Selama pandemi, hampir semua bisnis beralih dan fokus ke penjualan online. Mengalihkan promosi lewat e-commerce, sosial media, dan lainnya. Sama seperti bisnis online lainnya, bisnis kecantikan juga bisa mulai menyesuaikan new normal. Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengubah teknik marketing dengan strategi omnichannel.
Sebuah studi pada 2020 menunjukkan bisnis yang mengintegrasikan setidaknya tiga channel, sukses mengalami peningkatan penjualan hingga 287%. Di luar negeri sudah banyak brand kecantikan yang menerapkan omnichannel ke dalam strategi marketingnya, seperti Sephora, MAC, NYX, Glossier, dan lainnya.
Baca juga: Ini Dia 7 Keuntungan Menggunakan Chatbot
Namun, apa saja manfaat menggunakan omnichannel? Bagaimana omnichannel dapat memudahkan bisnis kecantikan? Lewat artikel ini, TapTalk.io akan bantu menjawab pertanyaan tersebut:
Table of Contents
Sesuai dengan namanya, omnichannel menawarkan kombinasi beberapa channel yang bisa bisnis Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan customer. Menggunakan layanan omnichannel OneTalk by TapTalk.io, Anda bisa mengelola WhatsApp, Twitter, FB Messenger, Telegram, LINE dan email dalam satu dashboard.
Kenyamanan juga jadi faktor penting untuk pelanggan, mereka ingin menghubungi Anda dengan mudah. Oleh karena itu, pengalaman omnichannel adalah cara terbaik untuk membantu menjawab berbagai kebutuhan pelanggan dari berbagai platform.
Lewat layanan omnichannel, Anda tidak perlu khawatir kewalahan dalam menghadapi customer. Agent-agent Anda dapat mengakses aplikasi chat OneTalk dalam waktu yang bersamaan, agar pesan bisa dibalas dengan cepat dan efisien. Daripada menjawab customer satu per satu, Anda bisa membuat waktu tunggu pelanggan jadi lebih singkat dengan memperbanyak agent.
Ada yang bertanya tentang urutan skincare? Atau bertanya rekomendasi penyimpanan foundation? Anda bisa menugaskan agent yang ahli di bidangnya untuk menjawab pertanyaan setiap pelanggan. Hal ini bisa membantu komplain atau masukkan yang masuk bisa diatasi dengan lebih efisien.
Selain menggabungkan beberapa channel ke dalam satu inbox, beberapa penyedia layanan ini juga menawarkan fitur FAQ Bot.
Dengan FAQ Bot, Anda bisa menangani atau menjawab pertanyaan customer kapan pun. Bahkan saat tengah malam, bot akan selalu tersedia untuk berbicara dengan pelanggan bahkan menawarkan bantuan.
Untuk mulai mengatur bot, Anda hanya perlu mengumpulkan beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan pelanggan dan menyediakan template jawabannya.
Selain menggunakan bot, Anda juga dapat memanfaatkan fitur Live Chat. Dengan fitur ini, pelanggan Anda dapat berkomunikasi dengan agent secara real-time pada jam kerja yang ditentukan.
Live chat juga dapat membantu membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Dalam obrolan yang sedang berlangsung, agent Anda dapat mengamati customer dan menyesuaikan gaya obrolan agar sesuai dengan situasi dan kebutuhan.
Baca juga: Desain Chat Menarik untuk Bangun Kepercayaan Pelanggan
Salah satu fitur yang paling berguna dari omnichannel adalah kemampuan untuk mengirim pesan secara bersamaan ke pelanggan atau broadcast. Anda dapat berbagi informasi tentang produk makeup terbaru, promo khusus dan informasi lainnya ke pelanggan.
Pesan yang rutin dikirim ini juga dapat membantu meningkatkan penjualan. Untuk mengingatkan pelanggan membeli produk, Anda bisa cantumkan call to action di akhir pesan broadcast.
Anda dapat mengumpulkan dan menyatukan data pelanggan dari berbagai channel yang berbeda ke dalam satu laporan. Data yang dikumpulkan seperti ID, keranjang belanja, riwayat belanja, media sosial bisa sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis.
Anda juga dapat dengan mudah mengukur bagaimana setiap channel berkontribusi pada marketing. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui channel mana yang punya performa baik atau bisa ditingkatkan lagi.
Seperti yang sudah dijelaskan, omnichannel sangat penting untuk meningkatkan pengalaman belanja yang nyaman dan unik bagi pelanggan produk kecantikan.
Keuntungan ini tidak hanya untuk brand besar, brand kecantikan baru juga dapat menikmati keuntungan ini dengan menggunakan layanan omnichannel. Semua keuntungan penggunaan omnichannel dapat Anda dapatkan dengan OneTalk.
Pelanggan ingin didengarkan, dimengerti, dan mendapatkan pengalaman istimewa. Usaha ini bisa dilakukan dengan lebih mudah, lewat integrasi bisnis dengan omnichannel.
Jadi tunggu apalagi? Selagi belum terlambat, ayo integrasikan omnichannel ke dalam strategi bisnis kecantikan Anda!
Cari tahu fitur lainnya yang bisa Anda dapatkan dari omnichannel ke dalam bisnis Anda, klik di sini.
By Jessica Jacob
Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, perubahan dapat menjadi kunci untuk menghadapi tantangan dan memenangkan hati konsumen. Inilah mengapa rebranding telah menjadi strategi yang populer bagi perusahaan yang ingin menghidupkan kembali citra mereka dan menjangkau khalayak yang lebih luas. Dalam era yang terus berkembang ini, di mana tren, preferensi, dan harapan konsumen terus berubah, […]
By Jessica Jacob
Jika Anda sedang mencari cara untuk membuat chat bersama pelanggan lebih efektif, maka Auto Reply adalah fitur yang tepat. Dalam blog ini, kami akan membantu Anda memahami dengan lebih baik, apa itu Auto Reply WhatsApp Business. Untuk memulai, mari kita bicara tentang cara kerja Auto Reply WhatsApp. Ada dua cara menggunakan Auto Reply untuk bisnis […]
By Jessica Jacob
Dalam berbisnis, seorang pengusaha harus dapat menyusun strategi untuk dapat memenangkan persaingan bisnis yang ketat. Ada banyak strategi yang dapat dilakukan untuk menghadapi persaingan bisnis, salah satunya adalah dengan layanan after sales atau after sales service. After sales service adalah salah satu cara yang sering digunakan oleh pengusaha untuk memuaskan konsumen. Banyak manfaat bisa dirasakan […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)