pt tap talk teknologi blog

Solusi Untuk Menangani Customer di Era New Normal

By Ardian
17 / 07 / 2020

Kita hidup di masa-masa sulit yang penuh dengan ketidakpastian. Tidak ada yang bisa menjamin atau tahu untuk apa yang akan terjadi dalam wabah COVID-19 ini. Bisnis yang ingin bertahan di masa COVID-19 ini harus menjaga komunikasi yang konsisten dan relevan dengan customer selama pandemi. Para pemilik bisnis dan konsumer tentu nya juga harus beradaptasi dengan lingkungan ‘new normal’ ini. Sekarang, tantangan terbesar bagi pemilik bisnis adalah bagaimana caranya untuk mempertahankan arus komunikasi terhadap customer mereka secara konsisten dan relevan. Terutama jika bisnis Anda berencana untuk kembali beroperasi di dalam beberapa minggu yang mendatang.

Menurut riset yang kami lakukan, ada beberapa cara yang menurut kami bisa Anda ikuti untuk melayani customer Anda di masa pandemi ini.

  1. Komunikasi dengan baik
    Di masa yang sulit ini, penting untuk Anda tetap berkomunikasi dan melayani customer Anda. Lebih baik berkomunikasi sering daripada kurang berkomunikasi. Yang ditakutkan oleh customer Anda di saat pandemi ini adalah ketidakpastian. Berkomunikasi dengan pelanggan Anda tidak akan mengurangi ketidakpastian global seputar krisis kesehatan. Namun, itu akan memberikan sedikit kepastian tentang bagaimana bisnis Anda beroperasi dan bertahan di saat pandemi ini.

  2. Dengarkan keluhan customer Anda
    Untuk lebih memahami kebutuhan cutomer Anda, kami merekomendasikan untuk secara aktif mendengarkan masalah customer Anda ketika Anda berbicara dengan customer Anda. Karena keluhan yang dihadapi customer Anda terhadap produk Anda, karena bisa saja keluhan di masa lalu itu sangat berbeda dengan keluhan yang mereka hadapi di hari ini. Kami sarankan menempatkan diri Anda pada posisi customer Anda. Ketahuilah bahwa customer bisa menjadi emosional dan cemas. Dengan memberikan empati berarti Anda mengerti situasi customer Anda, tetapi itu bukan berarti Anda harus memberikan semua yang mereka minta. Maka dari itu, dengarkan keluhan customer Anda.

  3. Mindset dimana customer adalah raja
    Kebutuhan customer Anda harus selalu menjadi yang utama dalam segala hal. Saat customer menghubungi Anda, Anda harus pertimbangkan terlebih dahulu apa yang paling perlukan customer Anda saat ini, apakah itu informasi yang akan Anda berikan relevan dan tepat waktu?

  4. Siap siaga dalam melayani customer Anda
    Jika customer Anda telah menghubungi Anda, penting untuk membalas mereka cepat. Karena customer ingin diperhatikan dan ingin mendapatkan solusi tercepat terhadap kendala yang mereka alami. Atribut terpenting untuk memberikan customer Anda pengalaman baik adalah waktu respons yang cepat. Karena itu, merespons dengan cepat berarti Anda memenuhi harapan pelanggan.

Keberhasilan bisnis Anda dapat bergantung pada seberapa baik Anda memenuhi perubahan kebutuhan pelanggan. Jika Anda sudah melakukan 4 hal diatas, yang harus Anda lakukan setelah itu adalah untuk menadaptaskan bisnis Anda dengan situasi pandemi ini. Misalnya, para bisnis sekarang dapat melayani customer secara vitual dan menggunakan layanan sosial lainnya dengan bantuan teknologi. Untuk bisnis online, pastikan bisnis Anda masih bisa dijangkau di saat #NewNormal ini. Dengan OneTalk by TapTalk.io, Anda dapat menjangkau customer dari berbagai aplikasi messenger dan juga sebaliknya. Customers dan konsumen Anda-pun dapat belanja dan tanya jawab bebas repot via online dengan omnichannel OneTalk by TapTalk.io. Gunakan OneTalk untuk mempermudah kinerja Anda.

Semoga bermanfaat dan semoga tips dan trik yang kami berikan bisa memberikan insight untuk membantu Anda menyusun strategi di masa pandemi ini!

Trial Akun Demo TapTalk
Ardian
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

16 / 02 / 2023

It is critical to connecting with customers at the right time for profitable customer engagement. Wishing someone a happy birthday and offering them a discount code, or informing them that an item in their cart is out of stock, can mean the difference between them converting or leaving. However, even if you are speaking to […]

Read More

By Jessica Jacob

16 / 12 / 2023

Dalam era bisnis yang penuh tantangan, memahami dan mengukur kinerja organisasi menjadi kunci utama dalam meraih keberhasilan jangka panjang. Salah satu alat yang muncul sebagai panduan esensial dalam manajemen strategis adalah Balanced Scorecard (BSC). Diperkenalkan pada tahun 1992 oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton, BSC bukan hanya menjadi alat pengukur kinerja, tetapi juga […]

Read More

By Jessica Jacob

29 / 09 / 2022

Pernahkah Anda mendapat respon otomatis ketika menghubungi sebuah bisnis? Di era customer relationship yang kian berkembang, chatbot menjadi solusi percakapan bersama pelanggan.  Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin banyak perusahaan yang beralih dari menggunakan platform tradisional ke melakukan bisnis online. Bisnis menghadirkan kepuasan pelanggan melalui teknologi dengan mengintegrasikan metode Artificial Intelligence (AI) pada platform digital mereka.  […]

Read More
1 2 3 144
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer