pt tap talk teknologi blog
Yuk Kenali Cara Jualan di Tokopedia Tanpa Modal dengan Mudah

Yuk Kenali Cara Jualan di Tokopedia Tanpa Modal dengan Mudah

By Jessica Jacob
25 / 03 / 2024

Apakah pernah terbesit di pikiran Anda untuk memulai sebuah bisnis tetapi bingung memulainya karena membutuhkan modal? Ya, mayoritas pasti berpikiran bahwa berjualan itu membutuhkan modal yang cukup besar terutama dalam proses supply stok barang yang memiliki kualitas terbaik serta barang-barang keluaran terbaru. Akan tetapi, dengan kemajuan teknologi, kini Anda dapat mulai berjualan tanpa modal sama sekali, yaitu dengan memanfaatkan aplikasi marketplace yang mana sudah tersedia peluang bisnis yang dapat Anda manfaatkan.

Marketplace sendiri adalah situs jual beli dengan sistem kerjasama dan dilengkapi oleh fitur penjualan dan pembayaran. Salah satu contoh marketplace yang mungkin sebagian besar dari Anda pernah dengar adalah Tokopedia. Tokopedia merupakan salah satu marketplace terbesar di Asia Tenggara, belum lama ini saham Tokopedia telah dibeli mayoritas oleh induk perusahaan TikTok yaitu Byte Dance, hal ini menjadikan Tokopedia sebagai marketplace nomor satu di Indonesia.

Setelah mengetahui langkah pertama cara berjualan tanpa modal yaitu dengan memanfaatkan marketplace, kini kita akan membahas lebih lanjut mengenai cara jualan di Tokopedia tanpa modal dengan mudah. Simak penjelasannya berikut ini.

Yuk Kenali Cara Jualan di Tokopedia Tanpa Modal dengan Mudah

Key Takeaways:

  • E-commerce atau marketplace menjadi penyumbang terbesar di dalam sektor ekonomi digital Indonesia pada tahun 2023 dengan nilai mencapai 62 miliar USD.
  • Dropshipper sendiri berasal dari kata dropship yang merupakan jenis bisnis di mana produk yang dijual tidak distok, tetapi dibeli langsung dari pihak ketiga, baik itu produsen, supplier, distributor besar, dan dikirimkan langsung kepada pembeli.

Memahami Peluang Bisnis di Tokopedia

Berbicara mengenai peluang bisnis di marketplace atau spesifiknya di Tokopedia, tentu saja Anda akan menemukan banyak sekali peluang bisnis yang dapat Anda gunakan. Menurut data dari databoks disebutkan bahwa e-commerce atau marketplace menjadi penyumbang terbesar di dalam sektor ekonomi digital Indonesia pada tahun 2023 dengan nilai mencapai 62 miliar USD, angka yang sangat besar bukan?

Dengan nilai valuasi yang sebesar itu, tentu saja Anda akan diuntungkan dengan tidak perlu mencari pelanggan atau pembeli dengan sulit, karena Tokopedia telah memiliki pasarnya sendiri yang diikuti oleh pelanggan setianya. Selain itu, dengan memanfaatkan marketplace, Anda akan disuguhi oleh konten grafik penjualan serta potensi pasar yang dapat Anda gapai, tentu saja dengan adanya konten grafik seperti itu akan sangat memudahkan Anda dalam memperoleh data penjualan agar dapat diolah lebih lanjut dan menghasilkan sebuah keputusan bisnis yang optimal.

Apabila Anda tengah melihat peluang bisnis di Tokopedia dengan cara menjual produk tetapi tanpa perlu mengeluarkan modal, maka Anda dapat mencoba berjualan dengan teknik dropshipper. Namun, apabila Anda telah memiliki bisnis sebelumnya dan ingin bermigrasi ke dalam toko online seperti Tokopedia juga sah-sah saja. Karena dengan memilih marketplace, bisnis Anda akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan jumlah pembeli serta juga akan membantu proses pengiriman pesanan menjadi lebih mudah.

Baca juga: Cara Jualan di Tokopedia Lewat HP dengan Mudah dan Praktis

Kiat Cara Jualan di Tokopedia Tanpa Modal dan Barang Bagi Pemula

Fenomena akhir-akhir ini sering kita temui ketika banyak anak muda mulai membuka bisnis baik secara offline maupun secara online, hal ini biasanya mereka lakukan sebagai sampingan atau side hustle dari pekerjaan utama mereka. Tidak bisa dipungkiri, bahwa memang keuntungan yang dapat Anda peroleh dari hasil berjualan sangat berpotensi lebih besar dibandingkan dengan Anda bekerja sebagai karyawan swasta, akan tetapi perlu diingat bahwa berjualan sangat bergantung kepada volume penjualan yang sifatnya sangat volatile. Maka dari itu, jalan tengah yang tepat jika Anda ingin mulai berjualan yaitu dengan menggunakan marketplace karena tidak dipungut biaya sama sekali.

Salah satu caranya adalah dengan menjadi dropshipper. Dropshipper sendiri berasal dari kata dropship yang merupakan jenis bisnis di mana produk yang dijual tidak distok, tetapi dibeli langsung dari pihak ketiga, baik itu produsen, supplier, distributor besar, dan dikirimkan langsung kepada pembeli.

Sehingga apabila disimpulkan, dropshipper adalah seseorang yang menjual produk milik pihak lain tanpa perlu melakukan stok barang dan mengirimkan pesanan karena akan dilakukan oleh pihak ketiga yang dalam hal ini adalah produsen atau supplier barang.

Temukan Alasan Anda Berjualan di Tokopedia

Memutuskan untuk berjualan di Tokopedia sebagai salah satu marketplace terbesar di Asia Tenggara dapat membantu Anda dalam menarik perhatian calon konsumen, hal ini tidak lepas dari berbagai promosi yang Tokopedia sering berikan, belum lagi adanya promo gratis ongkos kirim yang pastinya akan membuat pelanggan Anda senang. Selain itu, Tokopedia merupakan toko online yang sudah cukup memiliki pengalaman di dalam bisnis online, sehingga tentu saja akan meningkatkan kepercayaan dari pelanggan Anda.

Dengan menggunakan Tokopedia, Anda juga dapat melakukan dropshipper dengan memajang produk di etalase toko yang lengkap beserta dengan deskripsi produk dan foto produk, sehingga akan memberikan informasi yang jelas kepada calon konsumen mengenai barang apa yang akan mereka beli.

Last but not least, sebarkan toko online Anda di Tokopedia ke dalam media sosial Anda untuk mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas.

Baca juga: Kenali Cara Membuat Chat Otomatis di Tokopedia dengan Mudah

Carilah Supplier yang Tepat

Ketika Anda memutuskan untuk jualan menggunakan konsep dropshipper, faktor utama yang wajib Anda perhatikan adalah mencari supplier yang tepat. Karena supplier memegang peranan yang sangat penting yaitu sebagai pemasok utama stok barang Anda, pastikan supplier tersebut sudah sesuai dengan kriteria barang yang Anda cari. Anda dapat membuat daftar supplier yang sudah Anda riset yang kemudian dapat Anda tentukan mana yang masuk ke dalam kriteria Anda, ada baiknya memilih supplier yang juga ingin membantu proses pengiriman pesanan kepada pelanggan, sehingga akan semakin memudahkan Anda dalam berjualan.

Beberapa tambahan kriteria ketika memilih supplier sebagai berikut:

  • Supplier harus fast response dan mampu membalas chat dalam kurun waktu di bawah 1 jam.
  • Supplier harus menawarkan dengan harga yang kompetitif.
  • Supplier harus memiliki stok barang yang lengkap dan bervariatif.
  • Supplier harus memiliki review dan rating yang bagus.

Mulai Jualan di Tokopedia

Setelah Anda menemukan supplier yang tepat, maka langkah selanjutnya adalah dengan mulai berjualan di Tokopedia, tentu saja jika hal tersebut merupakan hal yang baru bagi Anda, akan sangat wajar bagi Anda bila harus bekerja lebih keras. Pasalnya, ketika membuka toko di Tokopedia, toko Anda pasti belum memiliki rating dan juga ulasan, sehingga Anda perlu mencari cara bagaimana caranya menarik pelanggan ke dalam toko Anda. Misalnya saja Anda membuat konten promosi di media sosial atau membuat artikel yang mempromosikan bisnis online Anda.

Langkah-Langkah Daftar Akun di Tokopedia

Sebelum Anda memulai untuk berjualan di Tokopedia, tentunya Anda harus mendaftarkan akun Tokopedia Anda terlebih dahulu. Berikut ini merupakan langkah-langkah cara mendaftarkan akun di Tokopedia:

  1. Unduh aplikasi Tokopedia melalui Play Store ataupun App Store.
  2. Buka aplikasi Tokopedia dan klik daftar, kemudian Anda akan diberikan beberapa opsi cara untuk melakukan pendaftaran akun.
  3. Pilih salah satu cara tersebut dan lengkapi data diri Anda.
  4. Lakukan aktivasi akun menggunakan kode yang dikirim ke alamat email atau nomor ponsel Anda.
  5. Akun telah siap dan dapat digunakan untuk membuka toko.

Cara Membuka Toko di Tokopedia

  1. Klik “Buka Toko” yang tersedia di akun Anda.
  2. Buatlah nama toko yang menarik, sehingga calon pelanggan pun akan tertarik berkunjung ke toko Anda.
  3. Lengkapi informasi toko.
  4. Lengkapi informasi pengiriman.
  5. Pilih layanan kurir.
  6. Upload katalog produk yang akan dijual beserta dengan informasi produknya.

Baca juga: Biaya Admin Tokopedia: Mengapa Ada dan Berapa Persentasenya

Jaga Kepuasan Pelanggan Anda Bersama OneTalk

Jaga Kepuasan Pelanggan Anda Bersama OneTalk

Setelah Anda sukses membuat akun, membuka toko, dan mendapatkan pelanggan, tentu saja tantangan selanjutnya adalah menjaga kepuasan pelanggan agar tetap berbelanja di toko Anda. Hal ini karena kepuasaan pelanggan merupakan kunci dari customer loyalty, bahkan ketika seorang pelanggan sudah loyal terhadap toko atau brand Anda, bukan tidak mungkin pelanggan tersebut akan mempromosikan toko Anda.

Perkenalkan OneTalk, kami merupakan layanan omnichannel yang bertujuan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan konsep omnichannel, yaitu sebuah konsep penggabungan media sosial ke dalam satu saluran saja. Mengapa omnichannel? Tentu saja dengan omnichannel, Anda akan semakin dimudahkan untuk menjawab keluhan, pertanyaan, serta pendapat dengan pelanggan secara lebih cepat dan efektif.

Dengan OneTalk, gabungkan seluruh platform media sosial seperti WhatsApp, Instagram, Telegram, Facebook Messenger, dan lain sebagainya. Selain itu, manfaatkan juga fitur Customer Ongoing Case & History untuk selalu  up to date terhadap keluhan pelanggan.

Tunggu apa lagi? Segera jaga kepuasan pelanggan bersama kami OneTalk, hubungi kami sekarang juga. Kunjungi website Taptalk.io untuk artikel bisnis lainnya!

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

26 / 06 / 2023

Dalam era digital yang terus berkembang, fenomena influencer marketing telah mengambil alih dunia pemasaran dengan kilatan kilau yang mengagumkan. Jika Anda telah menjelajahi media sosial dalam beberapa tahun terakhir, Anda mungkin sudah akrab dengan istilah ‘influencer’ atau individu yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi perilaku, pendapat, dan keputusan pembelian orang lain melalui platform online mereka. Influencer […]

Read More

By Jessica Jacob

13 / 12 / 2023

Saat ini, teknologi komunikasi sudah sangat berkembang dengan pesat. Jika dahulu layanan SMS menjadi primadona, kini layanan pengiriman pesan menjadi primadona bagi mayoritas pengguna ponsel pintar.  Salah satu keuntungan yang membedakan antara teknologi SMS dan teknologi layanan pengiriman pesan terletak pada biaya yang harus pengguna bayarkan, di mana pada pengguna SMS mereka harus membayarkan setiap […]

Read More

By Jessica Jacob

06 / 01 / 2024

Business to Customer atau yang lebih dikenal dengan singkatan B2C adalah fondasi dari aktivitas ekonomi modern. Di dalamnya terdapat lintasan yang kompleks dari produk dan layanan yang mengalir dari produsen ke konsumen akhir. Sehingga menjadikan B2C marketing sebagai inti dari proses menghubungkan perusahaan dengan jutaan individu yang menjadi konsumennya. Dalam era digital yang terus berkembang, […]

Read More
1 2 3 110
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer