Seperti yang kita semua sudah tahu, WhatsApp aplikasi chatting paling populer di dunia. Tidak hanya untuk kepentingan pribadi, WhatsApp juga sangat bernilai bagi bisnis.
Jadi, jika Anda menjalankan bisnis, Anda tahu bagaimana WhatsApp bisa meningkatkan tingkat konversi. Selain fungsi utamanya untuk saling berkomunikasi, WhatsApp juga memiliki chatbot yang dapat membantu meningkatkan pengalaman pelanggan.
Dengan menggunakan chatbot dan WhatsApp bersama-sama, bisnis Anda dapat tetap tersedia sepanjang waktu dan membantu customer di setiap langkah perjalanan. Plus, Anda dapat memberi pelanggan cara mudah untuk menghubungi Anda.
Artinya, chatbot dan WhatsApp dapat membantu Anda membuat calon pelanggan merasa dihargai dengan memberikan mereka kemudahan menghubungi Anda.
Di blog ini, kita akan membahas berbagai manfaat dan fitur chatbot untuk WhatsApp dan bagaimana bisnis Anda dapat menggunakannya untuk mengembangkan koneksi dengan customer.
Apa itu Chatbot WhatsApp?
Chatbots adalah alat bertenaga AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan yang dapat membantu bisnis Anda meningkatkan pengalaman customer support di channel apa pun, termasuk WhatsApp.
Chatbot akan menggunakan percakapan yang telah dikonfigurasi sebelumnya untuk mengelola percakapan dengan manusia di WhatsApp.
Ini berjalan pada platform WhatsApp yang terenkripsi dan pengguna dapat berkomunikasi dengan chatbot dengan cara yang sama seperti mereka berbicara dengan manusia.
Ketika chatbot ditambahkan ke WhatsApp, ia menjadi alat yang ampuh untuk meningkatkan engagement pelanggan.
Lebih penting lagi, WhatsApp chatbot dapat mengotomatiskan aktivitas penjualan, customer service, dan pemasaran. Bisnis Anda dapat mengandalkannya untuk terlibat dengan audiens sepanjang waktu dan itu juga tanpa campur tangan manusia.
Kapan Bisnis Memerlukan Chatbot WhatsApp?
Bahkan jika Anda berpikir bisnis Anda berskala kecil dan merasa dapat menangani klien tanpa chatbot, Anda perlu menyadari bahwa konsumen hari ini ingin dimanjakan.
Mereka menginginkan apa yang mereka inginkan kapan pun mereka mau dan pelanggan tidak menunggu siapa pun.
Jadi, bila Anda tidak dapat berinteraksi dengan pelanggan pada jam-jam tertentu, Anda bisa kehilangan mereka. Selain itu, waktu Anda akan lebih baik dihabiskan untuk melakukan sesuatu yang lebih produktif daripada menjawab pertanyaan secara mekanis.
Dengan WhatsApp chatbot, Anda dapat menangani semua pertanyaan yang sering ditanyakan dan hanya menugaskan pesan yang rumit ke agent manusia. Pada dasarnya, karyawan Anda dapat menghabiskan waktu mereka untuk tugas-tugas yang lebih produktif yang membutuhkan kecerdasan manusia.
Baca juga: Chatbot adalah: Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis Chatbot
Berbagai Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp untuk Mengembangkan Bisnis Anda
Chatbot WhatsApp memiliki potensi untuk mengubah berbagai aspek bisnis Anda. Ini dapat menambahkan dampak positif di seluruh pemasaran, penjualan, dan dukungan.
Ada banyak cara berbeda untuk menggunakan chatbot WhatsApp untuk bisnis Anda.
1. Dukungan Omnichannel
Jika bisnis Anda memiliki tujuan customer engagement yang tinggi, chatbot dan integrasi omnichannel bisa menjadi solusi.
Bisnis Anda dapat menggunakan WhatsApp chatbot untuk mempertahankan kehadiran aktif di seluruh channel, tersedia untuk customer di mana pun mereka harapkan, dan melakukan interaksi yang lancar.
Tidak hanya itu, memiliki strategi omnichannel memberikan kemampuan untuk merampingkan semua percakapan di seluruh saluran di bawah satu platform dan memastikan pengalaman konsisten yang mulus bagi pelanggan.
Dengan adanya chatbot, bisnis Anda tidak hanya meningkatkan tingkat keterlibatan, tetapi juga dapat memahami minat dan preferensi pelanggan.
Faktanya, agent layanan Anda dapat memanfaatkan interaksi yang pernah terjadi di masa lalu dan menggunakannya untuk mendorong percakapan di masa mendatang dengan pelanggan.
2. Analisis Pelanggan
Anda tidak akan pernah bisa melibatkan pelanggan Anda dengan lebih baik kecuali Anda mengetahui selera dan preferensi mereka. Demikian pula, Anda perlu memahami perilaku pelanggan untuk melayani mereka dengan lebih baik.
Banyak bisnis membuat kesalahan dengan melibatkan pelanggan tanpa analisis sehingga memengaruhi konversi.
Anda dapat menghindari kesalahan itu dengan chatbot WhatsApp. Bot dapat membantu Anda mendapatkan data pengguna utama dan kemudian melacak pola dan perilaku pembelian.
Chatbot juga dapat membantu mengumpulkan feedback melalui pertanyaan sederhana dan ini adalah bagaimana Anda dapat meningkatkan produk atau pengalaman.
3. Penawaran yang Dipersonalisasi
Anda harus tahu bahwa sekitar 71% konsumen merasa frustrasi ketika pengalaman berbelanja tidak bersifat personal.
Jadi, haruskah Anda mengambil risiko sebesar itu ketika yang diperlukan hanyalah chatbot untuk mengaktifkan personalisasi?
Anda dapat menggunakan chatbot dan dengan cepat mengadopsi personalisasi. Ini adalah cara Anda memastikan pengalaman yang disesuaikan untuk pengguna.
Untuk mempersonalisasi pengalaman, chatbot mengumpulkan data analitik pengguna dan kemudian menyajikan penawaran yang relevan berdasarkan informasi tersebut.
Faktanya, chatbot dapat memanfaatkan data pengguna secara otomatis membantu Anda mempersonalisasi pengalaman pelanggan berdasarkan informasi utama seperti nama, jenis kelamin, lokasi, riwayat penelusuran, pembelian sebelumnya, dan lainnya.
Keuntungan Menggunakan Chatbot WhatsApp
Menambahkan chatbot di WhatsApp dapat mengubah cara bisnis Anda mendekati komunikasi pelanggan. Dengan chatbot, Anda akan meningkatkan nilai engagement bagi pelanggan dengan tanggapan yang cepat dan relevan sepanjang waktu.
Manfaatnya banyak ketika Anda menggunakan chatbot untuk WhatsApp dan beberapa di antaranya adalah
1. Tersedia 24/7
Anda sekarang dapat terhubung dengan pelanggan Anda bahkan melewati jam kerja karena chatbot ini mampu menyediakan customer service otomatis sepanjang waktu.
Chatbot juga dapat menangani pertanyaan yang sering diajukan sehingga bisnis tidak harus memastikan ketersediaan layanan pelanggan setiap saat. Tidak hanya itu, chatbot tentunya dapat menghemat uang Anda yang seharusnya digunakan untuk mempekerjakan dan melatih staf tentang layanan pelanggan.
2. Meningkatkan Layanan Pelanggan
Chatbot WhatsApp dapat dibuat untuk berintegrasi dengan CRM (Customer Relationship Management) dan ERP (Enterprise Resource Planning) yang membantu bisnis Anda dengan berbagai kegiatan customer relationship.
Contohnya, dengan chatbot Anda dapat mengirim pengingat dan pemberitahuan kepada pelanggan, tersedia dan bantu pelanggan untuk menjelajahi katalog produk bisnis, memberikan tanggapan real time atas pertanyaan dan keluhan pelanggan, mengirim pembaruan tentang status tiket dan penyelesaiannya serta mengumpulkan feedback dan komentar dari pelanggan.
3. Dapatkan Transaksi Aman
Chatbot WhatsApp dienkripsi end-to-end dan juga verifikasi bisnis. Ini memastikan bahwa data dan identitas pelanggan Anda terlindungi.
Enkripsi end-to-end di chatbot WhatsApp membuat komunikasi aman dengan memastikan bahwa pihak ketiga tidak mendapatkan akses ke informasi yang disampaikan.
Data yang dienkripsi dari perangkat pengirim hanya didekripsi pada perangkat penerima, memberikan kepercayaan kepada pelanggan untuk berbagi informasi pribadi yang sensitif.
4. Membuat Keputusan Terkait Penjualan
Respons yang real time dapat membantu pelanggan menemukan produk, dan mengarahkan pelanggan ke gateway pembayaran. Ini menjadikan chatbot WhatsApp sebagai platform terbaik untuk mengarahkan pelanggan ke channel penjualan dan melakukan pembelian.
Ketika pelanggan tidak dapat menemukan apa yang mereka cari, chatbot dapat membuat saran atau solusi yang sesuai.
5. Menghasilkan Prospek
Menghasilkan prospek tentu saja merupakan faktor penting bagi pemasar. Prospek berkualitas adalah impian setiap penjual dan pemasar.
Prospek menghemat waktu dan uang, memungkinkan Anda untuk memfokuskan sumber daya dan energi pada usaha yang bermanfaat. Dengan chatbot, Anda mendapatkan data kredibel yang dapat berguna saat menghubungi prospek.
Hal ini dicapai setelah melayani jumlah tanggapan pelayan yang tidak terbatas. Setelah audiens terlibat, chatbot dapat mengeluarkan pertanyaan yang relevan.
Cara mendapatkan informasi yang mulus ini jauh lebih baik daripada mendorong pelanggan untuk membagikan detail mereka.
Tahukah Anda bahwa 23% pelanggan meninggalkan proses belanja mereka begitu saja ketika diminta untuk mendaftar untuk melakukan pembelian? Prospek ingin pengalaman berbelanja semudah mungkin dan bot WhatsApp memfasilitasi itu.
Baca juga: Ini Dia 7 Keuntungan Menggunakan Chatbot
Fitur-Fitur WhatsApp Chatbot
Berikut beberapa fitur utama yang dimiliki chatbot WhatsApp:
1. Dukungan Pelanggan 24/7
Sama seperti chatbot mana pun, Anda dapat menentukan ketersediaan chabot Anda atau bahkan mengatur bot Whatsapp Anda untuk mempunyai dukungan pelanggan 24/7. Bot Anda selalu siap untuk terlibat, memulai interaksi, dan bertindak sesuai kebutuhan pelanggan.
2. Kirim Pesan Media
Lebih dari sekadar pesan teks biasa, chatbot WhatsApp dapat mengirim gambar, video, audio, dokumen, dan bahkan stiker ke pengguna. Itu membuat interaksi lebih dinamis dan memberi chatbot lebih banyak kepribadian.
3. Kirim Pesan Template
Pesan template mengacu pada elemen interaktif dalam alur Anda yang memungkinkan pengguna, misalnya, mengirim pesan yang telah ditentukan sebelumnya kepada pengguna (balasan cepat), mengirim tautan ke URL, atau memulai call to action.
4. Penghematan biaya
Chatbot WhatsApp dapat sepenuhnya menangani percakapan dan menyelesaikan masalah tanpa interaksi manusia. Anda dapat mengelola ribuan pesan tanpa harus membayar agent, Jadi ini adalah fitur penting bagi perusahaan yang ingin meningkatkan skala.
5. Keamanan
WhatsApp menghargai privasi dan keamanan, dan chatbot beroperasi dengan enkripsi end-to-end, sehingga tidak ada pihak ketiga yang memiliki akses ke pesan Anda.
Baca juga: Simak Tutorial Menggunakan Chatbot WhatsApp!
Mulai Gunakan Chatbot WhatsApp untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Anda
Jadi, seperti yang telah kita bahas, chatbot WhatsApp telah menjadi solusi yang sangat membantu bisnis dalam menangani banyak hal, mulai dari memberikan customer support yang tepat waktu hingga terlibat dengan pelanggan secara pribadi.
Bisnis di seluruh dunia telah menggunakannya dan jika Anda menjalankan perusahaan yang sedang berkembang, Anda juga harus melakukannya!
Namun, untuk bisa menggunakan chatbot WhatsApp Anda akan memerlukan perangkat lunak layanan pelanggan yang menyediakan akses ke WhatsApp API.
Akses ke WhatsApp API membutuhkan waktu yang lama dan persyaratan yang rumit. Sebagai contoh, Anda memerlukan akun manajer bisnis Facebook, bisnis yang terverifikasi, akun bisnis WhatsApp, dan fasilitas kredit.
Tidak hanya itu, terdapat beberapa industri tertentu yang akan sulit mendapatkan akses WhatsApp API, seperti pemerintah, bisnis tembakau, alkohol, suplemen, dan lainnya.
OneTalk: Penyedia Jasa WhatsApp Business API untuk Chatbot
Dengan penyedia yang tepat seperti OneTalk by TapTalk, prosesnya bisa menjadi lebih mudah, lebih cepat, dan hemat biaya.
Tidak hanya mendapatkan chatbot WhatsApp, OneTalk juga masih memiliki berbagai fitur menarik untuk bisnis Anda, seperti quick reply, menetapkan agent ke topik tertentu, analisis pengguna untuk memberikan business insight, dan pesan otomatis saat agent Anda sedang tidak aktif.
Jadilah bagian dari bisnis dengan kepuasan pelanggan yang luar biasa dengan OneTalk. Kami menunggu Anda untuk bergabung untuk meningkatkan perjalanan pelanggan dan membuat layanan pelanggan yang tak terlupakan.
Klik di sini untuk mengobrol dengan agent kami dan melihat lebih banyak fitur aplikasi pesan instan untuk Anda.