pt tap talk teknologi blog
Content Intelligence. Light bulb. Person thinking.

Meningkatkan Customer Experience Melalui Content Intelligence

By Ardian
14 / 01 / 2021
content intelligence
Content Intelligence. Light bulb. Person thinking.

Hubungan perusahaan dengan pelanggannya lebih dari sekedar meningkatkan peringkat produk. Memahami perjalanan pelanggan adalah tentang mempelajari apa yang dialami pelanggan sejak mereka mulai mempertimbangkan pembelian hingga proses pembelian produk atau layanan.

Sebuah studi oleh Walker mengatakan bahwa sebanyak 86% pelanggan bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk pengalaman yang lebih baik. Dan riset dari Pwc menunjukkan bahwa 32% pelanggan akan berhenti berbisnis dengan brand yang mereka sukai setelah satu pengalaman buruk.

Meskipun meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi hal yang penting, hal ini juga menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi pebisnis. Untuk memenuhi setiap kebutuhan mereka, Anda perlu mencari sesuatu yang dapat memberikan pengalaman pelanggan yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Apa itu Content Intelligence?

Content Intelligence (CI) adalah sistem dan software yang mengubah data konten dan data bisnis menjadi wawasan yang dapat digunakan untuk menghasilkan strategi dan taktik konten yang berdampak.

Content Intelligence mengintegrasikan beberapa teknologi yang ada dan menerapkannya pada pemasaran konten,. Teknologi yang dimaksud adalah:

1. Machine Learning

Machine learning digunakan untuk menganalisis warna konten Anda, mengidentifikasi pola, dan membuat keputusan berdasarkan data. Machine learning adalah cabang dari artificial intelligence (AI) yang didasarkan pada gagasan bahwa sistem dapat belajar dari data, mengidentifikasi pola, dan membuat keputusan dengan intervensi manusia yang minimal.

Sebagian besar industri yang bekerja dengan data dalam jumlah besar telah menggunakan machine learning. Dengan mengumpulkan wawasan dari data ini (secara real time), perusahaan dapat bekerja lebih efisien atau mendapatkan keunggulan dibandingkan pesaing.

2. Natural Language Processing (NLP)

NLP adalah cabang dari artificial intelligence yang memberi mesin kemampuan untuk membaca, memahami, dan memperoleh makna dari bahasa manusia, seperti ucapan atau teks.

Dengan menggunakan NLP, perusahaan dapat menentukan apa yang dikatakan pelanggan tentang layanan atau produk dengan mengidentifikasi dan mengekstrak informasi dalam sumber seperti media sosial.

3. Big Data

Big data melibatkan analisis kumpulan data yang sangat besar untuk menunjukkan pola, tren, dan asosiasi; terutama yang berkaitan dengan perilaku dan interaksi manusia. Perusahaan menggunakan big data untuk segala hal mulai dari memprediksi kinerja saham hingga perilaku pembelian musiman.

Analitik big data dapat membantu mengubah semua operasi bisnis. Ini termasuk kemampuan untuk menyesuaikan harapan pelanggan, mengubah jajaran produk perusahaan, dan tentu saja membuat kampanye pemasaran yang efektif.

Netflix adalah contoh bagus dari brand besar yang menggunakan analitik big data. Jika Anda seorang pelanggan, Anda pasti tahu bagaimana mereka mengirimi Anda saran tentang film berikutnya yang harus Anda tonton. Pada dasarnya, ini dilakukan menggunakan data penelusuran dan waktu menonton Anda sebelumnya. Data ini digunakan untuk memberi mereka wawasan tentang apa yang paling menarik bagi pelanggan.

4. Artificial Intelligence (AI)

Artificial intelligence adalah cabang dari teknologi informasi yang memungkinkan komputer untuk melakukan tugas dan bereaksi dengan cara manusia. Teknologi yang didukung AI dapat digunakan untuk melakukan tugas yang sebelumnya membutuhkan pengambilan keputusan, pembelajaran, atau kecerdasan manusia.

Berdasarkan input terbatas dan data dalam jumlah besar yang dimilikinya, artificial intelligence menggunakan machine learning untuk menghasilkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti tentang bagaimana Anda dapat mengoptimalkan konten Anda sehingga menjangkau orang dan waktu yang tepat. 

Content Intelligence (CI) pada dasarnya membantu pebisnis memahami konten dan audiens mereka dengan lebih baik sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat dan meningkatkan strategi pemasaran konten mereka.

Keunggulan Content Intelligence

Selain itu, CI menawarkan beberapa keunggulan dalam upaya pemasaran Anda, yaitu:

1. Memahami audiens Anda lebih baik

Content Intelligence memberikan informasi berharga tentang audiens Anda, yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik dan meningkatkan penargetan Anda untuk keterlibatan yang lebih tinggi.

Content Intelligence akan memeriksa semua data pelanggan Anda termasuk demografi, minat, preferensi, interaksi sebelumnya dengan merek Anda, dan perilaku penelusuran untuk memberikan wawasan berharga tentang jenis konten yang harus Anda produksi.

2. Meningkatkan efektivitas pemasaran konten Anda

Content Intelligence dapat menganalisis ribuan data untuk mencari tahu dengan tepat apa yang berhasil untuk audiens Anda. Ini akan membantu Anda membuat konten efektif yang memberikan hasil yang luar biasa.

Anda tidak perlu membuang waktu lagi untuk konten yang tidak efektif ketika sistem content intelligence dapat membantu Anda mengoptimalkan pembuatan konten dan mendapatkan Return on investment (ROI) terbaik dari upaya Anda.

3. Menemukan waktu dan platform terbaik untuk mempromosikan konten Anda

Content Intelligence yang didukung AI dapat digunakan untuk menarik informasi dari data secara otomatis. Itu bisa digunakan untuk menghitung waktu dan channel terbaik untuk memposting konten Anda. Hal ini dapat dilakukan secara real-time karena audiens dan faktor eksternal Anda berubah seiring waktu.

Konklusi

Saat ini, konsumen selalu mencari pengalaman yang lebih otentik dengan brand. Konten adalah langkah yang tepat bagi bisnis untuk terlibat dengan audiens mereka. Dengan CI, brand dapat mencari tahu apa yang diinginkan audiens mereka dan menyajikannya sesuai kebutuhan mereka.

Anda bisa menggunakan bisa meningkatkan customer experience menggunakan OneTalk by TapTalk.io. OneTalk mempunyai fitur Disposition, di mana Anda dapat merangkum setiap case yang masuk untuk dianalisis dan mendapatkan insight business dari customer. Insight ini dapat Anda gunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk brand Anda. 

TapTalk.io selalu peduli dengan pelanggan dan menempatkannya sebagai nomor satu. Itulah mengapa mereka dapat membantu Anda menghasilkan konten yang sesuai dengan pelanggan Anda.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Ardian

09 / 05 / 2022

Pada zaman sekarang, siapa yang tidak tahu WhatsApp? WhatsApp adalah aplikasi pesan  yang memungkinkan Anda bertukar pesan tanpa harus membayar seperti SMS. Aplikasi ini gratis untuk diunduh di android dan iphone, dan bisa digunakan melalui desktop komputer. Anda dapat mengirim pesan, melakukan panggilan suara, dan mengadakan video call hanya dengan menggunakan Wi-Fi atau data seluler. […]

Read More

By Ardian

07 / 12 / 2020

Market turmoil has sparked fears of a recession caused by COVID-19. To gain insight into future paths, business leaders need to pay close attention to market signals across asset classes, but also look outside the market for recession and recovery patterns, as well as the history of epidemics and shocks. The risk of COVID-19 is […]

Read More

By Ardian

08 / 02 / 2021

Tim sales dan marketing selalu dikenal memiliki hubungan yang buruk karena kurangnya keselarasan kerja. Meskipun kedua tim tersebut memiliki tujuan bisnis yang sama, proses kerja mereka sangatlah berbeda sehingga dapat saling bertumpang tindih bahkan berlawanan. Tim marketing terkadang menyalahkan tim sales karena tidak memanfaatkan semua prospek atau konten yang mereka buat. Sebaliknya, tim sales berpikir […]

Read More
1 2 3 55
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer