pt tap talk teknologi blog
Content Intelligence. Light bulb. Person thinking.

Meningkatkan Customer Experience Melalui Content Intelligence

By Ardian
14 / 01 / 2021
content intelligence
Content Intelligence. Light bulb. Person thinking.

Hubungan perusahaan dengan pelanggannya lebih dari sekedar meningkatkan peringkat produk. Memahami perjalanan pelanggan adalah tentang mempelajari apa yang dialami pelanggan sejak mereka mulai mempertimbangkan pembelian hingga proses pembelian produk atau layanan.

Sebuah studi oleh Walker mengatakan bahwa sebanyak 86% pelanggan bersedia mengeluarkan lebih banyak uang untuk pengalaman yang lebih baik. Dan riset dari Pwc menunjukkan bahwa 32% pelanggan akan berhenti berbisnis dengan brand yang mereka sukai setelah satu pengalaman buruk.

Meskipun meningkatkan pengalaman pelanggan menjadi hal yang penting, hal ini juga menjadi salah satu tantangan utama yang dihadapi pebisnis. Untuk memenuhi setiap kebutuhan mereka, Anda perlu mencari sesuatu yang dapat memberikan pengalaman pelanggan yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Apa itu Content Intelligence?

Content Intelligence (CI) adalah sistem dan software yang mengubah data konten dan data bisnis menjadi wawasan yang dapat digunakan untuk menghasilkan strategi dan taktik konten yang berdampak.

Content Intelligence mengintegrasikan beberapa teknologi yang ada dan menerapkannya pada pemasaran konten,. Teknologi yang dimaksud adalah:

1. Machine Learning

Machine learning digunakan untuk menganalisis warna konten Anda, mengidentifikasi pola, dan membuat keputusan berdasarkan data. Machine learning adalah cabang dari artificial intelligence (AI) yang didasarkan pada gagasan bahwa sistem dapat belajar dari data, mengidentifikasi pola, dan membuat keputusan dengan intervensi manusia yang minimal.

Sebagian besar industri yang bekerja dengan data dalam jumlah besar telah menggunakan machine learning. Dengan mengumpulkan wawasan dari data ini (secara real time), perusahaan dapat bekerja lebih efisien atau mendapatkan keunggulan dibandingkan pesaing.

2. Natural Language Processing (NLP)

NLP adalah cabang dari artificial intelligence yang memberi mesin kemampuan untuk membaca, memahami, dan memperoleh makna dari bahasa manusia, seperti ucapan atau teks.

Dengan menggunakan NLP, perusahaan dapat menentukan apa yang dikatakan pelanggan tentang layanan atau produk dengan mengidentifikasi dan mengekstrak informasi dalam sumber seperti media sosial.

3. Big Data

Big data melibatkan analisis kumpulan data yang sangat besar untuk menunjukkan pola, tren, dan asosiasi; terutama yang berkaitan dengan perilaku dan interaksi manusia. Perusahaan menggunakan big data untuk segala hal mulai dari memprediksi kinerja saham hingga perilaku pembelian musiman.

Analitik big data dapat membantu mengubah semua operasi bisnis. Ini termasuk kemampuan untuk menyesuaikan harapan pelanggan, mengubah jajaran produk perusahaan, dan tentu saja membuat kampanye pemasaran yang efektif.

Netflix adalah contoh bagus dari brand besar yang menggunakan analitik big data. Jika Anda seorang pelanggan, Anda pasti tahu bagaimana mereka mengirimi Anda saran tentang film berikutnya yang harus Anda tonton. Pada dasarnya, ini dilakukan menggunakan data penelusuran dan waktu menonton Anda sebelumnya. Data ini digunakan untuk memberi mereka wawasan tentang apa yang paling menarik bagi pelanggan.

4. Artificial Intelligence (AI)

Artificial intelligence adalah cabang dari teknologi informasi yang memungkinkan komputer untuk melakukan tugas dan bereaksi dengan cara manusia. Teknologi yang didukung AI dapat digunakan untuk melakukan tugas yang sebelumnya membutuhkan pengambilan keputusan, pembelajaran, atau kecerdasan manusia.

Berdasarkan input terbatas dan data dalam jumlah besar yang dimilikinya, artificial intelligence menggunakan machine learning untuk menghasilkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti tentang bagaimana Anda dapat mengoptimalkan konten Anda sehingga menjangkau orang dan waktu yang tepat. 

Content Intelligence (CI) pada dasarnya membantu pebisnis memahami konten dan audiens mereka dengan lebih baik sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat dan meningkatkan strategi pemasaran konten mereka.

Keunggulan Content Intelligence

Selain itu, CI menawarkan beberapa keunggulan dalam upaya pemasaran Anda, yaitu:

1. Memahami audiens Anda lebih baik

Content Intelligence memberikan informasi berharga tentang audiens Anda, yang dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan mereka dengan lebih baik dan meningkatkan penargetan Anda untuk keterlibatan yang lebih tinggi.

Content Intelligence akan memeriksa semua data pelanggan Anda termasuk demografi, minat, preferensi, interaksi sebelumnya dengan merek Anda, dan perilaku penelusuran untuk memberikan wawasan berharga tentang jenis konten yang harus Anda produksi.

2. Meningkatkan efektivitas pemasaran konten Anda

Content Intelligence dapat menganalisis ribuan data untuk mencari tahu dengan tepat apa yang berhasil untuk audiens Anda. Ini akan membantu Anda membuat konten efektif yang memberikan hasil yang luar biasa.

Anda tidak perlu membuang waktu lagi untuk konten yang tidak efektif ketika sistem content intelligence dapat membantu Anda mengoptimalkan pembuatan konten dan mendapatkan Return on investment (ROI) terbaik dari upaya Anda.

3. Menemukan waktu dan platform terbaik untuk mempromosikan konten Anda

Content Intelligence yang didukung AI dapat digunakan untuk menarik informasi dari data secara otomatis. Itu bisa digunakan untuk menghitung waktu dan channel terbaik untuk memposting konten Anda. Hal ini dapat dilakukan secara real-time karena audiens dan faktor eksternal Anda berubah seiring waktu.

Konklusi

Saat ini, konsumen selalu mencari pengalaman yang lebih otentik dengan brand. Konten adalah langkah yang tepat bagi bisnis untuk terlibat dengan audiens mereka. Dengan CI, brand dapat mencari tahu apa yang diinginkan audiens mereka dan menyajikannya sesuai kebutuhan mereka.

Anda bisa menggunakan bisa meningkatkan customer experience menggunakan OneTalk by TapTalk.io. OneTalk mempunyai fitur Disposition, di mana Anda dapat merangkum setiap case yang masuk untuk dianalisis dan mendapatkan insight business dari customer. Insight ini dapat Anda gunakan untuk menyusun strategi pemasaran yang tepat untuk brand Anda. 

TapTalk.io selalu peduli dengan pelanggan dan menempatkannya sebagai nomor satu. Itulah mengapa mereka dapat membantu Anda menghasilkan konten yang sesuai dengan pelanggan Anda.

Trial Akun Demo TapTalk
Ardian
linkedin penulisemail penulis

Related Posts

By Ardian

08 / 07 / 2020

Banyak orang mencari informasi bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan cara promosi di WhatsApp. Sebenarnya ada beberapa tips promosi menggunakan aplikasi WhatsApp untuk meningkatkan penjualan. Namun, tidak semua pengusaha mengetahui dan mempraktekkannya dengan baik. Promosi WhatsApp yang benar dan efektif akan mampu mendatangkan banyak pembeli. Sebagian besar pemilik toko online, penjual di internet, dropshipper, reseller maupun […]

Read More

By Regita

12 / 04 / 2021

Semakin banyak orang menggunakan Instagram sebagai sarana untuk berjejaring dan membagikan foto dan video lewat media sosial satu ini. Instagram menyatakan bahwa 90% pengguna Instagram mengikuti setidaknya 1 akun bisnis dan 50% orang lebih tertarik ketika melihat iklan di Instagram. Tidak hanya itu, 70% shopping enthusiasts beralih ke Instagram untuk mencari produk dan 87% orang […]

Read More

By Jessica Jacob

27 / 04 / 2022

Mau produk Anda cepat laku secara online? Sudahkah Anda menjual di tempat yang tepat? Ini saatnya Anda mencoba berjualan di Facebook! Dengan berbagai keuntungan, pelajari cara jitu agar jualan laris di Facebook.  Menjual barang-barang Anda secara online tidak pernah semudah saat ini, berkat sejumlah situs web dan aplikasi yang melayani pembeli dan penjual semua barang […]

Read More
1 2 3 55
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer