Pesan online sekarang sudah bukan lagi kebutuhan sekunder, apalagi tersier, tetapi sudah menjadi kebutuhan primer yang setiap orang harus miliki dan aktif menggunakannya. Tidak hanya untuk menerima dan mengirim pesan pribadi, platform pesan online kini juga sering digunakan oleh bisnis besar maupun kecil.
Berbicara soal platform penyedia layanan pesan online, tentunya Anda sering mendengar atau bahkan menggunakan WhatsApp sebagai aplikasi utama. WhatsApp merupakan anak perusahaan dari Meta dibawah pimpinan Mark Zuckerberg.
Namun tahukah Anda bahwa WhatsApp tidak hanya menyediakan layanan pesan online reguler? WhatsApp juga menyediakan layanan WhatsApp Business API yang memungkinkan bisnis berinteraksi dengan pelanggan mereka melalui platform WhatsApp. Ini adalah versi WhatsApp yang dirancang khusus untuk penggunaan bisnis dan berbeda dari aplikasi WhatsApp biasa yang digunakan oleh individu.
Untuk bisa mendapatkan layanan yang maksimal dari produk ini, terdapat harga yang telah ditetapkan WhatsApp. Artikel ini akan memberikan informasi terkait update harga WhatsApp Business API per Juni 2023. Selain itu, Anda juga akan mendapat informasi terkait kategori-kategori, mekanisme dan metode pembayaran, serta fitur-fitur WhatsApp Business API.
Key Takeaways:
Table of Contents
Meta membedakan harga WhatsApp Business API berdasarkan 4 kategori percakapan seperti berikut:
Pesan yang masuk dalam kategori marketing meliputi percakapan yang berisi promosi, pembaruan informasi, atau ajakan untuk pelanggan agar menanggapi atau mengambil tindakan bisnis.
Berikut adalah template pesan yang masuk dalam kategori marketing:
Pesan yang masuk dalam kategori utilitas berisi informasi yang ditujukan kepada pelanggan terkait proses transaksi yang sedang berlangsung. Pesan yang masuk dalam kategori ini memfasilitasi permintaan atau transaksi tertentu seperti konfirmasi transaksi, info terkini transaksi, serta notifikasi pasca pembelian.
Berikut contoh template percakapan utilitas yang umum bisnis gunakan:
Kategori pesan autentikasi di WhatsApp Business API berfungsi untuk mengirimkan kode sandi sekali pakai ketika ada percobaan login (misalnya: verifikasi akun, pemulihan akun, tantangan integritas). Kode yang umum digunakan umumnya terdiri dari 4-8 digit angka.
Berikut cara untuk mengaktifkan percakapan autentikasi di WhatsApp:
Setelah itu, pelanggan akan menerima pesan autentikasi seperti contoh berikut:
Untuk kategori pesan layanan (service) dimaksudkan untuk membantu Anda menangani pertanyaan dari pelanggan. Percakapan layanan akan dimulai saat Anda merespon pesan kepada pelanggan untuk melayani pelanggan.
Dengan catatan, pada periode tersebut tidak ada 3 jenis percakapan lainnya, maka proses tersebut termasuk dalam percakapan berbasis layanan (service).
Sebagai contoh, ada pelanggan yang mengirimkan pesan kepada Anda yang menanyakan perihal pelayanan pelanggan. Kemudian, Anda membalas pesan pelanggan tersebut dengan bebas selama rentang waktu 24 jam.
Baca juga: 5 WhatsApp Blast Software Terbaik, Pasti Berguna!
Mulai pada tanggal 1 Juni 2023, WhatsApp mempublikasikan update harga untuk layanan WhatsApp Business API.
Berikut adalah pricelistnya:
Platform WhatsApp Business menggunakan model harga berbasis percakapan. Jika bisnis Anda mengirimkan pesan ke pelanggan melalui Platform WhatsApp Business, Anda akan dikenai biaya per percakapan, yang meliputi semua pesan yang dikirim dalam periode 24 jam.
Percakapan dimulai saat pesan bisnis pertama di percakapan dikirim dan berakhir setelah 24 jam kemudian. Pesan pertama ini bisa diinisiasi oleh pelaku bisnis atau bisa merupakan balasan bisnis dari pesan pengguna.
Dengan model harga berbasis percakapan, percakapan Platform WhatsApp Business dibagi menjadi 2 kategori dengan penetapan harga yang berbeda:
Tarif percakapan yang diinisiasi oleh pelaku bisnis dan diinisiasi oleh pengguna berbeda-beda sesuai pasar (negara atau wilayah). Biaya percakapan ditentukan berdasarkan kode negara pengguna (penerima).
1.000 percakapan pertama yang dilakukan akun WhatsApp Business Anda setiap bulannya tidak dikenai biaya. Percakapan tingkat gratis bisa diinisiasi oleh pelaku bisnis atau pengguna. Jika 1.000 percakapan gratis setiap bulan tersebut tidak Anda gunakan seluruhnya, percakapan yang tersisa tidak bisa ditambahkan ke bulan berikutnya.
Percakapan tidak akan dikenai biaya jika pengguna mengirimkan pesan ke pelaku bisnis menggunakan tombol ajakan bertindak di Iklan yang mengarahkan ke WhatsApp atau Halaman Facebook. Percakapan titik entri gratis hanya bisa diinisiasi oleh pengguna. Hanya percakapan pertama yang dimulai dari poin entri ini yang gratis. Percakapan awal dari poin entri tidak dikenai biaya selama 3 hari. Percakapan selanjutnya dengan pengguna yang sama akan dikenai biaya.
WhatsApp Business API menawarkan serangkaian fitur yang komprehensif untuk membantu bisnis membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat, memberikan dukungan pelanggan yang lebih baik, dan mendorong keterlibatan melalui salah satu platform perpesanan paling populer di dunia.
Berikut ini adalah beberapa fitur utama WhatsApp Business API:
Baca juga: Cara Menggunakan dan Aplikasi Auto Reply WhatsApp Business
Supaya memiliki pemasaran bisnis yang maksimal, sudah pasti Anda perlu mendaftarkan diri dan menggunakan layanan WhatsApp Business pada perusahaan atau organisasi Anda. Apa lagi bila layanan WhatsApp Business perusahaan Anda semakin efektif dan efisien dalam menanggapi pelanggan dan menyebarkan kampanye marketing Anda di dunia digital.
Untuk itu, TapTalk.io hadir menjadi solusi bisnis Anda. TapTalk.io menawarkan harga WhatsApp Business spesial dan terbaik bagi bisnis Anda. Bahkan, TapTalk.io melalui layanan OneTalk menjamin pemasaran bisnis Anda meningkat berkali-kali lipat, dan tentunya dengan harga yang tidak mahal.
Mengapa demikian? Ini karena OneTalk by TapTalk.io merupakan layanan omnichannel messaging yang telah resmi terintegrasi dengan platform-platform media sosial besar, seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, dll. Dengan kata lain, jika menggunakan OneTalk by TapTalk.io, Anda tidak hanya memaksimalkan performa WhatsApp Business Anda, namun juga pada media sosial yang lain!
Selain itu, OneTalk telah menggunakan teknologi AI dalam operasinya untuk memaksimalkan pembalasan dan pengaturan, serta dapat tetap stay on 24/7 untuk membalas chat dari para konsumen.
Tidak hanya itu, dengan menggunakan OneTalk, pemasaran bisnis Anda akan dapat jauh lebih efektif lagi ketika mengirim pesan ke semua social messenger karena dapat diatur menjadi satu dashboard!
Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi situs ini untuk mendapatkan harga dan performa yang terbaik pada setiap sosial media perusahaan Anda!
By Jessica Jacob
TapTalk.io akan mengisi acara dalam rangkaian Webinar Series dalam acara The 20th IFRA Hybrid Business Expo 2022: Pameran lisensi, waralaba, dan peluang bisnis hybrid terbesar dan terlengkap di Indonesia yang diadakan via online dan offline pada tanggal 5 - 7 Agustus 2022 di Jakarta Convention Center. Berhasil dengan expo hybrid pada tahun 2021 lalu, IFRA, […]
By Jessica Jacob
Dalam era di mana persaingan bisnis semakin ketat dan konsumen semakin kritis, penting bagi perusahaan untuk memiliki identitas yang kuat dan membedakan diri dari pesaing. Di tengah lautan produk dan layanan yang tersedia, branding menjadi kunci utama dalam menarik perhatian konsumen, membangun loyalitas, dan menciptakan nilai jangka panjang bagi bisnis. Branding bukan sekadar tentang menciptakan […]
By Jessica Jacob
Bayangkan sebuah bisnis yang benar-benar mendengarkan pelanggannya, mengantisipasi kebutuhan mereka, dan secara konsisten melebihi harapan mereka. Bisnis yang memprioritaskan perspektif pelanggan dapat membangun hubungan yang kuat, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan bisnis Cara berbisnis customer-centric difokuskan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang positif sebelum dan sesudah penjualan. Mengapa perusahaan harus memiliki strategi customer-centric […]
Reach us by phone at (021) 27939266
© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)