Customer reward telah menjadi rahasia umum sebagai alat promosi yang rendah biaya. Namun, sistem ini sudah beredar lebih dari 1 dekade, membuat banyak perusahaan mulai menerapkan hal yang sama satu sama lain. Dari maskapai penerbangan yang menawarkan penawaran frequent flier hingga perusahaan telekomunikasi yang menurunkan biaya mereka untuk mendapatkan lebih banyak volume, organisasi menghabiskan jutaan untuk mengembangkan dan menerapkan program reward.
Program reward dapat menghasilkan siklus loyalty. Misalnya saja dengan program loyalitas atau loyalty program. Dengan perencanaan dan implementasi sebagai bagian dari strategi manajemen loyalitas yang lebih besar, hal ini dapat menghasilkan customer loyalty dan kepuasan pelanggan.
Ada banyak jenis program loyalitas yang dapat Anda pilih. Di bawah ini adalah yang paling umum dari program loyalty yang berhasil diimplementasikan beberapa bisnis.
Table of Contents
Program Loyalty Points memungkinkan pelanggan mengumpulkan poin yang dapat mereka tukarkan dengan hadiah dan produk atau layanan gratis.
Ini adalah salah satu jenis program loyalitas yang paling umum dan sering menggunakan sistem kartu.
Starbucks telah menggunakan strategi ini dan membuat program mereka lebih menarik dan menonjol dari para kompetitor dengan menjadikannya digital dan dengan memberikan lebih banyak hadiah unik.
Anggota Starbucks tidak hanya mendapatkan poin, tetapi mereka juga dapat menggunakan aplikasi untuk memesan, membayar pesanan, dan bahkan mendengarkan musik.
Strategi ini bekerja dengan baik dengan value brand Starbucks dan audiens target, yang akan mencari kafein di pagi hari dalam perjalanan mereka untuk bekerja atau ketika waktu kritis di siang hari ketika mulai mengantuk.
Semua ini membantu memperkuat citra Starbucks sebagai peningkatan lifestyle, yang mencerminkan tujuan dan nilai perusahaan.
Loyalty Tier Program mirip dengan program poin karena biasanya memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan poin dengan pembelian mereka.
Namun, perbedaannya di sini adalah status pelanggan sebagai advokat untuk merek Anda akan meningkat karena mereka mengumpulkan lebih banyak poin, misalnya saja brand Gojek dengan GoClub.
Bergantung pada tingkatan pelanggan, mereka memenuhi syarat untuk berbagai hadiah termasuk kupon promo cashback, diskon, prioritas pemesanan, tiket nonton bioskop gratis, hingga potongan harga pada program subscription.
Menggunakan tingkatan dalam program reward memastikan ada nilai nyata bagi pelanggan, terlepas dari apakah mereka memilih untuk membeli setahun sekali, sebulan sekali, atau setiap hari.
Dalam program ini, setiap pelanggan akan mendapatkan keuntungan berupa kesempatan untuk menjadi partner atau partner bisnis di dalam perusahaan. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan dari penawaran harga khusus.
Kemitraan yang ditawarkan kepada klien dan sering diterapkan oleh banyak brand adalah dalam bentuk software. Pelanggan yang memiliki pengaruh penting dan terkenal di dunia maya dapat berpartisipasi dalam promosi produk perusahaan.
Karena pelanggan telah membantu brand dalam mempromosikan produk, pelanggan juga berhak mendapatkan produk secara gratis dan beberapa hadiah diberikan sesuai kesepakatan yang disepakati bersama.
Contoh yang paling sederhana dari program ini adalah sistem endorsement. Pelanggan yang mempromosikan produk bisa mendapat imbalan dengan produk gratis atau dengan perjanjian tertentu.
Dalam metode ini, sebuah bisnis dapat menawarkan rasa berada dalam komunitas kepada pelanggan dengan meminta mereka untuk bergabung sebagai anggota. Jika pelanggan tertarik dan mendaftar untuk program ini, mereka dapat bergabung dan mempersiapkan diri untuk menjadi anggota keanggotaan klub yang dibuat.
Mereka nantinya akan merasa puas karena mereka akan menerima beberapa fasilitas sebagai hasil dari keanggotaan mereka. Diskon, promosi anggota eksklusif, atau layanan anggota eksklusif adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda berikan kepada mereka.
Contoh lain adalah program limited events atau event terbatas. Program limited events ini akan ditawarkan baik secara pribadi atau publik oleh bisnis.
Namun, program acara terbatas ini dapat diberikan kemudian untuk acara lain atau khusus, atau pada akhir tahun acara, untuk kategori umum.
Dalam hal ini, bisnis dapat memberikan manfaat besar bagi klien setianya, seperti diskon besar.
Jika Anda tahu bahwa pelanggan Anda memiliki keyakinan dan nilai yang kuat seputar masalah tanggung jawab sosial perusahaan, maka Anda mungkin menemukan bahwa program berbasis value adalah yang terbaik untuk Anda dan mereka.
Program ini menawarkan imbalan non-moneter kepada pelanggan seperti sumbangan amal, sehingga Anda dapat terhubung dengan mereka lebih dalam dan membangun hubungan etis yang kuat dengan mereka.
Merek sepatu populer TOMS telah menyempurnakan program ini dengan kampanye ‘Wear Good’, yang menjanjikan untuk membantu mendanai akses ke sumber daya kesehatan mental bagi jutaan orang yang membutuhkannya.
Program loyalitas berbayar mengharuskan anggota untuk membayar akses ke layanan khusus, diskon, atau peluang unik – baik bulanan atau tahunan.
Program-program ini membuat pelanggan Anda merasa eksklusif tetapi imbalannya harus sebanding dengan biaya keanggotaan mereka agar berhasil.
Dengan lebih dari 1,5 juta pelanggan (di Amerika Serikat), Amazon Prime Membership menjadi salah satu program loyalitas e-commerce yang paling sukses.
Sebagai imbalan atas biaya keanggotaan tahunan, pelanggan ditawari beberapa opsi pengiriman gratis (termasuk pengiriman di hari yang sama), layanan streaming musik dan video, serta akses awal ke produk yang termasuk dalam penjualan kilat waktu terbatas, seperti penawaran kilat dan penawaran berjalan pada Amazon Prime Day.
Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Retensi Pelanggan yang Wajib Dicoba
Sudah siap menerapkan loyalty program di atas untuk brand Anda? Jangan lupa untuk mendukung program Anda dengan komunikasi yang baik bersama pelanggan. Menggunakan strategi omnichannel dalam customer support bisa menjadi hal yang vital di balik customer loyalty program. OneTalk by TapTalk.io, sebuah omnichannel messaging platform yang mengintegrasi berbagai channel sekaligus adalah jawaban bagi Anda yang mencari cara terhubung dengan pelanggan secara mulus.
Pesan dan bentuk komunikasi lainnya dengan pelanggan adalah cara terbaik untuk menggunakan program loyalitas pelanggan ini. Kirim pesan diskon khusus, promo, dan hak istimewa terbatas lainnya untuk program loyalitas pelanggan Anda.
Bagaimana OneTalk dapat membantu Anda? Dengan OneTalk, Anda dapat melakukan ini dengan mudah ke banyak pelanggan di beberapa saluran. Broadcast Messages adalah fitur dengan berbagai keunggulan. Anda tidak hanya dapat mengirim beberapa pesan sekaligus.
Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengirimnya ke penerima yang tersegmentasi dengan Contact Segment. Saat melakukannya, Anda dapat menjadwalkan pesan dan mengirim banyak pesan dalam berbagai jenis–seperti mengirim teks dengan gambar atau video.
Selain itu, Anda bisa mengirimkan pesan API dan menerima Personalized Proactive Notification dengan OneTalk. Kirim notifikasi, reminder, promosi, dan alert tepat waktu untuk memberi informasi kepada pelanggan di seluruh perjalanan mereka.
Hubungi agent kami sekarang dan jadikan kami bagian dari perjalanan loyalty program Anda.
By Jessica Jacob
Bisnis online kini setara dengan medan perang yang tidak kekurangan pesaing. Survei mengungkapkan bahwa konsumen berbelanja online untuk menghemat waktu dan untuk variasi produk dan layanan yang tersedia. Brand yang berharap untuk tetap berada di hati pelanggannya harus menciptakan customer experience yang baik dan unggul untuk tetap menjadi yang teratas dibanding kompetitor. Pelanggan menginginkan pelayanan […]
By Jessica Jacob
Pernahkah Anda bertanya mengenai pentingnya melatih karyawan Anda? Tentu semua orang mengharapkan karyawan yang sudah memiliki keterampilan yang cukup. Tetapi, melakukan pelatihan karyawan nyatanya dapat memberikan dampak positif dalam jangka panjang. Simak semua tentang pelatihan karyawan di bawah ini. Key Takeaways: Pelatihan karyawan sangat penting karena berbagai alasan dan memainkan peran penting dalam keberhasilan dan […]
By Jessica Jacob
Pernahkah Anda membuat Email Marketing? Baik itu Newsletter, email sponsor, email digest, atau email follow-up, email promosional seperti ini terbukti sangat efektif, lho. 68% milenial mengatakan email promosi telah mempengaruhi keputusan pembelian mereka. 76% pelanggan email telah melakukan pembelian dari email marketing. Lalu, bagaimana membuat email marketing yang baik? Di artikel ini, kita akan melihat […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)