pt tap talk teknologi blog

Product Management 101: Solusi Produk Efektif dan Efisien

By Ardian
09 / 04 / 2022

Dalam bisnis startup maupun bisnis lainnya, terdapat beberapa hal krusial, salah satunya adalah pengembangan produk. Perusahaan yang memiliki fokus di bidang inovasi berkelanjutan, selalu dituntut untuk selalu bisa melakukan pembaruan fiturnya.

Produk berada dalam irisan yang berada di antara teknologi, bisnis, dan pengalaman pengguna atau User Experience (UX). Inti dari produk yang diciptakan adalah produk tersebut harus bermanfaat, diinginkan oleh konsumen, dan juga memiliki daya guna dan layak digunakan. Di sini lah product management atau manajemen produk berperan penting.

Manajemen produk atau product management adalah fungsi organisasi dalam perusahaan yang berurusan dengan pengembangan produk baru, pembenaran bisnis, perencanaan, verifikasi, perkiraan, penetapan harga, peluncuran produk, dan pemasaran produk atau produk di semua tahap siklus hidup produk.

Manajemen produk adalah fungsi strategis. Menyusun strategi dan deskripsi tentang faktor “mengapa?” dari produk. Orang yang bertanggung jawab adalah manajer produk. Seorang manajer produk bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan tujuan dan rencana produk kepada seluruh perusahaan. Mereka harus memastikan setiap orang bekerja menuju tujuan organisasi bersama.

Manajemen produk mencakup serangkaian tanggung jawab strategis yang berkelanjutan. Mereka seharusnya tidak bertanggung jawab atas detail tingkat dasar dari proses pengembangan.

Organisasi yang pintar memisahkan fungsi ini dan menetapkan elemen taktis ke manajer proyek, seperti penjadwalan dan pengelolaan beban kerja. Divisi yang berbeda ini membuat manajer produk bebas untuk fokus pada strategi tingkat yang lebih tinggi.

Jika dibahas dan dibedah lebih dalam lagi, product management harus berada di tengah product strategy, product marketing, dan product development. Hal-hal tersebut adalah faktor-faktor yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan saat melakukan pengaturan produk.

Seperti yang dijelaskan dalam definisi manajemen proyek, prosesnya mencakup beberapa komponen. Hal ini berimplikasi pada pekerjaan product manager yang mengkondisikan pemasaran tim internal perusahaan kepada tim support, termasuk tim pengembangan serta tim penjualan. Selain menggabungkan visi, manajer produk perlu memahami berbagai perspektif yang dimiliki orang-orang ini.

Setelah pengembang, desainer, dan tim lain mulai mengembangkan produk, tugas manajer produk selanjutnya adalah mengukur kemajuan proses dan membuat pengukuran yang sesuai dengan spesifikasi untuk status pengujian. Proses ini juga harus disertai dengan analisis kinerja produk yang berkelanjutan. Proses pemantauan juga harus dilakukan agar peta jalan produk dapat dipertahankan dan prioritas tugas dapat dikonfigurasi.

Managing product ini tentu berkaitan dengan aspek-aspek bisnis lainnya. JIka tidak handal dalam melakukan manajemen produk, maka aspek  support, customers, development, sales, legal, finance, research, dan marketing akan terpengaruh. Hal ini menunjukkan seberapa pentingnya manajemen produk.

Bagaimana cara mengoptimalkan product management?

Manajer produk seringkali memiliki tanggung jawab yang sangat banyak. Waktu adalah komoditas yang berharga. Mereka harus efisien dan terorganisir untuk melakukan percakapan dan rapat yang diperlukan sambil tetap memiliki cukup bandwidth untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan.

Membuat keputusan — dan mendapatkan konsensus internal tentang keputusan tersebut — bisa sangat menyebalkan. Untuk menyelesaikan semuanya dengan segera, manajer produk harus menemukan cara yang dapat diskalakan untuk mencapai kesepakatan dengan cepat. Peran yang didefinisikan dengan jelas dan proses yang konsisten memungkinkan para pihak yang terlibat fokus pada subjek yang sedang dibahas.

Bahkan bagaimana manajer produk menjadwalkan pekerjaan mereka dapat menghasilkan peningkatan output dan sesi kerja yang lebih berkualitas. Dengan meminimalkan pengalihan konteks, manajer produk dapat mengelompokkan tugas serupa untuk menjaga fokus dan membatasi gangguan.

Ini termasuk menyediakan waktu untuk berpikir strategis. Sulit untuk mendalami subjek tertentu jika ada gangguan terus-menerus. Manajer produk harus menyisihkan waktu untuk tugas penting ini dan menciptakan lingkungan tempat mereka dapat berkonsentrasi.

Selain itu, penelitian oleh Jerry Wind dari University of Pennsylvania membuktikan bahwa demonstrasi dari dan kontribusi dari penelitian atau riset adalah kritikal dan sangat penting untuk membangun manajemen produk dan pengembangan produk baru yang baik.

Penelitian tersebut menyatakan, 

Dari sudut pandang metodologis, riset pemasaran dan aktivitas pemodelan yang diasosiasikan dengan keputusan produk termasuk yang paling baik dari semua disiplin ilmu. Namun, terlepas dari kemajuan luar biasa dalam metodologi ini, tingkat kegagalan produk baru masih mengejutkan. Mengingat ketersediaan luas dari penelitian canggih dan metode analitis, tidak ada alasan untuk tingkat kegagalan yang tinggi. Namun, hal itu dapat dikaitkan dengan salah satu alasan berikut:

  • Keengganan manajemen untuk menggunakan pendekatan baru dan yang lebih canggih yang telah tersedia
  • Kesalahan dalam pendekatan
  • Kelalaian untuk mengikuti saran pendekatan ini

Studi lain oleh William H. Murphy dan Linda Gorchels yang berjudul How to improve product management effectiveness, menunjukkan bahwa manajer produk menghabiskan waktu terbesar bekerja dengan mereka yang berada di bagian penjualan, R&D, dan produksi dengan jumlah kontak yang moderat dengan periklanan dan layanan produk. Banyak manajer produk merasa bahwa mereka akan melakukan pekerjaan mereka dengan lebih baik jika mereka dapat menghabiskan lebih banyak waktu untuk upaya terkait strategi dan lebih sedikit waktu untuk bekerja untuk mempercepat proyek melalui departemen lain. Beberapa komponen pekerjaan tertentu diidentifikasi harus ada jika manajer produk menginginkan yang terbaik pada pekerjaan mereka.

TapTalk.io mengutamakan keunggulan produk dan  selalu berusaha menginvestasikan  waktu dalam manajemen produk yang baik untuk memastikan kualitas produk yang dihasilkan adalah yang terbaik di bidangnya.

Trial Akun Demo TapTalk

Related Posts

By Jessica Jacob

03 / 03 / 2023

Pada tahun 2020, dunia internasional memasuki masa-masa yang sangat “menakutkan” dalam bidang perekonomian, baik secara ekonomi makro maupun ekonomi mikro. Pandemi Covid-19 melanda sebagian besar negara di dunia tak terkecuali Indonesia yang ditandai dengan munculnya kasus pertama Covid-19 di Indonesia pada Maret 2020. Lantas pemerintah segera mengikuti arahan WHO (World Health Organization) terkait penanganan Covid-19 […]

Read More

By Ardian

16 / 03 / 2021

In today's intensely demanding market world, customer service is a practice that should be top of mind for any employee at every business. Of necessity, a customer service team's main aim is to attract existing clients by making them satisfied. However, offering outstanding customer support requires more than just answering questions and addressing concerns. Customers […]

Read More

By Regita

05 / 07 / 2021

Bayangkan Anda adalah seorang customer. Pastinya, Anda mau disambut dengan ramah dan merasa “diinginkan”. Jika pergi ke restoran, ada pelayan yang mengucapkan selamat datang. Sama halnya dengan bisnis online yang Anda miliki. Sejak pertama customer masuk ke laman/platform bisnismu, Anda harus menyambut mereka terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Gunakan “Proactive Chat”.  Proactive Chat memungkinkan Anda melakukan […]

Read More
1 2 3 56
TapTalk
PowerTalk
OneTalk
SendTalk
whatsappfacebooktwitterinstagramlinkedin

Reach us by phone at (021) 27939266

Business Park Kebon Jeruk blok C2-3, Jl. Meruya Ilir Raya no.88, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, 11620

© 2020 - 2023 TapTalk.io (PT Tap Talk Teknologi)

tap talk logo for footer