Belakangan ini, chatbot WhatsApp telah menjadi salah satu alat yang harus dimiliki oleh bisnis yang ingin berinteraksi lebih baik dengan pelanggan mereka.
Jika Anda memiliki bisnis online, Anda tentu tahu bahwa pelanggan mencari respon bisnis yang cepat. Oleh karena itu, chatbot WhatsApp dapat memberdayakan proses komunikasi bisnis Anda untuk memenuhi harapan audiens Anda soal kecepatan.
80% bisnis menengah & besar yang menggunakan chatbot WhatsApp setuju bahwa fitur itu membantu mereka meningkatkan pemasaran dan customer support.
Namun, bagaimana cara membuat dan tutorial menggunakan chatbot WhatsApp? Dan, apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dari fitur chatbot? Temukan jawabannya di blog ini.
Table of Contents
Tidak semua nomor WhatsApp biasa bisa mengaktifkan fitur chatbot. Oleh karena itu, ada sejumlah langkah yang perlu Anda lakukan untuk bisa menggunakan chatbot.
Sebelum Anda mendaftarkan bisnis ke WhatsApp Business API, pastikan Anda telah memenuhi syarat dan ketentuannya.
WhatsApp sangat memperhatikan industri tempat bisnis Anda beroperasi. Misalnya, bagi Anda yang bergerak di industri berikut, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan akses API
Nah, bagi Anda yang bergerak di industri berikut, Anda akan lebih mudah mendapatkan akses API
Berikut daftar lengkap batasan perdagangan WhatsApp: https://www.whatsapp.com/legal/commerce-policy/
Sebelum Anda ingin membuat chatbot WhatsApp, Anda harus menyiapkan WhatsApp Business API.
WhatsApp Business API memudahkan bisnis untuk berkomunikasi dengan pelanggannya. Selain itu, akun WhatsApp Business akan terverifikasi dengan centang hijau sehingga terlihat kredibel.
Sebelum mendapatkan WhatsApp Business API, Anda membutuhkan:
Namun, proses daftar WhatsApp Business API biasanya membutuhkan proses yang lama. Karena itu, Anda dapat mencari penyedia layanan WhatsApp Business API terpercaya di Indonesia, seperti OneTalk by Taptalk.io.
Bila Anda menggunakan OneTalk untuk menggunakan WhatsApp Business API, Anda bisa langsung login ke panel TapTalk.io.
Setelah itu, Anda dapat mengklik “Integrasi” yang ada di menu samping untuk melakukan pengaturan akun.
Sebelum menyusun pesan-pesan otomatis chatbot, bisnis perlu merencanakan alur dialog, yaitu,
Saat merencanakan alur percakapan, perusahaan perlu melakukan diskusi yang ketat dan menyeluruh secara internal. Bisnis perlu merencanakan semua kemungkinan kasus komunikasi dan jawaban atas semua pertanyaan yang mungkin dimiliki pelanggan atau chatbot akan gagal.
Mulailah dengan pesan menarik untuk menyapa orang-orang yang memulai percakapan dengan chatbot Anda.
Tambahkan elemen, seperti nama mereka agar obrolan terasa lebih personal dan tidak seperti berbicara pada “bot”.
Setelah perkenalan selesai, Anda dapat melanjutkan ke pembuatan menu sehingga orang tersebut dapat memilih opsi yang mereka minati.
Isi menunya bisa berupa kumpulan pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan.
Berikut contoh FAQ yang perlu Anda siapkan jawabannya.
Setelah menyiapkan berbagai percakapan, ada baiknya untuk menyiapkan percakapan yang memberikan “jalan keluar” yang mulus bagi pelanggan setelah chatbot menjawab pertanyaan mereka.
Sesuatu yang sederhana, seperti “Ada lagi yang bisa saya bantu?” dapat membantu memenuhi keinginan pelanggan yang ingin didengarkan sampai akhir.
Nah, sebelum meluncurkan chatbot WhatsApp Anda, pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu dengan beberapa contoh kasus. Lihat apakah chatbot itu merespons seperti yang akan ditanggapi oleh tim customer support perusahaan Anda.
Jika semua terlihat baik-baik saja, Anda bisa langsung menggunakannya.
Baca juga: Ini Dia 7 Keuntungan Menggunakan Chatbot
Jika Anda memiliki klien yang sangat kecil, Anda mungkin dapat bertahan dengan merespons setiap pesan secara manual. Namun, ketika bisnis Anda tumbuh, itu akan menjadi lebih sulit.
Percayalah bahwa berinvestasi di chatbot WhatsApp bukanlah ide yang buruk! Solusi asisten virtual ini dapat meringankan kebutuhan untuk menyiapkan dan menjaga tim layanan pelanggan.
Berikut beberapa manfaat yang akan tim support dapatkan dengan menggunakan chatbot WhatsApp
Baca juga: Ini Dia Cara Membalas Pesan Otomatis di WhatsApp
Tanpa akses ke API WhatsApp Business, Anda tidak dapat membuat Chatbot WhatsApp Anda menangani pertanyaan penjualan & pelanggan.
OneTalk dapat membantu Anda mendapatkan WhatsApp Business API (beserta chatbot-nya). Tidak hanya itu, OneTalk juga masih memiliki berbagai fitur menarik yang bisa membantu tim customer support Anda, seperti:
Melihat berbagai keuntungan chatbot, yuk tingkatkan kepuasan pelanggan dengan OneTalk. Klik di sini untuk mengobrol dengan agent kami dan melihat lebih banyak fitur menarik untuk bisnis Anda!
By Jessica Jacob
Apakah Anda seorang calon pengusaha yang berencana untuk memulai bisnis digital, tapi tidak yakin harus mulai dari mana? Atau, Anda seorang pemilik bisnis berpengalaman yang menjalankan bisnis offline dan ingin mencobanya secara online? Apa pun masalahnya, "digital" adalah kata kunci baru dan telah menjadi kebutuhan! Di masa sekarang, Anda mungkin tidak bisa melakukan banyak hal […]
By Jessica Jacob
Dulu, hampir semua perusahaan hanya fokus ke pengalaman pelanggan atau customer experience (CX), seperti bagaimana memberikan pelayanan terbaik, cara memuaskan mereka, dan sebagainya. Namun, pengalaman karyawan atau employee experience (EX) juga sama pentingnya di masa ini. Kenapa employee experience juga penting? Secara sederhana, employee experience adalah seluruh pengalaman seorang pegawai di sebuah perusahaan, seperti interaksi […]
By Jessica Jacob
It is critical to connecting with customers at the right time for profitable customer engagement. Wishing someone a happy birthday and offering them a discount code, or informing them that an item in their cart is out of stock, can mean the difference between them converting or leaving. However, even if you are speaking to […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)