pt tap talk teknologi blog
Integrasi Channel Terbaru 'WhatsApp Cloud API' dengan OneTalk

Integrasi Channel Terbaru 'WhatsApp Cloud API' dengan OneTalk

By Jessica Jacob
23 / 06 / 2022
Integrasi Channel Terbaru 'WhatsApp Cloud API' dengan OneTalk

Baru-baru ini, perusahaan Meta kembali merilis teknologi terbaru mereka yaitu, WhatsApp Cloud API (Application Program Interface), setelah peluncuran WhatsApp Business API sukses besar pada tahun 2018 lalu. WhatsApp Cloud API sendiri sebenarnya hampir mirip dengan WhatsApp Business API, tetapi WhatsApp Cloud API bisa memudahkan bisnis di skala apapun, memperoleh WhatsApp Business API untuk meningkatkan pengalaman pelanggan mereka.

WhatsApp Cloud API (Application Program Interface)

Apa Itu WhatsApp Cloud API?

Singkatnya, WhatsApp Cloud API merupakan versi cloud dari WhatsApp Business API yang memungkinkan para pelaku bisnis dan developer bisa personalisasi fitur dan antarmuka (interface) sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, pebisnis harus bekerja sama dengan Business Solution Provider (BSP) terlebih dahulu untuk bisa memperoleh WhatsApp Business API. Namun dengan adanya WhatsApp Cloud API, bisnis tidak perlu lagi menggunakan pihak ketiga seperti BSP untuk menggunakan WhatsApp Business API.

Mark Zuckerberg, selaku CEO Meta, mengklaim bahwa fasilitas ini bisa menjadi solusi bagi bisnis untuk memangkas biaya server dan memudahkan bisnis untuk mengakses fitur-fitur terbaru dari WhatsApp Business. Sebelum WhatsApp Cloud API dirilis, untuk memperoleh WhatsApp Business API dibutuhkan proses yang cukup sulit dan rumit. Sekarang, bisnis bisa mengoperasikan WhatsApp Business untuk menyiapkan layanan pesan yang lebih instan dengan cara yang cukup sederhana.

Baca juga: Tutorial Cara Mendapatkan WhatsApp Green Badge

WhatsApp Cloud API & WhatsApp Business API, Apa Bedanya?

Ada yang mengatakan bahwa WhatsApp Cloud API dan WhatsApp Business API adalah ‘kembaran’ karena memiliki fungsi yang hampir sama. Namun, kedua produk tersebut tetap memiliki perbedaan satu sama lain. Berikut perbedaan di antara keduanya:

WhatsApp Cloud API & WhatsApp Business API, Apa Bedanya?

Dengan berbagai perbedaan di atas, tentunya kedua produk tersebut sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tetapi yang pasti, WhatsApp Cloud API dan WhatsApp Business API dapat membantu mengembangkan bisnis dari berbagai sisi, terutama customer service dan sales

Fitur-fitur WhatsApp Cloud API Mendatang

Melansir dari situs WABetaInfo, ada beberapa fitur canggih yang akan dirilis seiring berkembangnya fasilitas WhatsApp Cloud API, antara lain:

  1. Dapat menerima dan mengirim sampai dengan 80 pesan teks maupun media per detiknya dari/ke banyak nomor pelanggan.
  2. Tool yang canggih dan opsional, seperti membuat tautan (link) singkat yang khusus dan privat untuk memudahkan pelanggan memulai chat dengan bisnis.
  3. Multi Device yang bisa menautkan hingga 10 perangkat, sehingga bisnis bisa mengelola pesan lebih efektif dan efisien.

Fitur-fitur di atas bisa diperoleh bagi bisnis yang memiliki WhatsApp Business berbayar. Namun, dari pihak Meta mengatakan bahwa mereka akan terus mengembangkan fitur WhatsApp Business yang bisa didapatkan secara gratis pada waktu mendatang. 

Baca juga: WhatsApp Beta vs WhatsApp Business API: Mana Pilihan Terbaik untuk Bisnismu?

Integrasikan WhatsApp Cloud API dengan OneTalk

Dengan dirilisnya WhatsApp Cloud API, tentunya akan memudahkan para pelaku bisnis untuk memberikan pelayanan pelanggan secara efektif dan efisien. Solusi yang ditawarkan juga tidak kalah menarik bagi bisnis di segala industri dan skala apapun untuk menciptakan customer experience yang berbeda dari yang lainnya. 

Untuk merasakan pengalaman menggunakan WhatsApp Cloud API yang lebih maksimal, OneTalk dari TapTalk.io menawarkan solusi untuk bisa mengintegrasikan WhatsApp Cloud API ke dalam satu dasbor terpusat. Bisnis Anda tentunya dapat memberikan pelayanan pelanggan yang lebih terstruktur dan terarah dengan menggunakan Omnichannel OneTalk. Fitur-fitur berikut ini akan membantu bisnis Anda memudahkan kinerja agent customer service Anda:

  1. Dasbor yang terintegrasi dengan berbagai channel, seperti WhatsApp, termasuk WhatsApp Business API dan WhatsApp Cloud API, Telegram, Instagram DM, Facebook Messenger, LINE, Twitter DM, dan bahkan Live Chat dari website bisnis Anda.
  2. Pesan otomatis yang bisa dipersonalisasi, seperti Welcome & Away Message dan Quick Reply yang bisa diaplikasikan di seluruh channel untuk bisa menjawab pesan pelanggan dengan cepat dan tanggap.
  3. Advanced Broadcast untuk bagikan pesan promosi, notifikasi, dan alert dalam bentuk teks maupun media ke banyak nomor pelanggan. Anda juga bisa memperoleh real-time report secara otomatis untuk mengetahui status pesan broadcast yang dikirim.
  4. FAQ dan Assign Topic Chatbot untuk membantu menjawab pertanyaan repetitif dari pelanggan dan penanganan case yang terarah ke agent yang ahli di bidangnya.
  5. Dukungan penuh dari tim kami dari proses aktivasi hingga after sales.

Masih ada banyak lagi fitur unggulan yang dimiliki oleh OneTalk yang bisa Anda peroleh untuk meningkatkan bisnis Anda. TapTalk.io juga berkomitmen untuk bisa membantu bisnis Anda jadi lebih baik dengan menyediakan produk-produk solusi chat lengkap. Segera hubungi tim TapTalk.io untuk jadikan bisnis Anda lebih baik dari sebelumnya di sini.

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Jessica Jacob

10 / 06 / 2022

Customer loyalty dan customer retention adalah bagian penting dari strategi bisnis. Mampu mengukur dan mengelola keduanya adalah bagian penting untuk berhasil di pasar mana pun.  Hari ini kita akan membahas perbedaan antara customer loyalty dan customer retention– menggali lebih dalam tentang cara mengukur keduanya dan bagaimana keduanya memainkan peran kunci dalam pertumbuhan sebuah bisnis. Mari […]

Read More

By Jessica Jacob

09 / 05 / 2022

Table of Contents Dive Your Marketing Deeper with Telegram BusinessWhat is TelegramAll the things you can do in Telegram App1. Telegram Group2. Telegram Channels3. Telegram PassportWhat is Telegram ChannelEngagement in Telegram ChannelInstead of WhatsApp, Why Use Telegram for Your Marketing Tools?Telegram Business AccountsHow to create a telegram business accountTelegram Business Best PracticesFind Your Customers on […]

Read More

By Jessica Jacob

07 / 10 / 2022

Fitur WhatsApp Business kini semakin membantu bisnis untuk terlibat dengan pelanggan mereka. Anda bisa mendapatkan customer support, mengirimkan pesan broadcast, dan mengirim notifikasi otomatis seperti pemberitahuan terkait pesanan. WhatsApp juga dapat sangat membantu pelanggan karena aplikasi ini membantu mereka tetap terinformasi secara real-time dan memulai obrolan bersama bisnis dengan mulus. Namun, WhatsApp masih merupakan platform […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer