Bisa berkomunikasi dengan pelanggan sangatlah penting bagi pemilik Small to Medium Enterprises. Namun, channel komunikasi apa yang tepat?
Dengan 2 miliar pengguna aktif bulanan, WhatsApp menjadi platform yang tepat untuk pemilik bisnis kecil yang ingin berkomunikasi dengan pelanggan mereka.
Pada tahun 2018, aplikasi ini secara khusus menciptakan WhatsApp Business untuk para pemilik usaha kecil. Dengan WhatsApp Business, mereka dapat terhubung dengan pelanggan dan memiliki customer service yang lebih personal.
Table of Contents
WhatsApp Business adalah aplikasi perpesanan gratis yang dibuat dengan mempertimbangkan para pemilik usaha kecil.
Dengan WhatsApp Business, brand bisa membuat profil bisnis dan membangun kepercayaan di antara pelanggannya. Mereka juga bisa membagikan informasi kontak dan jam operasionalnya.
Meskipun memiliki tampilan yang serupa dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Business memiliki fitur yang lebih menarik.
Sebenarnya, WhatsApp memiliki dua produk utama untuk bisnis: WhatsApp Business for SME dan WhatsApp Business API. Perbedaan dari dua produk ini adalah proses pembuatan akunnya.
Untuk membuat akun WhatsApp Business, Anda hanya membutuhkan nomor handphone, sedangkan WhatsApp Business API membutuhkan beberapa dokumen yang legal, seperti SIUP dan NPWP. Selain itu, akun WhatsApp Business API Anda membutuhkan ID Bisnis Manager Facebook untuk bisa diverifikasi.
WhatsApp Business memiliki berbagai fitur yang dapat membantu bisnis Anda tetap berhubungan dengan pelanggan yang sudah ada, dan mengelola penjualan. Berikut ini terdapat beberapa pemanfaatan fitur WhatsApp Business yang bisa Anda lakukan
Aplikasi ini memudahkan pengaturan pesan otomatis untuk dikirim ke pelanggan. Misalnya, Anda dapat mengirimi mereka pesan ucapan terima kasih atau selamat datang ketika mereka mulai mengirim pesan, atau mengirimi mereka tautan ke produk yang paling populer.
Anda juga dapat mengatur 'quick reply', yang memungkinkan Anda untuk menjawab FAQ seperti 'berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengirimkan?' tanpa harus menjawab satu per satu pelanggan yang mempunyai pertanyaan yang sama.
Dengan menggunakan pesan otomatis dan balasan cepat, layanan Anda dapat dipastikan selalu aktif bahkan di luar jam operasional Anda.
Baca juga: Ini Dia 7 Keuntungan Menggunakan Chatbot
Menyiapkan profil adalah salah satu cara untuk meningkatkan citra brand di WhatsApp. Profil Anda dapat menyertakan informasi penting, seperti:
WhatsApp Business juga memungkinkan Anda mengatur katalog toko untuk menampilkan semua produk atau layanan bisnis. Anda dapat menyertakan detail semua produk Anda, seperti harga, deskripsi, gambar, dan kode produk.
Aplikasi ini memiliki fitur yang memungkinkan Anda untuk menambahkan label ke pelanggan. Dengan demikian, mengidentifikasi pelanggan menjadi lebih murah. Anda bisa tahu apakah mereka pelanggan baru, perlu membayar Anda, atau menunggu pengiriman produk Anda.
Sama seperti fitur WhatsApp biasa, WhatsApp Business juga dapat mengetahui kapan sebuah pesan telah terkirim dan dibaca.
Meskipun memiliki banyak fitur yang menarik, sayangnya WhatsApp Business hanya bisa diakses melalui satu perangkat dengan satu pengguna. Atau, pemilik bisnis menggunakan aplikasi ini di dua perangkat dengan cara menghubungkan handphone mereka ke WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop.
Namun, di bawah program beta baru, WhatsApp telah memperluas batas aksesnya. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus bergabung atau ikut serta dalam program multi-device beta.
Ketika Anda bergabung dengan program tersebut, Anda bisa menggunakan WhatsApp Business di empat perangkat tambahan sekaligus. Dan semua pesan, media, atau panggilan Anda di empat perangkat tersebut dienkripsi end-to-end.
Cara untuk bergabung dengan program multi-device beta sangatlah mudah. Pertama, pastikan telah memperbarui WhatsApp di perangkat Anda ke versi terbaru.
Setelah bergabung dengan multi-perangkat beta, Anda harus menautkan kembali perangkat pendamping Anda.
Untuk pengguna Android:
Untuk pengguna iPhone:
Setelah Anda bergabung dengan program beta, sambungkan perangkat lainnya ke handphone Anda. Setelah itu, agent Anda baru bisa mengakses WhatsApp Business di perangkat tambahan.
Menggunakan WhatsApp Business dengan banyak pengguna memang nyaman untuk bisnis kecil, tetapi ini hanya solusi sementara.
Saat bisnis sudah berkembang, Anda akan segera menghadapi masalah dengan menggunakan perangkat yang ditautkan seperti:
Untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, penyedia layanan omnichannel, seperti OneTalk bisa menjadi solusi yang tepat.
Baca juga: Desain Chat Menarik untuk Bangun Kepercayaan Pelanggan
OneTalk by TapTalk bisa membantu bisnis terhubung dengan mengintegrasi WhatsApp ke dasbornya. Dengan aplikasi omnichannel ini, Anda bisa mendapatkan notifikasi real-time, mengirim file dan dokumen, dan mengirim pesan welcome & away.
Selain itu, OneTalk juga memungkinkan akses oleh multiple agents dalam saat yang bersamaan dan mengirim pesan Quick Reply seperti di WhatsApp Business. Anda bahkan dapat berbagi kerjaan atau menugasi beberapa agent karena OneTalk memungkinkan Anda memiliki beberapa admin di satu nomor.
Tidak hanya menawarkan WhatsApp for SME, OneTalk juga menyediakan WhatsApp Business API. Bedanya adalah WhatsApp Business API lebih dikhususkan ke perusahaan dengan skala yang lebih besar.
WhatsApp Business API juga memiliki tampilan yang lebih kredibel dengan logo centang hijaunya, tetapi Anda juga perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk menggunakan WhatsApp ini.
Dengan OneTalk, Anda juga bisa menggunakan fitur Broadcast Message dengan mudah. Fitur ini memungkinkan Anda mengirim pesan ke beberapa penerima sekaligus. Namun, perlu diingat bahwa WhatsApp ingin melindungi pengguna dari spamming di platform mereka. Oleh karena itu, pesan broadcast yang Anda kirim hanya dapat menjangkau pengguna yang menyimpan nomor WhatsApp Business Anda di Kontak mereka.
Siap untuk memulai dengan WhatsApp Business for SME atau WhatsApp Business API? Dengan OneTalk, Anda bisa langsung menggunakan WhatsApp Business dengan banyak agent setelah mendaftar.
Jika Anda tertarik dengan layanan kami dan ingin mengetahui lebih lanjut, Anda bisa melihat detail lebih lanjut untuk mengetahui fitur, harga, atau hubungi agent kami di sini.
Baca juga: Balas Pesan Pelanggan Gak Usah Pakai Mimin, Pakai Chatbot Aja!
By Jessica Jacob
Beriring dengan meningkatnya kasus di seluruh dunia, tahun 2020 terbukti telah memberikan dampak negatif bagi revenue beberapa industri. Di antara industri-industri yang terkena dampak COVID-19, industri ritel adalah salah satu yang paling terdampak. Dengan tutupnya toko fisik/offline di seluruh dunia karena pembatasan sosial, bisnis tanpa toko online mengalami kesulitan untuk mempertahankan penjualan pada masa pandemi […]
By Jessica Jacob
Konsumen di seluruh dunia mengalihkan sebagian besar pembelian mereka ke retailers online ketika pandemi COVID-19 melanda pada tahun 2020. Penjualan e-commerce meningkat sebesar 43%, atau hampir $250 miliar, pada tahun 2020. Lebih dari 50% konsumen grosir online juga menyatakan bahwa mereka berencana untuk berbelanja online bahkan setelah pandemi. Tidak diragukan lagi, peluang berjualan online telah […]
By Jessica Jacob
Knowing the difference between a lead and a prospective leader is one of the most difficult tasks for salespeople. Not everyone you speak with will be a good match for your product or service, and successful salespeople should be able to identify these folks early on. When making the exploratory call, you must choose between […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)