Broadcast WhatsApp adalah cara yang tepat bagi Anda yang ingin menjangkau ratusan ribu pengguna dalam sekali jalan. Tidak hanya itu, WhatsApp juga memiliki 90% open rates, sehingga kesempatan pesan Anda dibaca pelanggan juga besar.
Bila Anda menggunakan WhatsApp Business API, Anda bisa mengirimkan pesan broadcast ke pengguna tanpa batas sekaligus. Bahkan ke pengguna yang belum menambahkan Anda ke daftar kontak mereka.
Lalu, bagaimana cara mudah mengirim broadcast message tersebut ke semua kontak?
Table of Contents
Jika Anda adalah seseorang yang tertarik untuk mengirim pesan yang sama ke beberapa orang sekaligus, Anda dapat melakukannya dengan membuat daftar siaran di WhatsApp. Berikut caranya.
Berikut langkah-langkah untuk membuat daftar siaran WhatsApp Business hingga 256 kontak dan mengirim pesan broadcast.
Perlu diingat bahwa ketika Anda mengirim pesan ke daftar siaran, itu akan dikirim ke semua pengguna dalam daftar yang menyimpan nomor Anda di daftar kontak mereka. Jika pengguna tidak menyimpan nomor Anda, mereka tidak akan menerima pesan siaran.
Penerima akan menerima pesan seperti pesan WhatsApp biasa.
Jika Anda ingin menambah atau menghapus seseorang dari daftar siaran yang telah dibuat, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak.
Mengirim pesan broadcast melalui WhatsApp memang mudah, tetapi apakah Anda tahu bahwa fitur ini memiliki batasan, seperti:
Menurut WhatsApp, ada beberapa persyaratan untuk melakukan ini:
Untuk memastikan pesan Anda terkirim dengan benar, jangan menyiarkan banyak pesan sekaligus.
Ketika pelanggan menganggap pesan yang Anda kirim sebagai spam, mereka dapat memblokir Anda dan Anda tidak akan bisa mengirim pesan siaran apapun kepada mereka di masa mendatang.
Baca juga: Ini Contoh Template Pesan Broadcast WhatsApp yang Kreatif!
Pada tahun 2018, WhatsApp meluncurkan WhatsApp Business API. Tujuannya adalah untuk membantu UKM berkomunikasi dengan pelanggan mereka di WhatsApp.
Untuk menggunakan WhatsApp API, bisnis perlu memverifikasi diri mereka sendiri untuk mengaktifkan kontak bisnis mereka di WhatsApp API. Namun, WhatsApp sendiri tidak bisa memverifikasi semua aktivitas di seluruh dunia.
Dengan nomor bisnis berkemampuan API WhatsApp, Anda dapat mengirim pesan siaran ke ribuan pelanggan Anda secara bersamaan.
Untuk menggunakan WhatsApp Business API, bisnis perlu memverifikasi diri mereka sendiri untuk menggunakannya. Namun, WhatsApp sendiri tidak dapat memverifikasi setiap bisnis di seluruh dunia.
Tak hanya itu, WhatsApp Business API juga tidak hadir dengan fungsi broadcast bawaan. Untuk mengatasi ini, WhatsApp mengandalkan vendor pihak ketiga resmi dan platform pemasaran khusus mereka untuk menyediakan fitur tersebut.
Contohnya, dengan platform pesan omnichannel, OneTalk by TapTalk.io, Anda dapat menggunakan fitur broadcast dengan mudah. Fitur ini memungkinkan Anda mengirim pesan ke beberapa penerima secara bersamaan.
Anda bahkan dapat berbagi pesan dengan beberapa agent karena OneTalk memungkinkan Anda memiliki beberapa admin di satu nomor. Tingkatkan penjualan, pemasaran, dan dukungan dengan WhatsApp Business API oleh OneTalk.
Interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah dengan Whatsapp Business API ini. OneTalk juga menawarkan bantuan bagi Anda untuk mendapatkan tanda centang hijau untuk akun WhatsApp Anda dan menjadikannya kredibel di mata pelanggan.
Meskipun mungkin tampak merepotkan untuk mengirim broadcast, OneTalk dapat menyederhanakan seluruh proses menjadi langkah-langkah kecil. Dan, yang terbaiknya adalah OneTalk juga dapat mengintegrasikan beberapa platform perpesanan ke dalam satu dasbor untuk pencarian yang lebih mudah.
Sering disebut sebagai WhatsApp Blast, Anda harus bekerja sama dengan penyedia layanan WhatsApp Business API pihak ketiga untuk mendapatkan fitur ini. Selain mengirim pesan broadcast menjadi lebih mudah, berikut keuntungan fitur broadcast di WhatsApp Business API:
Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan Dual WhatsApp? Cek Cara-Cara Ini!
Untuk memulai broadcast WhatsApp Business API, klik pada Broadcast Message dan Contact Segment. Fitur ini berfungsi untuk mengkategorikan kontak-kontak yang Anda punya. Nantinya, pesan broadcast yang Anda kirim ini hanya ditujukan untuk pelanggan tertentu. Misalnya: Anda ingin mengirimkan pesan kepada pelanggan yang sudah berlangganan, pesan promosi untuk pembeli pertama, atau pesan yang dikirim untuk pelanggan yang berdomisili di Jakarta.
Setelah itu, Anda dapat menyiapkan template pesan untuk setiap peristiwa. Pastikan pesannya menarik, tidak berlebihan dalam promosi, dan tidak mengirim spam.
Baca juga: Ini Dia Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp
Pesan broadcast WhatsApp Business API bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling ampuh dalam mengembangkan bisnis Anda. Selain fitur broadcast, masih banyak lagi keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan WhatsApp Business API.
Gunakan vendor pihak ketiga yang tepat untuk proses yang mulus, aman, dan bisa memberikan layanan terbaik kepada pelanggan Anda.
Tidak ada lagi pesan spam WhatsApp ke pelanggan. Sebaliknya, optimalkan akun WhatsApp Anda untuk meningkatkan penjualan.
Jadi, apalagi yang Anda tunggu? Ini adalah tanda bahwa Anda perlu meningkatkan akun bisnis Anda melalui OneTalk.
Tingkatkan kredibilitas Anda, kirim pesan massal, promosi yang hebat, dan akses mudah di seluruh platform dan perangkat hanya di OneTalk. Tidak ada lagi akun yang ribet atau di-banned karena laporan spam. Semua itu bisa diatasi karena Anda menggunakan WhatsApp Business API.
Yuk, cobalah sendiri dengan mulai mengobrol dengan agent kami di sini atau memulai free trial.
By Jessica Jacob
Banyak orang yang masih belum mengetahui cara mendapatkan badge verified centang hijau di WhatsApp Business. Bagi sebagian orang, mendapatkan WhatsApp green badge bukanlah hal yang mudah. Centang hijau ini biasanya diberikan ke akun tertentu. Menurut halaman FAQ WhatsApp, centang hijau di sebelah nama kontak menunjukkan bahwa akun tersebut adalah bisnis yang terverifikasi. Table of Contents […]
By Jessica Jacob
Apa saja kelebihan chatbot vs call centre? Menghubungi customer service melalui call center seringkali bisa menjadi pengalaman yang menantang. Hal ini dikarenakan pengalaman yang tidak selalu memenuhi harapan penelepon. Harus menunggu agent, mengulangi informasi dari satu agent ke agent berikutnya, dan akhirnya menghabiskan terlalu banyak waktu. Semua itu dapat menyebabkan proses perjalanan pelanggan yang panjang […]
By Ardian
Selain implikasi serius bagi kesehatan masyarakat dan layanan kesehatan, coronavirus (COVID-19) memiliki dampak yang cukup signifikan kepada semua bisnis, khususnya di Indonesia. Kita sudah memasuki bulan ke 5 di tahun 2020, tetapi bisnis di berbagai sektor di Indonesia dan negara-negara lainnya terkena dampak buruk sebagai pandemi COVID-19 menghambat dan mempersulit kegiatan ekonomi nasional. Bisa dibilang, […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)