pt tap talk teknologi blog
Whatsapp Marketing IFRA

Pahami Cara Optimasi WhatsApp Marketing, Si Mesin Pencetak Profit

By Jessica Jacob
02 / 08 / 2022

Anda pemilik bisnis yang menggunakan WhatsApp sebagai alat komunikasi dengan pelanggan? Itu tandanya, Anda sudah berada di jalan yang tepat! Bagaimana tidak, aplikasi messenger itu begitu potensial untuk mencetak profit bagi bisnis Anda.

Masa digital yang terus berkembang memunculkan berbagai jenis strategi marketing berbeda untuk tiap bisnis. Tapi, salah satu yang semakin pesat kemajuannya karena optimasi AI yang efektif di masa kini adalah personalized marketing.

Personalized marketing, juga dikenal sebagai pemasaran one-on-one, memanfaatkan pengumpulan data, analisis, dan teknologi otomatisasi bagi perusahaan untuk mengirimkan konten individual kepada penerima.

Personalized marketing memiliki beberapa manfaat, baik untuk bisnis maupun konsumen. Strategi ini meningkatkan pengalaman pelanggan dengan mempertahankan konsistensi dan kohesi di semua saluran, yang mengarah pada loyalitas merek yang lebih kuat dan, pada akhirnya, peningkatan pendapatan.

Saat ini, personalisasi menjadi sangat penting, karena konsumen memiliki akses ke konten dari beberapa saluran. Konten yang dipersonalisasi efektif karena berbicara langsung kepada konsumen Anda. Itulah mengapa pesan dan campaign yang dipersonalisasi untuk individu memiliki dampak yang besar. Terlebih, jika Anda melakukannya di saluran yang tepat, seperti WhatsApp.

80% orang menganggap WhatsApp sebagai saluran percakapan terbaik mereka. Tidak hanya untuk berhubungan dengan keluarga dan teman, WhatsApp juga digunakan untuk menjangkau bisnis pilihan pengguna. 

Menurut statistik WhatsApp, lebih dari 5 miliar bisnis menggunakan WhatsApp untuk terhubung dengan pelanggan mereka. 

Dengan beragamnya strategi marketing, digital marketing menggunakan WhatsApp merupakan hal yang sangat efektif untuk meningkatkan konversi bisnis. 80% dari bisnis yang menggunakan WhatsApp mengkonfirmasi bahwa WhatsApp membantu bisnis mereka tumbuh.

Melakukan strategi marketing melalui WhatsApp memiliki beberapa keuntungan, yaitu: 

  1. Mengoptimasi sistem pengiriman.
    Berbagai fitur yang dimiliki WhatsApp dapat melengkapi bisnis Anda. Misalnya saja fitur berbagi lokasi. Pelanggan dapat didorong untuk membagikan lokasi mereka melalui WhatsApp. Dengan memiliki koordinat lokasi pengiriman yang tepat, perusahaan Anda melakukan pengiriman lebih cepat dengan memilih jalur terpendek untuk mengoptimalkan biaya operasional.
  2. Lebih dekat dengan pelanggan.
    Dengan obrolan WhatsApp yang mudah digunakan, bisnis dapat menjangkau pelanggan lebih cepat dengan cara yang efisien.
  3. Pemasaran yang lebih mudah dengan grup.
    WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk membentuk grup hingga 100 orang. Anda dapat memanfaatkan ini untuk tetap berhubungan dengan basis pelanggan Anda, yang dapat mengarah pada pemasaran.

Lalu, bagaimana Anda bisa menggunakan WhatsApp sebagai alat marketing dengan benar? Simak tips dan trik menggunakan WhatsApp sebagai alat marketing di webinar series TapTalk.io di IFRA 2022.

Whatsapp Marketing IFRA

TapTalk.io akan hadir dalam acara The 20th IFRA Hybrid Business Expo 2022: Pameran lisensi, waralaba, dan peluang bisnis terbesar dan terlengkap di Indonesia yang diadakan via online pada tanggal 5 - 31 Agustus 2022 dan offline pada tanggal 5 - 7 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

Jangan lewatkan webinar TapTalk.io yang diadakan secara langsung di JCC pada 6 Agustus 2022 mulai dari pukul 19.00 - 19.45 WIB. Anda bisa mengulik semua tentang WhatsApp marketing bersama Jessica Jacob, Business Development Principal TapTalk.io di “WhatsApp Marketing: Mesin Pencetak Profit untuk Bisnis Anda”.

IFRA Expo Webinar

Waktunya tingkatkan WhatsApp Marketing Anda bersama TapTalk.io, ayo daftar webinarnya sekarang. 

Nantikan juga booth online TapTalk.io di sini dan dapatkan promo spesialnya!

Trial Akun Demo TapTalk
Jessica Jacob
Jessica Jacob memiliki lebih dari empat tahun pengalaman dalam pengembangan strategis di sektor teknologi, dengan latar belakang kuat dalam penjualan korporat dan manajemen proyek. Di TapTalk.io, dia berfokus pada inovasi dan pertumbuhan bisnis, membangun kemitraan strategis lintas industri. Sebelumnya, Jessica berperan aktif dalam mengembangkan kemitraan kanal baru dan memimpin tim lintas fungsi yang berhasil meningkatkan penjualan tahunan sebesar 45%.
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Ardian

14 / 12 / 2020

Now we have entered the digital era, where everything is easier with the help of the internet and technology. In this era, all companies need to improve how they think, how they deal with consumers, partners, and vendors, and how the organization functions within them. Table of Contents What is Digitalization and Digital Transformation?What is […]

Read More

By Jessica Jacob

02 / 03 / 2022

Bisnis Anda menggunakan pesan Broadcast untuk sarana promosi? Pasti Anda berharap dapat menarik pelanggan dengan berbagai penawaran menarik, bukan? Membuat pesan broadcast tentu tidak semudah itu. Banyak tantangan dan hal-hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pesan spam, nada bahasa yang tepat, dan lain-lain. Ingin tahu cara membuat template pesan broadcast WhatsApp yang kreatif dan menarik? […]

Read More

By Jessica Jacob

07 / 02 / 2024

Dalam berbisnis, seorang pengusaha harus dapat menyusun strategi untuk dapat memenangkan persaingan bisnis yang ketat. Ada banyak strategi yang dapat dilakukan untuk menghadapi persaingan bisnis, salah satunya adalah dengan layanan after sales atau after sales service. After sales service adalah salah satu cara yang sering digunakan oleh pengusaha untuk memuaskan konsumen. Banyak manfaat bisa dirasakan […]

Read More
1 2 3 109
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer