pt tap talk teknologi blog
Pentingnya Memiliki Grup Facebook Untuk Bisnis Anda

Pentingnya Memiliki Grup Facebook Untuk Bisnis Anda

By Jessica Jacob
10 / 05 / 2022

Grup Facebook adalah alat pemasaran yang hebat, membantu Anda menarik pelanggan baru dan melibatkan pelanggan saat ini dengan konten, komunitas, dan penawaran eksklusif. Dengan lebih dari 1,8 milyar pengguna yang menggunakan Grup Facebook, saatnya Anda memanfaatkan alat ini untuk bisnis Anda.

Pentingnya Memiliki Grup Facebook Untuk Bisnis Anda

Di artikel ini kita akan membahas keuntungan memiliki Grup Facebook untuk bisnis, jenis-jenis, cara membuat, dan tips menggunakan Grup Facebook untuk marketing bisnis Anda.

Keuntungan Memiliki Grup Facebook Untuk Bisnis

Keuntungan Memiliki Grup Facebook Untuk Bisnis

1. Mempermudah penawaran promo

Salah satu tujuan dibuatnya grup Facebook adalah untuk membangun komunitas agar brand menjadi lebih populer. Selain bisa berdiskusi secara private, Anda juga bisa menggunakan Grup Facebook untuk mempresentasikan produk.

Bahkan, Anda dapat menawarkan produk dengan promosi khusus untuk anggota grup.

2. Membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan

Grup itu sangat efektif karena orang ingin berada di sana. Bayangkan saja, mana mungkin seorang pelanggan bergabung dalam grup dari perusahaan yang tidak terlalu mereka sukai?

Mereka adalah penggemar no #1 di grup ini, dan mereka siap menjadi tim penyemangat pribadi Anda. Perkuat dan tingkatkan hubungan itu dengan akses eksklusif ke perusahaan Anda yang disediakan oleh Grup Facebook, bersama dengan konten atau hak istimewa khusus. 

3. Meningkatkan “organic reach” Anda

Organic reach Facebook Page Anda mungkin hanya berkisar sekitar 5%, tetapi reach dari grup Anda akan jauh lebih tinggi.

Facebook memprioritaskan posting dari grup di news feed pengguna, sehingga Anda memiliki peluang tinggi untuk muncul, terutama dibandingkan dengan posting Halaman Anda.

4. Mendapatkan feedback dan riset pasar yang berharga

Selain dari riset biasa, di mana lagi Anda dapat memiliki akses langsung ke audiens Anda dan mendapatkan feedback secara langsung?

Grup Facebook memudahkan Anda untuk menguji strategi dan ide baru dalam kelompok kecil ini. Sebagai bonus, penggemar super dari bisnis Anda akan senang karena "mengetahui" informasi dari Anda.

Sebuah win-win, apalagi riset seperti ini.. tanpa biaya!

5. Menciptakan interaksi optimal dengan pelanggan

Interaksi dengan pelanggan adalah hal yang sangat penting bagi sebuah brand. Selain membangun citra, hal ini dapat meningkatkan brand awareness untuk sebuah brand baru.

Interaksi akan lebih optimal karena mendapat feedback dan juga terbentuk secara organik. 

Baca juga: Tutorial Lengkap Facebook Business Manager untuk Bisnis Sukses

Jenis - Jenis Grup Facebook (dan mana yang tepat untuk Anda)

Penting untuk memikirkan hal ini sebelumnya. Anda dapat mengubah jenis privasi grup hanya dalam beberapa situasi, jadi pastikan untuk menyesuaikannya sesuai keinginan Anda.

Berikut ini rangkuman singkat Grup Facebook Publik versus Grup Facebook Private. Jangan sampai terlewat juga pengaturan hidden (tersembunyi) atau visible (terlihat) - yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Publik

Grup publik dapat ditemukan di hasil pencarian untuk semua orang. Yang terpenting, konten grup juga bersifat publik, termasuk apa yang diposting dan dikomentari oleh anggota. Siapa pun di Internet juga dapat melihat daftar lengkap anggota grup.

Post dan komentar grup juga diindeks oleh Google.

Pengguna dapat bergabung dengan grup Anda tanpa persetujuan admin. 

TIdak disarankan untuk membuat grup publik. Karena siapapun dapat bergabung, termasuk spammer, Anda harus sangat berhati-hati dan menghapus konten yang tidak pantas atau tidak menyenangkan yang mungkin berdampak negatif pada citra brand Anda. Ini benar-benar hanya masalah waktu sebelum itu terjadi, jadi mengapa harus mengekspos brand Anda di sebuah grup publik?

Jika Anda memulai grup publik, Anda dapat mengkonversinya menjadi grup pribadi nanti. Perubahan hanya dapat terjadi sekali karena Anda tidak dapat kembali dari pribadi ke publik.

2. Private

Ada dua jenis grup private: visible dan hidden. Mari kita bahas keduanya.

Private - Visible

Grup Private - Visible hanya memungkinkan anggota untuk melihat posting dan komentar dalam grup, serta daftar anggota. Tetapi semua pengguna Facebook dapat menemukan grup ini di hasil pencarian Facebook.

Pengaturan ini tidak mengekspos konten apa pun di grup Anda. Judul dan deskripsi grup Anda hanya ditampilkan di hasil pencarian jika cocok dengan kata kunci yang diketik pengguna di bagian pencarian.

Pengguna dapat meminta untuk bergabung dengan grup Anda, dan Anda atau admin lain harus menyetujui permintaan mereka. Hanya dengan demikian mereka dapat melihat dan mempublikasikan konten.

Pengaturan ini adalah rekomendasi kombinasi terbaik untuk 99% perusahaan. Hal ini karena pengaturan Grup Private - Visible memungkinkan Anda untuk mengontrol keanggotaan dan menyaring pesan spam sambil tetap dapat ditemukan secara publik di pasar target Anda.

Private - Hidden

Grup Private - Hidden,  juga dikenal sebagai "grup rahasia" - memiliki fitur yang sama dengan grup di atas, kecuali grup tersebut tidak muncul di hasil penelusuran apa pun.

Tidak seorang pun di dalam atau di luar Facebook yang dapat melihat kiriman, komentar, atau anggota grup, atau menemukan grup tersebut di hasil pencarian. Untuk melihat grup dan meminta untuk bergabung, pengguna harus memiliki URL langsung yang ditetapkan untuk mereka.

Jenis grup ini sangat berguna untuk komunitas VIP dan undangan khusus di mana Anda tidak ingin banyak orang bergabung. Contoh umum dari jenis grup ini adalah sesuatu yang terkait dengan grup proyek atau grup proyek berbayar tertentu.

Jika Anda menyediakan grup pendukung untuk berlangganan produk atau layanan berbayar tertentu, masuk akal untuk merahasiakan grup tersebut sehingga non-pembeli tidak dapat menemukan dan menyelinap ke grup Anda. Sebagai gantinya, Anda hanya akan mengirim tautan untuk bergabung dengan pembeli resmi setelah penjualan.

Secara keseluruhan, pengaturan Private - Visible adalah yang paling disarankan untuk sebuah bisnis.

Baca juga: 3 Cara Mudah Mengaktifkan Facebook Messenger

Cara membuat grup di Facebook

Cara membuat grup di Facebook

Ada beberapa cara untuk membuat grup Facebook:

  1. Dari komputer 
  2. Dari ponsel Anda di aplikasi Facebook
  3. Dari akun Facebook pribadi Anda
  4. Dari Facebook Page/Halaman Facebook perusahaan Anda (hal ini menjadikan Halaman Anda sebagai administrator grup, bersama dengan semua administrator Halaman Anda)

Opsi nomor 4 adalah ide yang bagus karena dua alasan:

  • Memungkinkan semua administrator Halaman saat ini juga mengelola grup.
  • Pelanggan melihat nama administrator

Dilansir dari Facebook, berikut adalah cara untuk membuat grup Facebook Anda:

  1. Klik tanda + di kanan atas Facebook dan pilih Grup.
  2. Masukkan nama grup yang ingin Anda buat.
  3. Pilih opsi pengaturan privasi untuk grup. Jika Anda memilih Private, tentukan apakah akan menjadikan grup visible atau hidden.
  4. Tambahkan orang/anggota ke grup Anda.
  5. Klik Buat.

Tips Menggunakan Grup Facebook Untuk Marketing Bisnis Anda

1. Buat kode etik yang jelas

Anda membutuhkan kode etik untuk Grup Facebook Anda. Hal ini untuk mencegah spam atau kata-kata tidak senonoh yang akan tersebar di grup Anda. Anda juga dapat menyertakan hal-hal khusus, seperti meminta anggota untuk tidak menyebut kompetitor atau produk mereka.

2. Posting pesan selamat datang dan pengumuman

Buat anggota baru betah dengan pesan selamat datang mingguan. Jadwalkan pengumuman penting sebelumnya untuk peluncuran produk atau acara khusus untuk anggota grup Anda.

3. Terlibat dengan anggota, tetapi biarkan mereka tetap memimpin

Adalah tugas Anda untuk menjaga grup tetap produktif, sesuai topik, dan saling menghormati. Tapi jangan mencoba untuk mengontrol terlalu banyak. Imbau anggota untuk memulai percakapan dan merasa cukup nyaman untuk mengatakan kebenaran.

4. Ajukan pertanyaan saat anggota masuk untuk mencegah adanya bot

Yang ini penting untuk mencegah spammer. Anda dapat mengajukan hingga tiga pertanyaan yang harus dijawab orang saat mereka bergabung. Pertanyaan ini memungkinkan Anda untuk sedikit memeriksa anggota yang masuk.

Beberapa hal umum yang bisa diminta oleh grup adalah:

  • Bagi pengguna untuk membaca dan setuju untuk mengikuti aturan grup.
  • Alamat email (baik untuk tujuan pemasaran dan verifikasi).
  • Pertanyaan yang mudah dijawab tetapi spesifik untuk membuktikan kemanusiaan.

Misalnya, jika grup Anda hanya untuk pelanggan saat ini, meminta alamat email kantor mereka memungkinkan Anda untuk memeriksa apakah mereka pelanggan atau bukan.

5. Tawarkan konten unik dan berbobot di grup Anda

Mengapa salah satu pelanggan atau penggemar setia Anda harus bergabung dengan grup Anda? Apakah ada sesuatu yang istimewa yang mereka dapatkan? Jika Anda tidak bisa menjawabnya, maka Anda tidak memiliki konten unik dan berbobot di grup Anda. Hal ini berarti tidak ada gunanya anggota bergabung dengan grup Anda, bukan?

Baca juga: Mau Jualan Laris di Facebook? Baca 7 Tips Jitu Ini!

- - -

Itu dia pentingnya Grup Facebook untuk Bisnis Anda. Gunakan strategi customer service yang baik untuk mendukung Grup Facebook. OneTalk by TapTalk.io sebagai solusi omnichannel messaging dapat memastikan pelanggan selalu mendapatkan respon tepat waktu dari Anda. Chat dengan kami di sini.

Share this article

Related Posts

By Dominic Vedericho

10 / 10 / 2019

There are many companies that can provide chat services if you are thinking of integrating chat features to your websites and applications. It is known that companies like Sendbird, Qiscus, Zendesk, Tawk.to and etcetera could be a solution to that. However, there is a new alternative chat SDK in town and that is TapTalk.io. In […]

Read More

By Grow Bless

11 / 04 / 2022

Salah satu tantangan terbesar dalam menjalankan bisnis, baik produk maupun jasa adalah pelayanan pelanggan. Kita semua pasti pernah menjumpai pelanggan yang sulit, atau pelanggan yang butuh usaha ekstra untuk dilayani. Karenanya, setiap pemilik bisnis harus cerdik untuk melihat dan menangani jenis-jenis pelanggan.Salah satu bagian penting dalam meningkatkan proses bisnis Anda adalah mengidentifikasi pelanggan Anda berdasarkan […]

Read More

By Ardian

11 / 11 / 2020

Every business that relies on websites as a customer engagement platform is always trying to find ways to increase visitors numbers on their website. There are two ways to achieve this𑁋sitting idly and just waiting and answering customer’s questions and complaints when they ask you or show your initiative before your customers reach you. While […]

Read More
1 2 3 62
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer