Bisa berkomunikasi dengan pelanggan sangatlah penting bagi pemilik Small to Medium Enterprises. Namun, channel komunikasi apa yang tepat?
Dengan 2 miliar pengguna aktif bulanan, WhatsApp menjadi platform yang tepat untuk pemilik bisnis kecil yang ingin berkomunikasi dengan pelanggan mereka.
Pada tahun 2018, aplikasi ini secara khusus menciptakan WhatsApp Business untuk para pemilik usaha kecil. Dengan WhatsApp Business, mereka dapat terhubung dengan pelanggan dan memiliki customer service yang lebih personal.
Table of Contents
WhatsApp Business adalah aplikasi perpesanan gratis yang dibuat dengan mempertimbangkan para pemilik usaha kecil.
Dengan WhatsApp Business, brand bisa membuat profil bisnis dan membangun kepercayaan di antara pelanggannya. Mereka juga bisa membagikan informasi kontak dan jam operasionalnya.
Meskipun memiliki tampilan yang serupa dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Business memiliki fitur yang lebih menarik.
Sebenarnya, WhatsApp memiliki dua produk utama untuk bisnis: WhatsApp Business for SME dan WhatsApp Business API. Perbedaan dari dua produk ini adalah proses pembuatan akunnya.
Untuk membuat akun WhatsApp Business, Anda hanya membutuhkan nomor handphone, sedangkan WhatsApp Business API membutuhkan beberapa dokumen yang legal, seperti SIUP dan NPWP. Selain itu, akun WhatsApp Business API Anda membutuhkan ID Bisnis Manager Facebook untuk bisa diverifikasi.
WhatsApp Business memiliki berbagai fitur yang dapat membantu bisnis Anda tetap berhubungan dengan pelanggan yang sudah ada, dan mengelola penjualan. Berikut ini terdapat beberapa pemanfaatan fitur WhatsApp Business yang bisa Anda lakukan
Aplikasi ini memudahkan pengaturan pesan otomatis untuk dikirim ke pelanggan. Misalnya, Anda dapat mengirimi mereka pesan ucapan terima kasih atau selamat datang ketika mereka mulai mengirim pesan, atau mengirimi mereka tautan ke produk yang paling populer.
Anda juga dapat mengatur 'quick reply', yang memungkinkan Anda untuk menjawab FAQ seperti 'berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengirimkan?' tanpa harus menjawab satu per satu pelanggan yang mempunyai pertanyaan yang sama.
Dengan menggunakan pesan otomatis dan balasan cepat, layanan Anda dapat dipastikan selalu aktif bahkan di luar jam operasional Anda.
Baca juga: Ini Dia 7 Keuntungan Menggunakan Chatbot
Menyiapkan profil adalah salah satu cara untuk meningkatkan citra brand di WhatsApp. Profil Anda dapat menyertakan informasi penting, seperti:
WhatsApp Business juga memungkinkan Anda mengatur katalog toko untuk menampilkan semua produk atau layanan bisnis. Anda dapat menyertakan detail semua produk Anda, seperti harga, deskripsi, gambar, dan kode produk.
Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan label ke pelanggan. Dengan demikian, mengidentifikasi pelanggan menjadi lebih murah. Anda bisa tahu apakah mereka pelanggan baru, perlu membayar Anda, atau menunggu pengiriman produk Anda.
Sama seperti fitur WhatsApp biasa, WhatsApp Business juga dapat mengetahui kapan sebuah pesan telah terkirim dan dibaca.
Meskipun memiliki banyak fitur yang menarik, sayangnya WhatsApp Business hanya bisa diakses melalui satu perangkat dengan satu pengguna. Atau, pemilik bisnis menggunakan aplikasi ini di dua perangkat dengan cara menghubungkan handphone mereka ke WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop.
Namun, di bawah program beta baru, WhatsApp telah memperluas batas aksesnya. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus bergabung atau ikut serta dalam program multi-device beta.
Ketika Anda bergabung dengan program tersebut, Anda bisa menggunakan WhatsApp Business di empat perangkat tambahan sekaligus. Dan semua pesan, media, atau panggilan Anda di empat perangkat tersebut dienkripsi end-to-end.
Cara untuk bergabung dengan program multi-device beta sangatlah mudah. Pertama, pastikan telah memperbarui WhatsApp di perangkat Anda ke versi terbaru.
Setelah bergabung dengan multi-perangkat beta, Anda harus menautkan kembali perangkat pendamping Anda.
Untuk pengguna Android:
Untuk pengguna iPhone:
Setelah Anda bergabung dengan program beta, sambungkan perangkat lainnya ke handphone Anda. Setelah itu, agent Anda baru bisa mengakses WhatsApp Business di perangkat tambahan.
Menggunakan WhatsApp Business dengan banyak pengguna memang nyaman untuk bisnis kecil, tetapi ini hanya solusi sementara.
Saat bisnis sudah berkembang, Anda akan segera menghadapi masalah dengan menggunakan perangkat yang ditautkan seperti:
Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, penyedia layanan omnichannel, seperti OneTalk bisa menjadi solusi yang tepat.
Baca juga: Desain Chat Menarik untuk Bangun Kepercayaan Pelanggan
OneTalk by TapTalk bisa membantu bisnis terhubung dengan mengintegrasi WhatsApp ke dasbornya. Dengan aplikasi omnichannel ini, Anda bisa mendapatkan notifikasi real-time, mengirim file dan dokumen, dan mengirim pesan welcome & away.
Selain itu, OneTalk juga memungkinkan akses oleh multiple agents dalam saat yang bersamaan dan mengirim pesan Quick Reply seperti di WhatsApp Business. Anda bahkan dapat berbagi kerjaan atau menugasi beberapa agent karena OneTalk memungkinkan Anda memiliki beberapa admin di satu nomor.
Tidak hanya menawarkan WhatsApp for SME, OneTalk juga menyediakan WhatsApp Business API. Bedanya adalah WhatsApp Business API lebih dikhususkan ke perusahaan dengan skala yang lebih besar.
WhatsApp Business API juga memiliki tampilan yang lebih kredibel dengan logo centang hijaunya, tetapi Anda juga perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk menggunakan WhatsApp ini.
Dengan OneTalk, Anda juga bisa menggunakan fitur Broadcast Message dengan mudah. Fitur ini memungkinkan Anda mengirim pesan ke beberapa penerima sekaligus. Namun, perlu diingat bahwa WhatsApp ingin melindungi pengguna dari spamming di platform mereka. Oleh karena itu, pesan broadcast yang Anda kirim hanya dapat menjangkau pengguna yang menyimpan nomor WhatsApp Business Anda di Kontak mereka.
Siap untuk memulai dengan WhatsApp Business for SME atau WhatsApp Business API? Dengan OneTalk, Anda bisa langsung menggunakan WhatsApp Business dengan banyak agent setelah mendaftar.
Jika Anda tertarik dengan layanan kami dan ingin mengetahui lebih lanjut, Anda bisa melihat detail lebih lanjut untuk mengetahui fitur, harga, atau hubungi agent kami di sini.
Baca juga: Balas Pesan Pelanggan Gak Usah Pakai Mimin, Pakai Chatbot Aja!
By Jessica Jacob
Untuk menjadi pebisnis yang sukses di era digital seperti sekarang, tidaklah cukup bila Anda hanya mengetahui teori-teori manajemen dan bisnis konvensional. Anda tidak dapat memaksimalkan bisnis Anda, terutama dalam hal marketing bila tidak memahami perkembangan IT saat ini. Apa lagi fakta lebih dari setengah masyarakat dunia telah aktif menggunakan internet. Social Media Marketing adalah salah […]
By Ardian
The ongoing COVID-19 pandemic storms have proved to be very effective in significantly changing consumer behavior. Most of the middle class and above (the middle class) withhold spending or spending in response to economic uncertainty and the risk of recession. The impact of this behavioral change is very clear, household consumption spending has fallen sharply […]
By Ardian
Selama pandemi COVID-19 (corona virus), aktivitas sehari-hari kita menjadi lebih terbatas. Sebagian dari kita mungkin akan lebih memilih berada di dalam rumah saja dan sisanya akan menjalankan aktivitasnya di era #NewNormal sesuai dengan protokol kesehatan. Meskipun kita sedang melalui sebuah masa yang belum pernah terjadi sebelumnya, kita bisa memanfaatkan peluang yang ada. Misalnya adalah meningkatkan […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)