pt tap talk teknologi blog
6 Alasan Kenapa AIDA Adalah Strategi Pemasaran yang Ampuh!

6 Alasan Kenapa AIDA Adalah Strategi Pemasaran yang Ampuh!

By Jessica Jacob
24 / 02 / 2023

Model AIDA adalah model yang digunakan dalam pemasaran untuk menggambarkan langkah-langkah yang dilalui pelanggan dalam proses pembelian suatu produk. 

Model AIDA telah digunakan sejak akhir abad ke-19 dan telah ditinjau dan dimodifikasi beberapa kali selama bertahun-tahun, baik dalam pemasaran maupun hubungan masyarakat.

Model AIDA dikembangkan oleh pengusaha Amerika, E. St. Elmo Lewis, pada tahun 1898. Tujuan utama awalnya adalah untuk mengoptimalkan panggilan penjualan, khususnya interaksi antara penjual dan pembeli mengenai produk.

6 Alasan Kenapa AIDA Adalah Strategi Pemasaran yang Ampuh!

Lewis dapat dianggap sebagai pelopor dalam hal penggunaan metode ilmiah untuk merancang proses periklanan dan penjualan. 

Diterapkan pada pemasaran dan kewirausahaan, strategi ini sangat berguna untuk mengevaluasi dengan cepat posisi taktik akuisisi pelanggan Anda dan memprioritaskan aktivitas pemasaran Anda. 

Hal ini adalah cara objektif untuk menempatkan upaya pemasaran Anda ke dalam perspektif, dan membagi waktu dan anggaran Anda dengan lebih baik untuk memaksimalkan return.

Key Takeaways:

  • Model AIDA adalah singkatan dari awareness/attention, interest, desire, dan action
  • AIDA marketing mengidentifikasi tahapan kognitif yang dilalui seorang calon konsumen selama proses pembelian untuk suatu produk atau layanan.
  • Di luar itu, AIDA juga digunakan dalam PR untuk merencanakan dan menganalisis keefektifan kampanye PR, dan tetap memberikan informasi berharga untuk analisis pesan iklan. 
  • Model AIDA adalah model komunikasi alih-alih model pengambilan keputusan. 
  • Model ini mengidentifikasi bagaimana dan kapan bisnis berkomunikasi di setiap tahap, karena konsumen menggunakan platform yang berbeda, terlibat dengan titik kontak yang berbeda, dan menuntut informasi yang berbeda dari sumber yang berbeda.

Pengertian AIDA

Model AIDA adalah singkatan dari awareness/attention, interest, desire, dan action. Konsep AIDA adalah salah satu strategi pemasaran yang sudah sangat lama digunakan bisnis. AIDA marketing mengidentifikasi tahapan kognitif yang dilalui seorang calon konsumen selama proses pembelian untuk suatu produk atau layanan. Model ini adalah funneling atau corong  tempat pembeli bolak-balik di setiap tahap, untuk mendukung mereka dalam melakukan pembelian akhir.

Banyak pemasar menganggap AIDA bermanfaat karena menerapkan model ini setiap hari, secara sadar atau tidak sadar, saat merencanakan strategi komunikasi pemasaran.

AIDA bukan lagi hubungan murni antara pembeli dan perusahaan karena media sosial telah memperluasnya untuk mencapai berbagai tujuan melalui informasi yang ditambahkan oleh pelanggan lain melalui media sosial dan komunitas.

Pengertian AIDA

Awareness (Kesadaran)

Jika konten Anda dapat menarik perhatian pelanggan dan melibatkan mereka secara mendalam, audiens target Anda akan mulai penasaran dengan apa yang sebenarnya dilakukan perusahaan Anda.

Pada tahap ini, konsumen bertanya, "Apa itu?"

Untuk mencapai tahap ini, Anda harus terlebih dahulu menampilkan konten Anda di depan mereka. Konten ini hadir dengan peningkatan kesadaran merek dan pengiriman pesan yang efektif.

Interest (Ketertarikan)

Kemudian, setelah target audiens Anda mulai tertarik dengan produk atau layanan Anda, mereka akan ingin mempelajari lebih lanjut tentang merek Anda, manfaat solusi Anda, dan potensi kesesuaian Anda dengan mereka.

Pada tahap ini, tujuannya adalah membuat mereka berpikir, "Saya menyukainya."

Untuk mencapai tahap ini, konten Anda harus persuasif dan menarik. Jika tahap pertama sebelumnya adalah untuk menarik perhatian, tahap ini adalah salah satu tahap yang bertahan lebih lama. 

Desire (Keinginan/Kehendak)

Orang berbisnis dengan orang yang mereka kenal, sukai, dan percayai. Dua tahap pertama dari model AIDA membangun pengetahuan dan banyak lagi.

Tujuan langkah ini adalah mengubah "Saya menyukainya" menjadi "Saya menginginkannya".

Langkah ini dilakukan dengan menetapkan kepercayaan kepada brand.

Untuk melakukannya, konten harus tersedia secara terus menerus. Pastikan mereka mengikuti blog Anda, mengikuti Anda di media sosial, dan mengunduh penawaran. Semakin banyak calon konsumen berinteraksi dengan merek Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan mempercayai Anda dan akhirnya membeli produk atau layanan Anda.

Action (Tindakan)

Setelah Anda menghasilkan cukup keinginan (desire) untuk produk atau layanan Anda, berikan prospek Anda kesempatan untuk menindaklanjutinya. Lagi pula, apa gunanya membuat konten dan membangun hubungan yang mendalam dengan prospek jika tidak ada langkah selanjutnya yang jelas?

Tujuannya adalah membuat mereka memutuskan, "Saya akan membelinya."

Apa pun "langkah selanjutnya", Anda harus memaksa mereka untuk merespons dengan ajakan bertindak yang tidak menimbulkan gesekan tetapi dengan insentif tinggi.

Belakangan ini, konsep AIDA sering dilengkapi dengan "S" untuk “satisfaction” atau "kepuasan", karena produk pada akhirnya harus memuaskan konsumen. Kepuasan pelanggan tidak terletak semata-mata dengan iklan melainkan dengan produk itu sendiri. Oleh karena itu, konstelasi dasar dari keempat fase tersebut hanyalah kebutuhan untuk penjualan.

Dengan dimasukkannya faktor “kepercayaan” (trust), elemen keenam juga dapat ditambahkan. Banyak pemasar juga bekerja dengan model AIDAS untuk mengoptimalkan proses penjualan dan periklanan.

Bagaimana AIDA Digunakan?

Konsep AIDA telah membentuk pandangan tentang strategi pemasaran dan penjualan selama lebih dari 100 tahun. Rumusnya masih dapat ditemukan di buku teks pemasaran standar saat ini. Di luar itu, AIDA juga digunakan dalam PR untuk merencanakan dan menganalisis keefektifan kampanye PR, dan tetap memberikan informasi berharga untuk analisis pesan iklan. Manfaat dari formula sederhana ini dapat ditemukan dalam kesederhanaan dan kemungkinan penerapannya yang fleksibel di area selain penjualan berbasis toko atau alat tulis. Dalam e-commerce misalnya, keefektifan presentasi produk di toko online dapat dianalisis dengan menggunakan empat aspek formula AIDA.

Contoh Penerapan AIDA dalam Bisnis

AIDA adalah konsep strategi pemasaran yang dimulai dari menarik perhatian calon konsumen. Penerapan konsep AIDA pada bisnis harus bisa menjangkau calon konsumen, menarik perhatian konsumen, mempertahankan minat mereka, dan membuatnya membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

  • Awareness: Bagaimana kita membuat pembeli mengetahui produk atau layanan kita? Apa strategi penjangkauan kita? Apa kampanye kesadaran merek kami? Alat atau platform apa yang kami gunakan? Pesannya harus seperti apa?
  • Interest: Bagaimana kita mendapatkan minat mereka? Apa strategi konten kami? Bukti sosial tersedia untuk mendukung reputasi kita? Bagaimana kami membuat informasi ini tersedia dan di mana? 
  • Desire: Apa yang membuat produk atau layanan kita diminati? Bagaimana kita berinteraksi secara pribadi untuk membuat hubungan emosional? Obrolan online? Tanggapan langsung ke umpan Twitter? Berbagi tips dan saran?
  • Action: Apa ajakan untuk bertindak dan di mana kita menempatkannya? Apakah mudah bagi konsumen untuk terhubung dan di mana mereka berharap menemukannya? Pikirkan saluran/platform pemasaran mana yang Anda gunakan dan cara melibatkannya, yaitu di email, situs web, halaman arahan, panggilan telepon masuk, dll.

Baca juga: Pasti Ampuh, Ini Dia Tips Berkomunikasi dengan Pelanggan!

Alasan Mengapa Konsep AIDA Adalah Strategi Pemasaran yang Ampuh

Model AIDA adalah model komunikasi alih-alih model pengambilan keputusan. Model ini mengidentifikasi bagaimana dan kapan bisnis berkomunikasi di setiap tahap, karena konsumen menggunakan platform yang berbeda, terlibat dengan titik kontak yang berbeda, dan menuntut informasi yang berbeda dari sumber yang berbeda.

Jadi, merencanakan kampanye komunikasi yang dipersonalisasi dan ditargetkan menggunakan model ini bisa jadi hanya permulaan.

1. Konsep AIDA Sederhana untuk digunakan

Keunggulan utama konsep AIDA adalah kesederhanaannya. Desainnya yang lugas membuat model ini tidak lekang oleh waktu sehingga masih dapat digunakan hingga saat ini. Misalnya, jika pemasar ingin mengoptimalkan keberadaan online merek mereka, mereka dapat menggunakan model AIDA sebagai daftar periksa untuk mengidentifikasi potensi kelemahan. 

Berdasarkan empat tahapan model AIDA, mereka dapat mengajukan pertanyaan seperti:

  • Apakah situs web mudah ditemukan?
  • Apakah deskripsi produk, dll., cukup menarik untuk menarik minat?
  • Apakah kesan keseluruhan website membuat pelanggan ingin membeli produk atau jasa yang ditawarkan?
  • Apakah ada elemen ajakan bertindak yang ditempatkan dengan cerdik yang berhasil membujuk pengguna untuk mengambil tindakan?

2. Konsep AIDA Dapat menyortir strategi pemasaran di setiap kategori

Keuntungan dari model AIDA adalah Anda dapat menyortir semua aktivitas pemasaran Anda saat ini di setiap kategori untuk melihat apakah Anda mencakup semua basis, atau jika Anda harus memberikan upaya lebih di titik tertentu. 

Model AIDA merupakan versi saluran penjualan yang disederhanakan: calon konsumen Anda harus melalui setiap langkah berbeda untuk, pada akhirnya, menjadi pelanggan.

3. Konsep AIDA adalah kerangka kerja yang kokoh

Terlepas dari kekurangannya, model AIDA adalah kerangka kerja yang kokoh untuk memandu audiens Anda melalui perjalanan pembeli dan mendorong mereka untuk bertindak. Dan jika Anda menerapkannya pada pemasaran konten Anda, Anda akan memanfaatkan formula yang terbukti dapat secara konsisten melibatkan, membujuk, dan mengubah audiens menjadi pelanggan. Namun, itu dimulai dengan mengetahui perjalanan pelanggan Anda.

4. Membantu bisnis memfokuskan strategi

Model AIDA membantu organisasi memfokuskan upaya mereka saat mengoptimalkan aktivitas pemasaran mereka berdasarkan perjalanan pelanggan. Pesannya jelas. Agar pesan iklan berhasil, ia harus "mengangkat" bobot tertentu dari perhatian dan minat calon pelanggan sebelum bisa menjadi penjualan.

TapTalk.io Bantu Bisnis Melakukan AIDA

Anda dapat mengaplikasikan AIDA bersama OneTalk by TapTalk.io. Libatkan calon pelanggan Anda melalui konten lewat OneTalk. OneTalk adalah omnichannel messaging solution yang mengintegrasi berbagai channel perpesanan dalam satu dasbor. Hal ini memungkinkan komunikasi yang lancar dan responsif antara calon pelanggan/pelanggan dengan Anda.

Tidak hanya melakukan strategi AIDA, Anda juga sekaligus mendapatkan dukungan sales, marketing, dan support yang efektif.

Aman dan terpercaya, tim kami akan membantu setiap kebutuhan Anda. Bersama OneTalk, Anda dapat menikmati berbagai keuntungan lainnya, salah satunya adalah Welcome Message dan Away Message. 

Tidak hanya itu, Advanced Broadcast Message dari OneTalk juga dapat menjadi bagian dari strategi marketing AIDA Anda, yakni Awareness. Dengan fitur Advanced Broadcast Message dari OneTalk, Anda dapat mengirimkan pesan dalam jumlah banyak secara bersamaan ke banyak kontak sekaligus. Anda juga bisa mengirimkan pesan ke segmen pelanggan tertentu, menjadwalkan broadcast, mengirim berbagai bentuk pesan, dan masih banyak lagi.

Sangat menguntungkan bukan? Anda bahkan bisa menerapkan strategi tambahan, yaitu “satisfaction” dengan menggunakan OneTalk sebagai strategi customer support Anda. Berada di berbagai channel yang digunakan pelanggan Anda akan meningkatkan engagement rate brand Anda dan pada akhirnya meningkatkan kepuasan pelanggan.

Hubungi agent kami di sini dan jadikan kami bagian dari kolaborasi aman strategi AIDA Anda.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

04 / 02 / 2024

Dalam era digital ini, bisnis B2B (business to business) menjadi semakin penting dalam perekonomian global. Model bisnis B2B tidak hanya menjalankan operasional tradisional, tetapi juga mengadopsi teknologi dan strategi digital untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan keunggulan bersaing.  Dalam blog ini, Anda akan memahami lebih dalam tentang perusahaan B2B, karakteristiknya, apa bedanya dengan B2C, dan bagaimana […]

Read More

By Ardian

03 / 02 / 2022

Pelanggan seringkali harus bolak-balik berganti platform pesan dan aplikasi untuk membeli suatu produk. Faktanya, platform perpesanan sangat penting untuk menyediakan komunikasi yang disukai oleh pelanggan Anda. Komunikasi yang baik membawa sejumlah manfaat bagi bisnis Anda. Perusahaan mungkin bertanya-tanya bagaimana strategi pemasaran dan komunikasi mereka dapat menyelesaikan masalah ini. Penting untuk memastikan bahwa Anda selalu dapat […]

Read More

By Jessica Jacob

04 / 06 / 2022

Table of Contents Is customer loyalty program truly a key for a successful marketing strategy? What is a customer loyalty program?How Loyalty Programs Benefit Your Business1. Build Relationships with Customers2. Differs you from Competitors3. Creating Customer Advocacy4. Better Customer Retention5. Cost Efficient6. User Generated ContentExamples of Customer Loyalty Program1. Membership2. Limited events3. PartnershipHow To Build Loyalty […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer