan mendapatkan lencana centang hijau di profil Anda.
Bagaimana cara mendapatkannya? Baca artikel ini untuk mengetahui syarat mendapatkan verifikasi dan cara mengajukan centang hijau WhatsApp.
Key Takeaways:
Table of Contents
WhatsApp Verified adalah ketika profil WhatsApp Anda memiliki centang hijau (verified badge). Anda akan menerimanya setelah profil Bisnis Anda berhasil diverifikasi oleh WhatsApp Ini menunjukkan bahwa Anda adalah Akun Bisnis Resmi.
Dengan centang hijau WhatsApp, identitas brand Anda menjadi lebih otentik. Saat pengguna menerima pesan dari Anda, mereka akan tahu kalau mereka dapat mempercayai Anda hanya dengan melihat verified badge di Whatsapp.
Selain itu, centang hijau di akun WhatsApp juga memiliki berbagai manfaat lain, seperti:
Berbagai keuntungan yang didapatkan melalui tanda centang hijau menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk bisnis Anda.
Namun, ada beberapa kontra yang harus Anda perhatikan. Yang pertama adalah fitur tersebut tidak tersedia di Akun WhatsApp Business biasa. Jadi, Anda harus menggunakan WhatsApp Business API untuk mendapatkannya.
Anda juga berkemungkinan menghadapi penolakan selama tahap pengajuan verifikasi.
Sebelum memulai cara memverifikasi akun WhatsApp, Anda perlu tahu bahwa tidak semua akun WhatsApp Business bisa diverifikasi. Hal ini dikarenakan verifikasi WhatsApp Business terbatas pada sejumlah kecil bisnis yang berpartisipasi dalam program closed pilot.
Namun, jangan berkecil hati. Ada cara untuk mengatasi ini.
Proses ini akan sedikit lebih rumit bila dibandingkan dengan membuat akun WhatsApp Business biasa. Anda juga mungkin memerlukan bantuan untuk memverifikasi akun WhatsApp Business melalui Business Solution Provider (BSP).
Berikut langkah-langkah yang harus Anda ikuti.
Pertama, Anda perlu mengunjungi business.facebook.com untuk membuat akun Facebook Business Manager. Ketika Anda mengunjungi situs ini, Anda harus memasukkan semua detail yang diperlukan terkait dengan bisnis Anda.
Setelah mengirimkan semua detail dan membuat akun Facebook Business Manager, Anda perlu memverifikasinya. Buka pengaturan bisnis, kemudian isi detail bisnis dengan menambahkan nomor telepon, nama bisnis resmi, dan alamat.
Source: Synup
Selain itu, Anda juga harus mengirimkan laporan mutasi bank dengan alamat atau dokumen lain seperti yang dinyatakan oleh Facebook.
Business Solution Provider atau Penyedia Solusi Bisnis dapat menyediakan WhatsApp Business API yang memungkinkan bisnis Anda terverifikasi.
BSP yang resmi memiliki otoritas penuh oleh WhatsApp untuk meninjau kredensial bisnis Anda.
Dengan bantuan BSP, Anda dapat dengan mudah mengelola operasi WhatsApp Business Anda. Business Solution Provider menciptakan platform tempat di mana Anda dapat menangani kemampuan pengiriman pesan, berkolaborasi dengan tim, dan melakukan analisis percakapan yang mendalam.
BSP ini akan mengumpulkan semua detail yang diperlukan dari bisnis Anda dan mentransfernya ke WhatsApp. Salah satu Penyedia Solusi WhatsApp Business terkemuka Indonesia yang bisa Anda hubungi adalah OneTalk by Taptalk.io. Dengan BSP ini, Anda akan lebih mudah mendapatkan centang hijau WhatsApp.
Akan ada beberapa persyaratan yang biasanya dibutuhkan oleh BSP. Umumnya, Anda perlu memberikan semua detail dengan cara mengunjungi akun Facebook Business Manager dan mengekstrak detailnya.
Detail seperti nama bisnis terdaftar, alamat, email, nomor kontak, ID business manager, dan sebagainya. Ketika Anda telah mengirimkan semua detail ke Business Solution Provider, biasanya akan diperlukan waktu hingga satu bulan untuk diverifikasi. Namun, dengan OneTalk prosesnya tentu bisa lebih cepat.
Setelah Anda submit detail BSP, Anda masih harus memverifikasi nama dan kebijakan bisnis Anda di Facebook Business Manager agar WhatsApp dapat memverifikasi keasliannya.
Anda dapat melakukannya di Pengaturan Bisnis → Pusat Keamanan, di bawah Verifikasi → Mulai Verifikasi. Opsi ini akan berwarna abu-abu hingga Anda menyetujui permintaan "pesan atas nama" BSP Anda.
Nama tampilan Anda juga harus sesuai dengan kebijakan WhatsApp Commerce and Business dan harus mengikuti pedoman yang ditetapkan. Perhatikan juga bahwa setelah Anda mendaftarkan nama kontak bisnis Anda di WhatsApp di bawah akun bisnis resmi, Anda tidak dapat mengubahnya tanpa kehilangan status terverifikasi bisnis WhatsApp.
Untuk mendapatkan verifikasi centang hijau WhatsApp, Anda harus memasukkan detail bisnis Anda, memilih jenis bisnis, dan memasukkan nomor telepon Anda. Setelah itu, Anda akan menerima kode verifikasi (melalui panggilan telepon, pesan teks, atau email). Kirim kodenya untuk menyelesaikan proses dan lanjutkan dengan mengirim pesan pertama melalui BSP Anda.
Baca juga: 5 Langkah Mudah Cara Membuat Bot di WhatsApp, Dijamin Cepat!
Umumnya, hanya brand populer yang bisa mendapatkan verified badge di Whatsapp. Jadi Anda harus terlebih dahulu mencapai popularitas yang menonjol.
Selain itu, ada kriteria lain yang harus Anda penuhi agar memenuhi syarat untuk mendapatkan centang hijau di WhatsApp:
WhatsApp juga mempertimbangkan otoritas domain situs web bisnis Anda dan reputasi brand. Oleh karena itu, Anda juga bisa mencoba mendapatkan liputan berita untuk bisnis Anda dalam beberapa minggu sebelum mengajukan permohonan verifikasi.
Hal itu akan membantu Anda tampil cukup populer dan layak mendapatkan centang hijau di WhatsApp
Faktor utama lain yang memengaruhi kelayakan Anda adalah jenis bisnis yang digeluti. WhatsApp tidak mengizinkan beberapa jenis bisnis di platform API mereka. Bisnis yang tidak memenuhi syarat meliputi:
Biasanya, jika suatu brand akan diverifikasi, WhatsApp akan kembali menghubunginya dalam 2-4 hari kerja. Namun, dalam kasus tertentu, proses ini mungkin diperlukan waktu hingga satu minggu.
Dan, bila pengajuan ditolak, Anda baru dapat mendaftar ulang setelah jeda 30 hari. Sayangnya, tidak ada cara untuk mengajukan banding.
Anda dapat mencoba langkah-langkah di atas, tetapi ada cara yang lebih mudah dan cepat untuk membuat akun WhatsApp Business Anda terverifikasi dan mendapatkan centang hijau, yaitu dengan OneTalk.
Memverifikasi API WhatsApp Anda hanyalah salah satu dari banyak langkah yang perlu dilakukan bisnis Anda untuk mengelola WhatsApp dengan lancar.
Dengan OneTalk, Anda dapat mengelola seluruh WhatsApp Business API dan channel lainnya dengan cara yang mulus, seperti:
Tidak hanya mendapatkan centang hijau, OneTalk juga dapat melakukan lebih banyak lagi untuk Anda. BSP ini dapat membantu Anda mendapatkan chatbot untuk WhatsApp, insight pelanggan yang didapatkan real-time, melakukan customization, dan menjadi alat komunikasi proaktif.
Jika Anda memiliki WhatsApp Business API, ajukan permohonan verifikasi dan dapatkan centang hijau untuk menambahkan kredibilitas ke akun Anda. Ini akan membantu Anda memenangkan kepercayaan pelanggan, tidak hanya dalam jangka pendek, tetapi juga jangka panjang.
Anda dapat mengajukan proses verifikasi melalui Facebook Business Manager sendiri, atau Anda dapat memanfaatkan pengalaman OneTalk untuk membantu Anda.
Mari tingkatkan penjualan dan engagement dengan OneTalk dari aplikasi pesan instan Taptalk! Segera hubungi agent kami untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai verifikasi centang hijau WhatsApp agar bisnis Anda lebih kredibel di mata pelanggan.
By Jessica Jacob
Desain tampilan sebuah chat adalah salah satu hal yang seringkali kita sepelekan. Mungkin, Anda merasa desain chat tidak terlalu penting selama masih bisa digunakan dengan baik. Padahal, desain chat menarik adalah hal esensial yang sangat berpengaruh ke pengalaman pelanggan saat berinteraksi dengan bisnis. Sama halnya seperti live chat. Tanpa kita sadari fitur website yang satu […]
By Jessica Jacob
Baru-baru ini, perusahaan Meta kembali merilis teknologi terbaru mereka yaitu, WhatsApp Cloud API (Application Program Interface), setelah peluncuran WhatsApp Business API sukses besar pada tahun 2018 lalu. WhatsApp Cloud API sendiri sebenarnya hampir mirip dengan WhatsApp Business API, tetapi WhatsApp Cloud API bisa memudahkan bisnis di skala apapun, memperoleh WhatsApp Business API untuk meningkatkan pengalaman […]
By Ardian
There is a clear difference between Customer Experience Management (CXM) and Customer Relationship Management (CRM). To find out, we have to look at the CXM definition and CRM definition. Customer Experience Management (CXM) is the practice of designing and responding to customer interactions to meet or exceed customer expectations and increase customer satisfaction, loyalty and […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)