Saat ini WhatsApp menjadi salah satu sosial media dengan database pengguna terbesar di dunia yang menurut data dari wikipedia memiliki jumlah Monthly Active Users sebesar 2 milyar users diseluruh dunia pada tahun 2020. Angka ini membuatnya unggul dibandingkan FB Messenger sebesar 1.3 milyar dan LINE sebesar 194 juta.
Tapi bagaimanakah cara efektif untuk berjualan menggunakan WhatsApp? Mari membahas cara tersebut lebih mendalam mulai dari mengupas sedikit tentang aplikasi WhatsApp.
Baca juga: Tips dan strategi whatsapp marketing yang terbaik
Table of Contents
WhatsApp adalah aplikasi mobile gratis yang menggunakan koneksi internet ponsel untuk Anda chat dengan pengguna WhatsApp lainnya, tanpa biaya pesan teks SMS. WhatsApp memiliki fitur-fitur yang dapat mendukung Anda untuk lebih mudah berkomunikasi dengan customer Anda, antara lain berbagi file, gambar, lokasi, serta mendukung panggilan suara dan video gratis.
Aplikasi WhatsApp juga tersedia di berbagai operating system yangmana membuat WhatsApp menjadi sangat populer, terutama di wilayah dengan biaya SMS tinggi, termasuk Brasil, Meksiko, dan Malaysia di mana 60 persen penduduknya menggunakan WhatsApp.
Keberadaan WhatsApp saat ini juga sudah masuk ke ranah bisnis. Ada banyak pemilik bisnis dan toko online yang menggunakan WhatsApp sebagai saluran pemasaran dan juga komunikasi dengan customer. Melihat fenomena ini maka tidak mengherankan jika WhatsApp merilis aplikasi tambahan bernama WhatsApp Business. Sebuah aplikasi WhatsApp yang ditujukan untuk mendukung kegiatan bisnis. WhatsApp Business ini fitur-fiturnya juga lebih banyak dan sesuai untuk bisnis daripada aplikasi WhatsApp biasa.
Kemudian, mengapa WhatsApp Business dapat mendukung penjualan dari bisnis Anda?
Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini. Jadi yang mudah termudah untuk dijangkau dapat menjadi sebuah poin tambahan di mata customer Anda.
Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan dari WhatsApp Business:
Dengan menggunakan WhatsApp business kita dapat menyediakan informasi yang lebih rinci seperti Foto profile, Alamat lengkap, Kategori bisnis, Deskripsi bisnis, Hari dan jam operasional, Alamat email bisnis, Alamat website
Salah satu alasan terbaiknya adalah mungkin karena sudah banyak customer bisnis Anda yang menggunakan messenger channel ini.
Prinsip dari label ini adalah menandai dan mengkategorikan chat berdasarkan kriteria tertentu. Tujuannya supaya memudahkan bisnis untuk melakukan follow-up. Salah satu use case nya adalah untuk membedakan chat mana sudah melakukan pembayaran dan mana yang belum.
WhatsApp Business menyediakan label default antara lain :
Yang mana label-label ini dapat di custom sesuai dengan kebutuhan bisnis.
Tips dan trik WhatsApp Business untuk bisnis yang terakhir adalah mengintegrasikan dengan saluran pemasaran lainnya. Ingat bahwa harapan dari penggunaan messenger seperti WhatsApp adalah untuk respons yang lebih cepat, jadi dalam menggunakan WhatsApp untuk bisnis pastikan Anda memiliki sumber daya untuk mengelola, membalas pesan-pesan dengan cepat.
Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimalkan WhatsApp Business anda adalah dengan menghubungkan WhatsApp Business API dengan OneTalk sehingga nomor WhatsApp yang anda gunakan untuk berkomunikasi dengan customer dapat diakses oleh beberapa agent/admin yang anda miliki secara bersamaan.
Agen anda juga dapat di assign ke topik-topik yang paling sering jadi bahasan customer Anda, sehingga dikemudian hari saat data ini dibutuhkan, Anda dapat menemukannya dengan mudah.
Dan anda dapat dengan langsung mencoba fitur-fitur ini langsung dengan mengklik tautan dibawah ini:
Demikianlah beberapa tips dan trik cara menggunakan WhatsApp Business untuk bisnis, semoga bermanfaat.
Baca juga: Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API
By Ardian
Pada artikel sebelumnya, kami pernah membahas tentang apa itu product design. Kali ini kita akan membahas seseorang yang melakukan product design, yaitu product designer. Seorang product designer bertanggung jawab atas pengalaman pengguna yang menggunakan produk, biasanya menerima arahan berdasarkan tujuan dan sasaran bisnis dari manajemen produk. Meskipun sering dikaitkan dengan aspek visual suatu produk, product […]
By Regita
Bingung cara menjaga dan meningkatkan retensi pengguna? Mungkin Anda belum tahu dan menggunakan In-App Messaging. Lihat lebih dekat apa itu In-app messaging
By Jessica Jacob
Suatu produk melewati siklus hidup tertentu, mulai dari saat dikembangkan hingga dihentikan penggunaannya. Dengan menggunakan model life cycle product, investor dan pengembang dapat mengetahui arah produk baru dan merencanakan keberhasilannya. Mendapatkan informasi tentang life cycle product dapat membantu Anda membuat perencanaan untuk membuat keputusan dan perkiraan keuangan untuk bisnis. Key Takeaway: Life cycle product adalah […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)