pt tap talk teknologi blog
7 Program Loyalitas Untuk Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

7 Program Loyalitas Untuk Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

By Jessica Jacob
08 / 06 / 2022

Customer reward telah menjadi rahasia umum sebagai alat promosi yang rendah biaya. Namun, sistem ini sudah beredar lebih dari 1 dekade, membuat banyak perusahaan mulai menerapkan hal yang sama satu sama lain. Dari maskapai penerbangan yang menawarkan penawaran frequent flier hingga perusahaan telekomunikasi yang menurunkan biaya mereka untuk mendapatkan lebih banyak volume, organisasi menghabiskan jutaan untuk mengembangkan dan menerapkan program reward.

7 Program Loyalitas Untuk Meningkatkan Kesetiaan Pelanggan

Program reward dapat menghasilkan siklus loyalty. Misalnya saja dengan program loyalitas atau loyalty program. Dengan perencanaan dan implementasi sebagai bagian dari strategi manajemen loyalitas yang lebih besar, hal ini dapat menghasilkan customer loyalty dan kepuasan pelanggan.

Ada banyak jenis program loyalitas yang dapat Anda pilih. Di bawah ini adalah yang paling umum dari program loyalty yang berhasil diimplementasikan beberapa bisnis.

1. Loyalty Points

Loyalty Points

Program Loyalty Points memungkinkan pelanggan mengumpulkan poin yang dapat mereka tukarkan dengan hadiah dan produk atau layanan gratis.

Ini adalah salah satu jenis program loyalitas yang paling umum dan sering menggunakan sistem kartu.

Starbucks telah menggunakan strategi ini dan membuat program mereka lebih menarik dan menonjol dari para kompetitor dengan menjadikannya digital dan dengan memberikan lebih banyak hadiah unik.

Anggota Starbucks tidak hanya mendapatkan poin, tetapi mereka juga dapat menggunakan aplikasi untuk memesan, membayar pesanan, dan bahkan mendengarkan musik.

Strategi ini bekerja dengan baik dengan value brand Starbucks dan audiens target, yang akan mencari kafein di pagi hari dalam perjalanan mereka untuk bekerja atau ketika waktu kritis di siang hari ketika mulai mengantuk.

Semua ini membantu memperkuat citra Starbucks sebagai peningkatan lifestyle, yang mencerminkan tujuan dan nilai perusahaan.

2. Loyalty Tier Program/Tingkatan

Loyalty Tier Program mirip dengan program poin karena biasanya memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan poin dengan pembelian mereka.

Namun, perbedaannya di sini adalah status pelanggan sebagai advokat untuk merek Anda akan meningkat karena mereka mengumpulkan lebih banyak poin, misalnya saja brand Gojek dengan GoClub.

Loyalty Tier Program/Tingkatan
source: gojek.com/goclub/

Bergantung pada tingkatan pelanggan, mereka memenuhi syarat untuk berbagai hadiah termasuk kupon promo cashback, diskon, prioritas pemesanan, tiket nonton bioskop gratis, hingga potongan harga pada program subscription.

Menggunakan tingkatan dalam program reward memastikan ada nilai nyata bagi pelanggan, terlepas dari apakah mereka memilih untuk membeli setahun sekali, sebulan sekali, atau setiap hari.

3. Partnership

Dalam program ini, setiap pelanggan akan mendapatkan keuntungan berupa kesempatan untuk menjadi partner atau partner bisnis di dalam perusahaan. Selain itu, pelanggan juga akan mendapatkan keuntungan dari penawaran harga khusus.

Kemitraan yang ditawarkan kepada klien dan sering diterapkan oleh banyak brand adalah dalam bentuk software. Pelanggan yang memiliki pengaruh penting dan terkenal di dunia maya dapat berpartisipasi dalam promosi produk perusahaan.

Karena pelanggan telah membantu brand dalam mempromosikan produk, pelanggan juga berhak mendapatkan produk secara gratis dan beberapa hadiah diberikan sesuai kesepakatan yang disepakati bersama.

Contoh yang paling sederhana dari program ini adalah sistem endorsement. Pelanggan yang mempromosikan produk bisa mendapat imbalan dengan produk gratis atau dengan perjanjian tertentu.

4. Membership

Dalam metode ini, sebuah bisnis dapat menawarkan rasa berada dalam komunitas kepada pelanggan dengan meminta mereka untuk bergabung sebagai anggota. Jika pelanggan tertarik dan mendaftar untuk program ini, mereka dapat bergabung dan mempersiapkan diri untuk menjadi anggota keanggotaan klub yang dibuat.

Mereka nantinya akan merasa puas karena mereka akan menerima beberapa fasilitas sebagai hasil dari keanggotaan mereka. Diskon, promosi anggota eksklusif, atau layanan anggota eksklusif adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda berikan kepada mereka.

5. Limited Event/Event Terbatas

Contoh lain adalah program limited events atau event terbatas. Program limited events ini akan ditawarkan baik secara pribadi atau publik oleh bisnis.

Namun, program acara terbatas ini dapat diberikan kemudian untuk acara lain atau khusus, atau pada akhir tahun acara, untuk kategori umum.

Dalam hal ini, bisnis dapat memberikan manfaat besar bagi klien setianya, seperti diskon besar.

6. Program berbasis value

Jika Anda tahu bahwa pelanggan Anda memiliki keyakinan dan nilai yang kuat seputar masalah tanggung jawab sosial perusahaan, maka Anda mungkin menemukan bahwa program berbasis value adalah yang terbaik untuk Anda dan mereka.

Program ini menawarkan imbalan non-moneter kepada pelanggan seperti sumbangan amal, sehingga Anda dapat terhubung dengan mereka lebih dalam dan membangun hubungan etis yang kuat dengan mereka.

Program berbasis value
source: toms.com/us/impact.html

Merek sepatu populer TOMS telah menyempurnakan program ini dengan kampanye ‘Wear Good’, yang menjanjikan untuk membantu mendanai akses ke sumber daya kesehatan mental bagi jutaan orang yang membutuhkannya.

7. Program Loyalitas Berbayar

Program Loyalitas Berbayar
source: amazon.com/amazonprime

Program loyalitas berbayar mengharuskan anggota untuk membayar akses ke layanan khusus, diskon, atau peluang unik – baik bulanan atau tahunan.

Program-program ini membuat pelanggan Anda merasa eksklusif tetapi imbalannya harus sebanding dengan biaya keanggotaan mereka agar berhasil.

Dengan lebih dari 1,5 juta pelanggan (di Amerika Serikat), Amazon Prime Membership menjadi salah satu program loyalitas e-commerce yang paling sukses.

Sebagai imbalan atas biaya keanggotaan tahunan, pelanggan ditawari beberapa opsi pengiriman gratis (termasuk pengiriman di hari yang sama), layanan streaming musik dan video, serta akses awal ke produk yang termasuk dalam penjualan kilat waktu terbatas, seperti penawaran kilat dan penawaran berjalan pada Amazon Prime Day.

Baca juga: 7 Tips Meningkatkan Retensi Pelanggan yang Wajib Dicoba

Sudah siap menerapkan loyalty program di atas untuk brand Anda? Jangan lupa untuk mendukung program Anda dengan komunikasi yang baik bersama pelanggan. Menggunakan strategi omnichannel dalam customer support bisa menjadi hal yang vital di balik customer loyalty program. OneTalk by TapTalk.io, sebuah omnichannel messaging platform yang mengintegrasi berbagai channel sekaligus adalah jawaban bagi Anda yang mencari cara terhubung dengan pelanggan secara mulus.

Pesan dan bentuk komunikasi lainnya dengan pelanggan adalah cara terbaik untuk menggunakan program loyalitas pelanggan ini. Kirim pesan diskon khusus, promo, dan hak istimewa terbatas lainnya untuk program loyalitas pelanggan Anda.

Bagaimana OneTalk dapat membantu Anda? Dengan OneTalk, Anda dapat melakukan ini dengan mudah ke banyak pelanggan di beberapa saluran. Broadcast Messages adalah fitur dengan berbagai keunggulan. Anda tidak hanya dapat mengirim beberapa pesan sekaligus. 

Fitur Broadcast Messages Onetalk

Dengan fitur ini, Anda juga dapat mengirimnya ke penerima yang tersegmentasi dengan Contact Segment. Saat melakukannya, Anda dapat menjadwalkan pesan dan mengirim banyak pesan dalam berbagai jenis–seperti mengirim teks dengan gambar atau video.

Selain itu, Anda bisa mengirimkan pesan API dan menerima Personalized Proactive Notification dengan OneTalk. Kirim notifikasi, reminder, promosi, dan alert tepat waktu untuk memberi informasi kepada pelanggan di seluruh perjalanan mereka.

Hubungi agent kami sekarang dan jadikan kami bagian dari perjalanan loyalty program Anda.

Share this article

Related Posts

By Regita

03 / 07 / 2021

Menjawab pertanyaan pelanggan menjadi kunci dalam mendapatkan loyalitas, terutama bagi bisnis online. Namun, bagaimana kalau misalnya ada pelanggan yang menghubungi Anda di luar jam operasional? Dalam skenario seperti itu, solusi yang tepat adalah menggunakan fitur chatbot. Pada tahun 2020, sekitar 80% bisnis akan menggunakan chatbot. Chatbots telah menjadi bagian penting dalam pertumbuhan bisnis dan penggunaan […]

Read More

By Jessica Jacob

09 / 05 / 2022

Bisa berkomunikasi dengan pelanggan sangatlah penting bagi pemilik Small to Medium Enterprises. Namun, channel komunikasi apa yang tepat? Dengan 2 miliar pengguna aktif bulanan, WhatsApp menjadi platform yang tepat untuk pemilik bisnis kecil yang ingin berkomunikasi dengan pelanggan mereka.  Pada tahun 2018, aplikasi ini secara khusus menciptakan WhatsApp Business untuk para pemilik usaha kecil. Dengan […]

Read More

By Ardian

02 / 03 / 2021

Ketika bisnis Anda memiliki budget terbatas, mungkin ada beberapa hal yang menjadi prioritas saat mengalokasikan dana. Tentu saja, tim produk Anda dapat menggunakan beberapa bantuan keuangan dan pemasaran, terutama periklanan. Namun, menginvestasikan anggaran ke tim customer service  Anda mungkin tampak sia-sia. Lagi pula, Anda pasti mempertimbangkan bagaimana hal itu bisa benar-benar meningkatkan sales dan marketing? […]

Read More
1 2 3 53
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Jl. Kyai Maja No.25c, RT.12/RW.2, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12120

© 2020 - 2021 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer